PRESKES KASUS GYNEKOLOGI

KISTOMA OVARII SUSPEK GANAS

Oleh: Daniswara Adhitia R. N$%arani Dian Sari ()wita ()naidi Prihandhi (a)har M G G G G ! "# &#!' &#"& *#+"

Pembimbing : Pr$,. Dr. (.-. Dal$n$. dr.. S/.OG0K1

KEPANITERAAN KLINIK ILMU KE-IDANAN DAN KANDUNGAN 2AKULTAS KEDOKTERAN UNS 3 RSUD DR MOE4ARDI SURAKARTA

permukaan tidak rata dengan batas atas setinggi 2 jari ba$ah pusat." kg dalam 3 bulan terakhir. )asil *S+: menyokong gambaran kistoma o(arii. penurunan berat badan dirasakan selama 4 tahun terakhir. Kata K)n5i : Kist$6a $%arii 2 . teraba massa di abdomen dengan konsistensi kistik. ter%i&ir. pasien mengeluh berat badan turun ! 2. #i$ayat %ertilitas baik. Perut dirasa membesar sejak 3 bulan yang lalu.' #' KISTOMA OVARII SUSPEK GANAS A-STRAK Seorang P4A0 82 tahun datang dengan benjolan besar pada perut. batas kanan : linea medi'la(i'ularis de&tra. benjolan tidak dirasa semakin amun membesar. ri$ayat obstetri baik. batas kiri : linea medi'la(i'ularis sinistra. batas ba$ah : kesan masuk panggul.

. .istadenoma o(arium musinosum d.ista endometroid 3 . -eskipun keadaan patologi adneksa sering melibatkan salah satu atau lebih struktur jaringan tersebut. . temuan lain yang bermakna seperti demam. 45 s'an. dan lain. atau -#6 sulit menentukan asala massa1. konsistensi.istadenoma o(arium serosum '. . bentuk. 2ila ukuran kista lebih besar dari 3 'm biasanya dibutuhkan penanganan se'ara operati%. *ntuk mengetahui asal massa tersebut. . dan temuan. -aka karakteristik dari massa harus die(aluasi dengan sebaiknya sehingga asal massa dapat diketahui dengan pasti untuk penanganan lebih lanjut. tuba %allopi. asites. TUMOR (INAK OVARIUM Adneksa di bidang ginekologi terdiri dari o(arium. namun se'ara umum dapat dikatakan bah$a penanganan konser(ati% terhadap massa di adneksa bila massa tersebut bersi%at asimptomatik dan hanya berupa kista %ungsional.istoma o(arium simplek b. ukuran /dalam sentimeter0. Prosedur pembedahan perlu dilakukan untuk mengetahui asal massa bila dari pemeriksaan klinis dan pemeriksaan penunjang seperti sonogra%i. Pemeriksaan palpasi bimanual merupakan suatu metode praktis untuk mendiagnosa massa di adneksa. .I TIN(AUAN PUSTAKA A. mobilitas. maka harus dilakukan pemeriksaan menyeluruh. namun jaringan diluar organ reproduksi juga sering terlibat. massa unilateral atau bilateral.lain1. dan ligamentum.istik: a. Setiap massa di adneksa memerlukan pemeriksaan dan penanganan yang berbeda pada setiap kasusnya.arakteristik massa yang harus die(aluasi meliputi lokasi. 2erdasarkan konsistensinya dibagi atas: 1.-A.ligamentum disekitar uterus.

adang. 7ibroma. leiomioma. gangguan buang air ke'il8buang air besar yeri perut bila terin%eksi.blastoma0 .ista dermoid 2. terpuntir. %ibroadenoma. . Solid: a. pe'ah Pemakaian *S+ trans(aginal /transvaginal color flow doppler0 dapat meningkatkan ketajaman diagnosis karena mampu menjabarkan diagnosis dengan baik 6ndeks mor%ologi *S+ yang perlu diperiksa adalah: 7 7 7 7 7 (olume adanya bagian padat tebal septum /9 3 mm0 adanya pertumbuhan papil jika alat *S+ dilengkapi dengan color doppler.410 2.riteria diagnostik: 1.kadang disertai gangguan haid. papiloma. lim%angioma b. 5umor sisa adrenal /maskulino(o.itemukan tumor di rongga perut bagian ba$ah. Anamnesis: . perlu diperiksa neo(askularisasi dengan penurunan indeks resistensi /: 0. permukaan tumor umumnya rata 3. 5umor brenner '. angioma. disamping uterus ukuran 9 " 'm Pada pemeriksaan dalam letak tumor di sebelah kiri8kanan uterus akan mengisi ka(um . Pemeriksaan penunjang 7 <eukosit dan laju endap darah 4 . 5imbul benjolan di perut dalam $aktu relati% lama .onsistensi seringnya kistik. .ouglasi . mobile. . Pemeriksan %isik 7 7 7 .e.

biasanya bertangkai seringkali bilateral dan dapat menjadi besar. 'airan. pou'h0 yang tumbuh abnormal dibagian tubuh tertentu. 'edera usus.istoma o(arii mempunyai permukaan rata dan halus. (esika. Pada usia muda uterus dapat ditinggalkan dengan ren'ana substitusi hormon 4. nanah. atau bahan. Pengelolaan 7 Pada o(arium suspe't ganas. serous dan ber$arna kuning.bahan lain 2. .ista ada yang berisi udara. bila sudah tidak ada jaringan o(arium yang sehat )isterektomi totalis dan sal%ingo(orektomi bilateral bila ditemukan tumor pada usia 9 "0 tahun atau sudah menopause.ista =(arium adalah suatu kantung yang berisi 'airan atau materi semisolid yang tumbuh pada atau sekitar o(arium. komplikasi 'edera ureter bila tumor intra ligamenter atau dengan perlengketan 1. Sedangkan . Penyulit 7 Akibat penyakit: kista pe'ah. Pada dinding kista tampak lapisan epitel kubik " .inisi . -.inding kista tipis dan 'airan didalam kista jernih.7 7 7 7 7 7 5es kehamilan *S+ <aparoskopi Pembedahan: kistektomi bila masih ada jaringan o(arium yang sehat =(arektomi. KISTOMA OVARII #. kista terpuntir.e%inisi kista adalah pertumbuhan abnormal berupa kantung /po'ket. dalam in%ormed 'onsent harus dijelaskan kemungkinan perlu dilakukan histerektomi pada pasien yang muda ". De. . terin%eksi 7 Akibat tindakan selama8setelah pembedahan: perdarahan. .

.isi$l$8i Setiap hari.ista o(ari yang berasal dari proses o(ulasi normal disebut kista %ungsional dan selalu jinak.lasi%ikasi tumor neoplastik jinak o(arium belum dapat diberikan se'ara tuntas karena masih belum dapat diterima karena tumor. se'ara gradual akan menge'il selama kehamilan4. . 7olikel yang rupture akan menjadi korpus luteum.ista tersebut dapat distimulasi oleh gonadotropin. o(arium normal akan membentuk beberapa kista ke'il yang disebut 7olikel de +ra%%. termasuk 7S) dan )4+. induksi o(ulasi dengan menggunakan gonadotropin amun bila terjadi %ertilisasi. %olikel dominan dengan diameter lebih dari 2.ista %ungsional multiple dapat terbentuk karena stimulasi gonadotropin atau sensiti(itas terhadap gonadotropin yang berlebih. Pat$. tetapi ada yang menyebabkan nyeri dan perasaan tidak menyenangkan. tengah.istoma o(arii merupakan golongan tumor neoplastik o(arium.tumor yang sama bisa dari asal yang berbeda. korpus luteum akan mengalami %ibrosis dan pengerutan se'ara progresi%. . berkapsul dengan isi 'airan. . Pasien dalam terapi in%ertilitas. dengan risiko terjadinya karsinoma terutama pada $anita $anita yang mulai menopause3 '.lutein. korpus luteum mula." > 2 'm dengan kista ditengah. Pada neoplasia tropoblastik gestasional /hydatidi%orm mole dan 'horio'ar'inoma0 dan kadang. Pada pertengahan siklus. dan dapat mengalami resolusi spontan. .mula akan membesar kemudian 3 .8 'm akan melepaskan oosit mature.ista o(arium biasanya berukuran ke'il /:" 'm0. yang pada saat matang memiliki struktur 1. 2eberapa kista o(arium ini tidak menimbulkan gejala.kadang pada kehamilan multiple dengan diabetes. )4g menyebabkan kondisi yang disebut hiperreakti% lutein.kadang disebut kista the'a.ista dapat berupa %olikular dan luteal yang kadang. 2ila tidak terjadi %ertilisasi pada oosit.. Ada beberapa yang menjadi ganas. .

tekanan dari tumor dapat menyebabkan obstipasi. keganasan paling sering berasal dari epitel permukaan /mesotelium0 dan sebagian besar lesi kistik parsial. Pada stadium lanjut gejala yang terjadi A . endodermal. terutama tumor o(arium yang ke'il. dan mesodermal 4. in%eksi. 5eratoma berasal dari tumor germ sel yang berisi elemen dari 3 lapisan germinal embrional@ ektodermal. +. rasa sesak na%as dan pada tumor yang besar dapat mengurangi na%su makan. eoplasia yang ganas dapat berasal dari semua jenis sel dan jaringan o(arium. Tanda dan Ge9ala . !.omplikasi komplikasi yang ditimbulkan dari tumor neoplastik jinak o(arium antara lain : perdarahan kista. 5orsio lebih sering jika diameter 9" 'm dan bertangkai. robekan dinding kista. Adanya tumor pada rongga perut ba$ah bisa menyebabkan benjolan perut.ista neoplasia dapat tumbuh dari proli%erasi sel yang berlebih dan tidak terkontrol dalam o(arium serta dapat bersi%at ganas atau jinak.ebanyakan tumor o(arium tidak menunjukkan gejala dan tanda. termasuk jenis ini adalah tumor sel granulosa dari se& 'ord sel dan germ 'el tumor dari germ sel primordial. dapat menyebabkan sindrom hiperstimulasi o(ari. . ?enis kista jinak yang serupa dengan keganasan ini adalah kistadenoma serosa dan mu'inous.tumor tersebut. perubahan keganasan./7S) dan <)0 atau terkadang 'lomiphene 'itrate. Sejauh ini. Pembesaran dari tumor dapat memberikan gejala yang mengganggu antara lain : gangguan miksi. terutama bila disertai dengan pemberian )4+4. K$6/li:asi . 5umor o(ari ganas yang lain dapat terdiri dari area kistik. odema pada tungkai. akti(itas endokrin dan komplikasi tumor. Sebagian besar gejala dan tanda merupakan akibat pertumbuhan.

berhubungan dengan adanya asites /penimbunan 'airan dalam rongga perut0. perlulah ditentukan jenis tumor tersebut.ista 8 .i negara. permukaan. si%atnya /besarnya. . akan tetapi dengan pemeriksaan yang dilakukan dengan teliti. maka perlu diketahui apakah tumor itu bersi%at neoplastik atau nonneoplastik. Penumpukan 'airan bisa juga terjadi pada rongga dada akibat penyebaran penyakit ke rongga dada yang mengakibatkan penderita sangat merasa sesak napas.negara berkembang. &. . karena tidak segera dioperasi tumor o(arium bisa menjadi besar. terpisah dari tumor.itemukannya komplikasi as'ites dan hidrothora& disebut dengan sindroma Meigs. gangguan na%su makan. konsistensi. Apabila sudah ditentukan bah$a tumor yang ditemukan ialah tumor o(arium. Perut membun'it. Pada tumor o(arium biasanya uterus dapat diraba tersendiri.usus dan hati. sehingga pada anamnesis perlulah lebih 'ermat dan disertai pemeriksaan tambahan.kadang sukar untuk menentukan apakah pembesaran perut disebabkan oleh tumor atau as'ites. . Dia8n$sis Apabila pada pemeriksaan ditemukan tumor di rongga perut bagian ba$ah dan atau di rongga panggul. sehingga mengisi seluruh rongga perut.alam hal ini kadang. kembung. apakah dapat digerakkan atau tidak0. kesukaran ini biasanya dapat diatasi. dan organ. 5umor nonneoplastik akibat peradangan umumnya dalam anamnesis menunjukkan gejala. dan pada pemeriksaan tumor. penyebaran ke omentum /lemak perut0. mual. gangguan buang air besar dan buang air ke'il. maka setelah diteliti si%at. .organ di dalam rongga perut lainnya seperti usus. ?ika tumor o(arium terletak di garis tengah dalam rongga perut bagian ba$ah dan tumor itu konsistensinya kistik. perlu dipikirkan adanya adanya kehamilan atau kandung kemih penuh.tumor akibat peradangan tidak dapat digerakkan karena perlengketan. lokalisasi.gejala ke arah peradangan genital.

*. Perlu diperhatikan bah$a tindakan tersebut dapat men'emarkan ka(um peritonei dengan isi kista bila dinding kista tertusuk ". atau kandung ken'ing. Selanjutnya. . dan diantaranya pada suatu $aktu biasanya menghilang sendiri. apakah tumor kistik atau solid. Parasintesis Pungsi as'ites berguna untuk menentukan sebab as'ites. serta untuk menentukan si%at. o(arium. ". Penatala:sanaan Prinsip bah$a tumor o(arium neoplastik memerlukan operasi dan tumor nonneoplastik tidak. Pe6eri:saan Pen)n9an8 5idak jarang tentang penegakkan diagnosis tidak dapat diperoleh kepastian sebelum dilakukan operasi. <aparaskopi Pemeriksaan ini sangat berguna untuk mengetahui apakah sebuah tumor berasal dari o(arium atau tidak.nonneoplastik umumnya tidak menjadi besar. . akan tetapi pemeriksaan yang 'ermat dan analisis yang tajam dari gejala.kadang dapat dilihat adanya gigi dalam tumor. apakah tumor berasal dari uterus. 2eberapa 'ara yang dapat digunakan untuk membantu menegakkan diagnosis adalah: .si%at tumor itu. pada kista dermoid kadang. jika menghadapi tumor o(arium yang tidak memberikan gejala8keluhan pada penderita dan yang besarnya tidak B . *ltrasonogra%i . dan dapat pula dibedakan antara 'airan dalam rongga perut yang bebas dan yang tidak.gejala yang ditemukan dapat membantu dalam pembuatan di%%erensial diagnosis". . 7oto rontgen Pemeriksaan ini berguna untuk menentukan adanya hidrotoraks.engan pemeriksaan ini dapat ditentukan letak dan batas tumor.

. ber(ariasi antara 83. jika selama $aktu obser(asi dilihat peningkatan dalam pertumbuhan tumor tersebut. 5indakan operasi pada tumor o(arium neoplastik yang tidak ganas ialah pengangkatan tumor dengan mengadakan reseksi pada bagian o(arium yang mengandung tumor.3 bulan. akan tetapi jika tumornya besar atau ada komplikasi perlu dilakukan pengangkatan o(arium.kk mengatakan.ematian disebabkan karena karsinoma o(ari ganas berhubungan dengan stadium saat terdiagnosis pertama kali dan pasien dengan keganasan ini sering ditemukan sudah dalam stadium akhir. 5idak jarang tumor tersebut mengalami penge'ilan se'ara spontan dan menghilang. Pr$8n$sis Cilliam )elm.3D.. Akan tetapi pada $anita muda yang masih ingin mendapat keturunan dan dengan tingkat keganasan tumor yang rendah. sehingga perlu diambil sikap untuk menunggu selama 2. kemungkinan besar tumor tersebut adalah kista %olikel atau kista korpus luteum.ista jinak tersebut dapat tumbuh di jaringan sisa o(arium atau di o(arium kontralateral. . dapat dipertanggungja$abkan untuk mengambil resiko dengan melakukan operasi yang tidak seberapa radikal. 200". 5umor sel granuloma memiliki angka bertahan hidup 82D sedangakan karsinoma sel skuamosa yang berasal dari kista dermoid berkaitan dengan prognosis yang buruk. Sebagian besar tumor sel 10 . . 4.rata 41.BD untuk stadium 76+= 6a dan 11. kita dapat mengambil kesimpulan bah$a kemungkinan tumor besar itu bersi%at neoplastik dan dapat dipertimbangkan untuk pengobatan operati%. biasanya disertai dengan pengangkatan tuba /salphyngooo%orektomi0.melebihi " 'm diameternya. Angka harapan hidup dalam " tahun rata.1D untuk stadium 6E. . ?ika terdapat keganasan operasi yang lebih tepat ialah histerektomi dan salphyngooo%orektomi bilateral. prognisis dari kista jinak sangat baik.

isgerminoma dengan stadium lanjut berkaitan dengan prognosis yang lebih baik dibandingkan germinal sel tumor nondisgerminoma. Se'ara keseluruhan angka bertahan hidup selama " tahun adalah 83. 5umor yang lebih tidak agresi% dengan potensi keganasan yang rendah mempunyai si%at yang lebih jinak tetapi tetap berhubungan dengan angka kematian yang tinggi. .germinal yang terdiagnosis pada stadium a$al memiliki prognosis yang sangat baik.2D 11 .

elamin *mur Alamat Pekerjaan Status Perka$inan 5anggal -asuk 2erat 2adan 5inggi 2adan '. 2A. keputihan /. Ponorogo : Petani : . Pasien mengaku tidak merasakan nyeri perut. dengan keluhan benjolan di perut ba$ah.II STATUS PASIEN A. 2A2 dirasakan susah. tidak ada kelainan.#. ANAMNESA #. na%su makan berkurang.atang P4A0. !. 2erat badan dirasa mengalami penurunan dalam 3 bulan ini F 3." kg. pasien mengaku sudah tidak menstruasi . Pasien tidak mengeluhkan adanya perdarahan dari jalan lahir. . Pasien mengeluh perut membesar sejak 3 bulan yang lalu.isangkal : . Alergi =bat : .a$in : 13 ?anuari 2012 : 4" kg : 1"0 'm : 2enjolan di perut ba$ah 12 . )ipertensi #. -ojorejo.isangkal : .isangkal : . Riwa<at Pen<a:it Se:aran8 .0. Riwa<at Pen<a:it Dah)l) #. Pasien merasakan benjolan yang tidak semakin membesar.isangkal : y. Penyakit ?antung #. 5 : Perempuan : 82 tahun : +enggong. Identitas Penderita 5anggal 1B ?anuari 2012 ama ?enis . 82 tahun. Kel)han Uta6a +.-A.

laki umur "2 tahun. Riwa<at K-. giGi kesan kurang : 5ensi adi : 1108A0 mm)g : 84 &8menit. <aki. Riwa<at 2ertilitas . irama reguler : /. 'ompos mentis.0 : 13 . Stat)s Interna . 2A00 gr Anak 666.isangkal : . Riwa<at Pen<a:it Kel)ar8a #.eadaan *mum 5anda Eital : baik. normal.isangkal : 13 tahun : " hari : 28 hari : baik : Anak 6. =perasi #.#. 3200 gr Anak 6E.isangkal : . Sakit +ula #. 3000 gr Anak 66. <aki. )ipertensi #. -ondok di #S &. penyakit serupa #. Riwa<at =aid -enar'he <ama )aid Siklus )aid ". Riwa<at Per:awinan -enikah 1 kali /32 tahun0 # . normal. 2800 gr ?. <aki. Perempuan umur 43 tahun.isangkal : . Riwa<at O>stetri : .isangkal : .laki umur "B tahun. Alergi =bat *. normal. PEMERIKSAAN 2ISIK #..laki umur 43 tahun. normal.isangkal : .

5horak : 2entuk normo'hest.+2 a&illa /. regular. retraksi inter'ostal /.8. pengembangan dada kananHkiri.80 4 : 4onjungti(a pu'at /.+2 tidak membesar. ter%i&ir. pekak alih /F0 : distended.66.8.benjol0. batas kanan : : Pengembangan dada kanan H kiri : 7remitus raba kanan H kiri : Sonor8 sonor : suara dasar (esikuler intensitas normal. intensitas normal.8. pembesaran . simetris. teraba massa kistik sebaian padat. Sklera ikterik /. 14 .0. . bising /.0.0.0.0.0 ?antung 6nspeksi Palpasi Perkusi Auskultasi : 6'tus 'ordis tidak tampak : 6'tus 'ordis tidak kuat angkat : 2atas ?antung kesan tidak melebar.#espiratoty rate Suhu -ata <eher : 18 &8menit : 33. permukaan tidak rata /berbenjol. : 2unyi ?antung 6. suara tambahan /.0 : 5ra'hea di tengah. kelenjar tyroid tidak membesar. simetris. dengan batas atas 2 jari di ba$ah pusat.0 Pulmo 6nspeksi Palpasi Perkusi Auskultasi Abdomen 6nspeksi Auskultasi Perkusi Palpasi : .inding perut 9 dinding dada : 2ising usus /F0 normal : undulasi /. ?EP tidak meningkat. nyeri tekan /.

alam 6nspekulo E5 : E8* tenang.0. =*I tertutup.". portio kenyal kesan atro%i.14" 1" . 57* tidak '.1 4.3A 3. . medio'la(i'ularis sinistra.etik .1.0. . portio utuh kesan atro%i.3 on reakti% 0. .0.B 30 143 Sat)an g8dl % 1038µl 1038µl 1038µl .3 33.".0.4" 4.0.0.1. darah /. PEMERIKSAAN PENUN(ANG La>$rat$ri)6 Darah 0tan88al #" (an)ari ' #'1 Pe6eri:saan )b )45 #24 C24 A5 +ol. : oedem . dis'harge /.1 :"0 133. batas kiri : <inea teraba +enitourinaria Ikstremitas : Perdarahan /.arah P5 AP55 )2sAg . darah /. dinding (agina db . dinding (agina db . lendir /. batas ba$ah : kesan masuk panggul.reatinin *reum a #"7 #7' #' 10. =*I tertutup.4"0 10.14. teraba massa tumor kistik sebagian padat ter%i&ir kesan dari adne&a." 1"0.<inea mid'la(i'ularis de&tra. 4* sebesar telur ayam kampung.B 34A A 12 2".40 onreakti% 0. .1" 20. massa /. bila massa digerakkan portio tidak ikut bergerak.0 @.3.0 : E8* tenang.etik mg8d< mg8d< mmol8 < R)9):an 12. dis'harge /.3 31 3. Stat)s Gine:$l$8is Pemeriksaan .1".

tampak massa hipoekoik sebagian hipere'hoi' multilokulare papili%erum ukuran A.istoma o(arii suspek ganas 2.esan : menyokong gambaran kistoma o(arii multilokulare papili%erum suspek ganas D. pada abdomen teraba massa dengan konsistensi kistik sebagian padat. PROGNOSIS .3. KESIMPULAN Seorang P4 A0 .". ter%i&ir.103 30. %loating gut /F0. batas kanan linea medi'la(i'ularis de&tra. *terus ukuran "&3&2 'm..arah 131 mmol8 < mmol8 < mg8d< 3.140 USG : E* tampak balon kateter. batas ba$ah kesan masuk panggul E.3 103 .ubia G. )epar de&tra dan sinistra dbn . .1 B8.B&8.lorida +ula Se$aktu 3. dengan batas atas setinggi 2 jari di ba$ah pusat. permukaan tidak rata /berbenjol0. bats kiri linea medio'la(i'ularis sinistra.B 'm. 82 tahun. PENATALAKSANAAN 7 *sul kistektomi dan %roGeen se'tion 13 . DIAGNOSIS .

2A2 dirasakan susah. Adanya tumor pada rongga perut ba$ah bisa menybabkan benjolan perut. tekanan dari tumor dapat menyebabkan obstipasi. odema pada tungkai. 'ompos mentis. .tumor tersebut.eadaan *mum Eital sign Abdomen : baik. Pasien merasakan benjolan yang tidak semakin membesar. Pada kasus ini penegakan diagnosis diperoleh dari : Ana6nesis : 2enjolan di perut ba$ah. rasa sesak na%as dan pada tumor yang besar dapat mengurangi na%su makan. giGi kesan kurang : 5 : 1108A0 mm)g : 84 &8menit : #r : 18 &8menit S : 33. Sebagian besar gejala dan tanda merupakan akibat pertumbuhan. Pembesaran dari tumor dapat memberikan gejala yang mengganggu antara lain : gangguan miksi. Pasien mengaku tidak merasakan nyeri perut.8J4 1A . na%su makan berkurang. akti(itas endokrin dan komplikasi tumor. terutama tumor o(arium yang ke'il.III PEM-A=ASAN ." kg.istoma o(arii merupakan golongan tumor neoplastik o(arium.istoma =(arii .tumor yang sama bisa dari asal yang berbeda. 2A.ebanyakan tumor o(arium tidak menunjukkan gejala dan tanda. tidak ada kelainan. 2erat badan dirasa mengalami penurunan dalam 3 bulan ini F 3.lasi%ikasi tumor neoplastik jinak o(arium belum dapat diberikan se'ara tuntas karena masih belum dapat diterima karena tumor. . Pe6eri:saan 2isi: : . Pasien mengeluh perut membesar sejak 3 bulan yang lalu.-A.

tampak massa hipoekoik sebagian hipere'hoi' multilokulare papili%erum ukuran A. dinding (agina db . dinding (agina db . ter%i&ir. 57* tidak teraba . 4* sebesar telur ayam kampung. permukaan tidak rata /berbenjol. teraba massa tumor kistik sebagian padat ter%i&ir kesan dari adne&a. )epar de&tra dan sinistra dbn . dengan batas atas 2 jari di ba$ah pusat. dis'harge /.0. portio kenyal kesan atro%i. batas ba$ah : kesan masuk panggul. dis'harge /.benjol0.Stat)s Gine:$l$8is : E5 : E8* tenang. =*I tertutup.B 'm.0. =*I tertutup.0 Pe6eri:saan Pen)n9an8 : USG : E* tampak balon kateter. darah /. nyeri tekan /.0.B&8.esan : menyokong gambaran kistoma o(arii multilokulare papili%erum suspek ganas 18 . *terus ukuran "&3&2 'm. %loating gut /F0. batas kanan : <inea mid'la(i'ularis de&tra.0 6nspekulo : E8* tenang. portio utuh kesan atro%i.distended. darah /. bila massa digerakkan portio tidak ikut bergerak. teraba massa kistik sebaian padat. batas kiri : <inea medio'la(i'ularis sinistra.

2001.)ills.?. <e(eno . Cilliams =bstetri's.andungan. yayasan 2ina Pustaka Sar$ono Pra$irohardjo.'om "..edokteran . dkk. 6lmu . Kayasan 2ina Pustaka Sar$ono Pra$irohardjo. 200". Ameri'an 4ollege o% =bstetri'ians and +yne'ologists . Censtrom . e$ Kork: -'+ra$.. Sutoto.amus Saku . )auth ?4. dr. Edis ketigai. ?akarta. +ant 7. Cilliam )elm. 1B .umala. .S. Ciknjosastro. I+4. http:88emedi'ine. =(arian 4ysts.alat +enital. -. )ani%a. 4. p : 343. pg 883.?. Ilmu Kandungan. 5umor ?inak pada Alat. ?akarta. 200B. +ilstrap <4.DA2TAR PUSTAKA 1.. 1BB8 3. 21st ed. I'topi' Pregnan'y. Poppy .33". ?akarta. 2002 2. 4unningham 7+.B10 4.orland.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful