Ternak Kroto Media Toples

· Posted in Peternakan, Wirausaha

Tak bisa di pungkiri Kroto Semut Rangrang sangat dicari oleh para perternak Burung ata yang seringdi sebut Kicau Mania. yang sebelumnya kroto hanya si cari tapi sekarang kroto dapat di hasilkan sendiri dengan cara membudidayakan semut rangrang. pertanyaan yang timbul bagaimana membudidayakansemutrangrang??? bila ada usahapasti akan ada hasilnya. Bagi para kicau mania sekarang gak usah kawatir akan kekurangan kroto. karenakroto sekarang dapat diternakkan. caranya??? akan kita ulas.,., Budidaya Kroto dengan Media Toples apa sajayang harus d siapkan??? tentu saja rumah tempat sarang semut rangrang, yaitu dengan toples
Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples Sangat mudah sekali cara pembuatan sarang kroto menggunakan toples. Kalau teman ingin mencoba beternak atau membudidayakan semut rangrang. Cukup dengan menyediakan sebuah toples dan nampan. Sedangkan fungsi dari nampan adalah sebagai tempat untuk meletakkan toples. Tentunya nampan dii si dengan air. Supaya semut rangrangnya tidak lari kemana mana. Selengkapnya sediakan alat sebagai berikut:

1. Toples Untuk toples bebas ukuran, kalau bisa yang transparan. Lalu toples di lubangi seperti gambar di bawah ini untuk saluran keluar masuk semut rangrang dan sebagai tempat udara sarang kroto.

2. Nampan

3. Solasi / plester coklat atau hitam, juga bisa menggunakan kertas.

Fungsinya untuk menutupi toples agar semut rangrang cepat bersarang dan membuat jaring jaring. Setelah semut rangrang mau bersarang, bisa lepas solasinya atau bisa juga membiarkannya. 4. Batu bata atau yang lainya yang di taruh di atas nampan yang sudah berisi air sehingga toples tidak terendam air.

Semut Rangrang Kita bisa mencarisemutrang rang yang ada di pohon sekitar rumah. Resikonya pasti akan digigit. caranya??? Kendala pertama kali dalam membudidayakan atau ternak semut rangrang adalah ketika harus memindahkan sarang kedalam suatu tempat. Banyak sekali dari sekian cerita yang mengalami masalah ini. . Ada banyak cara yang bisa sobat praktekan : Cara Pertama: 1. Potong batang sarang semut rangrang (tentunya akan sedikit mengalami kesulitan) 2. Masukan kedalam karung / plastik / toples dan apa saja yang sekiranya ada celah / lubang udaranya.

4. Pengalaman kalau tidak di bersihkan nantinya toples akan terlihat kotor. Tentunya untuk melatih semut rangrang untuk mencari atau berburu makanan sendiri walaupun sudah kita siapkan. 6. Cara ke dua: Setelah sarang dimasukkan kedalam ember dan sudah di bersihkan dari daun beserta jaringnya. Setelah mengetahui apa saja makanan yang harus di berikan semut rangrang.3. Siapkan ember plastik besar yang tepi nya sudah di kasih tepung. 5. Tidak sampai menunggu habis semut di dalam ember. apakah semut rangrang mau makan atau tidak. Tempat makanan bisa terbuat dari botol plastik . kali ini flodesta akan mencoba share cara memberi makanan pada semut rangrang dan sekaligus makanan tidak terbuang. Salah memberi makan akan mengakibatkan ternak kroto kita akan mengalami perkembangan yang kurang maksimal. tidak sampai satu hari semut rangrang akan bersarang secara alami. Sobat bisa langsung meletakan kedalam toples dengan menggunakan tangan. Tentunya tangan sudah ada pelindungnya. Makanan adalah bagian terpenting dan utama. Cara Memberi Makanan Ternak Semut Rangrang Bagaimana cara memberi makanan semut rangrang atau ternak kroto pada media toples. Cara memberi makanan semut rangrang yang pertama adalah kita bisa buatkan tempat khusus untuk menampung makanan. Masukan sarang kedalam ember plastik tersebut dengan #catatan harus di buka / buang daun daun beserta jaring jaringnya agar ketika bersarang membuat sarang baru tidak membawa jaring yang lama. Setelah itu tingggal saja. #Catatan : toples sudah tersedia makanan dan minuman. Sehingga kita bisa memantau persedian makanan.. Supaya semut rangrang tidak bisa naik keatas. Buat jembatan penghubung antara ember dengan toples dengan menggunakan sapu lidi atau penghubung yang lain (pastinya ada jembatanya) terserah mau pakai apa saja bisa.

Pasti sobat berpikir untuk mengambil dan memanen. kandang dll). Cuma tempat makanan kita letak kan di samping toples. mancing dan di jual. saya kira masih bisa di atasi. asalkan kita tahu caranya. Sebenarnya hampir sama seperti cara di atas.yang di potong kemudian sisakan sedikit kira kira kurang lebih 2 cm lalu letakkan di atas toples. Entah mau di gunakan untuk kebutuhan sendiri. tempat untuk manaruh tempat makanan sangat luas di banding dengan menggunakan toples dengan tatakan nampan ( tempat sangat terbatas ). Misalkan harus digigit 1 semut saja. Cara Panen Kroto Media Toples Saat yang di nanti oleh teman flodesta yaitu cara panen kroto semut rangrang dari toples. Dimana penggunaan botol plastik adalah supaya makanan tidak keluar. Tetapi bagaimana jika jumlah semut rangrang ratusan bahkan sampai ribuan. pakan burung. Panen kroto di media toples sebenarnya sangat mudah. Karena dengan media rak . Untuk makanan yang bisa terbang atau meloncat seperti jangkrik dan belalang bisa di masukan langsung kedalam lubang toples atau bisa juga kita lumpuhkan dulu kemudian di masukan di tempat yang telah kita sediakan. Penantian yang menegangkan. Setelah melihat toples sudah banyak kroto. Kemudian untuk cara memberi makanan yang menggunakan rak toples. karena harus berhadapan banyak semut rangrang. . Kususnya untuk makanan yang berjenis ulat ( hongkong. Siap di keroyok oleh gigitan dengan rasa yang sangat perih sekali. Tetapi bingung caranya supaya tidak di gigit untuk mengambil krotonya. Apakah mau di panen atau di biarkan saja jadi banyak untuk bibit.

sebelum menyatu lagi dengan semut rangrang. Toples yang biasa digunakan adalah toples plastik transparan yang ada di pasaran yang pada umumnya sering . Ambil segera tutup toples yang sudah terisi kroto dan pindahkan ke tempat khusus untuk kroto. 3 Ember (2) satu sebagai tempat membongkar toples sedangkan yang ke dua untuk tempat kroto. Atau kroto di tumpahkan di tempat ember tersendiri.atau sobat bisa gunakan langsung memakai tangan ( sudah terlindungi sarung tangan+ tepung ) Pengambilan kroto bisa di tepuk tepuk setelah jaring di robek.id/2013/01/ternak-kroto-media-toples. Batang kayu kecil / sapu lidi untuk merobek jaring putih. Begitu seterusnya. kroto akan jatuh kebawah. 3..problogger. Tepung pati Digunakan untuk melumuri sarung tangan dan dinding ember.Berikut yang harus di siapkan: 1.com/ http://www.blogspot.html#.web. Dibawah kan masih ada tutup toples. ketika kroto sudah diatas tutup toples. Sarung tangan karet Untuk apa sih sarung tangan.Salah satu media untuk cara budidaya kroto semut rangrang adalah toples. Supaya kulit kita tergigit secara langsung 2. Sekian cara singkatuntuk beterna Kroto untuk lebih jelasnya anda bisa bukasumber artikel ini http://flodesta.UllZhKyngQs Cara Beternak Kroto (Semut Ngangrang) di Toples Beternak Kroto .

cukup 1 lubang.000 Cara membuat media toples untuk budidaya kroto Lubangi bagian bawah toples dengan diameter 7 cm. Harga di pasar bervariasi tergantung ukuran dan juga merek. Bahan dan estimasi biaya cara budidaya kroto toples Bahan yang di butuhkan untuk 1 buah toples budidaya kroto toples adalah :   1 buah Toples 10 Lt dengan harga Rp 13. minum dengan air gula agak kental. Lalu taruh batu bata ditengah nampan sebagai media meletakan toples. dengan harga Rp 7.000 1 buah Nampan plastik diameter agak besar. sebagai pakan awal bisa kita beri ulat hongkong. maka segeralah para semut tersebut akan berlarian lewat lubang itu. isi air hingga hampir 1/2 bagian nampan. Toples . Lubang toples yang telah dibuat kita tutup menggunaka lakban untuk mencegah lari semut setelah kita pindah semut rangrang dari sarang sebelumnya ketoples yang telah kita sediakan tutup rapat dengan tutupnya ( disini kita siapsiap untuk diserang dan digigit oleh semut rangrang karena mereka pasti merasa terancam) Letakan toples ke media rantang / batu bata dengan posisi tutup pada bagian bawah setelah posisi baik dan benar buka lakban yang tadi menempel . Untuk Lebih Jelasnya ikuti bawah sini : 1. bila kita membeli bibit dari penjual yang sudah bermedia toples maka kita tinggal memposisikan terbalik kemudian membuka lakbannya lebih aman dan praktis sebagai media pakan kita bisa menggunakan potongan gelas air mineral atau tempat pakan burung ukuran kecil.digunakan untuk tempat kerupuk atau makanan kecil. tempat minum bisa dari tutup botol air mineral. Kemudian letakan nampan plastik dengan posisis datar.

Cara Pertama: Potong batang sarang semut rangrang (tentunya akan sedikit mengalami kesulitan). kalau bisa yang transparan.  Semut Rangrang Kita bisa mencari semut rang rang yang ada di pohon sekitar rumah. Siapkan ember plastik besar yang tepi nya sudah di kasih tepung. Banyak sekali dari sekian cerita yang mengalami masalah ini. Resikonya pasti akan digigit. Lalu toples di lubangi seperti gambar di bawah ini untuk saluran keluar masuk semut rangrang dan sebagai tempat udara sarang kroto. caranya??? Kendala pertama kali dalam membudidayakan atau ternak semut rangrang adalah ketika harus memindahkan sarang kedalam suatu tempat. Pengalaman kalau tidak di bersihkan nantinya toples akan terlihat kotor. Buat jembatan penghubung antara ember dengan toples dengan menggunakan sapu lidi atau penghubung yang lain (pastinya ada jembatanya) terserah mau pakai apa saja bisa. 4. Nampan 3. Fungsinya untuk menutupi toples agar semut rangrang cepat bersarang dan membuat jaring jaring. Batu bata atau yang lainya yang di taruh di atas nampan yang sudah berisi air sehingga toples tidak terendam air. bisa lepas solasinya atau bisa juga membiarkannya. . Masukan kedalam karung / plastik / toples dan apa saja yang sekiranya ada celah / lubang udaranya. Supaya semut rangrang tidak bisa naik keatas. Setelah semut rangrang mau bersarang.Untuk toples bebas ukuran. Masukan sarang kedalam ember plastik tersebut dengan #catatan harus di buka / buang daun daun beserta jaring jaringnya agar ketika bersarang membuat sarang baru tidak membawa jaring yang lama. 2. Solasi / plester coklat atau hitam. juga bisa menggunakan kertas.

Sebenarnya hampir sama seperti cara di atas. Kemudian untuk cara memberi makanan yang menggunakan rak toples. Cara ke dua: Setelah sarang dimasukkan kedalam ember dan sudah di bersihkan dari daun beserta jaringnya. Tentunya tangan sudah ada pelindungnya. kandang dll). Setelah mengetahui apa saja makanan yang harus di berikan semut rangrang. . Cara memberi makanan semut rangrang yang pertama adalah kita bisa buatkan tempat khusus untuk menampung makanan. Makanan adalah bagian terpenting dan utama. #Catatan : toples sudah tersedia makanan dan minuman. Tentunya untuk melatih semut rangrang untuk mencari atau berburu makanan sendiri walaupun sudah kita siapkan. Tidak sampai menunggu habis semut di dalam ember. Saat yang di nanti yaitu cara panen kroto semut rangrang dari toples. Kususnya untuk makanan yang berjenis ulat ( hongkong.. Cuma tempat makanan kita letak kan di samping toples. Salah memberi makan akan mengakibatkan ternak kroto kita akan mengalami perkembangan yang kurang maksimal. Sobat bisa langsung meletakan kedalam toples dengan menggunakan tangan. Tetapi bagaimana jika jumlah semut rangrang ratusan bahkan sampai ribuan. Untuk makanan yang bisa terbang atau meloncat seperti jangkrik dan belalang bisa di masukan langsung kedalam lubang toples atau bisa juga kita lumpuhkan dulu kemudian di masukan di tempat yang telah kita sediakan. Karena dengan media rak . Sehingga kita bisa memantau persedian makanan. karena harus berhadapan banyak semut rangrang. Misalkan harus digigit 1 semut saja.Setelah itu tingggal saja. kali ini akan mencoba share cara memberi makanan pada semut rangrang dan sekaligus makanan tidak terbuang. Siap di keroyok oleh gigitan dengan rasa yang sangat perih sekali. tidak sampai satu hari semut rangrang akan bersarang secara alami. apakah semut rangrang mau makan atau tidak. saya kira masih bisa di atasi. Tempat makanan bisa terbuat dari botol plastik yang di potong kemudian sisakan sedikit kira kira kurang lebih 2 cm lalu letakkan di atas toples. tempat untuk manaruh tempat makanan sangat luas di banding dengan menggunakan toples dengan tatakan nampan ( tempat sangat terbatas ). Dimana penggunaan botol plastik adalah supaya makanan tidak keluar. Bagaimana cara memberi makanan semut rangrang atau ternak kroto pada media toples. Penantian yang menegangkan.

com/2013/03/cara-beternak-kroto-semut-ngangrang-di. LATAR BELAKANG Selama ini pasokan pasar burung atau toko yang menjual pakan burung hanya menggantungkan dari pengumpul kroto yang berasal dari tangkapan alam. kalau kegiatan ini dikelola dengan manajemen yang baik tidak mustahil akan menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Judul dalam pelaksanaan ini adalah Usaha Budi Daya Semut Ngangrang Dan Kroto II. Sebuah penghasilan yang bisa diperoleh secara cuma-cuma dan tanpa mengganggu waktu dan kegiatan bertani mereka. Kehidupan semut rangrang memang identik dengan kehidupan masyarakat perdesaan. RUMUSAN MASALAH Rumusan masalah dalam pelaksanaan program kewirausahaan ini. Kita tahu alam tidak setiap saat menyediakan kroto apalagi saat musim penghujan.html USAHA BUDI DAYA SEMUT NGANGRANG DAN KROTO I. Nah. Dengan cara yang praktis dan mudah saja mereka bisa mendapatkan kroto semut rangrang tersebut. Hal lain yang mendorong kegiatan budidaya adalah usaha ini tidak banyak membutuhkan modal dan juga tingkat teknologi yang tinggi. sebagai berikut. Dan lama kelamaan semut ngangrang yang hidup liar akan punah di buru oelh pencari kroto yang memanfaatkan pertumbuhan semut ngangrang yang liar. Kami yakin.carabeternak. . bagaimana kalau diusahakan secara professional? III. Bagi sebagian orang. kroto dari semut rangrang merupakan sumber penghasilan baru dan dianggap sebagai salah satu cara bagi masyarakat miskin untuk memperoleh penghasilan tambahan. Semua orang bisa mengusahakan kegiatan budidaya ini baik untuk tujuan komersial atau hanya untuk mencukupi kebutuhan kita sendiri.http://www.

TINJAUAN PUSTAKA Dari fenomena diatas maka sangat cocok dan potensial bila kita mendirikan sebuah usaha semut ngangrang dimana usaha ini akan terus di butuhkan selama burung ocehan belum punah. Modal membuat sarang : . Mendapat pengalaman dalam usaha kewirausahaan. sebagai berikut. 3. Mengetahui strategi pemasaran yang berlangsung secara terus menerus. VII. Menambah pengetahuan akan bisnis kewirausahaan serta mengenai pembudidayaan semut ngangrang agar tidak punah. 1. sebagai berikut: 1. Bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Terciptanya uasha yang tidak merusak lingkungan karena bagi sebagian petani rangrang cukup berguna sebagai pembasmi dan pengendali hama tanaman. Bagaimana strategi pemasaran telur semut ngangrang/kroto? IV. 2. LUARAN YANG DIHARAPKAN Luaran yang diharapkan dalam pelaksanaan program ini. Bagaimana mengembangkan bibit semut ngangrang agar kroto yang di hasilkan banyak? 2. Adanya strategi pemasaran pemasaran kroto agar menghasilkan kentungan yang berkelanjutan. sebagai berikut. Semut rangrang dapat membunuh hama tanaman yang menyebabkan tanaman para petani itu tidak tumbuh dengan baik. V. KEGUNAAN PROGRAM Kegunaan program usaha ini. Mengetahui cara mengembangkan semut ngangrang agar mengahasilkan kroto yang banyak. Bagaimana strategi memperoleh keuntungan dalam usaha budi daya semut ngangrang ini? 3. VI.1. TUJUAN PROGRAM Tujuan dalam pelaksanaan program ini. Dan dengan perawatan yang mudah dan sederhana kita bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. 2.

Alat dah Bahan:     Kayu usuk/reng 15 biji Rp. untuk cepat panen kita membutuhkan selusin toples yang berisi semut ngangrang. 12.000 Triplek Rp 30. Estimasi biaya dan pendapatan   Perkiraan biaya keseluruhan sekitar Rp.6 m. Setelah itu bagi menjadi 15 jumput kroto plus semut-semutnya dan masukan dalam tabung bambu.000.000 Modal Bibit Semut Rangrang : Per toples bibit semut ngangrang Rp.000 Paku usuk Rp.-. A.Di sini kita memulai modal bibit semut 1 lusin jadi Rp.000 bisa 50. Tenaga Kerja . 45. 1.200. masukan dalam kantong plastik setelah itu dipakai sebagai bibit semut rangrang. per bulan dan harga 1 toples ngangrang Rp. Di perkirakan setiap 7 hari mampu menghasilkan 2.000. 100.      Gula pasir per bulan habis ¼ kg dalam satu larik rak penuh isi 12 toples Rp. usahakan di setiap tabung bambu mendapat seekor ratu semut. Jika dijual. Atau kita bisa Cari segerombolan semut dan krotonya yang dipetik di pepohonan. gratis. 600/ hari.000.500.5 m dan tinggi 1. 1. pada prinsipnya membibitkan semut rangrang itu relatif mudah.500 Ketelatenan.000 Modal Harian : Modal harian merupakan pakan untuk semut yang untuk penangkaran sejumlah 12 toples (6 pasang toples) di atas. Tahan gigitan semut Tenaga dan waktu Anda. bisa 25. 3000 Ulat hongkong per bulan ¼ kg Rp.340.5 ons jadi dalam 28 hari mampu menghasilkan 1 kg kroto dalam jumlah 12 toples.Kita dapat menggunakan rak dengan ukuran lebar 45cm panjang 1. harga 1 kg kroto Rp. Jangan gunakan kroto yang sudah dipajang di toko toko hewan atau pancing apalagi yang sudah berbau.000 Toples 1 lusin Rp. Untuk harga tergantung berapa harganya di pencari kroto. 45. Bahkan dapat juga memanfaatkan yang ada di sekitar kita.000. 100.000. 140. Atau malah dapat juga gratis jika Anda memetiknya di kebun sendiri atau kebun tetangga. Bisa 10. 5. tidak akan sampai Rp.

Misalnya. kerja keras dan tidak gengsi karena ini merupakan pekerjaan remeh menurut pandangan masyarakat tertentu. Pesaing Anda harus mensurvei para pesaing-pesaing anda. bagaimana caranya kita menjual kroto atau bibit semut ngangrang sdikit lebih murah dari harga di pasaran pasti pembeli akan lebih memburu harga yang lebih murah atau bisa juga kita menjual bibit dengan bonus misal kl beli selusin tambah bonus 1 toples jadi 13 toples yang di dapatkan dengan harga Rp. Konsultasi ini mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan program yang akandilakukan. VIII. dengan melakukan promosi. Konsulatasi dengan Pembimbing Mengenai Proposal PKM. Contoh. Strategi Pemasaran Terdiri dari (Price+Place+Promotion) Harga kroto lebih murah.faktor penjualan Harga bersaing dengan pemburu liar bisa turun naik. 1. akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun / telaten. gunakan ruangan-ruangan yang tidak di gunakan seperti gudang. Langkah berikutnya. B. E. Faktor. C. METODE PELAKSANAAN 1. 1.000. Konsultasi awal mengenai PKMK yang telah disusun. bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju.Dalam bisnis budi daya semut ngangrang ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti sarjana dll. Konsultasi ini bertujuan untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi. Promosi dengan diskon. . atau bisa juga membuat ruangan tersendiri.200. D. sabar. pilih lokasi promosi yang strategis.Ttempat Gunakan tempat yang kurang dari cahaya dan tidak terlalu gelap.

4. Proses terakhir adalah menyusun laporan yang berisi analisis dari usaha budi daya semut ngangrang dan kroto. 3. Di samping itu juga . 1. langkah selanjutnya merintis pemasaran. 1. 1.1. Perintisan Jaringan Pemasaran. Setelah berjalan 4 bulan dilakukan evaluasi untuk keberlanjutan usahaini. Pada proses ini dilakukan kontrak dengan para distributor dan pengecer. Membuat Laporan dan Menyusun Rencana ke Depan. Karena sampai saat ini jumlah permintaan produk yang satu ini masih tinggi dan keberadaannya belum bisa digantikan oleh produk lain. Ke mana saja kroto tersebut akan didistribusikan. Setelah melakukan pengamatan pasar. untung dan rugi dari usaha ini. Evaluasi ini juga bertujuan untuk menganalisis kelayakan dari keberlanjutan usaha ini. Yang diharapkan dari laporan ini dapat dijadikan bahan evaluasi dalam keberlanjutan usaha ini. Riset Pemasaran. IX PEMASARAN Menjual kroto tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Dari pengamatan ini dapatmembantu dalam pemasaran produk dan ketahanan produk dalam persaingandengan peternak yang lain. Cukup datang ke kios penjual pakan burung kami yakin kroto anda akan terbeli. Evaluasi Program dengan Membuat dan Menyusun Rencana Tindak Lajut. Pada proses evaluasi ini juga dilakukan analisis mengenai minat pasar sehingga dapat dilakukan pengembangan budi daya semut yang lebih besar lagi. 2. Hal ini berupa pengamatan pemasaran. 5. Kontrak itu akan membicarakan tentang negoisasi harga dankerjasama dalam pembagian laba. Pengamatan ini juga meliputi analisis minat pasar terhadap produk dan daya saing dari produk ini. Analisis ini berupa analisis pasar.

Semoga peluang usaha ini bisa membantu kita semua. kroto yang didapat bisa mencapai 1 – 2. Untuk biaya pakan juga tidak besar. MANFAAT BUDI DAYA SEMUT NGANGRANG Banyak manfaat yang akan kita peroleh apabila kita memelihara semut rangrang. Kroto kering ini bisa disimpan selama enam bulan. sesekali berikan air gula. sehingga anda tidak perlu membeli insektisida untuk membasmi kutu daun. bahan bahannya bisa di dapat di sekitar kita. Nah kalau mau untung besar maka jalur ini bisa kita perpendek dengan menjual kroto kita langsung ke pengecer. 2. tetapi harga jualnya hanya setengah harga larva hidup. kemudain dari pedagang kroto ini akan dijual lagi ke pengecer kecil. Menjual kroto yang larva nya masih hidup lebih tinggi daripada kroto yang sudah dikeringkan.para konsumen produk ini tergolong kelas menengah ke atas sehingga keberadaannya akan diburu berapapun harga yang di tawarkan. 3. Keuntungannya adalah kroto cepat terdistribusi dan harganyapun lebih mahal. 1. jadi modal 1 luisn dalam 2 bulan menjadi 24 toples atau 2 lusin dan berkembang seperti itu seterusnya. Jalur pemasaran biasanya para pengumpul kroto menjual krotonya ke pedagang. Akan tetapi larva kroto hidup hanya bisa disimpan hidup selama dua-tiga hari. di antaranya : Sebagai pengendali hama tanaman tertentu. Digunakan sebagian para pemancing dan nelayan sebagai umpan ikan Sebagai makanan tambahan untuk meningkatkan ketrampilan burung berkicau Membantu penyerbukan jenis tanaman tertentu Dapat membantu menjaga kebun XI. KESIMPULAN Untuk memulai budidaya semut rangrang tidak di butuhkan modal yang besar. berikan serangga serangga kecil mati yang bisa di temui.com/2013/05/12/usaha-budi-daya-semut-ngangrang/ . 4.wordpress.5 ons perhari. Panen kroto bisa di lakukan setiap hari setelah 10 hari semut di masukan dalam sarang bambu. X. Dalam waktu 2 bulan semut ngangrang kurang lebih berkembang menjadi 2x lipat. ada juga yang menjual kroto yang dikeringkan oleh para pengumpul. http://indahriniastuti97.

1860 Upafamili: Formicinae Diversitas 2 species .Rangrang Dari Wikipedia bahasa Indonesia. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi.Recent Weaver ant (Oecophylla smaragdina) major worker (Vietnam). Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Bangsa: Genus: Arthropoda Insecta Hymenoptera Formicidae Oecophyllini Oecophylla Smith. cari ? Oecophylla Rentang fosil: 47–0 Ma PraЄ Є O S D C P T J K Pg N Eocene .

Koloni rangrang dapat sangat tinggi populasinya. Rangrang tidak segan-segan menyerang apa pun yang mendekati kawasan aktivitasnya. Larvanya dikenal sebagai kroto dan disukai oleh burung pemakan serangga. smaragdina) yang tersebar luas dari Pakistan sampai Australia bagian utara dan rangrang afrika (O.Oecophylla range map. Kroto merupakan komoditas perdagangan sekunder sebagai tambahan penghasilan petani. Di dunia dikenal dua jenis rangrang yang masih menyintas. Sisanya ditemukan dalam bentuk fosil. . Selain sebagai penjaga. Oecophylla longinoda in blue. Jenis pertama adalah rangrang asia (O. longinoda) yang menghuni kawasan tropis di Afrika. Karena perilaku ini.[1] Species †Oecophylla atavina †Oecophylla bartoniana †Oecophylla brischkei †Oecophylla crassinoda †Oecophylla eckfeldiana †Oecophylla grandimandibula †Oecophylla leakeyi Oecophylla longinoda †Oecophylla longiceps †Oecophylla megarche †Oecophylla obesa †Oecophylla perdita †Oecophylla praeclara †Oecophylla sicula Oecophylla smaragdina †Oecophylla superba †Oecophylla xiejiaheensis (Semut) Rangrang atau kerangga (Oecophylla) adalah semut berukuran agak besar yang dikenal memiliki kemampuan tinggi dalam membentuk anyaman untuk sarangnya. banyak pemilik pohon buah di Asia Tenggara memanfaatkannya untuk menjaga buah yang mulai ranum. Oecophylla smaragdina in red. Dalam bahasa Inggris ia disebut weaver ant atau "semut penganyam". Rangrang sebagaimana banyak semut lain adalah serangga sosial dan membentuk koloni. rangrang dimanfaatkan manusia sebagai sumber pakan burung berkicau peliharaan. Serangga ini bersifat teritorial (menjaga tempat hidupnya) dan bertemperamen "galak".

Rangrang memiliki perilaku memelihara beberapa jenis kutu sisik untuk diperah cairannya. ? Semut Rentang fosil: Periode Kapur .org/wiki/Rangrang Semut Dari Wikipedia bahasa Indonesia.Sekarang Semut sedang memakan madu Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Filum: Kelas: Ordo: Upaordo: Animalia Artropoda Insekta Hymenoptera Apokrita Superfamili: Vespoidea . cari Untuk kegunaan lain dari Semut. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. lihat Semut (disambiguasi).wikipedia. http://id.

1809 Anaksuku                   Aenictogitoninae Agroecomyrmecinae Amblyoponinae (termasuk "Apomyrminae") Aneuretinae Cerapachyinae Dolichoderinae Ecitoninae (termasuk "Dorylinae" dan "Aenictinae") Ectatomminae Formicinae Heteroponerinae Leptanillinae Leptanilloidinae Myrmeciinae (termasuk "Nothomyrmeciinae") Myrmicinae Paraponerinae Ponerinae Proceratiinae Pseudomyrmecinae Semut adalah semua serangga anggota suku Formicidae.Famili: Formicidae Latreille.000 jenis (spesies). Daftar isi . Koloni semut kadangkala disebut "superorganisme" karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri. Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil. dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Semut memiliki lebih dari 12. Dimungkinkan pula terdapat kelompok semut penjaga. bangsa Hymenoptera. semut termasuk hewan terkuat di dunia. dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. sebagian besar hidup di kawasan tropika. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja. Satu koloni dapat menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. semut pejantan. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial. Semut hanya tersaingi oleh kumbang badak yang mampu menopang beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri. Asam format disebut juga "asam semut" karena semut menghasilkan asam ini sebagai alat pertahanan diri. dan ratu semut.

yang mencakup lebah dan tawon.        1 Jenis dan penyebaran 2 Evolusi 3 Morfologi 4 Perkembangan 5 Semut dalam kebudayaan manusia o 5. semut merah. Analisis Filogenetik mengindikasikan bahwa semut telah berevolusi dari capung vespoid pada periode Kapur sekitar 120 juta sampai 170 juta tahun yang lalu. Setelah kemunculan tumbuhan Angiosperma sekitar 100 juta tahun yang lalu. dan semut rangrang.[1][2] Di saat jumlah mereka bertambah. dan ini . mereka menganekaragamkan pengaruh ekolofi sekitar 60 juta tahun yang lalu. mereka dapat membnetuk sekitar 15 . mereka tidak menguasai daerah tesebut. dan Hawaii.20% jumlah biomassa hewan-hewan besar. Evolusi Fosil semut di getah pohon Keluarga Formicidae adalah bagian dari ordo Hymenoptera.1 Islam o 5. Greenland.[4][5][6] Beberapa dari periode Kapur adalah bentuk pertengahan dari semut dan tawon. seperti semut hitam. semut besar.[3] Beberapa jenis semut sangat dikenal oleh manusia karena hidup bersama-sama dengan manusia. Rayap terkadang disebut semut putih namun sama sekali berbeda kelompok dari semut walaupun mereka memiliki struktur sosial yang sama.2 Kristen 6 Lihat pula 7 Catatan 8 Pranala luar Jenis dan penyebaran Semut telah menguasai hampir seluruh bagian tanah di Bumi. semut api. Semut adalah keturunan dari generasi tawon Vespoidea. Hanya di beberapa tempat seperti di Islandia.

O. Sebagai . Serangga juga tidak memiliki sistem peredaran darah tertutup. Tubuh semut. dan metasoma (perut). Mereka pun sangat langka dengan perbandingan jumlah sekitar 1% dari jenis serangga lainnya. Petiole yang dapat dibentuk oleh satu atau dua node (hanya yang kedua. yaitu kepala. memiliki eksoskeleton atau kerangka luar yang memberikan perlindungan dan juga sebagai tempat menempelnya otot. atau yang kedua dan ketiga abdominal segmen ini bisa terwujud). hanya 1 dari 10 genera yang punah sampai saat ini. Morfologi semut cukup jelas dibandingkan dengan serangga lain yang juga memiliki antena. Semut menjadi dominan setelah radiasi adaptif pada awal Periode Tertiari. 56% dari genera semut yang terdapat di fosil getah kayu di daerah Baltik (sejak Oligocene awal). dkk. berbeda dengan kerangka manusia dan hewan bertulang belakang. Seperti hewan berordo Hymenoptera lainnya. E. Semut periode Kapur berbagi karakteristik semut modern dan tawon. kelenjar metapleural. hanya sebagian kecil spesies yang berhasil menguasai daerah benua besar Laurasia (bagian utara). menemukan fosil semut dalam getah pohon (Sphecomyrma freyi) dari periode Kapur. Pada tahun 1966. mesosoma (dada). Fosil ini memberikan bukti terjelas tentang hubungan semut modern dan tawon non-sosial. Tubuh semut terdiri atas tiga bagian. dan bagian perut kedua yang berhubungan ke tangkai semut membentuk pinggang sempit (pedunkel) di antara mesosoma (bagian rongga dada dan daerah perut) dan metasoma (perut yang kurang abdominal segmen dalam petiole). tetapi mereka memiliki lubang-lubang pernapasan di bagian dada bernama spirakel untuk sirkulasi udara dalam sistem respirasi mereka. Wilson. Fosil ini terjebak di sebuah getah pohon di New Jersey dan telah berumur lebih dari 80 juta tahun.menambahkan bukti bagi nenek moyang tawon. Serangga tidak memiliki paru-paru. dan sekitar 96% dari genera semut yang terdapat di fosil getah kayu di Dominika (sejak awal Miocene) masih bertahan hingga sekarang. seperti serangga lainnya.[7] Selama periode Kapur.[4] Morfologi Gambar dekat memperlihatkan rahang bawah dan mata semut yang kecil. Jumlah spesies yang tersisa pada periode Kapur dan periode Ecocene. sistem genetika semut ditemukan di haplodiploidy.

Pada kepalanya juga terdapat sepasang antena yang membantu semut mendeteksi rangsangan kimiawi. Semut. membangun sarang. Antena semut juga digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dan mendeteksi feromon yang dikeluarkan oleh semut lain. Pada bagian depan kepala semut juga terdapat sepasang rahang atau mandibula yang digunakan untuk membawa makanan. Beberapa spesies semut juga memiliki sengat yang terhubung dengan semacam kelenjar beracun untuk melumpuhkan mangsa dan melindungi sarangnya. Namun. Pada kepala semut terdapat banyak organ sensor. Mereka juga punya tiga oselus di bagian puncak kepalanya untuk mendeteksi perubahan cahaya dan polarisasi. termasuk organ reproduksi. dan untuk pertahanan. semisal semut bulldog Australia. layaknya serangga lainnya. sistem saraf semut terdiri dari sebuah semacam otot saraf ventral yang berada di sepanjang tubuhnya. Sebagian besar semut jantan dan betina calon ratu memiliki sayap. Semut pekerja dan prajurit tidak memiliki sayap. setelah kawin betina akan menanggalkan sayapnya dan menjadi ratu semut yang tidak bersayap. memiliki penglihatan yang baik. Di bagian dada semut terdapat tiga pasang kaki dan di ujung setiap kakinya terdapat semacam cakar kecil yang membantunya memanjat dan berpijak pada permukaan.gantinya. dengan beberapa buah ganglion dan cabang yang berhubungan dengan setiap bagian dalam tubuhnya. Selain itu. Pada beberapa spesies. Anatomi semut. di bagian dalam mulutnya terdapat semacam kantung kecil untuk menyimpan makanan untuk sementara waktu sebelum dipindahkan ke semut lain atau larvanya. beberapa spesies semut. Namun. mereka memiliki saluran berbentuk panjang dan tipis di sepanjang bagian atas tubuhnya yang disebut "aorta punggung" yang fungsinya mirip dengan jantung. memiliki mata majemuk yang terdiri dari kumpulan lensa mata yang lebih kecil dan tergabung untuk mendeteksi gerakan dengan sangat baik. memanipulasi objek. bahkan beberapa jenis dari mereka buta. . Spesies semut seperti Formica yessensis memiliki kelenjar penghasil asam semut yang bisa disemprotkan ke arah musuh untuk pertahanan. antena semut juga berguna sebagai alat peraba untuk mendeteksi segala sesuatu yang berada di depannya. [8] Kebanyakan semut umumnya memiliki penglihatan yang buruk. Di bagian metasoma (perut) semut terdapat banyak organ dalam yang penting.

Ini juga cara yang digunakan semut dewasa memdistribusikan makanan pada semut dewasa lainnya. Tahap larva adalah tahap yang sangat rentan — lebih jelasnya larva semut tidak memiliki kaki sama sekali – dan tidak dapat menjaga diri sendiri. Semut are holometabolism. Perubahan tugas ini bisa terjadi dengan mendadak dan disebut dengan kasta sementara. dan kemudian mencari makan dan mempertahankan sarang. jika tidak jantan (haploid). Larva and pupa harus disimpan pada suhu yang cukup konstan untuk memastikan mereka tumbuh dengan baik. dan antara kasta pekerja jika ada. Setelah itu meningkat menjadi menggali dan pekerjaan sarang lainnya. sehingga sering dipindahkan ke berbagai brood chambers dalam koloni. Suatu teory mengapa seperti itu karena mencari makan memiliki risiko kematian yang tinggi. ditentukan pada saat pemberian makan saat masih menjadi larva. melewati tahap larva dan pupa (dengan pupa yang exarate) sebelum mereka menjadi dewasa. Jika telur telah dibuahi. yaitu tumbuh melalui metamorfosa yang lengkap. semut yang ditetaskan betina (diploid).Perkembangan Semut pemakan daging sedang berkerumun Ratu semut pemakan daging yang telah dibuahi mulai menggali koloni baru Kehidupan seekor semut dimulai dari sebuah telur. Perbedaan antara ratu dan pekerja (dimana sama-sama betina). Seekor semut pekerja yang baru memasuki masa dewasa menghabiskan beberapa hari pertama mereka untuk merawat ratu dan semut muda. Makanan diberikan kepada larva dengan proses yang disebut trophallaxis dimana seekor semut regurgitates makanan yang sebelumnya disimpan dalam crop for communal storage. sehingga semut .

org/wiki/Semut . Baik dalam etos kerjanya maupun dalam ketaatan kepada pemimpin. pergilah kepada semut. Pada beberapa spesies semut terdapat kasta fisik — pekerja bisa memiliki ukuran tubuh yang berbeda-beda. dan mengumpulkan makananannya pada waktu panen. Pada beberapa spesies semut tidak memiliki pekerja median. umat Kristen diajarkan untuk mencontohi teladan serangga kecil ini. dan kekurangan seperti orang yang tak bersenjata. kepekaan terhadap sekitarnya serta kebersamaan hidup dalam koloninya. berdasarkan hadits riwayat Abu Hurairah Muhammad bersabda bahwa. Hai pemalas.wikipedia. Kutipan Amsal 6:6-11. Nabi tersebut lalu memerintahkan umatnya untuk mendatangi sarang semut kemudian membakarnya. berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu? Tidur sebentar lagi. "Ada seekor semut pernah menggigit salah seorang nabi. dan major.Ini adalah hal yang baik bukan saja bagi pengentasan kemiskinan. mengantuk sebentar lagi. disebut pekerja minor. tetapi juga dalam relasi dan budaya gotong royong yang mulai lenyap ditelan sikap individualis yang pesat merambah.hanya berpartisipasi jika mereka sudah cukup tua dan bagaimanapun juga lebih dekat pada kematian. "Apakah hanya karena seekor semut menggigitmu lantas kamu membinasakan satu umat yang selalu bertasbih. namun mereka masih tetap seekor semut perkerja dan tugas mereka tidak banyak berbeda dengan pekerja minor atau median."[9] Kristen Dalam kitab suci Kristen (Alkitab) khususnya dalam bagian Perjanjian Lama yaitu Kitab Amsal 6:6-11. Semut seperti ini seringkali disebut semut "tentara" karena rahang mereka yang kuat membuat mereka lebih efektif ketika digunakan untuk bertarung dengan makhluk lainnya. . perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya. pengaturnya atau penguasanya. melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring".maka datanglah kemiskinan kepadamu seperti seorang penyerbu."Hai pemalas. Biasanya semut yang lebih besar memiliki kepala yang tidak proporsional besarnya. ia menyediakan rotinya di musim panas. ketekunannya dalam menghadapi rintangan. membuat pemisahan tegas dan perbedaan fisik yang jelas antara pekerja minor dan major. dan correspondingly rahang yang lebih kuat. Tetapi kemudian Allah menurunkan wahyu kepadanya." http://id. median. Semut dalam kebudayaan manusia Islam Umat muslim diperintahkan untuk tidak membunuh semut.

Di antara berbagai jenis kroto. dan beras hijau. Tanpa pengawetan. seperti jalak. Jenis kroto ini juga dapat tahan seminggu. kroto halus merupakan jenis yang paling tidak disukai burung. Di antara jenis kroto yang lain. kroto dibedakan menjadi kroto basah. berupa semut-semut pekerja kecil dan besar. tanpa pengawetan. Kroto kasar. jagung.com/2012/07/jenis-kroto.html . 3. yaitu kroto basah. Kroto digemari oleh burung-burung pemakan serangga. Kroto basah sebaiknya disimpan di dalam kulkas dan dibungkus dulu dengan kertas agar air dapat terserap oleh kertas. 2. kroto adalah merupakan pakan alternatif yang kaya akan protein dan vitamin. umur kroto basah hanya dapat bertahan sehari. seperti kacang. dan kroto kasar.07%. Kroto basah. murai batu. dan kroto kacang.blogspot. kroto halus. yang merupakan campuran larva dan pupa semut. Di antara berbagai jenis kroto. kroto basah mempunyai kandungan gizi yang terbaik. cucak rowo.jenis kroto Bagi para penggemar burung kicauan. berupa induk semut ratu dan semut jantan. Dalam kondisi ini kroto basah dapat bertahan hingga tiga hari. kroto kasar. voer. http://semutkroto.80%. kroto halus. Kroto adalah telur dari semut rangrang. beo. merupakan kroto yang paling banyak digemari oleh burung dan juga sebagai umpan pancing. Menurut jenisnya. dan lainlain. Kroto ini dapat tahan dalam seminggu. ditambah dengan jenis pakan lain. kutilang. 4. Kroto halus. dedak. padi. kacer. terutama protein mencapai 47. kroto kacang mempunyai kandungan lemak tertinggi mencapai 17. Kroto kacang. 1. Jika tanpa pengawetan. Kroto jenis ini merupakan telur dan larva semut rangrang yang masih baru dengan kandungan air yang tinggi sehingga mudah busuk. Kroto juga dapat membuat kicauan burung lebih merdu dan bulu lebih mengkilap. jenis kroto ini dapat tahan selama seminggu. berupa campuran ketiga jenis kroto.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful