You are on page 1of 2

ILMU KEDOKTERAN JIWA Pengertian

Ilmu kedokteran jiwa atau psikiatri adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari tentang segala segi kejiwaan manusia baik dalam keadaan sehat maupun terganggu / sakit jiwanya.

Perkembangan Psikiatri
ZAMAN PRA-ILMIAH Zaman ini dibagi menjadi tiga tahapan : A. Zaman Primiti Hippocrates (4 !"#$% &'( sebagai )apak Ilmu *edokteran telah berpendapat bahwa gangguan jiwa terletak di otak+ yang merupakan gangguan organik. ,engan dasar ini )eliau menentang kepercayaan masyarakat pada waktu itu bahwa epilepsy adalah -penyakit suci. yang merupakan derita orang"orang yang dikutuk. ). Zaman Dem!n!"!gi ,ipercayai bahwa gangguan jiwa sebagai akibat kekuatan gaib+ makhluk halus atau setan. /engobatan dilakukan dengan mengusir pengaruh roh jahat+ oleh karena itu diperlukan imam dan pengusir setan. 0ohan 1eyer (2%2%"2%%3( mengatakan bahwa penderita gangguan jiwa merupakan urusan dokter. ,idukung juga oleh pendapat yang sama dari /aracelcus (244#"2%42(+ dan 5eli6 /later (2%# "2 24(. 7. Zaman Meta isik  8angguan jiwa merupakan urusan ahli 9ilsa9at+ bukan urusan dokter.  Anggapan bahwa gangguan jiwa merupakan suatu imoralitas.  8angguan jiwa timbul akibat dosa oleh karena terlalu menuruti hawa na9su.  /engobatan yang dilakukan mengambil garis moralistic.

.Zaman I"mia# /ada abad :.orland istilah yang dahulu digunakan secara luas dalam psikiatri+ yang mencakup histeria klasik+ neurosis histeria+ histeria ansietas+ dan kepribadian histeria+ histeria berasal dari kata hysterics yang berarti ledakan emosional yang tidak terkendali( dan peran emosi.orland: istilah dari hipokondriasis yang berarti kegelisahan yang mengenai kesehatan seseorang+ dengan gejala yang beraneka ragam dan banyak yang tidak dapat ditemukan pada penyakit organik( sebagai -Eng"is# Disease.II secara empiris diperkenalkan tentang histeria (. /ada abad :I: diperkenalkan gangguan antisosial (.orland = antisocial personality disorder: gangguan kepribadian yang ditandai oleh perilaku anti sosial yang terus"menerus dan kronis+ yang melanggar hak"hak orang lain atau norma"norma sosial yang diterima secara umum( sebagai gila moral/ moral insanity. 8erakan humaniter mulai dikembangkan+ sehingga perawatan penderita gangguan jiwa dilakukan dengan lebih manusiawi. Integrasi  )lok kesehatan jiwa  )lok sistem sara9  )lok usia lanjut  )lok medikolegal  )lok Humaniora . 'ulai dikenal adanya hipokondria (. /hilippe /inel (2$4%"23< ( melepas rantai besi gangguan jiwa.