You are on page 1of 17

BAB III PEMBUATAN WEB

3.1.Pembuatan Web Sites RHA Construction and Heavy Equipment Pembuatan web sites ini menggunakan Microsoft Office Publisher 2007.Dalam praktikum ini kelompok kami mendapatkan tugas untuk membuat sebuah web sites dari sebuah perusahaan konstruksi dan penyewaan alat berat.Informasi yang ingin di tampilkan dalam web sites ini berupa : Home About Us Contact Us Product List Project List Related Links : Menjelaskan tentang sejarah perusahaan. : Menjelasakan tentang Visi dan Misi Perusahaan. : Media untuk memprmudah pengunjung menghubungi perusahaan : Berisi tentang produk alat berat yang di sewakan. : Berisi proyek yang sudah atau sedang di kerjakan. : Berisi tentang link ke perusahaan lain yang saling berkaitan.

Cara untuk membuat web sites menggunakan Microsoft Office Publisher 2007 yaitu sebagai berikut : 1. Buka aplikasi Microsoft Office Publisher 2007 Setelah aplikasi dijalakan, akan muncul gambar seperti ini

Pilih web sites

Setelah itu. Setelah memilih desain.2. pilih desain yang akan digunakan untuk websites yang akan dibuat 3. Edit content yang sudah ada sesuai dengan kebutuhan .akan muncul gambar kotak dialog seperti ini Pilih fitur yang ingin di tampilkan pada web site.setelah itu klik Ok 4.

Akan muncul gambar seperti ini Apply a Background. Dalam pembuatan web site ini kelompok kami memilih menggunakan fitur more backgrounds untuk mendapatkan warna yang lebih menarik.untuk merubah background dengan gambar atau warna lainya. Plih menu Format 2.1. More Backgrounds.Merubah Background 1. Background Sound.3.1. .untuk merubah background dengan default yang sudah ada.untuk menyisipkan lagu atau efek suara pada halaman web.

warna yang telah dipilih sebelumnya akan tampil di kolom tersebut. Klik two color  pilih warna dan shading style yang diingkan kemudian klik ok. Apply to All Pages.untuk menerapkan background pada seluruh halaman. 6.3. Apply to the Page. Klik tanda panah disisi kanan dari warna yang dipilih.untuk menerapkan background pada halaman yang terpilih. Klik More Backgrounds 4. . 5. Perhatikan di kolom apply a background.kemudian akan muncul 2 pilihan.

Pilih menu Insert arahkan kursor ke Picture kemudian klik From file .1. Hapus header yang sudah ada pada setiap halaman.2.3.Merubah Header 1. 2.

Tips : Untuk menerapkan header pada semua halaman. Untuk merubah ukuran gambar bisa dilakukan dengan menarik titik-titik yang terdapat pada tepi gambar.bisa dilakukan dengan mengcopy header (object yang dijadikan header) dan di paste ke semua halaman web. Klik Insert 5.3. Pilih gambar 4. .

Tarik tanda + hingga membentuk persegi 4. Ketik informasi yang ingin di tambahkan pada website . Pilih menu Insert 2. Klik Text Box 3.Menyisipkan Teks 1.4.3.

2. Klik kanan pada kolom text area.3. Pilih menu Insert kemudian arahkan kursor ke Form Control lalu klik Text Area.5. Sesuaikan tinggi dan lebar text area tersebut 3.Membuat Text Area 1.pilih Format Form Properties .

lalu klik ok 3. Klik Form Properties.6.4. .pilih Send data to me in e-mail.Membuat List Box 1. Pilih menu Insert kemudian arahkan kursor ke Form Control lalu klik List Box.

klik Add untuk menambahkan pilihan. Klik kanan pada list box kemudian pilih Format Form Properties 3. .kemudian klik Ok. Klik Modify .ganti item yang ada dengan nama-nama alat berat.2.

7.lalu klik ok . Pilih menu Insert kemudian arahkan kursor ke Form Control lalu klik Submit. Pada Command Button Properties.pilih Send data to me in e-mail.3.Membuat Tombol Submit 1. 2. Klik Form Properties.kemudian klik Ok 3.

6. 3.Menambah Halaman Baru Pilih menu Insert Page. Duplicate Page.3. Klik kanan pada gambar yang dipilih kemudian pilih Edit Hyperlink .untuk menggandakan halaman yang terpilih.Membuat Hyperlink Pada Gambar 1.7.untuk menambahkan halaman baru.

2.2. Kemudian akan muncul gambar seperti ini 3. .lokasi perusahaan dan philpsophy perusahaan. 4. Pilih Ok. Pilih link yang menjadi tujuan dari gambar tersebut.Home Ini adalah halaman pertama dari sebuah Web Sites dimana pada halaman ini berisi tentang sejarah perusahaan. 3.latar belakang perusahaan.

Serta singkat dari perusahaan.3. .Contact Us Mendeskripsikan pelanggan perusahaan bagaimana menghubungi perusahaan dan di mana lokasi perusahaan berada. penjelasan 3.3.About Us Mendeskripsikan tentang Visi dan Misi perusahaan. produk atau jasa yang perusahaan berikan.4.

6.Project List Menjelaskan proyek apa saja yang sedang dikerjakan oleh perusahaan maupun yang sudah selesai di kerjakan.Product List Product List menggambarkan produk yang ditawarkan oleh perusahaan. 3. .5. Dan di jelaskan secara garis besarnya saja beserta gambar yang ditawarkan.3.

.3.Related Links Berisi link web sites ke perusahaan lain yang memiliki bidang kerja serupa.7.biasanya perusahaan tersebut sering melakukan kerja sama dalm sebuah proyek.