You are on page 1of 6

Teknik Mencabut Gigi Fraktur Sebelum menguraikan bagaimana mencabut gigi fraktur, operator harus terlebih dahulu mengetahui

prosedur untuk mencabut gigi. Ada lima langkah yang perlu diikuti : 1. Sisihkan gusi (gingival attachment) dari gigi yang akan dicabut dengan menggunakan bein. 2. oyangkan gigi dengan menggunakan bein (elevator).

!. "ilih tang cabut gigi yang beaknya sesuai bentuk anatomi akar gigi yang akan dicabut. #. $uksasi gigi dengan menggunakan tang yang telah dipilih. %. $epaskan gigi dari soket dengan menarik kea arah oklusal. "encabutan gigi yang fraktur dengan tang pencabutan gigi dapat dibagi men&adi dua &enis menurut banyaknya akar pada setiap gigi yaitu gigi berakar tunggal dan gigi berakar ganda. igi berakar ganda 1. igi molar atas "ada gigi molar atas yang mempunyai tiga akar yaitu mesial, distal, dan palatinal, apabila ter&adi fraktur seluruh mahkota pada 'aktu pencabutan gigi sehingga tertinggal seluruh akar, cara penanganannya adalah sebagai berikut : (engan menggunakan )ekrya *arbide bur kecepatan tinggi, akar gigi dibelah sampai ter&adi celah yang dalam. +ntuk ini operator harus memahami bentuk anatomi dan akar gigi molar atas, agar dalam membelah akar tepat sampai septum interradikuler. "erkiran letak septum interradikuler &uga dapat diraba dengan sonde half moon. (ari titik cekungan di bagian bukal (antara akar mesiobukal dan distobukal), bur diarahkan tegak lurus ke tengah gigi sehingga ter&adi alur sampai ke tengah gigi, selan&tnya bur diarahkan ke mesial dan distal. "erbedaan ukuran akar mesiobukal pada molar pertama dan kedua mempengaruhi garis pemisah.

"engeburan harus dilakukan dengan hati,hati sebab akar molar atas letaknya berdekatan dengan sinus maksilaris. Setelah akar dipisahkan dengan bur, sisa akar yang belum patah dapat dipatahkan dengan bein kecil tipis atau cryer. (engan sedikit rotasi bein atau cryer tersebut digerakkan, kemudian sisa akar diambil dengan tang pencabut akar gigi atas yang berbenyuk bayonet. $etakkan u&ung tang (beak) pencabut sisa akar gigi sedalam mungkin ke arah apical, men&epit akar gigi dan denhgan sedikit gerakan rotasi akar ditarik ke luar. "encabutan dimulai dengan akar palatinal yang paling besar kemudian akar distal dan selan&utnya akar mesial. "rosedur ini lebih sedikit resikonya dibandingkan dengan menggunakan elevator (bein-cryer) yang dapat menyebabkan masuknya akar ke dalam sinus maksilaris. .ika tidak dapat ke luar dengan tang, akar distobukal dapat dikeluarkan dengan memiringkan elevator, dan menggunakan akar palatinal sebagai tumpuan. Akar mesiobukal paling baik dikeluarkan dengan menggunakan elevator di mesial, dan langsung ke akar yang mempunyai lengkung ke distal. /al ini dimungkinkan oleh adanya ruangan yang dihasilkan setelah pengeluaran akar distobukal. 0ekanan langsung dapat mengakibatkan akar tersebut terdorong ke dalam sinus maksilaris. .afi pemakaian elevator harus dilakukan dengan hati,hati sekali. .ika gambaran foto rontgen menun&ukkan akar hanya dibatasi oleh tulang yang tipis, akar harus dikeluarkan dengan membuat flap dan mengambil atau memotong bagian bagian dari tulang bukal. /al ini dilakukan oleh dokter spesialis bedah mulut. 2. igi molar ba'ah igi molar ba'ah mempunyai dua akar yaitu akar mesial dan distal. Apabila ter&adi fraktur seluruh mahkota pada 'aktu pencabutan sehingga seluruh akar tertinggal, cara menanganinya sebagai berikut : (engan sonde half moon carilah daerah bifurkasi. 1emudian dengan menggunakan )ekrya *arbide bur dari daerah bifurkasi, bagian bukal di bur sampai ke bagian lingual sehingga akar terbelah men&adi dua bagian yaitu akar mesial dan distal. (engan menggunakan bein yang kecil dan tipis atau cryer yang diletakkan pada celah yang dalam dengan titik tumpu dari cryer pada akar mesia, akar distal dapat dikeluarkan.

*ryer kemudian diletakkan pada siket yang kosong. (engan merotasi cryer, akar dapat ditekan sehingga keluar. .adi untuk mencabut gigi maupun akar, sebaiknya dimulai dari sebelah distal rahang kea rah mesial untuk memudahkan pandangan operator dan masih ada titik tumpu untuk mengeluarkan akar yang satunya lagi. !. igi premolar pertama atas igi ini mempunyai dua akar bukal dan palatinal. Apabila ter&adi fraktur seluruh mahkota pada 'aktu pencabutan sehingga seluruh akar tertinggal, cara penanganannya adalah sebagai berikut : (engan menggunakan )ekrya *arbide bur dari tengah gigi, gigi di bur kearah mesial dan distal. 1emudian dengan menggunakan bein lurus, kecil, dan tipis atau cryer yang diletakkan pada celah yang dalam hasil pengeboran tadi, sisa akar digerakkan dan dipatahkan. Sisa akar diambil dengan tang pencabut akar gigi atas berbentuk bayonet, dimulai dari akar palatinal kemudian ke akar bukal. .ika u&ung akar premolar pertama atas fraktur, dapat dikeluarkan seperti u&ung akar yang lain dengan mencungkil u&ung akar yang ramping tersebut menggunakan bein atau elevator yang runcing maupun dengan eskavator yang runcing dan ta&am. Sebaiknya gunakan peralatan yang berkualitas baik agar pada 'aktu alat digunakan untuk mencungkl, alat tidak patah sehingga tertinggal diantara tulang alveolar dan akar gigi yang patah. 0empat untuk mencungkil adalah di ruang periodontal dengan menggunakan bagian yang lebih ke koronal dari gigi yang fraktur sebagai titik permulaan. Akar bergerak sedikit dengan menggunakan elevator. "engeluaran sisa akar ini akan lebih mudah &ika u&ung akar sudah sedikit goyang sebelum fraktur. 2leh karena itu, pada 'aktu akan mencabut gigi, gigi harus digoyahkan dengan bein terlebih dahulu. .ika u&ung akar gigi tidak bergerak dalam 'aktu singkat, cobalah dengan menggunakan sonde lurus yang dimasukkan ke dalam saluran akar. Sonde lurus ini digoyang,goyangkan, kemudian ditarik keluar ke arah oklusal. .ika u&ung akar tetap tidak bisa dikeluarkan, harus dilakukan pembuatan flap pada bagian labial untik mengeluarkan akar. "eker&aan ini sebaiknya diru&uk kr dokter spesialis bedah mulut.

igi berakar tunggal (engan mengunakan )ekrya *arbide bur kecepatan rendah dilakukan pengeburan pada tulang rahang yang berbatasan dengan akar gigi, pada bagian mesial dan distal. /al ini berguna untuk tempat meletakkan bein kecil yang tipis dengan sedikit mengangkat sehingga sisa akar akan goyang dan untuk gigi atas, dapat diambil dengan tang pencabut sisa akar gigi atas yang berbentuk bayonet dan u&ungnya pan&ang serta runcing. Sementara untuk gigi ba'ah, sisa akar diambil dengan tang pencabut sisa akar gigi ba'ah. .ika sisa akar tinggal sedikit, dapat digunakan sonde lurus yang dimasukan pada saluran akar.

"rinsip yang perlu diperhatikan : 1. 0eknik mengeluarkan gigi fraktur berakar tunggal adalah dengan pengeburan tulang rahang di sebelah mesial dan distal akar gigi untuk tempat meletakkan tang pencabut akar gigi. 2. 0ang pencabut sisa akar gigi bentuk bayonet digunakan untuk mencabut sisa akar gigi di rahang atas, sementara tang pencabut sisa akar gigi rahang ba'ah digunakan untuk mencabut sisa akar gigi di rahang ba'ah. !. "engeluaran gigi fraktur premolar kedua, moar pertama, dan molar kedua atas, sebaiknya dilakukan dengan hati,hati karena u&ung akar gigi ini umumnya sangat berdekatan dengan sinus maksilaris dan pada region ini paling sering ter&adi perforasi. #. igi yang fraktur &angan dibuang dahulu, sehingga bila akar sudah keluar semua, dapat di&adikan satu gigi utuh. unanya untuk melihat apakah tidak ada sisa akar yang tertimggal. 1adang,kadang, pada gigi molar ba'ah ada akr tambahan yang bentuknya lebih kecil dari akar yang lain.

%. +sia pasien. "ada anak,anak, pembentukan apeks akar mungkin belum selesai. "ada orang de'asa, ada kemungkinan akar gigi bengkok dan ada penyakt sistemik. 3. "enentuan 'aktu per&an&ian dengan pasien. 4. Sebaiknya operator memprediksi bah'a pencabutan gigi yang sukar dapat menyebabkan fraktur gigi sehingga per&an&ian dengan pasien untuk pencabutan gigi diberi 'aktu yang agak longgar agar operator tidak beker&a tergesa,gesa karena masih ada pasien yang menunggu di ruang tunggu. 5. 2perator dalam mengeluarkan gigi fraktur sebaiknya dibantu asisten hyang sudah terlatih, sehingga 'aktu yang dibutuhkan lebih singkat dan lebih hati,hati dalam beker&a, selain lebih aman dan teliti.

(A60A7 "+S0A1A

7obinson (. "aul. 288%. Tooth Extraction. 9right, 2:ford Aucland ;oston .ohannes ;urg <elbourne =e' (elhi. pp: 2. "eterson .. $arry. 288!. Oral and Maxillofacial Surgery. #th ed, 0he *.>. <osby *ompany, St. $ouis, pp: 113,114.

Sariningsih, ?ndang. 2883. 0eknik Mengeluarkan Gigi Fraktur dengan Mudah dan Cepat. ;uku 1edokteran ? *. pp: 1%,2%