You are on page 1of 29

LAPORAN PRAKTIKUM BIOKIMIA BLOK XIX

Disusun Oleh :

Silvia Yoko (4

!!

" !! ("

Ma#ia O$%avi#a &'N (4 The#esia Di%a (4 Moni$a Roll* (" Benha#+ ,##*sa (" Ri#a -assia (" !! )"

Mea#* Mi#a Nelson a.an/ Ma#k Bel0is

1AKULTAS K,DOKT,RAN UNI&,RSITAS KRIST,N DUTA 2A-ANA YO3YAKARTA 4! ( BAB I P,NDA5ULUAN La%a# Belakan/ Susu merupakan bahan makanan bernilai tinggi, kandungan gizinya lengkap dengan sefat gizi yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Komponen-komponen penting dalam air susu adalah protein, lemak, vitamin, mineral, laktosa serta enzim dan bebearpa mikroba. Umumnya susu mengandung air 87, !, emak ",#!, protein ",$!, laktosa $,8!, abu %,7&!, dan beberapa vitamin larut dalam lemak susu yaitu vitamin ', (, ), dan vitamin K. Susu harus memenuhi syarat-syarat kesehatan dengan niali gizi yang tingi. Kandungan protein merupakan parameter kualitas susu. *ika protein dihidrolisis secara sempurna maka akan terbentuk asam-asam amina sebagai hasilnya.+ernyata air sususapilebihbanyakmengandung protein danlebihsedikitlaktosa. ,emakdalam air susu relative mengandunglebihbanyakasamlemak. ,aktosaadalahkarbohidratutamadalam air susu. -adan K adalahkation yang utamatetapi.ugaada /a, 0g, dansedikit 1e. 2adatepungkedelaibanyakmengandung protein, lemak, dankarbohidrat.2rotein terdiri dari glisine yang mengandung asam amino esensiil dan .uga albumin. 0acam macam

polisakarida. mencegah tertimbunnya lemak berlebihan dalam hati. Tu6uan . pertukaran zat dalam tubuh terganggu.ORI Te7un/ Ka$an/ Ke+elai +epung Kacang Kedelai mengandung energi sebesar "$7 kilokalori. protein dan lemak pada air susu dan tepung kedelai BAB II DASAR T.aringan tubuh atau meningkatkan pembakaran lemak dalam hati.# gram.adi ammonium karbonat. 1ungsi hati sebagai pemecah lemak dan penetral racun tidak bertugas semestinya :0istra. 0ampu membandingkan kandungan karbohidrat.. 0engetahui kandungan yang terdapat pada air susu &.uga terkandung vitamin ' sebanyak $% 5U. lemak &%. Untuk mengetahui kandungan dan perbedaan dari air susu dan tepung kedelai. . *ika hati terlalu banyak lemaknya. (engan demikian. &%%$.# gram.kandungan yang terdapat dalam air susu dan tepung kedelai melalui beberapa percobaan. karbohidrat &#. )nzim utama adalah enzim urease yang dapat menghidrolisis ureum netral men. fosfor 33$ miligram. kalsium #3 miligram. Susu dan tepung kedelai merupakan bahan makanan yang kandungan gizinya lengkap.aringan-. 0engetahui kandungan yang terdapat pada tepung kedelai ".4 gram. Susu ini mengandung lesitin.77 miligram dan vitamin . dengan . protein "3. dan zat besi 8 miligram.karbohidrat yang tekandung adalah sukrosa. Selain itu di dalam +epung Kacang Kedelai . Susu Ke+elai Susu kedelai merupakan bagian lain dari pengolahan kacang kedelai.0acam macam lemak adalah gliserida dan fosfatide.umlah yang dapat dimakan sebanyak %% !. perlu dilakukan identifikasi kandungan . 8at ini memiliki keistime9aan mendorong pengangkutan asam lemak dari hati ke . vitamin 6 %.% miligram. 7asil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap %% gram +epung Kacang Kedelai.

6* normal adalah . 8at ini . lesitin merupakan zat gizi emulsifisasi yang membuat lemak dapat larut dalam darah untuk ditransportasikan. &%%$.aringan. menolong dalam pengaturan pembekuan darah.uga membantu lubrikasi :pelumasan. semua sel. BAB III M.ar adrenal dan tiroid.aga kesehatan membrane mukosa.antung aterosklerosis :0istra.aga pertumbuhan yang normal.adinya terkanan darah tinggi dan pengerasan arteri.esitin dalam kondisi tertentu dapat meningkatkan daya ker.uga dapat menurunkan kadar kolesterol darah pada pasien penyakit ..enuh. Selain itu..antung.Selain itu. membantu aktivitas kelen.%"% . &%%$.esitin . men. 'sam linoleik dan linolenik . . Susu kedelai diketahui mengandung asam linoleik dan linolenik yang tergolong asam lemak tidak .ah 9ik#osko7 0eneteteskan air susu pada ob.uga mampu menghancurkan timbunan kolesterol pada pembuluh darah arteri dan dapat mencegah ter. serta mempermudah transportasi oksigen dalam darah ke semua sel.ar. Kedua asam ini berfungsi men. dan organ. memberikan pengamanan pada kulit supaya tampak bercahaya dan men. 2enelitian membuktikan kedua asam lemak tidak . .a otak.TODOLO3I A' Pe#$o8aan Ai# Susu 0emeriksa dengan perbesaran %%< dan $%%< ' Pe#$o8aan +i 8a. .ek glass 0enutup dengan deck glass 4' Pe#$o8aan Be#a% :enis 0emeriksa dengan hidrometer. terutama pada anak yang mengalami kemunduran dalam bela.enuh ini berguna untuk mencegah kelainan prostat dan arthritis :0istra. membantu pernafasan organ-organ vital tubuh.aga kolesterol selalu lunak dan mencegah pengerasan timbunan kolesterol dalam darah serta mencegah ter.adinya penyakit .

0engencerkan air susu sebanyak "< : ml air susu = & ml a>uadest. lalu mendiamkan selama . dan mengukur p7 kembali. 4' Pen/en+a7an Kasein 0engencerkan % cc air susu dengan air pada elrlenmeyer 0enambahakan &! asam cuka setetes demi setetes sampai muncul endapan kasein .am. Asa9 Basa (' Reaksi Pe#$o8aan Kertas lakmus Susu Segar 0engukur p7 dengan menggunakan kertas lakmus merah dan biru.

3-$ ml air untuk percobaan 3.4.7 dan filtrat untuk percobaan 8 dan # )' Pe#$o8aan Reaksi 2a#na P#o%ein U6i Biu#e% 0emasukan & ml larutan tepung kedelai & ml /a?7 $% !: homogenkan.0enyaring endapan dengan kertas saring basah yang diperkuat dengan plak 7asil percobaan dilarutkan dalam ".% / sebanyak $ tetes 0engamati 9arna violet yang timbul 7asil :=. @(itemukan adanya 9arna violet U6i Molish 0emasukan & ml larutan tepung kedelai 0enambahkan & tetes pereaksi molish 3 ! 'lpha naftol dalam % ! etanol 0encampur hingga rata 0enambahkan & ml 7&S?$ pekat secara perlahan melalui dinding tabung . 0enambahkan -uS?$ %.

b. 0encampur larutan yang sudah di campur 7asil A a.angan dekat nyala api.maka perlu menambahkan 7/?" tetes kemudian memanaskan kembali hingga muncul uap =' 3#ease S7o% Tes% 0engambil ml eter = 8 tetes endapan yang dilarutkan 0encampur hingga tercampur rata 0enuangkan ke ca9an porselin: .adi coklat .angan sampai kering.ukan reaksi positif . UapB asap putih keluar kemudian didingkan lalu ditambahkan & ml ammonium molibdat lalu memanaskan kembali C *ika 9arna berubah men. 0engipas hingga kering 0engusap ca9an porselin dengan kertas putih 0elihat ada tidaknya noda kuning dalam kertas putih: pada lampu terang. .adi kuning berarti phosfat organik :=. kemerahmerahan pada batas kedua cairan menun.7asil @ 9arna violet :ungu.' Pe#$o8aan Reaksi Neu9ann un%uk Kasein ml larutan endapan 7/?" < pekat & tetes % tetes < 7&S?$ pekat 0encampur kemudian dipanaskan :. 6ila asap putih tidak muncul namun sisi tabung men.

adi koagulan < 0enyaring -airan 1iltrat akan digunakan untuk percobaann # dan % ?' Pe#$o8aan Menun6ukan A+an*a Lak%osa 0emanaskan pada penangas air sampai berubah 9arna 0emperhatikan hasilnya & ml benedict = 3 tetes filtrat < !' Pe#$o8aan Menun6ukan A+an*a ion -a +an P@o#/anik Sisa filtrate di tambah ammonium hidroksid sebanyak 3 tetes 0emanaskan 7ingga ter.>' Pe#$o8aan Menun6ukan A+an*a Lak%a% Al8u9in 0emanaskan filtrate hingga ter.adi dilarutkan dalam asam cuka encer : & cc air = % tetes asam asetat glacial.angan sampai mendidih. (ilakukan penyaringan )ndapan yang ter. 1iltrat dibagi men.adi endapan : .adi dua 2emeriksaan -a 2emeriksaan 2-anorganik .

0enambahkan -uS?$ %. @+erbentuk endapan kuning B' Pe#$o8aan Te7un/ Ke+elai ' Pe#$o8aan Menun6ukan a+an*a le9ak 2ercobaan menun.ukan adanya lemak dengan menggunakan Drease Spot +est 4' Pe#$o8aan Menun6ukan a+an*a P#o%ein +an Ka#8ohi+#a% a' U6i Biu#e% 0emasukan & ml larutan tepung kedelai & ml /a?7 $% !: homogenkan.0enambahkan asam cuka encer % tetes 0enambahkan K-oksalat 0elihat larutan sampai keruh . @(itemukan adanya 9arna violet .arutan Bfilrat = "tetes 7/?" pekat ml ammonium molibdat 0emanaskannya 7asil :=.% / sebanyak $ tetes 0engamati 9arna violet yang timbul 7asil :=.

kemudian didingnkan 0embagi dua tabung +abung A 0enambahkan 'moniak beberapa tetes 7asil A 6andingkan 9arna larutan dari tabung 5 dan +abung 55 +abung 55 A +idak menambahkan amoniak . kemerahmerahan pada batas kedua cairan menun.ukan reaksi positif $' U6i Xan%o7#o%ein 0emasukan ml larutan 0enambahkan % tetes 7/?" pekat 0emansakan.8' U6i Molish 0emasukan & ml larutan tepung kedelai 0enambahkan & tetes pereaksi molish 3 ! 'lpha naftol dalam % ! etanol 0encampur hingga rata 0enambahkan & ml 7&S?$ pekat secara perlahan melalui dinding tabung 7asil @ 9arna violet :ungu.

adi Pe#$o8aan B +epung kedelai = air 3 ml dideproteinisasi dengan cara mendidihkannya 0enambahkan beberapa tetes &! cuka sampai terbentuk gumpalan 0enyaring filtratnya.(' Pe#$o8aan Menun6ukan Ka#8ohi+#a% Pe#$o8aan A 0emasukan tepung kedelai kedalam air 0enunggu sampai ada endapan:amilum.ukan adanya gula 1iltrat di hidrolisis kemudian dilakukan percobaan benedict Pe#$o8aan Bene+i$% 0enambahkan & ml filtrate tepung kedelai pada tabung reaksi . 0emanaskan . yang .od 0engamati yang ter.alu didinginkan 0eneteskan dengan "-$ tetes .ernih dipakai untuk menun.

@ 0erah 6ata 4' Pe#$o8aan Menun6ukan A+an*a .adi 7asil :=.nAi9 U#ease 0enyiapkan & tabung reaksi tabung dengan & cc larutan ureum tabung dengan & cc a>uadest tetes fenol merah tetes fenol merah & ! asam cuka sampai tepat kuning & ! asam cuka sampai tepat kuning .0enambahkan 3 tetes larutan benedict dan kocok 0emanaskan tabung reaksi yang sudah dicampurkan tersebut selama 3 menit 0engamati yang ter.

3 menit 0engamati yang terlihat 0engamati yang terlihat *ika 'moniak.0emanaskan kurang lebih pada suhu 4% dera.at celcius sedikit tepung 0emberi kedelai dan angkat Kocok Kocok 0endiamkan %.at celcius 0emberi sedikit tepung kedelai dan angkat 0emanaskan kurang lebih pada suhu 4% dera.3 menit 0endiamkan %. maka larutan bersifat asam dan fenoftalein ber9arna merah .

4' Pen/hi%un/an Be#a% :enis 7asil A 6erat *enis air susu segar @ .  reaksi ber9arna ungu U.BAB I& 5ASIL P.ok terdapat uap putih pada dinding tabung reaksi reaksi didinginkan = &ml 'mmonium 0olibdatreaksi dipanaskan dan terbentuk endapan ber9arna kuning =' 3#ease S7o% Tes% (U6i No+a Le9ak" .' Pe#$o8aan Neu9ann 7asilA & tetes 7/?" pekat = % tetes 7&S?$ pekatreaksi dipanaskan dan digo.umlah besar butiran-butiran atau bola-bola lemak yang berukuran kecil sebagai suspensi.i 6iuret A 'ir susu = /a?7 :$%!.i 0olish A 'ir susu = alfa naftol = 7&S?$  terbentuk cincin kemerahan .am @ 7 4' Pe#$o8aan 7en/en+a7an kasein 7asil A % cc air susu = % cc air = tetes asam cuka &!  terbentuk endapan  reaksi disaring serta menghasilkan endapan yang akan digunakan untuk percobaan 3.%&4 6erat *enis air susu yang diencerkan " kali @ .% 7 (' Pen/u6ian Asa9 Basa 7asil A p7 air susu pada a9al praktikum @7 p7 air susu setelah dibiarkan E& .MBA5ASAN 5asil 7en/a9a%an Pe#$o8aan ai# susu ' Pen/a9a%an Mik#osko7is 7asil A +erdapat se.N3AMATAN DAN P.4 dan 7 sedangkan filtratnya untuk percobaan 8 dan # )' Pe#$o8aan #eaksi .a#na 7#o%ein 7asil A U. = -uS?$:"tetes.

ok dan dituang ke ca9an petri  mengusap ca9an petri setelah reaksi kering dengan kertas ber9arna putih  terdapat 9arna kuning pada kertas usapan 4' Pen/u6ian 9enun6ukkan 7#o%ein 7asil A U.au := .i Fantoprotein A larutan tepung kedelai = 7/?" : %tetes.i 6iuret A larutan tepung kedelai = /a?7 :$%!. = -uS?$:"tetes. +ambah 'mmonium  larutan ber9arna kuning tua b.  panaskan  dinginkan  bagi & tabung a.7asil A ml )ter = ml endapan susu yang diencerkan  reaksi digo.i 6enedict A & ml 6enedict = 3 tetes 1iltrat  reaksi dipanaskan di penangas air selama 3 menit  9arna larutan ber9arna hi. tidak ada 'mmonium  larutan ber9arna kuning muda (' Pe#$o8aan 9enun6ukkan ka#8ohi+#a% .i 0olish A larutan tepung kedelai = alfa naftol = 7&S?$  terbentuk cincin kemerahan U.  reaksi ber9arna ungu U. ?' Pe#$o8aan Lak%osa 7asil A U. Pe#$o8aan Te7un/ Ke+elai ' 3#ease S7o% Tes% 7asil A ml )ter = sedikit tepung kedelai  reaksi digo.ok dan dituang ke ca9an petri  mengusap ca9an petri setelah reaksi kering dengan kertas ber9arna putih  terdapat 9arna kuning pada kertas usapan >' Pe#$o8aan Lak%al8u9in 7asil A 1iltrat dipanaskan  terbentuk koagulan :=.

ect glass dan diamati di ba9ah mikroskop dengan perbesaran %%< dan $%%<. atau dari sintesis dalam sel sekretori.3 menit  reaksi ber9arna merah muda & cc '>uades = tetes 1enol merah = asam cuka &!  reaksi ber9arna kuning  reaksi dipanaskan dipenangas E4%oc  = sedikit tepung kedelai  go.ah 9ik#osko7 Setetes air susu di teteskan pada ob. 'sam lemak disusun rantai hidrokarbon dan golongan karboksil :carbo<yl group.$! .ok dan kemudian reaksi didiamkan selama %. 2ersentase lemak susu bervariasi antara &. (idapatkan mikroskopis air susu yaitu terdiri atas plasma yang cair.3 menit  reaksi ber9arna kuning Pe98ahasan Pe#$o8aan 7a+a Ai# Susu Pe#$o8aan : Di 8a.3.emak susu terdiri atas trigliserida yang tersusun dari satu molekul gliserol dengan tiga molekul asam lemak :fatty acid.7asil A . melalui ikatan-ikatan ester :ester bonds. yang mengandung se. .ok dan kemudian reaksi didiamkan selama %. Satu pucuk sendok tepung kedelai = 3 ml a>uades  didihkan = asam cuka &!  terbentuk gumpalan kemudian disaring  filtratnya dilakukan percobaan 6enedict  tidak ber9arna merah tetapi biru 4' Pe#$o8aan 9enun6ukkan a+an*a enAi9 U#ease 7asil A & cc Ureum = tetes 1enol merah = asam cuka &!  reaksi ber9arna kuning  reaksi dipanaskan dipenangas E4%oc  = sedikit tepung kedelai  go. &.umlah besar bola-bola lemak kecil-kecil. 'sam lemak susu berasal dari aktivitas mikrobiologi dalam rumen :lambung ruminansia..3!. +epung kedelai dimasukkan kedalam air pada tabung reaksi  terdapat endapan amilum  reaksi dipanaskan kemudian didinginkan = "-$ tetes *od  reaksi ber9arna biru :=. .

uga dalam kondisi yang sudah rusak.enis seharusnya diantara suhu &%-"%G-. sedangkan semakin banyak lemak pada susu maka semakin rendah berat . *ika hidrometer dicelupkan dalam susu yang rendah berat .enis tidak bersatuan. perkesatuan volume air susu pun mengembang pula men. hal ini terlihat dari terdapatnya & lapisan dalam susu. air susu akan men.adi ringan dan sebaliknya dengan pendinginan.adi lebih berat. 6erat . 6eberapa faktor yang mempengaruhi berat *enis susu yaitu diantaranyaA a.ian ini adalah benda padat yang dicelupkan ke dalam suatu cairan akan mendapatkan tekanan ke atas sesuai dengan berat volume cairan yang dipindahkan. (aftar ini telah disepakati para ahli gizi dan kesehatan sedunia. berat . maka semakin berat susu tersebut.enis suatu bahan adalah perbandingan antara berat bahan tersebut dengan berat air pada volume dan suhu yang sama.enis pada susu adalah semakin bagus karena komposisi atau kandungan dari susu tersebut masih pekat dan kadar air dalam susu adalah kecil. semakin tinggi kadar berat .adi padat sehingga perkesatuan volume akan men. b.enis-nya.enis air susu rata-rata . *ika hasil tersebut dibandingkan dengan persyaratan mutu susu segar berdasarkan S/5 % -" $ . Semakin besar berat .% 7. semakin banyak persentase bahan padat bukan lemak.Pe#$o8aan 4 : 8e#a% 6enis 6erat .enisnya dan demikian pula sebaliknya. Susunan air susu itu sendiri (alam hal ini yang menentukan ialah kadar bahan keringnya. 6erdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan. 9alaupun disetiap negara atau daerah mempunyai ketentuan-ketentuan tersendiri.%&8.enisnya tinggi. 6erdasarkan batasan ini. maka hidrometer akan tenggelam lebih dalam dibandingkan .enis dalam air susu maka akan semakin tinggi pula berat .enis air susu tersebut menurun dari yang seharusnya. +emperatur 'ir susu akan mengembang pada suhu yang semakin tinggi.##8 yaitu minimal .enisnya. ada yang mengambang berbentuk butiran-butiran ber9arna putih dan lapisan yang paling dasar ber9arna sedikit lebih bening dibandingkan dengan lapisan atas sehingga berat . (alam pengukuran berat . maka berat .enis air susu adalah %. ?leh karena itu di .%&8% maka hasil penetapan sample susu segar tidak memenuhi persyaratan tersebut.ika hidrometer tersebut dicelupkan dalam susu yang berat . Kondisi fisik dari susu segar yang dipergunakan sebagai sample .%"% dan menurut code< susu 6* air susu adalah . -ode< susu adalah suatu daftar satuan yang harus dipenuhi air susu sebagai bahan makanan. 2rinsip dari pengu.

uga dapat menyebabkan bau busuk :hasil penguraian protein. 2engasaman dan penggumpalan.3 :suhu kamar.ika p7 susu setelah didiamkan beberapa . (isamping itu. maka pertumbuhan mikroorganisme pada suhu normal akan cepat sekali. Selan. 7al ini disebabkan oleh A a. dan dengan demikian kemungkinan butir-butir lemak itu menyatu membentuk suatu gumpalan yang timbul ke permukaan susu. 2enggumpalan susu yang timbul tanpa penurunan p7.enis . 7al ini disebabkan oleh bakteri seperti Bacillus cereus yang menghasilkan enzim yang mencerna lapisan tipis fosfolipid disekitar butir-butir lemak.. *ika sesudah pemerahan susu dibiarkan begitu sa.ian keasaman pada a9al percobaan. H 'danya gas yang timbul didalam air susu Pe#$o8aan ( : Reaksi ke#%as lak9us 2ada percobaan ini dilakukan pengu.adinya penggumpalan casein. atau untuk mengukur seperti yang dikehendaki. b.a tidak ditangani dengan baik :misalnya dengan pendinginan atau pemanasan.adinya pengentalan dan pembentukan lendir sebagai akibat pengeluaran bahan seperti kapsul dan bergetah oleh beberapa .enis air susu itu ditetapkan pada temperatur &7.adi asam laktat yang menyebabkan penurunan p7 dan kemungkinan ter.. H perubahan kondisi lemak b. 6erlendir seperti tali yang disebabkan karena ter.enis seharusnya ditetapkan " . 'ir susu yang baik atau normal memiliki berat . p7 susu tersebut cenderung netral. pembentukan gas atau pembentukan pigmen. Susu merupakan medium yang baik sekali bagi pertumbuhan mikroorganisme.ukkan hasil 6* yang lebih kecil. 2enetapan lebih a9al akan menun.3GSelain itu.ian lagi dengan menggunakan kertas lakmus dan hasil yang didapat menun.am setelah air susu diperah. 6erat . yang disebabkan karena fermentasi laktosa men.5ndonesia berat .ian dera. c.am tersebut adalah netral. yang dapat mengakibatkan A a.utnnya pada akhir praktikum dilakukan pengu.%" pada temperature &7. pertumbuhan mikroba pada susu .%&7. Setelah dilakukan pengu... . ketengikan :hasil penguraian lemak. temperaturnya harus disesuaikan lebih dahulu.at keasaman p7 dengan mereaksikan susu dengan kertas lakmus.ukan .enis bakteri.

2rotein menyediakan amino yang penting untuk tubuh dan digunakan sebagai pondasi untuk pembentukan otot.utnya ditambahkan asam cuka &! setetes demi tetes hingga ter. kasein akan mengendap karena memiliki kelarutan :solubility.ian yang kedua diakhir praktikum didapatkan p7 yang asam karena pengaruh reaksi air susu dengan bakteri-bakteri. (alam penambahan asam ini kondisi keasaman haruslah diperhatikan karena apabila kondisi terlalu asam bisa ter. 7al ini dilakukan bertu. Kedua protein susu ini sama-sama sumber asam amino essensial yang sempurna.umlah yang sama dengan susu murni. tetapi tidak semua protein sama. Karena kurangnya bakteri dalam susu sehingga laktosa tidak dihidrolisis men.adi glukosa dan galaktosa dan tidak men.adi netral dikarenakan sebelum percobaan sudah dilakukan pendinginan pada susu sehingga tidak banyak bakteri yang aktif dalam susu karena suhu yang kurang optimal pada susu mengakibatkan bakteri masih dalam keadaan inaktif di dalam susu tersebut. langkah ker.adi gumpalanBendapan kasein yang memba9a sebagian besar dari lemak didalamnya.uan untuk mengencerkan susu. 2ada percobaan pengendapan kasein digunakan larutan asam cuka &! karena yang penting untuk diperhatikan pada pecobaan ini adalah kondisi keasaman.di rendah :terlalu asam.utnya adalah percobaan pengendapan kasein dari susu. akan menyebabkan perubahan bentuk susunan komponennya. 2engenceran susu sangatlah dibutuhkan karena protein yang terdapat pada susu terdiri dari sebagian besar kasein yang bisa mencapai sekitar 8%!. susu menurun akibat terputusnya fosfat koloidal dan berkurangnya ikatan antara kation dengan protein. (era. 2enurunan p7 susu dari kisaran normal mena. Selan. 2rotein yang terbesar dalam susu adalah kasein dan whey.?leh karena itu seharusnya pada a9al percobaan didapatkan p7 susu segar yang netral dan untuk pengu. /amun pada praktikum kali ini didapatkan hasil yang berbeda pada akhir percobaan yaitu p7 susu tetap men. Kentalnya kandungan kasein ini dikha9atirkan akan mempersulit susu ketika akan disaring oleh sebab itu adanya air bisa membantu mengurangi kekentalan susu.adi Denaturasi Protein yaitu proses rusaknya struktur protein karena lingkungan. Pe#$o8aan 4 : Pen/en+a7an kasein 2ercobaan selan.a yang pertama kali dilakukan ialah penambahan air dengan . salah satunya p7.at keasaman :p7.adi asam laktat sehingga p7 susu tetap netral. rendah pada kondisi asam. . tetapi mereka berbeda dalam satu aspek yang penting. whey adalah protein yang cepat dicerna dan kasein adalah protein yang lambat dicerna.

arutan protein ma. (idalam karbohidrat terdapat gugus heksosa yang akan menghasilkan senya9a hidroksimetil furfural.adi protein sederhana dan karbohidrat. Karbohidrat yang terbentuk dengan alfa naftol dalam alkohol dan asam sulfat pekat memberikan 9arna violet :ungu.Kasein adalah zat yang digunakan sebagai stabilisator emulsi air susu. U.Kasein merupakan komponen protein terbesar dalam susu dan sisanya berupa whey protein. Kasein merupakan hasil pengolahan susu yang larut dalam larutan alkali dan asam pekat. Kadar protein pada protein susu mencapai 8%!.. .i 0olisch adalah u. 2enambahan 7&S?$ dilakukan melalui tepi dinding karena larutan tersebut bersifat . Sampel ditambah berupa alpha naphthol yang kemudian secara hati-hati ditambahkan 7&S?$ pekat akan tmembentuk dua lapisan zat :terbentuknya cincin.emuk yang mempunyai radikal prostetik karbohidrat yaitu glikoprotein atau mukoprotein.i yang paling umum untuk karbohidrat tetapi dapat pula memeriksa adanya protein. Pe#$o8aan ) : Menun6ukkan a+an*a ka#8ohi+#a% +an 7#o%ein A' Molis$h %es% 5asil: +erdapat & lapisan atas  bening dan lapisan ba9ah  biru kehi.i 0olisch sangat efektif untuk senya9a-senya9a yang dapat didehidrasi oleh asam pekat men. mengendap dalam asam lemak serta tidak larut dalam air. Kasein merupakan proteida fosfor yang di. Kasein merupakan salah satu komponen organic yang berlimpah dalam susu bersama lemak dan laktosa.umpai dalam endapan koloida air susu. glikoprotein atau mukoprotein akan mengalami hidrolisis men.auan +erbentuk cincin ber9arna ungu. pereaksi molish yang Sampel yang digunakan adalah air susu. seperti hidroksimetilfurfural. diantara & lapisan larutan tersebut. U.. Saat dilakukan pengocokan secara hatihati dengan larutan alfanaftol dalam alkohol dan asam sulfat pekat akan membentuk larutan ber9arna violet. betha casein dan kappa-casein. 2ada proses ini. Kasein ini terdiri dari beberapa fraksi seperti alpha-casein.adi senya9a furfural yang terubstitusi.

utnya men. 2ada batas antara kedua lapisan itu ungu karena ter.i mengandung karbohidrat dan protein yang ditandai dengan terbentuknya cincin ungu. B' U6i 8iu#e% 2ada percobaan penentuan kadar protein melalui u. Jeaksi tersebut dapat digambarkan sebagai berikut A 'sam sulfat pekat :7&S?$ pekat . antara 6erdasarkan hasil yang didapatkan menun.eksotermis sehingga panas dari larutan tersebut dapat melubangi dasar tabung reaksi.i biuret pada air susu menghasilkan 9arna ungu.elas dengan adanya perubahan 9arna pada tabung reaksi tersebut. 7al ini terlihat .adi karena protein bereaksi dengan tembaga .adi monosakarida.i mengandung karbohidrat. Jeaksi pembentukan furfural ini adalah reaksi dehidrasi atau pelepasan molekul air dari suatu senya9a dimana pereaksi molish membentuk cincin ber9arna ungu pada larutan air susu.adi fulfular dan bereaksi dengan molisch dan 7&S?$.adi dehidrasi membentuk furfural dan derivatnya :turunan. 6erdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan didapatkan bah9a u.i biuret pada air susu ini dapat dilihat dari terbentuknya ikatan kompleks dengan -u=& yang be9arna ungu. kemudian menghasilkan monosakarida.arutan 7&S?$ akan menghidrolisis ikatan glikosidik :ikatan antara satuan dasar yang satu terhadap yang lainnya.adi reaksi kondensasi akan membentuk cicncin 9arna fulfural dengan I-naftol. selan. . 7al ini ter.ukkan bah9a larutan yang diu. -incin ungu terbentuk akibat air susu yang terhidrasi men. karbohidrat men. bertindak sebagai agen dehidrasi yang bertindak pada air susu untuk membentuk furfural dan turunannya yang kemudian dikombinasikan dengan alfa-naftol untuk membentuk produk ber9arna. (ari percobaan yang didapatkan adalah positif yang menandakan air susu yang diu.

yang tinggi dalam larutan sehingga mampu mengikat ion 7= pada larutan tersebut. Jeaksi yang ter. dan gugus amin :-/7&.i biuret pada air susu adalah adanya 9arna ungu yang menyatakan bah9a air susu mengandung protein. yang terdiri dari ggugus asam :--??7. larut dalam air :Kkecuali sistein dan tirosin. Semakin tinggi konsentrasi larutan protein semakin banyak ikatan peptide dalam larutan maka pembentukan kompleks semakin banyak yang dapat dilihat dari 9arna biru ungu yang semakin pekat..adi pada u. dan bersifat amfoter :bisa bersifat asam maupun basa. 2rotein merupakan asam rantai asam amino dengan ikatan peptida yang terbentuk dari gugus karboksil dari suatu asam amino dengan gugus amin dari asam amino yang lain. 5katan peptida adalah ikatan yang terbentuk ketika atom karbon pada gugus karboksil suatu molekul berbagai elektron dengan atom nitrogen pada gugus amina molekul lainnya.i biuret adalah sebagai berikut A -' U6i Xan%o7#o%ein U.. 'sam amino merupakan senya9a-senya9a kristalin yang tidak ber9arna. larut dalam alkohol encer... dan sebaliknya. merupakan basa kuat yang memiliki ion ?7.i kualitatif protein yang positif untuk protein yang mengandung asam amino dengan inti benzen.i Fantoprotein merupakan u. dalam suasana basa alkali :/a?7 $%!. 5on 7= yang lebih reaktif tersebut. dalam suasana basa alkali :/a?7 $%!. semakin besar konsentrasi yang digunakan maka semakin pekat 9arna yang terbentuk. 5on 7= yang lebih reaktif tersebut dapat diikat dan tak akan bereaksi dengan gugus amino. misalnya tirosin. Jeaksi ini dilakukan pada suasana basa alkali :/a?7 $%!. dan fenilalanin. Selain itu. triptofan.:-uS?$. protein bereaksi dengan tembaga :-uS?$. . 7asil pada pengamatan u. sehingga ion -u=& dapat bereaksi dengan $ gugus amino dari ikatan paptida protein membentuk kompleks.

Jeaksi yang ter.ipid larut dalam perlarut organik non polar :dalam percobaan kita menggunakan )ter. 9arna gumpalan putih tersebut berubah men. larutan asam nitrat pekat ditambahkan dengan hati-hati ke dalam larutan protein. menyebabkan peningkatan .i <antoprotein ini adalah positif yaitu didapatkan 9arna agak kuning tua pada larutan yang diberika amoniak daripada yang tidak diberikan. 2roses ini merupakan proses nitrasi inti benzena pada asam amino penyusun protein tersebut. Setelah dicampur ter. 7al ini dapat dibuktikan dengan ditemukannya minyakB9arna kuning yang cukup banyak dan terbentuk pada kertas usapan yang diusap pada endapan kering dari masing-masing reaksi.2ada u.adi . Jeaksi ini adalah berdasarkan adanya ikatan peptida maupun adanya sifat Nsifat tertentu dari asam amino yang di kandungnya. Pe#$o8aan . . . 1ungsi dari pemanasan adalah untuk mendenaturasi protein pada kacang kedelai. yang menyebabkan 9arna larutan pada tabung men. 6erikut contoh struktur bangun protein yang berinti benzena A L-7&-7-?&?7 M /7& 2emeriksaan protein umumnya berdasarkan reaksi 9arna. Sedangkan penambahan dari amoniak.ipid dalam susu yang dicampurkan dengan )ter akan larut dan kemudian ketika dituangkan ke .adi endapan putih yang dapat berubah men.adi kuning apabila dipanaskan.adi lebih kuning tua.i Fantoprotein ini.ingga . 6erdasarkan hasil pengamatan yang didapatkan pada u. 2ada pemanasan.ika ditambahkan larutan basa. 2rotein yang mengandung residu asam amino dengan radikal fenil dalam struktur kimianya :protein yang mengandung asam amino fenilalanin dan tirosin.. Oarna kuning yang terbentuk didapatkan dari larutan lemak pada percobaan yang dilakukan. ..dai 9arna kuning yang akhirnya berubah men. Oarna kuning yang dihasilkan pada percobaan adalah hasil reaksi antara asam nitrat pekat dengan asam-asam amino yang terkandung pada kacang kedelai tersebut.ika ditambahkan dengan asam nitrat pekat akan terbentuk gumpalan 9arna putih. : Reaksi Neu9ann un%uk kasein Pe#$o8aan = : 3#ease S7o% Tes% Drease Spot +est pada air susu memberikan hasil positif :=.umlah gugus amin.adi ialah nitrasi atau reaksi substitusi atom 7 pada benzena yang terdapat pada molekul protein oleh gugus nitro.

yaitu suatu enzim proteolitik yang diperoleh dari induk sapi betina.au yang merupakan hasil dari reduksi -uS?$ men.anya adalah terdapat endapan merah bataB hi.au yang menun.ika suasana susu asam. Kasein di dalam air merupakan molekul besar yang terdiri dari zat-zat anorganik seperti kalsium. Sehingga pengendapan kasein dapat pula dilakukan dengan menaikan keasamannya.adi endapan kasein.adi -u&?.ukkan pula hasil positif . /a&-?" dan asam sulfat. )ndapan ini merupakan endapan kasein. Pe#$o8aan ? : Menun6ukkan a+an*a lak%osa 2ada U. +itik isoelektris kasein p7 $. 6ila endapan men. oleh asam yang terbentuk di dalam susu sebagai aktivitas dari mikroba. bertu. Kasein merupakan protein yang stabil terhadap pemanasan dan tidak mengalami denaturasi bila air susu dipanaskan.uga dilakukan dengan penambahan renin.i benedict. 7asil yang diperoleh ketika filtrat hasil preparasi ditambah reagen benedict dan dipanaskan akan menghasilkan endapan ber9arna merah bata. dalam percobaan ini tidak terbentuk endapan laktalbumin hal ini disebabkan laktalbumin tidak mengendap .ca9an petri dan dikeringkan maka saat diusap akan meninggalkan noda lemak yang dilarutkan pada kertas usapan.ukkan positif.au yang terbentuk pada larutan dikarenakan laktosa merupakan gula pereduksi dengan aldehid pada residu glukosa yang dapat mereduksi larutan benedict membentuk -u&? yang ditandai dengan 9arna hi.susu . fosfor dan sedikit magnesium serta sitrat.i benedict terhadap air susu adalah hi.au bila positif . Pe#$o8aan > : Menun6ukkan a+an*a lak%al8u9in 2ada percobaan laktalbumin kami menggunakan filtrat susu yang telah di pisahkan dari endapannya.uga dapat dikoagulasikan :digumpalkan. Selain penambahan asam. terbentuklah endapan. tetepi setelah kami tunggu endapan tidak terbentuk. 7i.aktosa merupakan komponen karbohidrat utama dalam air susu.adi merah bata menun. . 7asil percobaan yang didapatkan dari u..uan untuk mengetahui adanya gula reduksi. pengendapan kasein susu . sehingga kami menambahkan asam cuka &! lagi setelah beberapa menit kami panaskan. . pada percobaan ini yang kami lakukan adalah meneteskan asam cuka &! kedalam filtrat susu sapi dan kemudian memanaskannya dengan merendamkan tabung reaksi pada air mendidih. interpetasi kami adalah ter.4 N 3.% dan pada titik ini kasein mudah sekali mengendap.i daya mereduksi :u.i laktosa menggunakan larutan benedict yang berisi -uS?$. U. 2rinsip ker.

i biuret pada air susu menghasilkan 9arna ungu.a dan prinsip yang sama dengan pemeriksaan grease spot test pada air susu.uan untuk . sama dengan yang diperoleh dengan percobaan yang didapatkan pada percobaan air susu.elasan mengenai reaksi yang ter. 2en. hal ini berarti bah9a kandungan protein dari kacang kedelai lebih tinggi dibanding air susu.elaskan pada percobaan air susu. 7asil yang diperoleh ini. 2erbedaannya adalah hasil kertas usapan yang dilakukan pada air susu lebih banyak terdapat noda kuning daripada noda kuning yang ada pada tepung kedelai.i <antoprotein tepung kedelai sedikit lebih tua daripada air susu yang menandakan kandungan protein pada tepung kedelai lebih banyak daripada air susu.Pe#$o8aan Te7un/ ke+elai Pe#$o8aan : Menun6ukkan le9ak 0enun. -' Pe#$o8aan Xan%ho7#o%ein (ari hasil percobaan Fantoprotein diperoleh bah9a 9arna pada tabung yang ditambahkan amoniak ber9arna kuning agak tua : lebih terang .i Fanthoprotein bertu. Oarna kuning yang dibentuk pada u. B' Pe#$o8aan Biu#e% 6erdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan didapatkan bah9a u.auan +erbentuk cincin ber9arna ungu.elaskan pada percobaan air susu. 2ada dasarnya. sama dengan yang diperoleh dengan percobaan yang didapatkan pada percobaan air susu. 7asil yang diperoleh ini.elasan mengenai reaksi yang ter. namun cincin ber9arna ungu yang dihasilkan ber9arna lebih terang. 7al ini dapat ter. 2en. namun cincin ber9arna ungu yang dihasilkan ber9arna lebih terang. diantara & lapisan larutan tersebut. hal ini berarti bah9a kandungan protein dari kacang kedelai lebih tinggi dibandingkan dengan air susu. dari pada tabung yang tidak ditambahkan amoniak.adi karena kadar lemak pada air susu lebih banyak daripada kadar lemak pada tepung kedelai Pe#$o8aan 4 : Menun6ukkan 7#o%ein A' Pe$o8aan Molis$h (ari percobaan yang dilakukan diperoleh hasilA +erdapat & lapisan atas  bening dan lapisan ba9ah  biru kehi.adi telah di.adi telah di. u.ukkan lemak pada tepung kedelai menggunakan cara ker.

yang berupa asam amino tirosin. Pe#$o8aan 4 : Menun6ukkan a+an*a enAi9 u#ease )nzim urease merupakan enzim yang menguraikan urea men. Jeaksi antara polisakarida dengan iodin membentuk rantai poliiodida. 1aktor yang mempengaruhi aktivitas urease adalah konsentrasi. pemecahan rantai karbon ter. 7asil dari praktikum menun.ukkan adanya karbohidrat dalam tepung kedelai yang berbentuk polisakarida.adi ammonia dan karbondioksida. Pe#$o8aan ( : Menun6ukkan ka#8ohi+#a% a. 2emanasan yang dilakukan pada saat pengu. 2ada proses yang dilakukan. menyebabkan peningkatan .adi lebih kuning tua.i ini terbentuk 9arna kuning yang merupakan indikator adanya asam amino-asam amino tersebut.ian didapat hasil yang berbeda interpretasi dengan pengu. 1ungsi dari pemanasan adalah untuk mendenaturasi protein pada kacang kedelai.uan untuk melihat apakan ada karbohirat yang terkandung di dalam bahan makanan tersebut. 7al ini dapat ter. suhu. sehingga dapat berikatan dengan iodine. Oarna kuning yang dihasilkan pada percobaan adalah hasil reaksi antara asam nitrat pekat dengan asam-asam amino yang terkandung pada kacang kedelai tersebut. yang menyebabkan 9arna larutan pada tabung men. 7al ini menun.ukaan adanya 9arna biru pada tabung reaksi.ukkan tidak adanya perubahan 9arna pada tepung kedelai yang menginterpretasikan tidak adanya karbohidrat. 'ktivitas urease meningkat . dan p7. b.uan sama dengan pemeriksaan menggunakan iod yaitu memeriksa adanya karbohidrat pada tepung kedelai. 2ada u.umlah gugus amin.adi karena tepung kedelai memiliki rantai polipeptida. triptofan dan fenilalanin. 2emeriksaan menggunakan iod 2emeriksaan karbohidrat pada tepung kedelai bertu.. 2ada hasil pemeriksaan menun.mengetahui adanya gugus aromatik :benzene. 2emeriksaan menggunakan benedict 2emeriksaan menggunakan larutan benedict bertu.ian adalah untuk memecah rantai polipeptida yang terkandung di dalam tepung kedelai. 2eran utama urease adalah menyediakan energi internal dan eksternal bagi organisme untuk menggunakan urea atau hidroksiurea sebagai sumber nitrogen. Serta penambahan dari amoniak. penambahan asam cuka dan penghirolisisan filtrat tidak cukup untuk memecah rantai karbon yang dimiliki oleh tepung kedelai sehingga pada hasil pemeriksaan B pengu.ian iod yang ber9arna biru. 2olisakarida umumnya membentuk rantai heliks :melingkar.adi pada tindakan pemanasan.

selain itu mengandung sedikit lemak :gliserida dan fosfatide.Kandungan lemak pada air susu lebih banyak daripada tepung kedelai . sedikit vitamin-vitamin serta enzim-enzim :terutama enzim urease yang dapat menghidrolisis ureum netral men. 'ktivitas enzim urease ini . 2anorganik dan sebagainya.arutan ureum dan a>uades masing-masing & cc masing-masing di tetesi tetes fenol merah dan di beri &! asam cuka sampai tepat kuning lalu di berikan kedelai dipanaskan dan dilihat 9arnanya. karbohidrat..ukksn enzim beker. 2ada percobaan praktikum kedelai untuk menun. sedangkan pada ureum menun. dan tumbuhan tinggi. bi. 7g fosfat. Urease ..SIMPULAN . &.uga meningkat pada peningkatan suhu.ukkan 9arna merah ysng menun. ion -a. kedelai.ukkan enzim urease beker. dimana hal ini menun.elas perubahan yang ter. sehingga pada saat percobaan. . 'ir susu merupakan bahan makanan yang sempurna karena mengandung semua bahan-bahan yang diperlukan pertumbuhan dan perkembangan tubuh agar tetap sehat yaitu mengandung lemak dan protein yang sangat tinggi disertai keberadaan laktalbumin. 2ada pengamatan & cc iar terlihat 9arna kuning. ". laktosa :karbohidrat. 2-organik.a kurang efekti pada penambahan air.a secara efektif. kasein. . Urease ditemukan terutama dalam kuantitas besar pada . BAB & K.aringan he9an dan pencernaan mikroorganisme.ukkan adanya enzim urease pada tepung kedelai.uga ditemukan pada berbagai macam organisme seperti bakteri.adi..amur.uga untuk memper.i tanaman.ackbean.Kandungan karbohidrat pada air susu lebih banyak daripada tepung kedelai .di tambahkannya indikator fenol . . pada beberapa .Kandungan protein pada tepung kedelai lebih banyak daripada air susu .sebanding dengan peningkatan suhu.adi ammonium karbonat. baik air maupun ureum yang di campur kedelai di panaskan terlebih dahulu. +epung kedelai memiliki banyak protein yang terdiri dari glisinine yang mengandung asam-asam amino esensiil dan albumin.

(amin.adi. ##$.ah 0ada.BAB &I DA1TAR PUSTAKA Dirindra. Biokimia I. Konsep Dasar Kimia nalitik. '. &%%8. Dasar-Dasar Biokimia. 6uku 2anduan Kuliah 0ahasis9a Kedokteran dan 2rogram Strata 5 .o. &%%$. 'nna. !emahami "eori dan Praktek Biokimia Dasar !edis. &%%". Khopkar. *akarta A U5 2anil. *akarta A U5 2ress . #8&' Dasar-Dasar Biokimia' *akartaA )rlangga 2oed.S. *akarta A 1akultas 6iologi Universitas Da.0. Penuntun Praktikum Kimia Organik. #84. *akarta A Dramedia *alip. S.ehninger. *akartaA )DSumard. &%%8. 5. 8ulbadar.

1akultas 6ioeksakta. *akarta A )D- .