You are on page 1of 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP SK 1 KD 1.

1) Nama Sekolah Mata Pelajaran Pokok Bahasan Kelas/semester Alokasi waktu : SMP N 1 : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) : Sistem Ekskresi : IX / 1 : 2 jam pelajaran x 40 menit (1x pertemuan)

A. Standar kompetensi 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia B. Kompetensi dasar
1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan

kesehatan C. Indikator 1. Siswa mampu menjeleskan organ penyusun sistem ekskresi manusia 2. Siswa mampu menjeleskan fungsi sistem ekskresi 3. Siswa mampu menjeleskan proses ekresi pada paru-paru mausia 4. Siswa mampu melakukan percobaan untuk menemukan zat hasil ekskresi pada
paru-paru manusia

5. Siswa mendata contoh kelainan dan penyakit pada system eskresi yang biasa di jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
D. Tujuan Pembelajaran

1. Dengan membaca siswa dapat mengetahui organ penyusun sistem ekskresi manusia 2. Dengan mandiri siswa mampu menjelaskan fungsi eksresi pada manusia 3. Dengan membaca siswa dapat mengetahui proses ekskresi pada manusia 4. Dengan mandiri siswa dapat menyebutkan kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi 5. Dengan mandiri siswa melakukan penyelidikan ekskresi pada manusia

Pendekatan 2. Motivasi 3. Metode dan Model Pembelajaran 1. Kelaianan dan penyakit ekskresi pada manusia 3. Sistem ekskresi pada manusia 2. Model Pembelajaran G. Siswa menjawab pertanyaan dari guru dan mendengarkan penjelasan dari guru.6. Memulai pembelajaran dengan menjawab salam dan doa 2. Strategi pembelajaran Kegioatan Pendahuluan Guru Kegiatan Siswa 1. Guru memeriksa kehadiran siswa dengan absensi kelas 2. dan Pembelajaran Langsung No. Dengan memberikan pertanyaan “Apakah manusia mengeluarkan zat sisa?” kemudian diikuti pertanyaan lagi “berupa apa saja zat sisa yang dikeluarkan?” 3. Siswamengacungkan tangan dan menjawab absen dengan jawaban „hadir‟. Usaha-usaha yang di lakukan untuk menjaga kesehatan organ sistem ekskresi. Memulai pembelajaran dengan salam dan doa. Metode 3. 5 menit Pengetahuan prasyarat : Mengetahui bahwa manusia mengeluarkan zat sisa. Guru memberi motivasi belajar kepada siswa. F. Materi Pembelajaran 1. Percobaan : Kooperatif. Dengan membaca menyebutkan usaha-usaha yang di lakukan untuk menjaga kesehatan organ sistem ekskresi. E. Mengetahui zat apa saja yang dikeluarkan oleh tubuh . Alokasi waktu 5 menit 1 1. Strategi Pembelajaran : Deduktif : Diskusi. Tanya jawab.

Membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk melakukan praktikum. sdedotan. 6. 5 menit 5. organ dan fungsi ekskresi dan penyakitnya) 1. 2. kapur padat dan kaca. 4. Guru meminta siswa meminta untuk menyelidiki zat yang dihasilkan oleh paru-paru dan mengontrol keadaan siswa saat melakukan proses praktikum. Guru menjelaskan tentang ekskresi (pengertian. Perwakilan kelompok mengambil alat dan bahan yang diperlukan yaitu tabung reaksi. Siswa membuat air kapur dengan cara memasukkan satu genggam kapur padat ke dalam satu liter air. Guru menyampaikan prosedur keselamatan kerja 3. Siswa mengelompokkan diri menjadi beberapa kelompok dengan tidak membedakan teman. kemudian mengaduk 10 menit 5 menit 5 menit 2 menit . 6. 2 menit 4. Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan guru agar saat melakukan percobaan tidak terjadi halhal yang tidak diharapkan. air . Membagikan lembar kerja siswa (LKS 2) percobaan tentan perubahan wujud zat. 3. Meminta setiap kelompok untuk mengambil alat dan bahan yang diperlukan dalam percobaan sistem ekskresi 5. 5 menit 2. Siswa mendengarkan dengan semangat dan serta mencatat hal penting tentang materi yang disampaikan oleh guru. Siswa menyiapkan alatalat percobaan sisitem ekskresi b. Siswa menerima LKS kemudian dibaca dilanjutkan dengan mengajukan pertanyaan jika ada yang belum dimengerti. 2 Kegiatan inti 1. Siswa melakukan praktikum yang ada dalam LKS Kegiatan: a.manusia.

sampai rata. e. h. Mengambil selembar kaca dan menghembuskan nafas ke permukaan kaca. Mengisi masing-masing tabung reaksi dengan air kapur sebanyak 100 ml. Membimbing siswa saat mendiskusikan pertanyaan yang ada di dalam LKS 8. mendiamkan larutan tersebut hingga mengendap. Menunjuk salah satu kelompok 8. Siswa mendiskusikan pertanyaan dalam LKS 5 menit 10 menit 10 menit 5 menit . Member i tanda tabung reaksi satu dengan angka I dan tabung reaksi lain dengan angka II d. Kelompok yang ditunjuk 7. Mengembuskan nafas ke dalam air dari tabung reaksi I melalui sedotan limun. Membandingkan hasil reaksi tersebut. f. c. Tabung reaksi II tanpa diberi hembusan nafas. g. Mengamati perubahan warna yang terjadi pada tabung reaksi. Mencatat kejernihan atau warna air kapur dalam masing-masing gelas kimia dalam tabel pengamatan. i. kemudian amati apa yang terjadi? 7.

Membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan dengan memberi pertanyaan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan “apakah paru-paru termasuk alat ekskresi? Dan apakah zat yang dihasilkan dalam proses ekskresi?” 1. Siswa menyimpulkan kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan dengan menjawab pertanyaan dari guru “paru-paru merupakan salah satu organ ekskresi. Semua siswa melakukan diskusi kelas 3 Penutup 1. Dan zat yang dihasilkan paru-paru dalam proses ekskresi berupa CO2 dan berupa uap air” 2. Menjelaskan pada siswa konsep yang benar termasuk jawaban pertanyaan LKS. mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas 9. Siswa mendengarkan dan mencatat apa yang dijelaskan oleh guru 5 menit 2. Siswa menjawab salam 1 menit 4. 5 menit 3. Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerjja dan kerjasama yang baik 3. Mengakhiri pembelajaran dengan salam . Membimbing semua siswa melakukan diskusi kelas.untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Siswa yang mempunyai kinerja yang baik dalam percobaan menerima penghargaan dari guru 4. 9.

Biologi Pendidikan Dasar. Penerbit Erlangga. Eny Ismawati. John W.H. Penerbit Erlangga . sedotan. Kimbal. 2008. Departemen Pendidikan Nasional   Alat praktikum (cermin. gelas plastik) Bahan praktikum (air kapur) Biology 3rd ed. Jakarta: Pusat Perbukuan. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : SMP/MTs kelas VII. Peta Konsep I. 1983. IPA Terpadu SMP. Sumber belajar Guru    Siswa  Teguh Sugiyarto.

Berikut ini yang termasuk hasil ekskresi yang dikeluarakan oleh paru-paru adalah… a. usus besar 2. Penilaian aspek kognitif siswa : soal-soal dalam bentuk tagihan multiple choice 2. LKS (Lembar Kerja Siswa) J. Penilaian 1. Jawaban: C 1. O2 b. Penilaian aspek psikomotorik siswa : lembar observasi K. ginjal b. Berikut ini adalah alat ekskresi. Sebut dan jelaskan satu contoh kelinan pada sisitem ekskresi manusia! 3. CO Soal 1. Mengapa paru-paru disebut sebagai alat ekskresi? Teknik penilaian Tes tertulis Bentuk Instrumen Tes Pilihan ganda Kunci jawaban 1. hati d. Jawaban: D 2. garam c. kulit c. Proses pengeluaran zat-zat sisa dalam Essay . Apa yang dimaksud dengan sisitem ekskresi? 2. kecuali: Essay 1. Penilaian aspek afektif siswa : lembar observasi motivasi 3. Contoh Instrumen Penilaian 1. Penilaian aspek kognitif Teknik penilaian Tes tertulis Bentuk Instrumen Tes Pilihan ganda a. uap air d.

Skor = 3. khususnya di bagian pergelangan kaki. Keluarnya air bisa dilihat ketika kamu bernapas dalam udara dingin berupa kabut. Paru-paru termasuk organ pengeluaran karena udara pernapasan yang dikeluarkan mengandung karbondioksida dan air yang dihasilkan dari kegiatan sel. Nefrosis umumnyaterjadi pada anak-anak. Nefrosis adalah kondisi di mana membran glomerulus bocor. Kerjasama dalam melakukan eksperimen untuk mengamati hasil ekskresi pada paruparu 1 2 3 4 Kebersihan dalam melakukan perconbaan ekskrsi pada paru-paru 1 1 2 3 4 2 3 1 2 3 4 1 2 3 4 .tubuh 2. perut. Bersemangat belajar dan meyimak apa yang disampaikan oleh guru. Penilaian aspek afektif No Nama siswa Bersegera membuka buku pelajaran. 4 1 2 3 4 Bersegera menyiapkan alatalat percobaan. 3. dan mata. meyebabkan sejumlah besar protein keluar dari darah menuju urin. Air dan natrium berakumulasi dalam tubuh menyebabkan edem. kaki.

Merakit alat percobaan Mengamati percobaan yang dilakukan Menyimpulka hasil percobaan 1 1 2 3 4 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Yogyakarta.4. Faysal arifin NIM. Penilaian aspek psikomotorik No Nama siswa Menyiapkan alatalat percobaan yang diperlukan. Guru pembimbing Guru pelajaran IPA NIM. juli 2011 Mengetahui. 08312244017 .