You are on page 1of 16

LEMBAR PENGESAHAN

Mengesahkan Laporan Praktik Kerja Industri Kejuruan Tata Boga di Nita Sari Cake & Bakery Disahkan pada; Sebtember 2013

Pembimbing Sekolah

Pembimbing DU/DI/Instansi

Dety Fitrianingsih,S.Pd

Aulia Nurmanitasari

Mengetahui; Kepala SMK Negeri 1 Batealit Ketua Program Keahlian

Nur Sufaan, S.Pd, M.Pd NIP.19570501 198212 1 001

Dety Fitriyaningsih,S.Pd

S.S.Pd Mengetahui Kepala SMKN 1Batealit Ketua Program Tata Boga Nur Sufaan. Raya Purwogondo Kalinyamatan Jepara Di sahkan oleh : Pembimbing industri PembimbingSekolah Aulia Nurmanitasari Dety Fitrianingsih.Pd.Pd Dety Fitrianingsih.S.d 18 Sebtember 2013 Lokasi prakerin : Jl.P .SURAT PERNYATAAN PraktikKerja Industri telah dilaksanakan pada perusahaan/industri/instansi: Nama perusahaan Waktu dan tanggal : NITA SARI Cake & Bakery : 18 Juli 2013 s. M.

Aulia normanitasari. bahasa dan aspek lainya kami mohon maaf dan kami sangat berharap kritikan dan saran demi kesempurnaan laporan ini. Ibu Dety fitrianingsih. Ibu Dety fitrianingsih.KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Wr. sehingga pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih.pd. 18 Sebtember 2013 Penyusun Rita Erviana . hidayah.pd.S. Semua karyawan “ NITA SARI Cake & Bakery “ Semoga laporan ini dapat bermanfaat pada penulis khususnya dan para pembaca umumnya.Apabila dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan baik dari materi. Harapan dan do’a semoga amal dan jasa. pimpinan “ NITA SARI Cake & Bakery “ 3. Asyhari. S.Wb Jepara. Pembimbing industri 6. ketua jurusan tata boga 4. Sehingga kami dapat menyelesaikan praktik kerja industri (Prakerin) dari “ NITA SARI Cake & Bakery “ sehingga tugas yang diberikan oleh SMKN 1 batealit jepara dalam keadaan sehat walafiat tak kurang satu apapun. Yang terhormat: 1. Laporan praktik kerja industri (Prakerin) ini disusun sebagai salah satu tugas wajib pendalaman uji kompetensi program keahlian TATA BOGA dan merupakan syarat untuk memperoleh sertifikat kompetensi sesuai program keahlian. baik dari semua pihak diterima oleh Allah SWT. Wassalamu’alaikum Wr. serta inayah-Nya. Guru pembimbing sekolah 5. Bapak Drs. Orang tua dan yang selalu memberi dukungan dan semangat 7. Tersusunnya laporan ini juga tentunya tidak lepas dari bimbingan dan dukungan berbagai pihak. Maslam. Bapak H.Wb Segala puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat. Kepala SMK Negeri i Batealit 2.

Motto “ Terus maju pantang putus asa” II.MOTTO DAN PERSEMBAHAN I. Persembahan Laporan ini kami perembahkan kepada :  SMK Negeri 1 Batealit yang saya cintai dan banggakan  Orang tua yang selalu mendukung. memberi semangat dan mendo’akan kami  Bapak dan ibu guru yang selalu membimbing dan memberi pengarahan kepada kami  Bapak / Ibu pembimbing yang senantiasa membimbing dan memberi arahan  Serta teman-teman yang memberi dukungan dan semangat .

........................... A............................... 1 B......... A....................................................................................................................................................... Pelaksanaan ........................................................... iv BAB I PENDAHULUAN .......................................................................... Tujuan PRAKERIN ............................................................... Hasil dan Pembahasan ... iii Motto dan persembahan ........... 10 ............... Kesimpulan dan Saran ......................................................... 3 B........................................ 4 C.............................. A..........DAFTAR ISI Lembaran pengesahan ................................................. i Surat pernyataan................................................. 1 BAB II TINJAUAN UMUM .......... 6 BAB III PENUTUP . ii Kata pengantar .................................................................................................................................................................. Profil DU/DI ................................................ Latar belakang pelaksanaan PRAKERIN ..........................................................................................................................................................................................................................

. B. Tujuan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Praktik kerja industri pembelajaran dan (PRAKERIN) adalah merupakan suatu system pada perusahaan/industri ditunjukan untuk dilaksanakan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dibidang jasa/pengolahan. Latar belakang pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) SMKN 1 Batealit sebuah sekolah menengah kejuruan yang berdiri pada 01 Juli 2010 dan mempunyai program yang harus dilaksanakan untuk memenuhi kurikulum dengan nilai standar akademinya dan sudah ditetapkan oleh pihak SMK Negeri 1 Batealit.BAB I PENDAHULUAN A. mempraktikkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya. bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai dengan minat masing-masing. Setelah siswa melaksanakan program praktik kerja industri secara khusus siswa diharapkan memperoleh tinjauan tentang perusahaan dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan langsung dengan tata boga dan mempersiapkan para siswa/siswi untuk belajar bekerja secara mandiri. terhadap penyelenggaraan. Karena keahlian professional seorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja. Ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industri/perusahaan atau instansi tertentu) yang secara bersamaan menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (Arts) bekerja yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional. sampai penilaian dan penentuan kelulusan siswa. Dengan demikian kedua pihak seharusnya terlibat dan bertanggung jawab mulai dari tahap perencanaan program. Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah dan Kejuruan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan yang sebagaimana yang diharapkan.

b. Memperkokoh link and match antara SMK dan dunia kerja. c. dan disiplin. tanggung jawab. Siswa dapat mempraktikkan apa yang telah diberikan oleh guru disekolah melalui teori. Memberi pengetahuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan. Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan ketrampilan. C. etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan. c. Siswa dapat belajar mandiri. Manfaat Praktik Kerja industri (PRAKERIN) a. Siswa dapat mengetahui tentang keadaan dunia kerja pada umumnya baik itu di industri usaha / instansi b.Penyelenggaraan praktik kerja industri (PRAKERIN) pada SMK bertujuan untuk: a. berani. . Meningkatkan efektifitas proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas. d.

Pada tahun 1995 produk pertama yang dibuat yaitu kue basah. yang dipimpin oleh H. Maslam : Tutik Nila Sari : Chirzatul Mustati’ah : Novita Khoirotun nisa’ : Agus Purwadi : Andre . Tahun 2006 mulai mendirikan toko di Jl. Nama brend Nita Sari Catering diganti dengan Nita Sari Cake & Bakery. Tujuan  Ikut serta dalam membangun perekonomian negara  Menciptakan lapangan pekerjaan  Sebagai saran bisnis dan memperoleh hasil / penghasilan  Menciptakan jasa boga C.BAB II TINJAUAN UMUM I. yang hanya dipasarkan dipasar tradisional.Raya Kudus Purwogondo Kalinyamatan Jepara. bolu kukus.Maslam. Tahun 2000 nama brend dibuat yaitu Nita Sari Catering. Profil DU/DI A. beliau merintis usahanya sekitar tahun 1995. Sejarah dan perkembangan perusahaan / industri Nita Sari Cake & Bakery adalah sebuah perusahaan home industri. Susunan Organisasi Pimpinan Catering Staf Administrasi Juru Kue Basah Juru Cake dan Tart Juru Roti : Bapak H. B.

Metode pelaksanaan A. b. . C.II.00 WIB. pemberian garnish atau topping dan pengemasan serta pacaging. mengolah bahan isian maupun topping. Praktik Praktik adalah suatu kegiatan yang dilakukan langsung terhadap suatu objek sesuai materi yang dipelajari untuk mendapatkan pengalaman kerja secara langsung. Kompetensi yang diajarkan a. kami juga melaksanakan praktik kerja sesuai unit usaha yang dilakukan di “ NITA SARI Cake & Bakery “ purwogondo kalinyamatan. Observasi (pengamatan) Observasi atau pengamatan adalah salah satu teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dengan cara mengamati dan mencatat mengenai gejala-gejala yang diteliti sebagai sumber pembelajaran.00. hari senin libur. Tempat Tempat untuk pelaksanaan praktik kerja industri (PRAKERIN) adalah di catering NITA SARI Cake & Bakery lokasi tepatnya ada di Jl. pencetakan. Praktik kerja industri di catering NITA SARI Cake & Bakery di mulai dari pukul 07. Penempatan selama prakerin Selama prakerin kami ditempatkan mulai dari proses pemilihan bahan isian. Waktu Adapun waktu untuk melaksanakn praktik kerja industri (PRAKERIN) adalah mulai dari tanggal 18 juli s. Wawancara Wawancara adalah proses tanya jawab secara langsung dengan narasuber untuk memperoleh penjelasan sebagai proses pembelajaran. B. Raya purwogondo kalinyamatan jepara. PELAKSANAAN A. C. Kegiatan praktik kerja industri 1.d 18 sebtember 2013.16. B.

2. Uraian tugas yang dilaksanakan a. Proses pemberian garnish  Memberi garnish pada berbagai macam roti f. sosis) e.Dan waktu pelaksanaannya yaiti tanggal 18 juli 2013 s. Proses pemilihan bahan isian  Memilih pisang yang masih bagus  Memilih sayuran yang segar  Memilih ayam yang baik c. Proses pengolahan  Membuat mafin  Membuat pukis  Membuat musipan  Membuat bronis  Membuat cake tape dan lain-lain d. risoles. Proses pengemasan dan packing  Mengemas berbagai macam roti dan produk pedesan (gorengan)  Pacaging dalam dus sesuai pesanan . Proses pembentukan dan penccentakan  Membentuk donat  Membentuk roti pisang coklat  Membentuk roti isi abon  Membentuk nastar anting  Membentuk denis cumi  Membentuk denis pisang  Membentuk bakpau  Pedesan (lumpia.d 18 sebtember 2013. Proses pengolahan bahan isian:  Melelehkan coklat  Memotong isian risoles  Mengupas pisang dan mengoreng  Memasak coklat  Memasak ayam untuk isian lumpia b.

.

b. HASIL DAN PEMBAHASAN A. Santan tidak hanya menambah rasa dan aroma. Bahan baku a. Alat dan bahan 1. telur berfungsi emulsifer. Gunakan sebagai pengganti cairan pada masakan Anda. Bahan tambahan a. Tepung merupakan jaringan dan kerangka dari roti sebagai akibat dari pembentukan gluten. Proses pengolahan cake tape 1. Alat         Timbangan Mixer Oven Cetakan Sendok sayur (irus) Solet Siben Cup . selain itu telur digunakan sebagai tambahan agar adonan roti lembut. akan menyerap air dan dan membentuk gluten yang akan menahan gas yang dihasilkan dari pekerjaan ragi. ASPEK BAHAN YANG DIGUNAKAN 1. Gula merupakan salah satu bahan kimia dalam pembuatan roti. karena dapat memenuhi beberapa fungsi:     Memberi rasa manis Mengatur fermentasi Memberikan warna kulit Menambah gizi 2. tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk Anda. Telur adalah bahan yang sangat penting dan mahal dalam pembuatan roti karena pembelian dan penyimpanan dari telur harus diperhatikan. b. B. Protein yang terkandung dalam tepung trigu yang tidak larut dalam air.III.

Bahan          500 gr tape 200 ml santan 200 gr tepung segi tiga 200 gr gula 50 gr sp Setengah sndok pelembut cake 1 sendok garam 5 telur uluh 3 kuning telur 2.2. gula. garam. sp. dan pelembut cake.  Tambahkan tepung dan mixer  Setelah itu mixer tape dan santan terus campurkan kedalam adonan dan mixer lagi  Kemudian cetak adonan atasnya dikasih kismis dan keju  Oven selama 30 menit  Angkat dan dinginkan . Langkah-langkah pengolahan  Siapkan alat dan bahan yang diperlukan  Campurkan telur. Mixer sampai putih.

. gula.sp/ ovalet. Sedangkan plastik yang digunakan adalah jenis plastik Opp. garam. Diagram alir-proses pembuatan cake tape tepung trigu. telur. pencampuran pencetakan pengovenan didinginkan pengemasan cake tape C. santan. tape. vanili.Gambar 1. Pengemasan Pengemasan adalah suatu kegiatan yang dilakukan dalam upaya melindungi produk dengan menggunakan kemasan yang sesuai. pelembut. Dalam pengemasan roti hal yang perlu diperhatikan adalah sebelum roti dikemas plastik dalam keadaan baik (tidak rusak) dan tidak panas agar dapat memperpanjang daya tahan roti tersebut.

dan keselamatan kerja merupakan hal yang penting dalam suatu industri. Higyene. Higyene. dan keselamatan kerja dilakukan terus menerus. . Karena penanganan bahan baku sanitasi peralatan. Sanitasi.D. keselamatan kerja sudah lumayan / cukup terjaga. Langsung menghubungi pihak yang bersangkutan b.dan para pekerja. pengendalian lingkungan. Sanitasi. E. Higyene. Pemasaran Pemasaran merupakan suatu kegiatan agar produk yang dibuat dapat dikenal masyarakat. karena hal itu akan mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan. dan keselamatan kerja di industri “ NITA SARI Cake & Bakery “ bisa dikatakan baik. Dalam suatu industri seharusnya sanitasi. melayani pesanan dan melayani pengantaran pesanan. lingkungan. hanya perlu ditingkatkan. Perlu satu orang yang bertugas mengecek persediaan bahan baku. F. Masalah yang dihadapi dan pemecahan masalah 1. Masalah yang dihadapi a. hgyene. dan keselamatan kerja Sanitasi. agar saat pesanan banyak tidak kehabisan. mulai dari bahan baku. peralatan. Dalam industri “ NITA SARI Cake & Bakery “ metode pemasarannya dilakukan dengan cara jual-beli langsung. Pemecahan a. Stok bahan baku telat 2.

pengetahuan. sholat. Kesimpulan Praktik kerja industri yang dilaksanakn selama 2 bulan setidaknya dapat mengembangkan keahlian yang dimiliki siswa selain itu dari prakerin ini siswa juga mendapat pengalaman kerja baik dari segi mental.dan ilmu. 2. agar tidak menggangu aktivitas selama kerja / di waktu ada pekerjaan banyak (diwaktu pesanan).BAB III PENUTUP 1. . Saran Harus ada waktu istirahat untuk makan.