Arti tanda segitiga dalam kemasan plastik

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Plastik adalah bahan yang mempunyai derajat kekristalan lebih rendah daripada serat, dan dapat dilunakkan atau dicetak pada suhu tinggi (suhu peralihan kacanya diatas suhu ruang), jika tidak banyak bersambung silang. Plastik merupakan polimer bercabang atau linier yang dapat dilelehkan diatas panas penggunaannya. Plastik dapat dicetak (dan dicetak ulang) sesuai dengan bentuk yang diinginkan dan yang dibutuhkan dengan menggunakan proses injection molding dan ekstrusi. Istilah plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Mereka terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan performa atau ekonomi. Ada beberapa polimer alam yang termasuk plastik. Plastik dapat dibentuk menjadi film atau fiber sintetik. Nama ini berasal dari fakta bahwa banyak dari mereka “malleable”, memiliki properti keplastikan. Plastik didesain dengan variasi yang sangat banyak dalam properti yang dapat menolerans panas, keras, “reliency” dan lain-lain. Digabungkan dengan kemampuan adaptasinya, komposisi yang umum dan beratnya yang ringan memastikan plastik digunakan hampir di seluruh bidang industri.

1. “nitrocellulose”) dan akhirnya ke molekul buatan-manusia (seperti: epoxy. polyethylene).2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalahnaya sebagai berikut: 1.3 Tujuan Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah: 1. “shellac”) sampai ke material alami yang dimodifikasi secara kimia (seperti: karet alami. banyak menimbulkan penyakit yang dapat dikatakan sangat membahayakan dan berakibat pada kematian seperti kanker. dan kendaraan). Setiap hari manusia selalu menggunakan barang-barang yang berbahan dasar plastik. 2. Memberikan informasi cara memilih plastik yang aman digunakan sesuai dengan fungsinya. Bagaimana cara memilih plastik yang aman digunakan sesuai dengan fungsinya? 1. dan sendok) hingga peralatan elektronik yang canggih (misal: handphone. laptop. gelas. Mulai dari peralatan sederhana seperti alat makan (misal: piring. Bagaimanakah sejarah perkembangan plastik? 2. Memberikan informasi tentang sejarah perkembangan plastik.Pengembangan plastik berasal dari penggunaan material alami (seperti: permen karet. Kebanyakan masyarakat masih belum mengetahui jenis-jenis plastik yang aman digunakan sesuai fungsinya. polyvinyl chloride. Akibatnya. .

1 Sejarah Perkembangan Plastik Setiap orang pasti kenal dengan bahan yang satu ini. Karena kecerdasannya pula. Bahkan. Baekeland seorang pelajar yang cerdas. Baekeland lahir di Ghent. dalam industri berbagai barang plastik ini digantikan oleh plastik jenis lain yang sering kita temui sekarang yaitu bakelit. Belgia. Ia suka ngulik. Plastik yang tahan panas ini ditemukan pertama kali oleh Leo Hendrik Baekeland. Bahannya merupakan campuran dari selulosa nitrat dan kamfor yang dilarutkan dalam alkohol. Seluloid ini mudah terbakar. Mengetahui cara memilih plastik yang aman digunakan sesuai dengan fungsinya. Selama tiga tahun ia kuliah dan . plastik. mengutak-atik. Plastik ada yang bersifat lunak (seluloid). Mengetahui sejarah perkembangan plastik. 2. hampir semuanya terbuat dari plastik. Karena sifatnya yang kurang tahan terhadap panas. Bakelit. wajah seseorang dapat dibuat bagus sesuai keinginan dengan melakukan operasi plastik. ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Universitas Ghent. pada tanggal 14 November 1863. di kamar mandi. BAB II ISI 2. seorang ahli kimia warga Amerika berkebangsaan Belgia. kemudian menghasilkan pastik yang dinamakan seluloid.4 Manfaat Manfaat dari pembuatan makslah ini adalah: 1. Selama sekolah ia selalu menjadi juara kelas sehingga pada umur 16 tahun ia sudah tamat sekolah menengah atas (SLTA). Plastik jenis ini ditemukan oleh John Wesley Hyatt. mencoba-coba segala sesuatu. Benda-benda di sekitar kita banyak sekali yang terbuat dari plastik. yang penamaannya diambil dari nama Baekeland ini sebenarnya bukanlah temuan yang pertamanya karena sebelumnya ia sudah menemukan kertas foto yang dinamakan Velox. Peralatan di dapur.1. di kamar kita.

Tahun 1910 Baekeland mendirikan pabrik plastik sekaligus menjadi direktur utamanya sampai tahun 1939. tanpa sinar matahari pun film dapat diproses dan sebagai pengganti sinar matahari adalah dengan menggunakan lampu. Ia sering melakukan perjalanan ke luar negeri seperti ke Prancis dan Inggris. pada tahun 1893 ia mendirikan pabrik kertas foto yang diberi nama Nepera Chemical Company (Perusahaan Kimia Nepera). Biaya pembangunannya menggunakan sebagian uang hasil penjualan perusahaan kimianya. Baekeland berpikir akan ketidakpraktisan hal itu. Baekeland meninggal dunia pada . Untuk mendukung penemuannya. Dua tahun kemudian ia "menyulap" sebuah bangunan yang tadinya berupa gudang menjadi sebuah laboratorium yang terletak di Yonkers. terbentuklah suatu bahan baru yang dapat dibengkokkan. New York. Di laboratorium inilah ia mulai meneliti bahan pembentuk bakelit. berbeda dengan sekarang. Baekeland mereaksikan dua jenis bahan kimia yaitu formaldehid (H2CO) yaitu sejenis bahan pengawet dan fenol (C6H5OH) yaitu sejenis bahan pembasmi kuman. dan beberapa jenis barang lainnya. Dengan kertas ini. perusahaan tersebut tidak berumur panjang. Beasiswa yang sebenarnya untuk tiga tahun tersebut malah diputuskannya untuk menetap di Amerika Serikat sampai ia ganti kewarganegaraan. Ia menamainya bakelite (bakelit). penemu kamera. Baekeland mulai mengadakan penelitian. mengontrol suhu dan tekanannya. Karena hobinya yang suka memotret. Tetapi. Pada tahun 1889. di mana hampir semua barang yang kita temui terbuat dari plastik. Polimer merupakan senyawa dengan massa molekul besar yang terbentuk dari gabungan molekul-molekul sederhana (monomer-monomer). Baekeland memiliki hobi bepergian dan memotret. Tahun 1905.pada umur 19 tahun ia sudah menjadi sarjana. kemudian ia mendapat pekerjaan di perusahaan fotografi. Kemudian ia mengajar di universitas tersebut sampai tahun 1889. Tetapi. Dalam waktu yang singkat ia berhasil menciptakan kertas foto yang dinamakan Velox. Awalnya plastik digunakan untuk membuat kotak radio. dan dibuat berbagai bentuk. ia mendapat beasiswa untuk belajar di Amerika Serikat selama tiga tahun. dipilin. Pada saat itu. bola biliar. Hasilnya. Enam tahun kemudian ia menjual perusahaan tersebut seharga satu juta dolar kepada Eastman. untuk mencetak gambar negatif film pada kertas harus menggunakan sinar matahari. Bakelit atau plastik tahan panas ini mulai diperkenalkan kepada masyarakat umum. Dengan hati-hati ia memanaskannya. Terutama jika harus mencetak pada malam hari atau saat cuaca sedang hujan dan sinar matahari tidak ada. Pada tahun 1884 atau pada saat umur 21 tahun ia telah mendapat gelar doktor dengan predikat maxima cum laude. kancing. Bakelit ini merupakan kopolimer yaitu polimer hasil reaksi monomermonomer yang lebih dari atu jenis.

PMMA. Contoh: polietilen (PE). bakelit. sifat mekanik sangat bagus (kekuatan tarik di atas 500 Kg/cm²). PS. sifat mekanik bagus. c. PAI. ii. Berdasarkan jumlah rantai karbonnya i. pembungkus makanan. temperatur operasi di atas 100 °C.tanggal 23 Februari 1944 saat usia 81 tahun di Beacon. PES.2 Jenis Plastik Plastik dapat digolongkan berdasarkan: a. resin melamin. Contohnya: PE. polikarbonat (PC). 2. LNG) 5-11 Cair (bensin) 9-16 Cairan dengan viskositas rendah 16-25 Cairan dengan viskositas tinggi (oli. Contoh: resin epoksi. Contohnya: PA. lilin) . Plastik teknik khusus Merupakan jenis plastik yang memiliki temperatur operasi di atas 150 °C. Sifat Fisikanya i. Pemanasan ulang akan menyebabkan kerusakan molekul-molekulnya. ABS. ii. PAR. Contohnya: PSF. SAN. botol minuman. 1-4 Gas (LPG. AS (Dede Nurrosyid dalam Hendrik Baekeland (1863-1944) : Penemu Plastik Jenis Bakelit. PC. iii. 2006). ABS. v. Termoset Merupakan jenis plastik yang tidak bisa didaur-ulang/dicetak lagi. New York. Plastik teknik Merupakan jenis plastik yang memiliki sifat tahan panas. Kinerja dan penggunaanya i. Plastik komoditas Merupakan jenis plastik yang memiliki sifat mekanik tidak terlalu bagus dan tidak tahan panas. POM. urea-formaldehida b. iii. gemuk) 25-30 Padat (parafin. polistiren (PS). PBT. Aplikasi: komponen otomotif dan elektronik. Aplikasi: komponen pesawat. Aplikasi: barang-barang elektronik. Termoplastik Merupakan jenis plastik yang bisa didaur-ulang/dicetak lagi dengan proses pemanasan ulang. ii. iv.

Thermoforming 2. ii. Berdasarkan sumbernya i. . Proses manufaktur plastik i. Lembaran plastik yang dipanaskan ditekan ke dalam suatu cetakan. dan lain-lain) d. e. kulit binatang. polietilen. Molekul dari plastik sering disebut dengan macro molekul karena ukurannya sangat besar dilihat dari panjang rantai karbonnya. polistiren 2) Terdapat di alam tetapi dibuat oleh proses buatan: karet sintetis 3) Polimer alami yang dimodifikasi: seluloid. rambut Polimer sintetis: 1) Tidak terdapat secara alami: nylon. Plastik merupakan bagian dari molekul hidrokarbon zat yang penyusun dasarnya adalah karbon dan hidrogen. Polimer alami: kayu. yaitu ikatan antar atom dengan cara berbagi elektron diantara dua atom. karet alam. Plastik yang mempunyai struktur paling sederhana adalah polyethylene (PE). Umumnya susunan molekul dari PE terdiri dari sekitar 1000 atom karbon didalam tulang punggungnya. poliester. Blow molding Bijih plastik (pellet) yang dilelehkan oleh sekrup di dalam tabung yang berpemanas secara kontinyu diekstrusi membentuk pipa (parison) kemudian ditiup di dalam cetakan. kapas. ii Ekstrusi Bijih plastik (pellet) yang dilelehkan oleh sekrup di dalam tabung yang berpemanas secara kontinyu ditekan melalui sebuah orifice sehingga menghasilkan penampang yang kontinyu. 1000-3000 Plastik (polistiren. iv.3 Ikatan Kimia pada Plastik Ikatan kimia dalam struktur plastik adalah ikatan kovalen. cellophane (bahan dasarnya dari selulosa tetapi telah mengalami modifikasi secara radikal sehingga kehilangan sifat-sifat kimia dan fisika asalnya). polipropilen. iii.vi. Ikatan ini dapat terdiri dari beberapa elektron. Injection molding Bijih plastik (pellet) yang dilelehkan oleh sekrup di dalam tabung yang berpemanas diinjeksikan ke dalam cetakan.

Keteraturan ini dapat dibuat dengan cara pendinginan yang relatif lama. 2. Penyusunan molekul dari plastik molekul-molekul dari plastik dapat mempunyai dua jenis tipe dalam penyusunan molekulnya. Secara umum tanda pengenal plastik tersebut: 1. Sementara bagian dalam cenderung berbentuk kristal karena pendinginan memerlukan proses yang lebih lama. Bisa juga dua atom hidrogen (H) diganti dengan atom-atom tertentu menjadi -[CH2-CX-Y]n. Plastik amorphous biasanya bening atau transparan selama tidak ada filler atau campuran lain. maka bahan tersebut adalah polyethylene (PE). masih banyak yang belum mengetahui seperti apa kode dan simbol tersebut.Penyusun kimia paling dasar dari plastik disebut dengan homopolymer karena hanya terdiri dari satu struktur dasar. Plastik kristal cenderung tidak transparan. 2. Plastik amorphous yaitu plastic yang susunan molekulnya cenderung tidak beraturan. Contohnya -[CH2-CH-X]n-. Kode ini dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry pada tahun 1998 di Amerika Serikat dan diadopsi oleh lembaga-lembaga pengembangan sistem kode. Bagian luar dari plastik cenderung berbentuk amorphous karena proses pendinginan bagian luar relatif cepat. Namun. Plastik Kristal adalah plastic yang susumam molekulnya teratur. Tetapi jika X adalah klor [Cl]. Pada umumnya plastik adalah campuran dari kedua tipe itu. yaitu amorphous dan kristal polimer.4 Arti Tanda Segitiga Pada Kemasan Plastik Tentunya kita sebagai manusia awam tidak tahu mana plastik yang aman dan yang tidak aman. maka bahan tersebut adalah poli vinil klorida (PVC). Tetapi ternyata sudah diatur dan ditetapkan secara internasional sehingga di negara manapun di dunia ini menggunakan kode dan simbol yang sama. Berada atau terletak di bagian bawah Berbentuk segitiga . jika X adalah hidrogen (H). seperti ISO (International Organization for Standardization). Bagi manusia awam kode dan simbol tersebut sangat penting untuk diketahui karena berkaitan dengan jenis bahan serta cara dampak pemakaiannya. Contoh plastik jenis ini adalah aklirik ditoko-toko.

Botol jenis PET/PETE ini direkomendasikan hanya sekali pakai. buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Terkontaminasinya senyawa ini dalam periode yang lama akan mengalami iritasi kulit dan saluran pernafasan. 4. Serta 3 tambahan sehingga totalnya ada 10 buah. menggunakan bahan yang disebut dengan antimoni trioksida. HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat. botol jus. apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas. senyawa ini meningkatkan masalah menstruasi dan keguguran. Biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu. tupperware. akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) dalam jangka panjang. berwarna jernih/transparan/tembus pandang seperti botol air mineral. HDPE juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu. kursi lipat. apabila melahirkan kemungkinan besar anak mereka akan mengalami pertumbuhan yang lambat hingga usia 12 bulan. Tanda-tanda plastik tersebut adalah: Jenis ke-1 Tanda ini biasanya tertera logo daur ulang dengan angka 1 di tengahnya serta tulisan PETE atau PET (polyethylene terephthalate) di bawah segitiga. Di dalam segitiga tersebut terdapat angka Serta nama jenis plastik di bawah segitiga Tanda pengenal plastik itu dibagi menjadi 7 buah kelompok. Umumnya. HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan/minuman yang dikemasnya. Biasa dipakai untuk botol plastik. pada bagian bawah kemasan botol plastik. serta tulisan HDPE (high density polyethylene) di bawah segitiga. Di dalam membuat PET. yang berbahaya bagi para pekerja yang berhubungan dengan pengolahan ataupun daur ulangnya. Bagi pekerja wanita. dan hampir semua botol minuman lainnya. tertera logo daur ulang dengan angka 2 di tengahnya. yaitu akibat menghirup debu yang mengandung senyawa tersebut. karena antimoni trioksida masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernafasan. . Sama seperti PET. Bila terlalu sering dipakai. dan lain-lain.3. keras. galon air minum.

7. Tertera logo daur ulang dengan angka 4 di tengahnya. baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastik terbaik. Plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap). 6. PS (polystyrene) ditemukan tahun 1839. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah. Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan. PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam. hati dan berat badan. V itu berarti PVC (polyvinyl chloride). Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman. Sifat mekanis jenis plastik LDPE adalah : 1. stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap.Tertera logo daur ulang (terkadang berwarna merah) dengan angka 3 di tengahnya. tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini. yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Tertera logo daur ulang dengan angka 5 di tengahnya. serta tulisan PS. Karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. serta tulisan PP. seorang apoteker dari Jerman. Sebaiknya kita mencari alternatif pembungkus makanan lain (bukan bertanda 3 dan V) seperti plastik yang terbuat dari polietilena atau bahan alami (daun pisang misalnya). dan memiliki resistensi yang baik terhadap reaksi kimia. 3. dan botol-botol yang lembek. Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk ginjal. ketahanan yang baik terhadap lemak. plastik kemasan. dan botolbotol. botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. 4. serta tulisan LDPE. 2. terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan. secara tidak sengaja. serta tulisan V. 5. tempat minum . Tertera logo daur ulang dengan angka 6 di tengahnya. LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic/dibuat dari minyak bumi). oleh Eduard Simon. Kuat Agak tembus cahaya Fleksibel dan permukaan agak berlemak Pada suhu di bawah 60 0 C sangat resisten terhadap senyawa kimia Daya proteksi terhadap uap air tergolong baik Kurang baik bagi gas-gas yang lain seperti oksigen Plastik ini dapat didaur ulang. biasa dipakai untuk tempat makanan.

serta tulisan OTHER. Dapat mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon. sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa. Plastik jenis ini dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. termasuk kaleng susu formula. Nylon. Biasanya terdapat pada mangkuk mixer. alat-alat elektronik. entah itu untuk tujuan sterilisasi dengan cara merebus. Ironisnya botol susu sangat mungkin mengalami proses pemanasan. karena selain berbahaya untuk kesehatan otak. Selain tempat makanan. . Bahan ini harus dihindari. atau dituangi air mendidih atau air panas. dan pertumbuhan dan sistem syaraf. alat-alat rumah tangga. Apabila didaur ulang. SAN – styrene acrylonitrile. Bahan ini dapat dikenali dengan kode angka 6.sekali pakai. gelas anak batita (sippy cup). penyaring kopi. 3. Tertera logo daur ulang dengan angka 7 di tengahnya. Ketika dibakar. pembungkus termos. alat makan. kekakuan. Plastik dengan jenis 7 yaitu SAN dan ABS merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman. PC (polycarbonate) dapat ditemukan pada botol susu bayi. dan mengubah fungsi imunitas. PC – polycarbonate. SAN dan ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu. asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. dan meninggalkan jelaga. juga karena bahan ini sulit didaur ulang. namun bila tidak tertera kode angka tersebut pada kemasan plastik. styrene juga bisa didapatkan dari asap rokok. 2. botol minum polikarbonat. Untuk plastik 7 Other ini ada 4 jenis. bahan ini dapat dikenali dengan cara dibakar (cara terakhir dan sebaiknya dihindari). 4. dan sikat gigi. komputer. dan lain-lain. Dianjurkan tidak digunakan untuk tempat makanan ataupun minuman. kromosom pada ovarium. mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi. kekuatan. bahan ini memerlukan proses yang sangat panjang dan lama. Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. ABS – acrylonitrile butadiene styrene. piring. suku cadang mobil. dipanaskan dengan microwave. bahan ini akan mengeluarkan api berwarna kuning-jingga. yaitu : 1. dan plastik kemasan. dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan. dan kaleng kemasan makanan dan minuman. penurunan produksi sperma.

saus tomat dan margarin. Setiap nomor menunjukkan bahan yang digunakan. Nomor 6: Polystyrene (PS).2. Menurut Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB.6 Bahan Plastik yang Tidak Aman Berikut adalah jenis plastik yang penggunaannya tidak diperbolehkan untuk bahan pangan karena mengandung bahan berbahaya yang dapat berpindah ke makanan. sebenarnya penggunaan botol plastik. khususnya botol plastik PET. Nomor 1: Polyethylene terephtalate (PTE atau PETE). Nomor itu biasanya berada di dalam segitiga tanda panah melingkar dibagian bawah kemasan. masyarakat seharusnya memilih kemasan plastik yang aman digunakan. biasa digunakan mengemas air minum. Syaratnya. botol-botol tersebut harus dicuci bersih memakai sabun dan dikeringkan dahulu. Nomor 2: High density polyethylene (HDPE). yogurt. sangat dikenal konsumen dlm bentuk kemasan stereofom seperti yang digunakan untuk mengemas buah & sayuran di toko-toko swalayan.5 Bahan Plastik yang Aman dan Penggunaannya yang Tepat Bahan Plastik akan aman jika pemilihannya tepat sesuai dengan fungsinya. 2. & botol galon air minum 3. secara berulang-ulang tidak menjadi masalah. biasa digunakan untuk mengemas susu. Nomor 4: Low density polyethylene (LDPE). 2. jeli. Di antara jenis plastik tersebut yang relatif paling aman dan telah mengalami uji dan evaluasi badan pengawasan obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) adalah PET/PETE (nomor 1). Ada juga botol plastik yang dapat ditekan (untuk pengeluaran bahan) terbuat dari PVC. minuman ringan berkarbonasi. Untuk mengetahui bahan plastik yang aman digunakan. . 2. 1. Jadi. 1. Nomor 3: Polyvinyl chloride (PVC atau disebut vinil). jus buah-buahan. 4. Msc. biasa digunakan untuk mengemas sup. saus. Nomor 5: Polypropylene (PP). setiap akan dipakai atau diisi ulang. Plastik ini sering dibuat cling wrap. Sering juga dipakai untuk wadah kue kering atau cokelat. minyak goreng. selai. biasa digunakan sebagai plastik kemasan rapat (cling wrap). pengemas roti. berarti terbuat dari PET/PETE dan plastik itu aman untuk kemasan makanan atau bersifat food grade. Yadi Haryadi. Dr. makanan beku dan botol plastik yang dapat ditekan. lihatlah nomornomor yang tertera pada kemasan. bila botol air minum kita bertanda nomor 1. Sebelum membeli makanan atau minuman.

BAB III PENUTUP 3. Migrasi bahan berbahaya dapat saja terjadi jika plastik tersebut bukan plastik berlabel food grade. kemudian menghasilkan pastik yang dinamakan seluloid. Bahannya merupakan campuran dari selulosa nitrat dan kamfor yang dilarutkan dalam alkohol. Plastik jenis ini ditemukan oleh John Wesley Hyatt. kita tidak dapat menyalahkan pedagang kecil. apalagi berminyak. Seluloid ini mudah . dalam microwave. Kita juga sering melihat pedagang makanan menggunakan plastik untuk membungkus makanan tersebut dalam keadaan panas. sebaiknya membawa sendiri wadah yang aman dari rumah. berminyak. Nomor 7: Jenis plastik lainnya. Hindari menggunakan tempat dari bahan plastik untuk menaruh makanan panas. Alangkah baiknya jika akan membeli makanan panas. Plastik ada yang bersifat lunak (seluloid). pisau) plastik. garpu. Untuk makan gunakan plastik yang ada tanda food gradenya. atau berkuah. Plastik ini mengandung bisphenolA yang berbahaya dan dapat bermigrasi.3. terutama polycarbonate. Ada yang menggunakan sebagai botol susu bayi dan alat-alat makan (sendok. Intinya kita harus bijak dalam penggunaan plastik sesuai dengan kodenya. Penggunaan plastik untuk membungkus makanan juga perlu diwaspadai. Cara ini sangat beresiko karena kantong plastik yang digunakan tidak jelas asal usulnya. Plastik ini tahan suhu tinggi. Hindari memanaskan makanan dengan wadah atau bungkus yang terbuat dari plastik dalam microwave. Beberapa studi menunjukan migrasi komponen plastik ke dalam bahan pangan selama pemanasan atau pada suhu tinggi semakin besar. Karena kurangnya pengetahuan.1 Kesimpulan a.

kursi lipat. 3. dan kaleng kemasan makanan dan minuman. dan mengubah fungsi imunitas. 4. karena berbahaya untuk kesehatan otak. tupperware. OTHER. gelas anak batita (sippy cup). berpotensi berbahaya untuk ginjal. biasa dipakai untuk tempat makanan. merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman. Jenis-jenis plastik: 1. PVC (polyvinyl chloride). 3. dan botol-botol. plastik kemasan. dan botol-botol yang lembek. direkomendasikan hanya sekali pakai. merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan. dan lain-lai.2 Saran Sebelum membeli barang berbahan dasar plastik yang digunakan untuk tempat makanan khususnya. biasanya pada botol susu bayi. galon air minum. memiliki sifat bahan yang lebih kuat. 2. Karena sifatnya yang kurang tahan terhadap panas. harus dipastikan terlebih dahulu apakah terbuat dari bahan yang aman dan sesuai dengan fungsinya sehingga tidak membahayakan konsumen. termasuk kaleng susu formula. PP. tetap baik untuk tempat makanan. bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap). adalah pilihan bahan plastik terbaik. yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic/dibuat dari minyak bumi). 5. dalam industri berbagai barang plastik ini digantikan oleh plastik jenis lain yang sering kita temui sekarang yaitu bakelit. dan hampir semua botol minuman lainnya. penurunan produksi sperma. berwarna jernih/transparan/tembus pandang seperti botol air mineral. dan pertumbuhan dan sistem syaraf 7. kromosom pada ovarium. dan lain-lain. botol jus. hati dan berat badan. PETE atau PET (polyethylene terephthalate) biasa dipakai untuk botol plastik. buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi 6. keras. karakteristik yaitu biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. . Namun berdasar bahan utamanya berpotensi merusak sistem hormon. b. terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan.terbakar. PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam. tempat minum sekali pakai. mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi. bahan ini harus dihindari. HDPE (high density polyethylene) biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu. botol minum polikarbonat.

html diakses Kamis. ____. 09 April 2011.06 WIB. 27 September 2010.cgi? diakses Minggu. Arti Tanda Segitiga Pada Kemasan Plastik. Hendrik Baekeland (1863-1944) : Penemu Plastik Jenis Bakelit. Nurrosyid Dede. 2010. 17.docstoc.com/ 2010/01/zat-kimia-pada-plastik. Zat kimia pada plastik.cgi/HFI/HFI/utama. Arti Lambang Segitiga pada Kkemasan Plastik. .03 WIB.go. diakses Minggu. 2010. 28 April 2011. 09 April 2011. Kimia Polimer.DAFTAR PUSTAKA Iis Sopyan.54 WIB. 2007.com/2010/09/27/arti-tanda-segitiga-pada-kemasan-plastik/. wordpress. Anonim. Jakarta: Perca. 09 April 2011. Icha.lipi. Plastik. http://allthingsisnew. 17.____ http://archive. cetakartikel&1164843618. http://ichadchemical. Anonim.blogspot.kaskus. 13. 16. ____.com/docs/33584599/Arti-lambang-segitiga-pada-kemasan-plastik diakses Minggu.us/thread/4073666 diakses Minggu.31 WIB.04 WIB. http://www. Anonim. 09 April 2011. http://www. 17.id/utama.fisikanet.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful