You are on page 1of 16

Definisi Konsep Ketenagakerjaan

1.

Penduduk Usia Kerja Indonesia mendefinisikan penduduk usia kerja adalah penduduk yang berusia 15 tahun ke atas.

2.

Bekerja Adalah kegiatan melakukan pekerjaan dengan maksud memperoleh atau membantu memperoleh penghasilan atau keuntungan paling sedikit selama satu jam dalam seminggu yang lalu. Bekerja selama satu jam tersebut harus dilakukan berturut turut dan tidak terputus. Kegiatan bekerja ini men!akup" sedang bekerja# punya pekerjaan tetapi sementara tidak bekerja# misal karena " !uti# sakit#menunggu panen dan sejenisnya.

$.

%en!ari Pekerjaan Adalah kegiatan seseorang yang tidak bekerja dan pada saat sur&ei orang tersebut sedang men!ari pekerjaan# baik mereka yang belum pernah bekerja dan sedang berusaha mendapatkan pekerjaan atau mereka yang sudah pernah bekerja# karena sesuatu hal berhenti atau diberhentikan dan sedang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan.

'.

(apangan pekerjaan Adalah bidang kegiatan atau bidang usaha yang dilakukan perusahaan ) usaha ) lembaga tempat responden bekerja. Pengelompokkan lapangan pekerjaan merujuk pada Klasifikasi Baku (apangan Usaha Indonesia *KB(I+ yang merujuk pada International Standard Industrial Classification of All Economic Activities *I,I-+.

5.

.umlah .am Kerja Adalah lama /aktu bekerja yang digunakan untuk bekerja selama hari masuk kerja dalam semingga# termasuk jam kerja lembur.

0.

Kesempatan Kerja Kesempatan kerja adalah jumlah lapangan kerja yang tersedia bagi masyarakat. Kesempatan kerja ini erat hubungannya dengan kemampuan

1

Kebalikan dari inflasi adalah 1eflasi. 5ingkat Inflasi Inflasi merupakan gejala yang menunjukkan tingkat harga se!ara umum mengalami kenaikan se!ara terus menerus. 1i Indonesia masalah kesempatan kerja ini dijamin dalam UU1 12'5 pasal 23 ayat *2+ yang berbunyi 45iap tiap /arga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak6. Perubahan kontribusi sektor dalam penyerapan tenaga kerja dalam suatu kurun /aktu merupakan indikasi perubahan struktur perekonomian suatu daerah. Berdasarkan bunyi UU1 12'5 pasal 23 ayat *2+ di atas# jelas bah/a pemerintah Indonesia bertanggung ja/ab atas pen!iptaan kesempatan kerja serta perlindungan terhadap tenaga kerja. 5ingkat inflasi juga menggambarkan perubahan indeks harga konsumen. 3. Upah)8aji Adalah penerimaan pekerja baik berupa uang ataupun barang selama sebulan yang dibayarkan oleh perusahaan kantor ) majikan setelah dikurangi dengan potongan potongan# iuran /ajib# pajak penghasilan dan sebagainya. . 9. 7al ini dimaksudkan agar melalui pekerjaannya setiap /arga negara dapat hidup layak.ektor %enggambarkan setiap sektor dalam menyerap tenaga kerja.perusahaan perusahaan dalam menyediakan atau menyerap tenaga kerja. Kontribusi .edangkan tingkat perubahan harga se!ara umum disebut laju inflasi.emakin banyak jumlah kesempatan kerja yang tersedia semakin banyak tenaga kerja yang terserap *dipekerjakan+. Kesempatan kerja disebut juga lo/ongan pekerjaan. 2. 2 . .

Berdasarkan batas kerja 2.2 Bukan tenaga kerja Bukan tenaga kerja adalah mereka yang dianggap tidak mampu dan tidak mau bekerja# meskipun ada permintaan bekerja.$# mereka adalah penduduk di luar usia# yaitu mereka yang berusia di ba/ah 15 tahun dan berusia di atas 0' tahun. %enurut Undang Undang 5enaga Kerja :o.Klasifikasi Tenaga Kerja 1. 2. -ontoh kelompok ini adalah para pensiunan# para lansia *lanjut usia+ dan anak anak.1 Angkatan kerja Angkatan kerja adalah penduduk usia produktif yang berusia 15 0' tahun yang sudah mempunyai pekerjaan tetapi sementara tidak bekerja# maupun yang sedang aktif men!ari pekerjaan. 1. 2.1 5enaga kerja 5enaga kerja adalah seluruh jumlah penduduk yang dianggap dapat bekerja dan sanggup bekerja jika tidak ada permintaan kerja.etiap orang yang menghasilkan barang atau jasa yang mempunyai nilai ekonomis baik yang menerima gaji atau bekerja sendiri yang terlibat dalam kegiatan manual. 1$ 5ahun 2.1. Berdasarkan penduduknya 1. %enurut Undang Undang 5enaga Kerja# mereka yang dikelompokkan sebagai tenaga kerja yaitu mereka yang berusia antara 15 tahun sampai dengan 0' tahun. Atau# sebagai tenaga kerja yang bekerja di dalam hubungan kerja 3 ..1 Pekerja .

1. Pengangguran konjungtur Pengangguran unemployment+ diakibatkan ekonomi oleh adalah konjungtur pengangguran *!y!li!al yang dalam perubahan perubahan kemunduran# tingkat kegiatan perekonomian. Bagi tenaga kerja di bidang pertanian yang tidak dapat bekerja di bidang industri karena keterbatasan 4 .2.enis Pengangguran Berdasarkan Penyebabnya 1. Akibatnya banyak tenaga kerja yang tidak dapat bekerja lagi.2 Pengangguran Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja dan sedang men!ari pekerjaan 2. 2. 2.1. 7al ini berarti jam kerja akan dikurangi# sebagian mesin produksi tidak digunakan# dan sebagian tenaga kerja diberhentikan. Pengangguran struktural Pertumbuhan dan perkembangan ekonomi selalu diikuti oleh perubahan struktur dan !orak kegiatan ekonomi.1 . Pada /aktu kegiatan mengalami perusahaan perusahaan harus mengurangi kegiatan produksi. Akibatnya semakin banyak jumlah industri pengolahan# sedangkan kegiatan pertanian semakin berkurang. %isalnya terjadi pergeseran dari sektor pertanian menjadi sektor industri.pada pengusaha dengan menerima upah dan atau imbalan dalam bentuk lain.

Pengangguran teknologi Pengangguran pengangguran yang teknologi terjadi karena adalah adanya 5 . Pengangguran musiman Pengangguran musiman adalah jenis menganggur. %asa men!ari kerja)menganggur disebut dengan pengangguran pengangguran yang terjadi se!ara berkala# misalnya pengangguran pada saat selang musim tanam dan musim panen. Kesenjangan ini dapat berupa kesenjangan /aktu# informasi maupun jarak. 1i dalam proses men!ari kerja yang lebih baik adakalanya mereka harus friksional. 1i sektor pertanian pekerjaan yang paling padat adalah pada saat musim tanam dan musim panen# sehingga saat selang antara musim tanam dan panen banyak terjadi pengangguran. Pengangguran jenis ini disebut pengangguran musiman. '. Pengangguran friksional Pengangguran jenis ini bersifat sementara dan terjadi karena adanya kesenjangan antara pen!ari kerja dan lo/ongan kerja. 5. Pengangguran tersebut dinamakan pengangguran struktural. $.keahlian akan menganggur. Pengangguran friksional bukanlah sebagai akibat dari ketidakmampuan memperoleh pekerjaan# melainkan sebagai akibat dari keinginan untuk men!ari pekerjaan yang lebih baik.

3.ifatnya 1.perubahan tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Pengangguran &oluntary Pengangguran &oluntary terjadi karena ada orang yang sebenarnya masih dapat bekerja# namun dengan sukarela ia berhenti bekerja.2. Pengangguran jenis ini terjadi karena kurangnya lapangan pekerjaan# tidak mau bekerja# atau adanya ketidak!o!okan antara lo/ongan pekerjaan dengan latar belakang pendidikan.1.enis Pengangguran Berdasarkan . Pengangguran 1eflasioner Pengangguran yang disebabkan lo/ongan pekerjaan tidak !ukup untuk menampung pen!ari kerja 2.2 . Pengangguran terbuka Pengangguran terbuka adalah angkatan kerja yang benar benar tidak mempunyai pekerjaan. 0. %isalnya dahulu petani mengolah sa/ah dengan tenaga manusia# namun sekarang diganti dengan tenaga traktor. 7al ini dapat terjadi karena ia telah mendapatkan /arisan atau hal hal lain yang membuat seseorang tidak perlu bekerja. Adanya penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin dapat menyebabkan pengangguran teknologi. 6 .

ebenarnya tenaga kerjanya sudah !ukup. :amun ada anak pamannya belum bekerja# maka ia ikut membantunya. Kemajuan 5eknologi $. Pengangguran terselubung Pengangguran terselubung adalah angkatan kerja yang bekerja tidak optimal sehingga terjadi kelebihan tenaga kerja. .2. Pak :yoman dibantu oleh 1 orang anaknya.ebab sebab Pengangguran 1. %enurunnya permintaan 5enaga Kerja 2.2. .1. Kelemahan dalam Pasar 5enaga Kerja • • .etengah menganggur .3 .etengah menganggur adalah angkatan kerja yang bekerja di ba/ah jam kerja normal. %isalnya Pak :yoman membuka usaha bengkel sepeda motor.erikat Pekerja meminta upah terlalu tinggi Adanya tunjangan pengangguran menurunkan niat unutk bekerja • Asuransi pekerja terlalu berat bagi perusahaan Pak :yoman disebut pengangguran 7 . $. Anak pamannya terselubung. Ada juga yang mendefinisikan setengah menganggur sebagai angkatan kerja yang kurang dari $5 jam seminggu. 2.

• %emberikan pelatihan ketrampilan diluar informasi tentang lo/ongan bidang yang telah dikuasai. 1ampak Indi&idu dan Keluarga  turunnya status sosial# hilangnya harga diri# dsb 2. $.• • Kurangnya informasi mengenai lo/ongan kerja Ketidakmampuan pekerjaan pekerja untuk men!ari 2.2.1.truktural .1. 1ampak <konomi  biaya peluang yang timbul karena hilangnya pendapatan dan menurunnya hasil produksi *seperti 81P+# menurunkan ketrampilan tenaga kerja# faktor /aktu menyulitkan pen!ari kerja mendapatkan pekerjaan baru.4 1ampak Pengangguran 1. -ara %engatasi Pengangguran .5 -ara %engatasi Pengangguran 1. -ara %engatasi Pengangguran %usiman • %emberikan pekerjaan.2.osial  naiknya tingkat kriminalitas# naiknya jumlah orang bunuh diri# retaknya keluarga#dsb. 1ampak . 2. 2.

%elaksanakan program padat karya.• • %en!iptakan iklim in&estasi yang kondusif. %emberikan pelatihan ketrampilan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan dalam pasar tenaga kerja. • %enyediakan lapangan kerja. • • • • %emberikan bantuan dalam dunia usaha. -ara %engatasi Pengangguran 5eknologi ! . $. • • %eningkatkan daya beli masyarakat terhadap barang atau jasa. -ara %engatasi Pengangguran >oluntary • %embuka lapangan pekerjaan yang baru. 0. -ara %engatasi Pengangguran =riksional. %enarik In&estor '. -ara %engatasi Pengangguran Konjungtural. %engatur bunga bank agar tidak terlalu tinggi sehingga in&estor lebih suka mengin&estasikan uangnya 5. %engembangkan program transmigrasi.

-ontoh kelompok ini adalah" 1. -ara %engatasi Pengangguran 1eflasioner • • 2. materi kurikulum tentang • %empersiapkan memasukkan masyarakat materi untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi dg !ara kurikulum pelatihan teknologi di sekolah.2 Bukan angkatan kerja Bukan angkatan kerja adalah mereka yang berumur 1.1 5enaga Kerja ?ohani %enarik in&estor baru menggairahkan dunia usaha. agar dapat %emberikan pelatihan kepada tenaga kerja. 3. Berdasarkan kualitasnya $. tahun ke atas yang kegiatannya hanya bersekolah# mengurus rumah tangga dan sebagainya.• • %emberikan pelatihan teknologi. • %emasukkan teknologi. %engenalkan teknologi kepada anak sejak usia dini. Para ibu rumah tangga dan orang !a!at# dan $. Pensiunan 3. Anak sekolah dan mahasis/a 2. 1" .

2.$ 5enaga kerja tidak terdidik 5enaga kerja tidak terdidik adalah tenaga kerja kasar yang hanya mengandalkan tenaga saja. . 2.2. -ontohnya manager# direktur# dan jenisnya. 5enaga kerja terampil ini dibutuhkan latihan se!ara berulang ulang sehingga mampu menguasai pekerjaan tersebut.1 5enaga kerja terdidik 5enaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang memiliki suatu keahlian atau kemahiran dalam bidang tertentu dengan !ara sekolah atau pendidikan formal dan nonformal.2. -ontohnya" apoteker# ahli bedah# mekanik# dan lain lain. 11 .5enaga kerja rohani adalah tenaga kerja yang dalam kegiatan kerjanya lebih banyak menggunakan pikiran yang produktif dalam proses produksi.2 5enaga Kerja . Kompensasi merupakan bayaran atau upah yang diterima oleh pekerja sebagai balas jasa atas hasil kerja mereka. .2 5enaga kerja terampil 5enaga kerja terampil adalah tenaga kerjayang memiliki keahlian dalam bidang tertentudengan melalui pengalaman kerja. $.istem Upah 1.istem upah merupakan kebijakan dan strategi yang menentukan kompensasi yang diterima pekerja. $. -ontohnya" penga!ara# dokter# guru# dan lain lain. $.asmani $. -ontoh" kuli# buruh angkut# pembantu rumah tangga# dan sebagainya.

. .$. 12 . Upah %enurut /aktu  upah harian# mingguan# bulanan 2. Konsekuensi logis dua kepentingan tersebut  sistem upah harus sesuai dengan kebutuhan pekerja dan kemampuan perusahaan. Upah Prestasi  hasil A hasil prestasi karya/an 3.kala  upah berdasarkan perubahan hasil produksi 4. Upah -o partnership  upah yang diterima berdasarkan kepemilikan saham karya/an 7. 5unjangan dan fasilitas ini merupakan kompensasi tidak langsung yang diberikan perusahaan kepada karya/annya. '.istem Upah di Indonesia 1. Upah Indeks  upah berdasarkan perubahan A perubahan harga barang kebutuhan sehari A hari. @leh karena itu digunakan Upah %inimum ?egional *U%?+. Upah . Bagi perusahaan# upah menjadi biaya yang paling besar dalam biaya operasi sehingga dapat menjadi penentu harga produknya di pasaran 5. Upah Komisi  upah berdasarkan persentase hasil penjualan =asilitas dan 5unjangan Pekerja 1. 5.elain menerima gaji# pekerja biasanya juga menerima berbagai fasilitas fasilitas dan tunjangan kerja. 2. Bagi pekerja# masalah sistem upah menjadi penting karena menyangkut keberlangsungan dan kesejahteraan hidup mereka. Upah Premi  upah selain diterima setiap bulan juga ditambah dengan premi yang diterima setiap bulan 6.

Beberapa ?umus Ketenagakerjaan 1.E 13 .E Angkatan yang Bekerja '. Biasanya tunjangan yang diterima pekerja bernilai sepertiga dari total upah dan gajinya. 5. Pertumbuhan <konomi D 1.E Penduduk Usia Kerja • 1epend!y ?atio *1?+ B Penduduk (uar Usia Kerja Penduduk Usia Kerja • . 2..etengah Pengangguran B Bekerja 1' A $5 jam)minggu Angkatan yang Bekerja • . $. Karena menambah penghasilan maka dalam perhitungan pajaknya# tunjangan dan fasilitas dianggap sebagai Penghasilan Kena Pajak. 5ingkat Kesempatan Kerja *5KK+ 5KK mengidentifikasikan besarnya penduduk usia kerja yang bekerja atau sementara tidak bekerja.$. Penduduk B 5enaga Kerja C Penduduk di (uar Usia Kerja 5enaga Kerja B Angkatan Kerja C Bukan Angkatan Kerja Angkatan Kerja B Penduduk Bekerja C %enganggur • 5ingkat Pertisipasi Angkatan Kerja B Angkatan Kerja D 1. '. 5KK dirumuskan dengan" TKK = Jumla !enduduk yang "ekerja # $%% & Jumla Angkatan Kerja 5. 5KK menggambarkan kesempatan seseorang untuk terserap pada pasar kerja... Ada beberapa tunjangan yang diberikan langsung seperti Asuransi# namun ada juga tunjangan yang diganti oleh perusahaan dalam bentuk uang# misalnya uang kuliah yang dibiayai perusahaan.etengah Pengangguran kritis B Bekerja kurang 1' jam)minggu D 1.

1 ke ba/ah. 5etapi# jika tidak dikelola dengan baik# 14 .1.%enggambarkan persentase perubahan tingkat pendapatan atau Produk 1omestik Bruto *P1B+.ulitnya memperoleh pekerjaan di dalam negeri mendorong sebagian pekerja Fmengadu nasibF di luar negeri. 3. . +pa .+ dengan Indeks 7arga Konsumen *I7K+.etiap orang bertanggung ja/ab atas dirinya sendiri. . Upah ?iil %erupakan rasio antara nilai Upah :ominal *.ekitar 50E pekerja Indonesia hanya lulusan . In&estasi %erupakan penjumlahan Pertumbuhan %odel 5etap 1omestik Bruto *P%51B+ dikurangi perubahan sto!k barang in&entori. Perumbuhan ekonomi dirumuskan dengan" !ertumbu an Ekonomi = !'" ta un (t) * !'" ta un (t*$) # $%%& !'" ta un (t*$) 0.+.iil = S . . /ilai Investasi = !0T'" * !eruba an Stock %asalah Ketenagakerjaan %asalah ketenagakerjaan yang paling marak pada saat ini yaitu persoalan pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri. .I. Aliran pekerja ke luar negeri menjadi salah satu solusi untuk mengatasi meningkatnya tenaga kerja dalam negeri.K 9. 5idak ada pilihan lain# sehingga harus bekerja termasuk ke luar negeri. Upah :ominal %erupakan rata rata upah bersih yang diterima selama sebulan *. 5ekanan penduduk *population pressure+ dalam beberapa tahun mendatang akan semakin besar. 7al ini diperburuk tidak adanya sistem jaminan sosial.emakin sedikit kesempatan kerja untuk para lulusan .

#$al %asala& Pemerintah mensyaratkan bah/a 5KI harus legal# dikirim melalui agen resmi yang membantunya untuk membuat paspor dan &isa# memperoleh surat keterangan kesehatan# membayar asuransi dan ke/ajiban lainnya# memiliki keterampilan dan kemampuan bahasa. %asalah 5KI mun!ul sejak proses a/al di Indonesia... ?endahnya laporan 5KI yang mengalami kasus tertentu ke pihak ber/enang juga didasarkan kekha/atiran mereka karena memiliki identitas palsu. 5KI berperan besar bagi perekonomian Indonesia. %ereka tidak memahami aturan dan persyaratan untuk bekerja di luar negeri.ekitar '5E 5KI memilih bekerja di %alaysia karena kemudahan komunikasi. terdapat sekitar 2#3 juta 5KI bekerja di luar negeri.1.ementara $5E 5KI bekerja di Arab . 1ata Badan :asional Penempatan dan Perlindungan 5KI *B:P25KI+ menunjukkan adanya tren kenaikan 5KI bermasalah dari sekitar 1'E pada 2. :amun jumlahnya dapat lebih besar mengingat banyak 5KI ilegal tidak ter!atat. @leh karena itu# tidak mudah mela!ak para 5KI bermasalah di luar negeri..9 menjadi lebih dari 2.2. .audi. Banyak 5KI baru pertama kali ke luar negeri# direkrut makelar yang datang ke desanya# dengan janji upah tertentu# pilihan pekerjaan yang banyak# dan mena/arkan bantuan kemudahan proses. Banyak 5KI usianya masih terlalu muda# namun demi kelan!aran proses# usia di dokumen dipalsukan. .9 men!apai sekitar ?p0.maka akan terus menimbulkan masalah. Pemalsuan tidak hanya usia# tetapi juga nama dan alamat. Umumnya penyaluran 5KI melalui agen tenaga kerja# baik yang legal maupun ilegal. 15 . :ilai remitansi 5KI tahun 2. Agen 5KI mengontrol hampir seluruh proses a/al# mulai dari rekrutmen# paspor dan aplikasi &isa# pelatihan# transit# dan penempatan 5KI. triliun per tahun *15E P1B Indonesia+.E pada 2. Kementerian 5enaga Kerja dan 5ransmigrasi *Kemenakertrans+ memperkirakan pada 2. ?endahnya pendidikan !alon 5KI mengakibatkan mereka menghadapi risiko mudah ditipu pihak lain.

Instrumen kebijakan untuk mengatasi masalah 5KI tidak harus terkait langsung dengan urusan 5KI itu sendiri. Karena pada dasarnya# Indonesia saat ini membutuhkan komitmen kebijakan kependudukan yang kuat dan se!ara tidak langsung akan mengatasi masalah 5KI pada jangka panjang. . 16 . . Kita semua perlu menyadari bah/a permasalahan 5KI bera/al dari dalam negeri# meskipun akar masalah di luar negeri juga tidak bisa diabaikan. Pemerintah harus lebih fokus untuk mengungkapkan solusi dan bukan sekadar mengungkapkan masalah.elain itu# perlu koordinasi yang lebih baik antara B:P25KI dan Kemenakertrans. ?endahnya kesempatan kerja dan tingginya pertumbuhan penduduk sebagai akibat mengendurnya berbagai kebijakan kependudukan berdampak pada meningkatnya aliran pekerja dengan pendidikan rendah ke luar negeri.'angka& ke depan Pemerintah perlu menertibkan para agen 5KI ilegal untuk menghindari permasalahan sejak proses a/al.emua pihak harus segera duduk bersama.