You are on page 1of 19

KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

PERATURAN MENTERI NOMOR 13/2012 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN REDUCE, REUSE DAN RECYCLE MELALUI BANK SAMPAH

ASISTEN DEPUTI PENGELOLAAN SAMPAH 2012

reuse. recycle (3R) melalui bank sampah .TUJUAN Memberikan pedoman kepada pelaksana kegiatan reduce.

.Pencatatan .Hasil penjualan sampah yang diserahkan.Penyerahan sampah ke bank sampah . B. Persyaratan bank sampah : .Bagi hasil penjualan sampah antara penabung dan pelaksana . dimasukkan ke dalam buku tabungan.Penimbangan sampah .Pemilahan sampah .RUANG LINGKUP A.Konstruksi bangunan .Sistem manajemen bank sampah Mekanisme bank sampah : .

Sistem bagi hasil .Penarikan tabungan .Wadah sampah .Peminjaman uang .lanjutan C.Buku tabungan .Jasa penjemputan sampah .Penetapan harga .Pemberian upah karyawan .Penetapan jam kerja . Pelaksanaan bank sampah : .Jenis sampah .Kondisi sampah .Jenis tabungan .Berat minimum .

Pembangunan bank sampah percontohan .Pengintegrasian antara bank sampah dengan penerapan EPR .Pembinaan teknis . Menteri LH dan Menteri terkait lainnya dengan pelaksanaan meliputi : .PELAKSANA A.Pengembangan kerjasama internasional dalam pelaksanaan bank sampah .Monitoring dan evaluasi pelaksanaan bank sampah di daerah .

Pelatihan . Gubernur dan Bupati/Walikota dengan pelaksanaan meliputi : .Memperbanyak bank sampah .Monitoring dan evaluasi bank sampah .Pendampingan dan bantuan teknis .Membantu pemasaran hasil kegiatan 3R .lanjutan B.

Pengumpulan sampah .Memperbanyak bank sampah .lanjutan C.Pemilahan sampah . dengan pelaksanaan meliputi : .Penyerahan ke bank sampah . Masyarakat.

IMPLEMENTASI BANK SAMPAH .

IMPLEMENTASI Memilah Sampah sebagai solusi 58.7 % sampah organik 41.3% sampah an-organik dll Dibuat kompos Dikelola (3R) Mengurangi timbunan sampah dan memperoleh penghasilan tambahan .

lanjutan TUJUAN Mengurangi sampah di tingkat masyarakat karena kemampuannya yang menjadi bagian dari sistem rantai pengumpulan sampah yang terintegrasi. .

lanjutan .

lanjutan .

000 400.300.600.BANK SAMPAH VERSI GOOGLE 2012 Jumlah Informasi Bank Sampah 8.000 2 3 Tahun 2010-2012 .000 9000000 8000000 7000000 6000000 5000000 4000000 3000000 2000000 1000000 0 1 4.

Good Governance dalam pengelolaan sampah dan pengendalian pencemaran lingkungan dari sampah. sehingga terwujud kelembagaan yang kapasitasnya meningkat secara berkelanjutan.  Diwujudkannya .MANFAAT  Peningkatan lanjutan dan penguatan ekonomi kerakyatan serta lingkungan yang bersih dan hijau sehingga tercipta masyarakat yang sehat.

apresiasi.  Peraturan perundang-undangan. . aspirasi. termasuk petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis. termasuk pelaporan berkala.FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN  Komitmen lanjutan para pimpinan di jajaran pemerintah pusat dan daerah.  Wawasan.  Pengelolaan data dan sistem informasi.  Sistem pendanaan.  Kapasitas kelembagaan dan pengorganisasian dalam jajaran pemerintah. dukungan dan partisipasi publik.

Pengembangan kapasitas dilakukan secara simultan bersamaan dengan pelaksanaan rencana aksi dan pengembangan kapasitas. melalui kemitraan. mobilisasi dan/atau kerjasama dengan pemerintah daerah (provinsi. Pelaksanaannya dilakukan bertahap. . kota). sinkronisasi. harmonisasi.STRATEGI   lanjutan   Revitalisasi data dan informasi yang mengindikasikan status kondisi pengelolaan sampah. lembaga/instansi pusat terkait dan konstituen masyarakat. kabupaten. Penggalangan sumber daya kelembagaan. dimulai dengan lingkup sasaran dan target yang disesuaikan dengan tingkat kapasitas kelembagaan pada saat dimulai.

lanjutan TARGET Pengembangan Bank Sampah minimal 5 bank sampah/tahun/kota.  Penurunan sampah minimal sebesar 7% dari jumlah timbulan sampah  .

lanjutan KELEMBAGAAN  Koperasi  Yayasan  Perseroan Terbatas (PT) .

TERIMA KASIH .