You are on page 1of 7

PR 1 Rekayasa Perangkat Lunak

Manajemen Proyek Process Model Scrum
Rana Fathiya Kusuma (1106054933) | RPL-A | Kelompok Asdos B

Buatkan daftar kebutuhan‐kebutuhan dari aplikasi e‐learning tersebut berdasarkan analisa yang Anda lakukan dan kemudian tentukan tingkat prioritas masing‐masing kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingan kebutuhan. dan menghapus mata kuliah dari sistem  Admin dapat membuat halaman kuliah masing-masing untuk setiap mata kuliah berbeda  Admin dapat melihat keseluruhan aktivitas yang terjadi di sistem 2) Dosen  Dosen dapat login ke sistem  Dosen dapat logout dari sistem  Dosen dapat enroll ke kelas yang diinginkan  Dosen dapat mengunggah dan menghapus materi kuliah  Dosen dapat mengatur struktur materi di halaman mata kuliah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan  Dosen dapat mengunggah tugas di halaman kuliah  Dosen dapat membuka slot pengumpulan tugas dan menentukan rentang waktu pengerjaannya  Dosen dapat menentukan apakah tugas masih dapat dikumpulkan jika batas waktu sudah lewat  Dosen dapat memberikan nilai untuk tugas melalui sistem  Dosen dapat membuat forum baru di setiap halaman perkuliahan yang diinginkan  Dosen dapat membuat thread baru di setiap forum  Dosen dapat menghapus atau mengubah diskusi dalam forum  Dosen dapat melihat hasil diskusi yang telah berjalan  Dosen dapat mengadakan tes evaluasi online dengan memasukkan soal beserta kunci jawabannya ke dalam sistem  Dosen dapat mengecek jawaban dari mahasiswa dengan membandingkannya dengan kunci jawaban secara otomatis oleh sistem  Dosen dapat memantau seluruh aktivitas mahasiswa dalam SiKul berupa pengumpulan tugas  Dosen dapat memantau seluruh aktivitas mahasiswa dalam SiKul berupa partisipasi forum  Dosen dapat memantau seluruh aktivitas mahasiswa dalam SiKul berupa partisipasi tes online  Dosen dapat memantau aktivitas akademik berdasarkan pengguna tertentu  Dosen dapat melihat rangkuman aktivitas mahasiswa dalam bentuk data statistik  Dosen dapat melihat rangkuman aktivitas mahasiswa dalam bentuk visualisasi berupa grafik 3) Mahasiswa  Mahasiswa dapat login ke sistem  Mahasiswa dapat logout dari sistem  Mahasiswa dapat enroll ke kelas yang diinginkan Rana Fathiya Kusuma (1106054933) | RPL-A | Kelompok Asdos B | Process Model Scrum . yakni : 1) Administrator  Admin dapat login ke sistem  Admin dapat logout dari sistem  Admin dapat membuat role untuk Dosen dan Mahasiswa  Admin dapat mendaftarkan mata kuliah ke sistem. Petunjuk: tingkat prioritas ini akan digunakan dalam penentuan work breakdown structure.1. mengubah. Daftar kebutuhan dari aplikasi e-learning SiKul ini dibagi berdasarkan kategori role.

Pada WBS harus terlihat dengan rinci fitur apa yang dikerjakan pada suatu iterasi. Buat Work Breakdown Structure (WBS) dari proyek ini dan melakukan estimasi waktu dari setiap pekerjaan dalam WBS tersebut.1 : Pembentukan Tim 5 hari 1. Fitur 15 hari Manajemen Materi.3 : Melakukan Testing dilakukan di akhir Sprint Execution Phase 5 Sprint Review 5.2 : Daily Scrum Meeting dilakukan setiap hari selama masa sprint berlangsung 4.1 : Komunikasi dengan Product Owner 5 hari 2.2 : Identifikasi Product Owner 7 hari 1. dibuat per-fitur : 1) Fitur Login dan Logout 2) Fitur Mendaftarkan dan Manajemen Mata Kuliah 3) Fitur Enroll Mata Kuliah 4) Fitur Manajemen Materi di setiap Mata Kuliah 5) Fitur Manajemen Tugas di setiap Mata kuliah 6) Fitur Forum Diskusi 7) Fitur Tes Evaluasi Online 8) Fitur Statistik Aktivitas Mahasiswa 2. Fitur Manajemen Tugas Sprint 3 : Fitur Forum Diskusi 10 hari Sprint 4 : Fitur Tes Evaluasi Online 10 hari Sprint 5 : Fitur Statistik Aktivitas Mahasiswa 17 hari 4.1 : System Delivery 5 hari (di setiap akhir Sprint 1-5) 5. Tahapan secara keseluruhan untuk proses pengembangan SiKul menggunakan metode Scrum : Phase 1 Initialization Estimasi Waktu Pengerjaan 1. Fitur 21 hari Mendaftarkan dan Manajemen Mata Kuliah Sprint 2 : Fitur Enroll Mata Kuliah.2 : Identifikasi User Stories dan membuat 10 hari Product Backlog Phase 3 Sprint Planning 3.3 : Pembuatan Project Plan 5 hari Phase 2 Communication 2.1 : Menjalankan Sprint 73 hari (total semua Sprint) Sprint 1 : Fitur Login dan Logout.1 : Membuat Sprint Backlog dilakukan di setiap awal Sprint Phase 4 Sprint Execution 4.      Mahasiswa dapat mengunduh materi yang tersedia Mahasiswa dapat mengunggah tugas di slot yang telah disediakan Mahasiswa dapat membuat thread baru di setiap forum Mahasiswa dapat berpartisipasi atau membuat posting di setiap thread diskusi yang ada Mahasiswa dapat melihat hasil diskusi yang telah berjalan Mahasiswa dapat melihat nilai dari hasil tes evaluasi online Untuk prioritas pengerjaan.2 : Menerima feedback dari Product Owner Rana Fathiya Kusuma (1106054933) | RPL-A | Kelompok Asdos B | Process Model Scrum .

mengubah.1 : Final Report Delivery 7.Phase 6 Sprint Retrospective 6.2 : Closing kontrak dengan Product Owner ESTIMASI TOTAL LAMA PENGERJAAN PROYEK Work Breakdown Structure berdasarkan Product Backlog sebagai penjabaran lebih lanjut dari fase Sprint Execution : Product Backlog Priority 1 2 3 4 User Type Administrator Administrator Dosen & Mahasiswa Semua tipe user Story Membuat role dari user (admin/dosen/mahasiswa) Dapat masuk ke SiKul menggunakan fitur login dengan role administrator Dapat masuk ke SiKul menggunakan fitur login sesuai dengan role masing-masing Dapat keluar dari SiKul menggunakan fitur logout Estimation 10 Sprint 1 1 5 7 8 9 Dapat mendaftarkan mata kuliah ke SiKul serta mengubah dan menghapus mata Administrator kuliah dari SiKul Membuat halaman kuliah masing-masing Administrator untuk setiap mata kuliah berbeda TOTAL WAKTU PENGERJAAN SPRINT 1 Dosen & Mahasiswa Dapat enroll ke kelas yang diinginkan Dapat mengunggah.1 : Menentukan pekerjaan selanjutnya dilakukan setelah Sprint Review (di setiap akhir Sprint 1-4) 1 hari 3 hari 114 hari Phase 7 Finalization 7. dan Dosen menghapus materi kuliah Dapat mengatur struktur materi di halaman mata kuliah sesuai dengan Dosen kebutuhan dan keinginan Mahasiswa Dapat mengunduh materi yang tersedia Dapat mengunggah tugas di halaman Dosen kuliah Dapat membuka slot pengumpulan tugas dan menentukan rentang waktu Dosen pengerjaannya Dapat menentukan apakah tugas masih dapat dikumpulkan jika batas waktu Dosen sudah lewat Dapat mengunggah tugas di slot yang Mahasiswa telah disediakan Dapat memberikan nilai untuk tugas Dosen melalui sistem TOTAL WAKTU PENGERJAAN SPRINT 2 5 5 21 2 4 11 12 13 3 1 2 1 14 15 16 17 2 2 15 Rana Fathiya Kusuma (1106054933) | RPL-A | Kelompok Asdos B | Process Model Scrum .

selalui diawali proses Sprint Planning. Kemudian di akhir Sprint selalu dilakukan proses Sprint Review. kemudian akan masuk kembali ke proses Sprint Planning untuk tahap Sprint selanjutnya. Rana Fathiya Kusuma (1106054933) | RPL-A | Kelompok Asdos B | Process Model Scrum . Jika dalam Sprint tersebut produk belum selesai maka akan dilakukan proses Sprint Retrospective.18 19 20 21 22 23 24 25 26 Dapat membuat forum baru di setiap halaman perkuliahan yang diinginkan Dapat membuat thread baru di setiap Dosen forum Dapat menghapus atau mengubah diskusi Dosen dalam forum Dapat melihat hasil diskusi yang telah Semua tipe user berjalan Dapat membuat thread baru di setiap Mahasiswa forum Dapat berpartisipasi atau membuat Mahasiswa posting di setiap forum diskusi yang ada TOTAL WAKTU PENGERJAAN SPRINT 3 Dapat mengadakan tes evaluasi online dengan memasukkan soal beserta kunci Dosen jawabannya ke dalam sistem Dapat mengecek jawaban dari mahasiswa dengan membandingkannya dengan kunci Dosen jawaban secara otomatis oleh sistem Dapat melihat nilai dari hasil tes evaluasi Mahasiswa online tersebut TOTAL WAKTU PENGERJAAN SPRINT 4 Dosen Dapat memantau seluruh aktivitas mahasiswa dalam SiKul berupa pengumpulan tugas Dapat memantau seluruh aktivitas mahasiswa dalam SiKul berupa partisipasi forum Dapat memantau seluruh aktivitas mahasiswa dalam SiKul berupa partisipasi tes online Dapat memantau aktivitas akademik berdasarkan pengguna tertentu Dapat melihat rangkuman aktivitas mahasiswa dalam bentuk data statistik Dapat melihat rangkuman aktivitas mahasiswa dalam bentuk visualisasi berupa grafik TOTAL WAKTU PENGERJAAN SPRINT 5 TOTAL WAKTU SELURUH PENGERJAAN 3 4 3 3 10 5 4 3 2 10 27 Dosen 2 28 Dosen 2 5 29 30 31 Dosen Dosen Dosen 2 3 5 32 Dosen 3 17 73 Dalam setiap Sprint.

Rana Fathiya Kusuma (1106054933) | RPL-A | Kelompok Asdos B | Process Model Scrum . Buat jadwal proyek dalam bentuk Gantt Chart. Buat struktur organisasi tim pengembang dengan Anda sebagai manajer proyeknya (selain peran manajer proyek. anggota tim Anda boleh memiliki lebih dari satu peran). Scrum Master Rana Fathiya Kusuma System Analyst Aulia Ramadhani K Database Designer Savitri Niradianty User Interface Designer Satrio Gumilar Programmer Caraka Nur Azmi Tester Satrio Gumilar Documenter Aulia Ramadhani K 4. Petunjuk: proyek ini diasumsikan mulai pada tanggal 23 September 2013.3.

proyek ini diperkirakan selesai pada tanggal 25 Februari 2014.Dengan estimasi pengerjaan selama 114 hari. Rana Fathiya Kusuma (1106054933) | RPL-A | Kelompok Asdos B | Process Model Scrum .