You are on page 1of 10

BUSINESS PLAN

Kelompok Ni Luh Nyoman Nitiari Putu Mudyasani Sudarma D Ni Putu Desy Darmiari 1015351019 1015351021 1015351038

 Di tengah sulitnya mencari lowongan pekerjaan. . banyak peluang yang bisa di manfaatkan untuk memulai sebuah bisnis baru tersebut. alternatif lain adalah dengan membuka sendiri lowongan pekerjaan tersebut.  Peluang pekerjaan yang di buka tersebut tidaklah harus sebuah pekerjaan yang besar dengan gaji yang besar setiap bulannya karena tujuan utama adalah memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk mencoba untuk memulai sebuah bisnis baru  Jika dicermati dengan teliti.

pembuatan terarium dapat menjadi salah satu solusi. Agar lebih indah hiasi dengan pasir atau batu berwarnawarni. atau kamar mandi. Di tengah lahan yang semakin sempit dan desakan pemerintah untuk go green. ruang makan. . Pada perkembangannya terarium bisa dijadikan hadiah. suvenir atau membuat penghijauan di ruang tidur.  Terarium adalah seni membuat taman dalam wadah kaca.  Beragam pohon kecil ditanam di dalam kaca.

Waktu operasional tempat ini buka setiap hari direncanakan pada pukul 10. Nama Usaha  Lokasi Usaha : Edelweis : Jl. restoran. rumah sakit. toko bunga. Namun jam operasional ini tidak terpaku pada waktu tersebut saja karena dalam keadaan tertentu dapat berubah menurut situasi di sekitar tempat usaha.000. ruang makan. hotel.00 WITA hingga pukul 15. bazar. pameran.  Anggaran Dana Rencana anggaran dana yang akan digunakan diperkirakan sejumlah Rp 1. gift shop.- .000. suvenir atau membuat penghijauan di ruang tidur. Pasar yang dapat dituju antara lain pada kafe.00 WITA. dan pasar swalayan. pesanan suvenir. atau kamar mandi.Sedapmalam gg  Waktu Operasional 10 no 1  Bidang Usaha : Bidang usaha yang dipilih adalah Terarium  Alasan pemilihan : Terarium memiliki banyak kegunaan karena dapat berfungsi sebagai hadiah.

Desain Produk :  Terarium dapat dibuat sesuai dengan keinginan pelanggan. Jenis tanaman seperti itu. mudah dirawat dan tidak harus disiram setiap hari. Selain sukulen dan kaktus. . dengan tema tertentu atau bebas namun tetap memerhatikan jenis tanaman yang dipilih  Tanaman yang cocok untuk terarium adalah jenis tanaman yang pertumbuhannya lamban dan sangat mudah dirawat seperti kaktus dan sukulen yang tumbuhnya tidak terlalu besar dan tahan lama. tanaman lain seperti Sansivieria dan Bromelia pun bisa menjadi pilihan alternatif lainnya.

Kayu untuk mengorek tanah Sumpit untuk menjepit tanaman Tisu yang sudah dililit pada sebatang kayu kecil. 4. 8. moss (disemprot air dulu). 10. 6.Proses Produksi:  Bahan: 1. 2. dan diberi alkohol 70% Sedotan untuk meniup kotoran di dinding wadah kaca Corong untuk memasukkan media tanam Sendok plastik untuk meratakan media tana 7. 11. 5. 12. kompos (yang sudah steril). 3. 9. zeolit Batu hias warna warni . karena akan merusak tanaman) Media tanam: arang (potong kecil-kecil). Kuas untuk membersihkan tanaman yang terkena media tanam Sekop kecil untuk menuang media tanam dan batu hias Gunting Semprotan air berujung lancip (jangan pilih yang spray.

lalu cuci bersih. Jika ada kotoran yang melekat di pinggir kaca. 6. 4. Jika ada kotoran menempel pada tanaman. 9. Fungsi zeloit ini agar terarium terlihat lebih artistik. 7. Semprot kaca dengan air hingga zeolit basah dan berubah warna. tiup dengan sedotan atau bersihkan dengan kuas. 3. Jika akarnya panjang. 5. kemudian kompos. . dengan menggunakan corong. Masukkan zeolit untuk menutupi media tanam. Cara ini sekaligus untuk menyiram tanaman. Terarium siap diletakkan di tempat yang diinginkan. 8. Masukkan tanaman yang diinginkan satu persatu. lalu moss. 2. Cara Membuat 1. bersihkan dengan alkohol Masukkan arang ke bagian dasar wadah. Siapkan wadah kaca. Tambahkan batu hias beragam warna dan bentuk. bersihkan dengan kuas. potong sedikit.

Investasi Awal: .00 Kesimpulan: Profit margin mencapai 300%.000.00 Rp 3.00 Jumlah investasi awal Rp 1.Pengadaan bahan-bahan media tanam Rp 200.000.00 .000.00 .000.000.000.000.00.000.000.Pembelian bibit tanaman Rp 200.1.000.000.000. maka keuntungan yang diperoleh bisa mencapai Rp 10.00 Keuntungan Usaha: Rp 3.Pengadaan wadah kaca dan peralatannya Rp 600.00 .000. .00.000.00 Pendapatan Usaha: Penjualan sekitar 20 buah @ 150.00 Rp 2.000.000.000. Apabila dalam sebulan memiliki omset penjualan hingga 100 buah atau total penjualan Rp 15.000.

 Product: Hadiah. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya pun bisa dinaikan dari standar harga normal Adapun rencana harga jual dari terarium ini adalah Rp. hotel.  Price: Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan tren yang berlaku. bazar.com . suvenir. 150. dan pasar swalayan.000 per unit  Promotion: Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. toko bunga. Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan situssitus e-business lainnya seperti: berniaga. dekorasi atau membuat penghijauan  Place: Kafe. gift shop. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-business. pesanan suvenir. rumah sakit. pameran. restoran.

Sesi Diskusi By Edelweis .