You are on page 1of 8

TUGAS PEMBANGKIT (PRINSIP KERJA MOTOR BAKAR SOLAR

)

OLEH: MUH IRFAN SYAUKI

PRODI TEKNIK LISTRIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI MALANG TAHUN 2012

KEUNTUNGAN a. Prosip kerja motor diesel adalah merubah energi kimia menjadi energi mekanis. Hal ini berarti bahwa kemungkinan kesulitan lebih kecil dari pada mesin bensin. KERUGIAN a. Momen pada mesin diesel tidak berubah pada jenjang tingkat kecepatan yang luas. Hal ini berarti bahwa untuk daya . Mesin diesel lebih tahan lama dan tidak memerlukan electric igniter. c. Pada umumnya dalam satu silinder motor diesel hanya memiliki satu torak. b. b. maka mesin diesel harus dibuat dari bahan yang tahan tekanan tinggi dan harus mempunyai struktur yang sangat kuat.Cara dan Prinsip Kerja Mesin Diesel (Motor Bakar) 1)Cara kerja mesin diesel (motor bakar) Motor diesel dikategorikan dalam motor bakar torak dan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) (simplenya biasanya disebut “mobor bakar” saja). Hal ini berarti bahwa mesin diesel lebih fleksibel dan lebih mudah dioperasikan dari pada mesin bensin (hal inilah sebabnya mesin diesel digunakan pada kendaraan-kendaraan yang besar).A. Pada motor diesel ruang bakarnya bisa terdiri dari satu atau lebih tergantung pada penggunaannya dan dalam satu silinder dapat terdiri dari satu atau dua torak. Hal ini bararti bahwa suara dan getaran mesin diesel lebih besar. Tekanan pembakarannya yang lebih tinggi. mesin diesel mempunyai efisiensi panas yang lebih besar. tekanan pembakaran meksimum hampir dua kali mesin bensin. Energi kimia di dapatkan melalui proses reakasi kimia (pembakaran) dari bahan bakar (solar) dan oksidiser (udara) di dalam silinder (ruang bakar). Hal ini berarti bahwa penggunaan bahan bakernya lebih ekonomis dari pada mesin bensin.

kuda yang sama. Tekanan pada proses ini dapat mencapai 600 psi. dan temperatur dapat mencapai ±500° C . d. Dan ini berarti bahwa barganya lebih mahal dan memerlukan pemeliharaan yang lebih cermat dibanding dengan mesin bensin. sehingga menebabkan udara dari atmosfir masuk ke silinder. 2) Prinsip Kerja Mesin Diesel (Motor Bakar) LANGKAH HISAP Pada langkah ini. c. Karena gerakan torak ini.maka tekanan di silinder turun(lebih rendah daripada tekanan atmosfir). torak bergerak dari TMA(titik mati atas) TMB(titik mati bawah). Langkah ini berlangsung sampai torak mencapai TMB. Mesin diesel memerlukan sistem injeksi bahan baker yang presisi. Pada langkah ini. torak bergerak dari TMB ke TMA yang mengakibatkan udara terkompresi di dalam silinder. semua katup tertutup. mesin diesel jauh lebih berat dari pada mesin bensin dan biaya pembuatannyapun menjadi lebih mahal. pada saat ini terjadi. katup masuk terbuka dan katup buang tertutup. mesin diesel memerlukan alat pemutar seperti motor starter dan baterai yang berkapasitas lebih besar. Mesin diesel mempunyai perbandingan kompresi yang lebih tinggi dan membutuhkan gaya yang lebih besar untuk memutarnya. sehingga tekanan dan temperaturnya naik. Oleh karena itu. → → LANGKAH KOMPRESI Langkah kompresi ini terjadi setelah langkah pemasukan selesai.

→ → LANGKAH PEMBUANGAN langkah pembuangan. Hasil pencampuran ini menyala dan membakar dengan cepat.→ Langkah Combustion Ketika udara dikompresi suhunya akan meningkat (seperti dinyatakan oleh Hukum Charles). Batang penghubung (connecting rod) menyalurkan gerakan ini ke crankshaft dan oleh crankshaft tenaga linear tadi diubah menjadi tenaga putar. Udara disedot ke dalam ruang bakar mesin diesel dan dikompresi oleh piston yang merapat. Tenaga putar pada ujung poros crankshaft dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. jauh lebih tinggi dari rasio kompresi dari mesin bensin. Penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar mulai dilakukan saat piston mendekati (sangat dekat) TMA untuk menghindari detonasi. katup pembuangan terbuka dan katup masuk . mendorong piston ke bawah dan menghasilkan tenaga linear. Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran mengembang dengan cepat. bahan bakar diesel disuntikkan ke ruang bakar dalam tekanan tinggi melalui nozzle supaya bercampur dengan udara panas yang bertekanan tinggi. Penyemprotan bahan bakar yang langsung ke ruang bakar di atas piston dinamakan injeksi langsung (direct injection) sedangkan penyemprotan bahan bakar kedalam ruang khusus yang berhubungan langsung dengan ruang bakar utama dimana piston berada dinamakan injeksi tidak langsung (indirect injection). dimana pada proses ini. Beberapa saat sebelum piston pada posisi Titik Mati Atas (TMA) atau BTDC (Before Top Dead Center). mesin diesel menggunakan sifat ini untuk proses pembakaran.

Kejadian ini berulang-ulang dan tenaga yang muncul pun dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan mobil. . dan siklus terulang dari awal. Pemampatan yang biasanya digunakan hingga mencapai kondisi ”terbakar” itu biasanya 18 hingga 25 kali dari volume ruangan normal. pada motor bensin pembakaran bahan bakar terjadi karena adanya loncatan api listrik yang dihasilkan oleh dua elektroda busi (spark plug). sedangkan pada motor diesel pembakaran terjadi karena kenaikan temperatur campuran udara dan bahan bakar akibat kompresi torak hingga mencapai temperatur nyala. Dalam hukum Fisika Thermodinamika terdapat salah satu hukum yang menyatakan : ”jika volume di kecilkan (di kompresi / di mampatkan) tekanan udara akan bertambah disertai dengan bertambahnya Temperatur”. Sementara suhunya bisa naik mencapai 500° C Cara kerjanya mudah. minyak solar yang sudah dicampur udara disemprotkan ke dalam ruangan yang telah ”mampat” dan bersuhu tinggi. Prinsip thermo dinamika Perbedaan antara motor diesel dan motor bensin yang nyata adalah terletak pada proses pembakaran bahan bakar. dibuat ”ruangan” sedemikian rupa sehigga pada ruang itu akan terjadi peningkata suhu hingga mencapai ”titik nyala” yang sanggup ”membakar” minyak bahan bakar. Pada mesin Diesel. dan sebagainya. → → B. sehingga dapat langsung membuat ”kabut solar” tadi meledak dan mendorong ”piston” yang kemudian akan menggerakkan poros-poros roda. singkatnya menjadi TENAGA. generator listrik. torak bergerak dari TMB ke TMA. katup buang tertutup dan katup masuk terbuka. Saat torak mencapai TMA.tertutup. sehingga gas sisa pembakaran yang tidak dimanfaatkan lagi terdorong keluar melalui kaup buang tersebut. Sementara. Karena prinsip penyalaan bahan bakarnya akibat tekanan maka motor diesel juga disebut compression ignition engine sedangkan motor bensin disebut spark ignition engine.

jumlah udar atau campuran bahan bakar dengan udara yang bisa dimasukkan menjadi lebih besar daripada dengan proses penghisapan biasa.Peningkatan daya dan efisiensi mesin Untuk meningkatkan kemampuan mesin diesel. Sedangkan temperatur udara outlet dari turbocharger mencapai 120° C. sedangkan turbin turbo diputar oleh gas buang mesin tersebut. Selain itu. dapat bekerja lebih efisien. gas pembuangan pun akan lebih bersih. umumnya ditambahkan komponen : 1. Oleh karena itu. Dengan turbo. dimana mesin tersebut mulai nyala hingga putaran tinggi. temperatur udara yang sangat tinggi ini sudah . 2.) INTERCOOLER Merupakan alat yang berfungsi untuk melepas kalor. Mesin diesel yang menggunakan turbo. Biasanya dipakai untuk mendinginkan udara keluaran dari turbo/super charger. karena dapat mempersingkat periode persiapan pembakaran.) TURBOCHARGER/SUPERCHARGER Adalah suatu alat yang berfungsi menaikkan tekanan hisap suatu motor bakar agar tekanan hisapnya lebih kuat daripada tekanan udara atmosfir sekitarnya. Jadi super/turbo charger ini bekerja mulai putaran bawah. Hal ini diperoleh dengan cara memaksa udara masuk ke dalam silinder selama langkah hisap dengan menggunakan alat pompa udara yang disebut supercharger atau turbocharger.C. akibat pemberian tekananpada inlet manifol sehingga pembakaran jadii lebih baik. Temperatur udara keluaran dari supercharger sekitar 40-70° C lalu didinginkan dengan intercooler. tergantung dari tekanan (boost) yang dihasilkan. Turbin super charger dicouple oleh putaran mesin.

untuk meningkatkan daya dan efisiensi motor. yang mengontrol suplai bahan bakar agar putaran mesin selalu para putaran yang diinginkan. sedangkan apabila putaran mesin terlalu tinggi maka bisa mengakibatkan over voltage yang bisa merusak peralatan listrik. Karena hal tersebut. Untuk aplikasi generator listrik. komponen penting dari mesin diesel adalah governor. Gambar diatas adalah gambar skema kerja turbo charger dan intercooler. sehingga menyebabkan kemampuan untuk kerja motor menurun. Dalam cuaca yang sangat dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik kecil yang disebut busi menyala (spark/glow plug) di dalam silinder untuk memanaskan ruang bakar sebelum penyalaan mesin. Mesin diesel sulit untuk hidup pada saat mesin dalam kondisi dingin. Setelah mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan efektif memanaskan mesin. Ini dapat mempengaruhi sistem bahan bakar dari tanki sampai nozzle. Apabila putaran mesin turun terlalu banyak kualitas listrik yang dikeluarkan akan menurun sehingga peralatan listrik tidak dapat berkerja sebagaimana mestinya. Lainnya menggunakan pemanas “resistive grid” dalam “intake manifold” untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu operasi. membuat penyalaan mesin dalam cuaca dingin menjadi sulit.pasti mempunyai kerapatan yang sangat rendah. selain menambah volume udara yang masuk ke silinder. Cara umum yang dipakai adalah untuk memanaskan penyaring bahan bakar dan jalur bahan bakar secara elektronik. kita juga harus meningkatkan tingkat kerapatan udara nya. bahan bakar diesel mengental dan meningkatkan viscositas dan membentuk kristal lilin atau gel. sehingga pembakaran yang terjadi didalam silinder kekurangan oksigen. Mesin diesel modern menggunakan pengontrolan elektronik canggih .

mencapai tujuan ini melalui elektronik kontrol modul (ECM) atau elektronik kontrol unit (ECU) – yang merupakan “komputer” dalam mesin. dia mengontrol jumlah bahan bakar dan waktu melalui aktuator elektronik atau hidrolik untuk mengatur kecepatan mesin. ECM/ECU menerima sinyal kecepatan mesin melalui sensor dan menggunakan algoritma dan mencari tabel kalibrasi yang disimpan dalam ECM/ECU. .