You are on page 1of 11

ETIKA PROFESI IT

O Dede Sumardiyanto O Sherly Lia Novita

:12120326 :

12120270 O Sulton Abdul Aziz : 12121547 O Angga Pratama Putra : 12121890 O Irman Syahrial : 12121517

PENDAHULUAN  Latar belakang  Tujuan Penulisan  Pemenuhan tugas mata kuliah Etika Profesi Teknologi Informasi & Komunikasi  Mengetahui dan memahami pentingnya ETIPRO dalam IT  Menangetahui Bagaimana perkembangan ETIPRO dalam IT  Mengetahui Akibat yang terjadi apabila tidak ada ETIPRO dalam IT  Tehnik Pengumpulan Data  Studi Kepustakaan  Ebook Pada Internet  Batasan Masalah  Sangat Diperlukannya Etika Profesi dalam bidang IT. untuk membedakan baik dan buruk atau bertanggung jawab atau tidak para perilaku tokoh IT .

adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesama dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Etika Umum kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia bertindak secara etis Etika Khusus prisip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus 1.sikap dan pola perilaku manusia sebagai anggota umat manusia.ETIKA Berasal dari kata ethos (bahasa Yunani) yaitu aturan perilaku. . 2. Etika Individual : menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri Etika Sosial : kewajiban.

Profesi Pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dengan mengandalkan suatu keahlian   Mengandalkan suatu ketrampilan atau keahlian khusus Dilaksanakan sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan utama  Dilaksanakan sebagai sumber utama nafkah hidup  Dilaksanakan dengan keterlibatan pribadi yang mendalam .

Profesional Orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi  Orang yang tahu akan keahlian dan ketrampilannya  Meluangkan seluruh waktunya untuk pekerjaan atau kegiatannya itu  Hidup dari situ & Bangga akan pekerjaannya .

Tujuan diterapkannya Kode Etik Profesi :  Menjunjung tinggi martabat profesi  Melindungi pihak yang menjadi layanan profesi dari perbuatan mal-praktik.tingkah laku dan perbuatan dalam melaksanakan tugas dan dalam kehidupan sehari-hari.  Meningkatkan kualitas profesi & Menjaga status profesi  Menegakkan ikatan antara tenaga professional dengan profesi yang disandangnya.Kode Etik profesi Sikap. .

mem proses.menyimpan.mengumumkan.menyiapkan.menganalisis dan atau menyebarkan informasi .Informasi Teknologi IT Menurut Undang-undang informasi dan Transaksi Elektronik IT : Suatu Teknik untuk mengumpulkan.

Berkecimpung dalam operasional system informasi  EDP Operator. System Administrator. Web Designer. Programer. Web Programer.Secara umum ada 4 kelompok pekerjaan didalam IT 1. Mis Director 4.  Technical Engineer. 2. Networking 3. Bergelut di dunia perangkat lunak (software)  Sistem Analis. Bergelut dibidang perangkat keras (hardware). Berkecimpung dalam pengembangan bisnis teknologi informasi .

Pembahasan Pelangaran ETIPRO IT :  Tidak berjalannya control dan pengawasan dari masyarakat  Organisasi profesi tidak dilengkapi dengan sarana dan mekanisme bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan  Rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai subtansi kode etik profesi  Belum terbentuknya kultur dan kesadaran dari para pengemban profesi IT untuk menjaga martabat luhur profesinya  Tidak adanya kesadaran etis dan moral diantara para pengemban profesi IT .

Contoh pelanggaran ETIPRO IT .

Etika membantu manusia untuk mengambil keputusan secara tepat dalam menjalani hidup ini. karena etika akan memberikan semacam batasan maupun standar yang akan mengatur pergaulan manusia di dalam kelompok sosialnya.Kesimpulan Etika profesi dalam bidang Teknologi Informasi sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan etika profesi dalam bidang Teknologi Informasi dapat mencegah terjadinya kejahatan dalam dunia IT . Etika dalam perkembangannya sangat mempengaruhi manusia.