You are on page 1of 3

MANGGIS Di Indonesia, hingga saat ini buah manggis telah di ekspor ke negara Taiwan, Hongkong, Singapura, Malaysia, Jepang

, elanda, dan Arab Saudi! Sebagai komoditas buah ekspor, kualitas buah men"adi #aktor yang sangat penting! $riteria persyaratan manggis untuk ekspor adalah tidak burik, segar, warna sepal hi"au segar, "umlah sepal lengkap %dengan toleransi hilang maksimal satu&, kulit buah berwarna hi"au keunguan sampai merah ungu, tangkai buah berwarna hi"au segar dan kulit buah mulus dan tidak terdapat 'a'at %Dit"en ina (roduksi Hortikultura, )**+&! Tanaman manggis di Indonesia sebagian besar merupakan warisan leluhur yang telah berumur puluhan tahun dan umumnya kurang terpelihara sehingga produkti,itasnya rendah! (ertumbuhan dan produkti,itas tanaman manggis sangat bergantung pada teknik penanaman dan pemeliharaan! -ilayah andalan manggis di Indonesia salah satunya berada di Jawa arat! Di Desa o"ongkembar, $e'amatan .ikembar, $abupaten Sukabumi permasalahan manggis di tingkat petani adalah masalah produksi dan kualitas buah! Masalah pada kualitas buah adanya getah kuning, burik, dan ukuran buah %si/e& yang ke'il, sehingga menurunkan persentase buah kualitas ekspor! Implementasi ino,asi teknologi dilaksanakan di lokasi (rima Tani Desa o"ongkembar, $e'amatan .ikembar, $abupaten Sukabumi pada ketinggian tempat sekitar +** mdpl, dimulai pada ulan 0ktober )**1 sampai April )**2! (enerapan teknologi dilakukan di kebun manggis milik petani, dengan umur tanaman antara 345)* tahun! Ino,asi teknologi yang diterapkan untuk meningkatkan kualitas buah manggis meliputi6 3! (emupukan (emupukan diberikan dua kali setahun yaitu pada awal musim hu"an dan akhir masa panen! (upuk yang diberikan terdiri adalah pupuk organik! (upuk organik %pupuk kandang domba& diberikan sebanyak 7 3** kg8pohon! (upuk diberikan dalam larikan sedalam 3*5)* 'm, melingkari batang dan tepat di bawah tepi ta"uk, lalu ditutup tanah dan langsung disiram sehingga 'ukup basah %lembab&! )! Irigasi tetes Implementasi irigasi tetes dilakukan pada saat tanaman men"elang berbunga hingga perkembangan buah! Teknis irigasi tetes dibuat se'ara sederhana menggunakan bambu yang dilubangi pada bagian bawahnya dengan paku, kemudian bambu diletakkan di sekeliling tanaman! ambu diletakkan dengan "arak 3,4 m dari batang tanaman! ambu diisi air dengan selang waktu ) hari sekali! 9olume air sebanyak 4* liter8pohon!

dan tanpa pupuk . sedangkan kualitas S sebesar ?*> %Tabel )&! (ada tanaman manggis yang menerapkan teknik pemupukan dan irigasi tetes %A& rata5rata hasil buah dengan kualitas super sebanyak 3).+ kg8pohon! (enerapan teknologi pemupukan dan irigasi tetes pada tanaman manggis berpengaruh terhadap kualitas buah manggis yang dihasilkan terutama menurunkan persentase buah yang mengalami getah kuning! (ersentase rata5rata perolehan buah manggis dengan kualitas super yaitu +* >.& sebesar *. pemupukan sa"a % &.ikembar.4 kg8pohon %+=.= kg dari sebelas kali panen! Sedangkan rata5rata hasil8pohon yang diperoleh dari tanaman manggis yang hanya menerapkan pemupukan sa"a dan tanpa menerapkan teknik pemupukan .+ >&! Sementara tanaman manggis yang hanya menerapkan pemupukan % & diperoleh hasil buah dengan kualitas super sebesar 1. $e'amatan . yaitu rata5rata hasil8pohon yang diperoleh sebesar )2. tanaman manggis yang diberi perlakuan teknik irigasi dan pemupukan memiliki waktu mun'ulnya bunga lebih 'epat 7 ) minggu dibandingkan tanaman manggis yang ada di sekitar kebun yang tidak menerapkan teknologi pemupukan dan irigasi! uah manggis dipanen pada umur 7 3*+ hari setelah bunga mekar! (anen pertama dilakukan pada awal ulan Maret )**2! :ata5rata umur tanaman yang diamati pada masing5masing perlakuan pemupukan . irigasi berkisar antara 345)* tahun! (anen dilakukan se'ara bertahap dengan selang waktu satu hari atau panen dilakukan dua hari sekali! Tabel )! :ata5rata <amanya M asa (anen dan Hasil Manggis di Desa .2 *. masing5masing yaitu 31.+ Dari Tabel 3 diatas diketahui bahwa ter"adi perbedaan rata5rata hasil buah per pohon. $abupaten Suk1abumi.&! Tanaman manggis yang menerapkan teknik pemupukan dan irigasi tetes lebih tinggi dibandingkan dua perlakuan lainnya. A 33 )) 44 )2.= 31. irigasi %A&. irigasi. sedangkan tanpa perlakuan pupuk dan irigasi %. dan tanpa pupuk .2 kg8pohon dan *. irigasi %. irigasi diperoleh hasil yang lebih rendah.3+ kg8pohon %+* >&! . )**15)**2! :ata5rata <amanya (anen :ata5rata Hasil No! (erlakuan %kali8pohon& %kg8pohon& 3! )! =! . dimana tanaman manggis yang diberi perlakukan pemupukan .ikembar.(emupukan dibarengi dengan pengairan dilakukan men"elang tanaman mulai berbunga yang ditandai dari penuaan pu'uk daun paling u"ung dan pembelahan pada batang pada bagian pu'uk! Menurut hasil pengamatan di lapangan. pemupukan tanpa irigasi.3 kg8pohon %+* >&.

+ +*.3+ +=. )*3= .2 3*.* +*.* Sumber online6 alai (engka"ian Teknologi (ertanian Jawa arat. A 3).* 34.)3 4?. )*33 %http688"abar!litbang!deptan!go!id8ind8inde@!php8in#o5teknologi83+5alsin8?+5manggis5gar'inia5 mangostana5l5& diakses September )4. rata5rata hasil buah manggis dengan kualitas super sebesar 3*534 > dari total panen! Artinya melalui penerapan ino.ikembar.4 1.3 *.2 ?*.1 *.(adahal pada musim panen tahun )**?8)**1. $e'amatan .ikembar. $abupaten Sukabumi.* ?*.asi teknologi irigasi tetes pada musim panen )**18)**2 ter"adi peningkatan buah kualitas super men"adi +*5+=> %meningkat )25=* >&! Tabel )! :ata5rata $ualitas Hasil uah Manggis di Desa . )**15)**2 %per (ohon& :ata5rata :ata5rata No! (erlakuan kualitas super > Super > S kualitas S %kg& %kg& 3! )! =! .