You are on page 1of 10

KUMPULAN SOAL METABOLISME

A. Pilihan Ganda 1. Perhatikan pernyataan berikut: 1) Penamaan protein, lemak, dan karbohidrat 2) Pengangkutan sari-sari makanan oleh lemak 3) Respirasi sel 4) Pengangkutan hormon oleh darah 5) fotosintesis pada tumbuhan Contoh dari metabolisme adalah …. a. 1, 2, dan 3 d. 2, 4, dan 5 b. 1, 3, dan 4 e. 2, 3, dan 4 c. 1, 3, dan 5 2. Seluruh reaksi yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup menggunakan sumber energi berupa …. a. ATP d. lemak b. enzim e. protein c. glukosa 3. Tahapan katabolisme glukosa atau respirasi sel adalah …. a. glikolisis, transpor elektron, dan siklus Krebs b. transfer elektron, glikolisis, dan siklus Krebs c. glikolisis, siklus Krebs, dan transpor elektron d. siklus Krebs, glikolisis, dan transpor elektron e. siklus Krebs, transpor elektron, dan glikolisis 4. Hasil dari peristiwa glikolisis adalah …. a. 2 ADP, 2 NAD, dan 2 glukosa b. 2 ATP, 2 NADH, dan 2 asam piruvat c. 2 ADP, 2 NADH, dan 2 asam piruvat d. 2 ATP, 2 NAD, dan 2 asam piruvat e. 2 ATP, 2 NAD, dan 2 glukosa 5. Siklus Krebs menghasilkan molekul-molekul …. a. H2O, NADH, dan FADH b. CO2, NAD, dan FAD c. H2O, NAD, dan FAD d. CO2, NADH, dan FADH e. CO2, NADH, dan FAD 6. Katabolisme karbohidrat mengalami beberapa tahap, di antaranya transfer elektron yang terjadi di dalam …. a. ribosom d. badan golgi b. sitoplasma e. lisosom c. mitokondria 7. Dalam peristiwa anabolisme karbohidrat di antaranya terjadi siklus elektron yang menghasilkan …. a. NADH d. glukosa b. O2 e. H2O c. FADH2

B dan A c. tahan panas c. Perhatikan grafik pengaruh enzim terhadap energi aktivasi …. asam laktat c. a. asetil koA b. B dan C e. menurunkan laju reaksi e. C dan E b. selektif d. Berdasarkan grafik tersebut. Inhibitor non kompetitif dan inhibitor kompetitif ditunjukkan oleh huruf …. C dan E 12. tidak berpengaruh terhadap reaksi 10. ATP d. Berikut ini beberapa sifat enzim. Hal ini terjadi karena terjadi penimbunan hasil glukosa. A dan E d. 11. perhatikan gambar berikut. B dan D b. menurunkan energi aktivasi tanpa ikut bereaksi c. biokatalisator b. efisien e. D dan E c. A dan B d. kecuali…. asam piruvat 9. C dan D e. pengaruh enzim adalah …. meningkatkan energi aktivasi b. C dan D . Seseorang yang telah bekerja berat akan merasa lelah. NADH e. menurunkan energi aktivasi dengan ikut bereaksi d.8. bekerja bolak-balik Untuk menjawab soal nomor 11–12. a. yaitu …. a. Enzim ditunjukkan oleh huruf …. a. a.

a. nitrat yang dihasilkan digunakan untuk membentuk protein e. glikolisis c. fosfogliseraldehid (PGAL) d. karbohidrat d. maka setelah melalui transfer elektron dihasilkan …. Proses kemosintesis yang dilakukan oleh bakteri nitrifikasi mempunyai ciri sebagai berikut. membran tilakoid d. stroma e. fotolisis air d. protein e. Dalam satuan berat yang sama. Tempat berlangsungnya reaksi terang fotosintesis adalah …. membutuhkan senyawa anorganik d. berlangsung secara aerob c. pengikatan karbondioksida 18. heterotrof d. Pada saat pembuatan tape terjadi proses fermentasi yang menghasilkan alkohol setelah peristiwa … a. krista b. matriks 16. transfer elektron b. a. a. 11 ATP d. Di bawah ini ciri reaksi terang fotosintesis. a. NADPH 19. 36 ATP c. kemoautotrof b. Dalam peristiwa siklus Calvin-Benson terjadi pengikatan CO2 oleh senyawa …. a. 28 ATP 17. a. parasitis c. dekarboksilasi oksidatif e. ruang dalam kloroplas c.. membutuhkan tanah gembur b. a. bahan makanan yang menghasilkan energi tertinggi melalui katabolisme adalah …. siklus Calvin-Benson 14. asam fosfogliserat (PGA) b. membutuhkan cahaya e. Jika dalam satu siklus Krebs dihasilkan 3 NADH dan 1 FADH2. lemak 15.13. berlangsung secara anaerob . ATP e. kecuali …. siklus krebs d. vitamin b. 32 ATP b. kecuali …. 24 ATP e. ribulosa bifosfat (RuBP) c. fotoautotrof e. kemoheterotrof 20. dihasilkan ATP dan NADPH2 c. mineral c. penyerapan energi cahaya untuk diubah menjadi energi kimia b. Kelompok makhluk hidup yang mampu menggunakan reaksi kimia anorganik sebagai sumber energi adalah ….

Oleh enzim. maltase. Contoh enzim dan hasil kerjanya yang berperan dalam metabolisme sel adalah …. pembentukan glukosa 25. 1 dan 3 b. Nikotiamin Adenin Dinukleotida Phospat ( NADP ) d. a. karbohidrat. Apa yang dimaksud dengan katabolisme dan metabolisme? 28. Enzim merupakan biokatalisator pada proses – proses metabolisme dalam tubuh makhluk hidup . Nikotiamin Adenin Dinukleotida ( NAD ) c. Asam phospoenolpiruvat (PEP) e. dan protein. 2 dan 3 d. Hanya bekerja pada substrat tertentu yang sesuai e. katalase. Oksiasi piruvat d. Karena itu enzim mempunyai sifat – sifat berikut. protease. menguraikan lemak e. pembentukan protein d. segala proses kimia berjalan cepat dan memerlukan sedikit energi 24. Etanol 23. Soal Uraian 26. Pada fotosintesis non siklik terjadi pemecahan molekul air yang membebaskan oksigen dan hydrogen yang diikat oleh molekul akseptor. Koenzim A b. konsentrasinya ditentukan oleh molekul air 3. pembentukan maltosa b. glukase. Beberapa ciri zat adalah sebagai berikut : 1. 1 dan 4 c. bekerja secara spesifik 4. Jelaskan tahap-tahap dalam fotosintesis. Jelaskan keterkaitan antara metabolisme lemak. a. memperlambat suatu reaksi 5. Ribulose diphospat (RDP) 22. lipase. Jelaskan tahap-tahap dalam respirasi aerob. Asetil Koenzim A c. Flavin Adenin Dinukleotida ( FAD ) b. menguraikan peroksida air c. Sebelum siklus asam sitrat. rusak bila suhu terlalu tinggi Ciri khas enzim adalah …. . 30. 3 dan 5 e. Banyak dihasilkan organel mitokondria d. asam piruvat yang diproduksi pada glikolisis pertama sekali dikonversi menjadi : a. Berikut ini manakahyang merupakan akseptor hydrogen ? a. Sitrat e. 27. Sifatnya sama dengan sifat protein pada umumnya b. Bekerja baik ekstra maupun intraseluler c.21. Jelaskan fungsi enzim dan teori mengenai cara kerja enzim. 4 dan 5 B. berperan sebagai pelarut 2. kecuali… a. 29.

d 7. E 9. Terdapat dua teori yang menjelaskan cara kerja enzim. 5. Dari seluruh reaksi respirasi aerob dihasilkan 38 ATP. Substrat memasuki enzim. a 5. NADH dan FADH2 dari tahap glikolisis dan siklus Krebs memasuki tahap transpor elektron untuk dihasilkan molekul ATP. seperti kelebihan karbohidrat. kemudian substrat diubah menjadi produk dan dilepaskan. b 19. kerja enzim mirip mekanisme kunci dan anak kunci. Respirasi aerob terjadi melalui tahap glikolisis. Enzim berfungsi sebagai biokatalisator. d 15. D B. Pilihan Ganda 1. Jika tubuh kelebihan salah satu molekul.Kunci Jawaban A. B 23. menurunkan energi aktivasi suatu reaksi. Berdasarkan teori induced fit. a 13. A 25. Depi siti nurjanah Xii alam 4 . siklus Krebs. dan transport elektron. Molekul enzim kembali ke bentuk semula setelah produk dihasilkan. A 21. c 11. molekul berlebih tersebut dapat dibentuk menjadi protein atau lemak. Soal Uraian 1. molekul glukosa diubah menjadi asam piruvat. Berdasarkan teori lock and key. e 17. molekul protein dan lemak juga dapat digunakan sebagai sumber energi. Hal tersebut meningkatkan kecocokan dan mendorong komplek enzim-substrat lebih reaktif. Kemudian asam piruvat diubah menjadi asatil KoA dan memasuki siklus Krebs. 3. yaitu teori lock and key dan teori induced fit. enzim melakukan penyesuaian bentuk untuk berikatan dengan substrat. Pada tahap glikolisis. Selain karbohidrat. c 3.

. Kromosom dapat terlihat pada . sel yang sedang istirahat d. nukleus d. a. Polipeptida 9. sel mati b. gen adalah bagian yang mengontrol pigmen rambut 5. dan 5 6. a. RNA duta d. gen dalam nukleus bertugas mengendalikan kegiatan seluler tubuh b.. RNA yang berperan dalam mengikat asam-asam amino dan mengangkutnya ke ribosom adalah . plastida e. replikasi b. cenderung lebih dekat ke satu sisi lengan e.. monosakarida b. RNA ribosom 7.. 4 e.... Induksi 8. a. natrium 5.. a. a.KUMPULAN SOAL HEREDITAS 1. RNA inti b. protein hasil aktivitas gen bukan merupakan komponen enzim e.. tepat di tengah kromosom d.. RNA biasa c.. Metasentrik adalah kromosom yang sentromernya terletak di ... 1. a.. sel yang sedang membelah e. sitoplasma c. tepat di ujung kromosom b. 1.. duplikasi c. sel sehat c. 3 dan 5 4. gen mempengaruhi pembuatan protein dalam sel d.. Proses penerjemahan kode oleh RNA transfer ke dalam deretan asam amino yang dikehendaki disebut . produk dari aktivitas gen dapat menembus membran inti c. a. basa nitrogen d. Pernyataan berikut yang salah adalah . 2. RNA transfer e.. 1 dan 2 b. a.. Transkripsi terjadi di . lokus d.. monopeptida d.. retikulum . zat besi Komponen DNA meliputi ... asam fosfat 3. gugus gula 2. dan 3 c... translasi e. transkripsi d. sentromer 4. Gen terletak di suatu tempat yang disebut . Perhatikan hal berikut. 2. sel yang sedang tumbuh 2. 1. mendekat ke ujung kromosom 3.. a. sekeliling kromosom c. polisakarida c. Suatu rantai asam amino yang panjang dinamakan ... retikulum b. diplopeptida e.

Sel anak yang dihasilkan dari pembelahan meiosis adalah sebanyak . Tiga 16. B. Galileo c. Saat profase terjadi . dua bunga yang memiliki dua sifat beda c. transkripsi d. replikasi b. Berikut ini genotipe yang homozigote adalah . Sentriol 14. Orang yang berperan dalam teori pewarisan sifat ialah . Mitokondria 12. lima c. dua tanaman yang memiliki dua sifat beda b. dua e... pemindahan inti b. Franklin 17. a. Pembelahan sel pada organisme eukariotik terjadi .... mikrotubul d. empat b. kromosom menjadi benang-benang kromatin c. A. Proses penerjemahan kode oleh RNA transfer ke dalam deretan asam amino yang dikehendaki disebut . Selama mitosis pergerakan dan distribusi kromosom diatur oleh . Mendel e. Mendel d. satu tanaman yang memiliki satu sifat beda e... ribosom 10. Mm b. DNA yang tidak mengalami pembelahan berada dalam sekumpulan massa benang tipis disebut. satu d. benang-benang kromatin menjadi kromosom b. a.. PL c. Sitoplasma e. benang kumparan e. kromatin b... G. a.. I. pembelahan inti dan pembelahan sitoplasma d. penghancuran inti 13. kromonema d.. satu tanaman yang memiliki dua sifat beda d. kromatid menjadi kromosom e... translasi e. buah a. a. a. Persilangan monohibrid merupakan persilangan antara . duplikasi c. a. Induksi 11.. membran sel c.b. a. Pl . sentromer c. kromosom menjadi kromatid d..J. Mn e. pengeluaran sitoplasma dari sel c..... Newton b... a. dua tanaman yang memiliki satu sifat beda 18. kromosom e.. pp d. pembentukan inti e. kromatid c... mikrotubul dan benang kumparan b. kromosom belum menggganda 15..

a.19. untuk mengetahui galur murni b. a... tujuan dilakukannya test cross adalah . induk yang berbeda d. untuk melihat sifat resesif e.. induk dengan F1 e.. F1 dengan F1 b. untuk percobaan/penelitian c. F1 dengan F2 c. Back cross adalah persilangan antara . untuk melihat sifat dominan .. untuk mengetahui kualitas induk d. induk jantan dengan betina 20..

dan basa nitrogen (purin dan pirimidin). B Translasi merupakan proses lanjutan dari transkripsi. Jumlah molekul sebanyak lebih dari 50 merupakan rantai yang sangat panjang. C Peptida merupakan molekul yang terbentuk dari dua atau lebih asam amino. Setiap nukeotida tersusun atas gugus fosfat. B tRNA adalah molekul adaptor yang membaca urutan nukleotida pada mRNA dan mengubahnya menjadi asam amino. Pada tahap ini inti sel . transkripsi terjadi di inti sel. D Enzim mengandung molekul protein dan nonprotein. Pada tahap ini. 9. B Translasi terjadi setelah adanya transkripsi (pencetakan mRNA) di inti sel. molekul proteinnya disuplai dari sintesis protein yang dikendalikan oleh gen dalam inti sel. 2. E DNA memiliki kepanjangan Deoksiribo-nucleic Acid. Jika jumlah asam amino masih di bawah 50 molekul disebut peptida. D Mikrotubul dan benang kumparan membentuk benang gelendong yang mampu mengikat sentromer sehingga pergerakan kromosom dapat dikendalikan. A Profase merupakan tahap awal pembelahan baik mitosis maupun meiosis. Oleh karena itu. Adapun apabila inti sel akan membelah maka kromatin akan menebal membentuk kromosom. Penyusunan ini bergantung pada urutan mRNA yang diterjemahkan oleh tRNA yang membawakan asam amino sesuai permintaan kode mRNA. Setiap enzim dalam sel. Kromatin dijumpai di dalam inti sel yang tidak sedang membelah. 10. 12. 11. DNA merupakan 2 untai polinukleotida yang berpilin dan disebut double helix. gula deoksiribosa. Translasi dimulai setelah mRNA datang di ribosom dan bertemu tRNA untuk diterjemahkan kodenya menjadi asam amino. Dalam translasi terjadi penyusunan rantai asam amino menjadi polipeptida (protein). A Transkripsi merupakan proses pencetakan mRNA dari untai DNA. C Di sepanjang kromosom terdapat lokus sebagai tempat terdapatnya gen-gen yang mengandung informasi genetik. Untai DNA terletak di dalam inti sel. A Pada saat mitosis dan meiosis terutama pada telofase. D Kromatin adalah bentuk awal kromosom yang masih berupa benang tipis DNA. yaitu pembelahan inti sel ditunjukkan dengan terpisahnya kromosom-kromosom setelah berjajar di bidang ekuator pembelahan. 4. 7. D Pada saat sel akan membelah. 14.KUNCI JAWABAN 1. 6. Dengan pembentukan kromosom akibat penebalan kromatin inilah kromosom dapat terlihat. 8. Sitokinesis telah didahului dengan kariokinesis. sentromer terletak tepat di tenag kromosom atau diapit oleh 2 lengan/kromatid yang sama panjang. Asam amino ini diperoleh tRNA dari sitoplasma yang diangkut ke ribosom. maka didahului tahap profase. kromosom terbentuk dari penebalan benang kromatin. sitoplasma ikut membelah dan peristiwa ini disebut sitokinesis. A Pada metasentrik. namun jika lebih dari 50 molekul disebut dengan polipeptida atau protein. seperti berjajar di bidang ekuator dan ditarik menuju kutub. 3. 5. 13.

dia membuat hukum Mendel I berbunyi. D Pembelahan sel dapat dibedakan menjadi 2 macam. A Mendel pernah melakukan penelitian untuk mengetahui penurunan sifat dari induk kepada keturunannya dengan menggunakan tanaman kacang ercis. C Genotip homozigot ditandai dengan kode huruf sama. baik induk homozigot dominan maupin resesif. berarti induknya bergenotipe kk. misalnya huruf kapital semua untuk homozigot dominan atau huruf kecil semua untuk homozigot resesif. Adapun meiosis terjadi pada sel kelamin dan menghasilkan 4 sel anakan dengan jumlah kromosom separuh jumlah kromosom induk.” Inilah yang membuat ahli biologi yang lain mengikuti jejaknya dalam teori pewarisan sifat. Mitosis terjadi pada sel tubuh dan menghasilkan dua sel anakan dengan jumlah kromosom sama dengan induk. dan hibrid yang berarti sifat beda yang diturunkan/diwariskan 18.mulai melebur dan benang-benang kromatin mulai menebal menjadi kromosom 15. A Testcross adalah mengawinkan suatu individu hasil persilangan dengan salah satu induknya yang homozigot resesif. maka kesimpulannya individu yang diuji heterozigot bukan homozigot (galur murni). D Backcross adalah mengawinkan F1 dengan salah satu induknya (P). Tetapi apabila hasil uji silang 100% berfenotipe sama. 19. a)Backcross : ♀ F1 (kuning) >< ♂ induk (?) Kk ? Gamet : K k k k Hasil : Kk (kuning) kk (putih) Karena hasilnya kuning : putih = 1:1. berarti induknya bergenotipe KK. 20. mitosis dan meiosis. Tujuannya adalah untuk mengetahui genotipe induknya. E Monohibrid berasal dari kata mono yang berarti satu. Uji silang ini bertujuan untuk mengetahui apakah individu yang diuji tersebut homozigot (galur murni) atau heterozigot. Lalu. “peristiwa pembentukan sel gamet dua gen yang berpasangan akan diturunkan secara bebas pada keturunannya melalui gamet. maka individu tersebut homozigot. Apabila hasil uji silang menunjukkan perbandingan fenotipe keturunannya memisah. Depi siti nurjanah Xii alam 4 . 16. Biasanya genotipe induk belum diketahui dan baru dapat diketahui setelah diadakan backcross. 17. pp termasuk homozigot resesif. b) Backcross : ♀ F1 (kuning) >< ♂ induk (?) Kk ? Gamet : K K k K Hasil : KK (kuning) Kk (kuning) Karena hasilnya kuning semua.