You are on page 1of 4

Nama : Lia Nurhasanah Kelas : XII TKJ 1

Aplikasi gelombang elektromagnetik di berbagai bidang
APLIKASI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DI BERBAGAI BIDANG A. Menjelaskan Aplikasi Gelombang Elektromagnetik Dalam Bidang Komunikasi. Transmisi informasi yang cepat jarak jauh dan akses mudah ke informasi telah menjadi fitur penting dari dunia modern. Fisika dan Fisikawan telah berada di garis depan revolusi teknologi ini. beberapa contoh aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang komunikasi yaitu sebagai berikut : • Penggunaan telepon. Telepon merupakan salah satu alat yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai media perantara atau penghubungnya. Ketika kita menggunakan telepon tetap biasa, gelombang suara menyebabkan diafragma bergetar dalam medan magnet. Getaran ini dikonversi menjadi impuls listrik dan ditransmisikan sepanjang kawat untuk penerima. Dalam penerima impuls listrik menghasilkan variasi dalam medan magnet yang menyebabkan diafragma bergetar dan mereproduksi suara asli. Energy telah berubah dari suara ke mekanik untuk listrik dan kemudian kembali lagi dari listrik ke mekanik terhadap suara. Ketika kita menggunakan telepon seluler, energi suara diubah menjadi energi elektromagnetik (gelombang mikro - frekuensi radio gelombang tinggi) dan ditransfer dari sumber ke penerima melalui pemancar radio. • Radio merupakan salah satu alat komunikasi yang populer. Alat ini bekerja karena adanya gelombang radio. Gelombang radio dapat dideteksi oleh kombinasi (i) udara untuk menerima gelombang elektromagnetik dan mengubahnya menjadi osilasi listrik dan (ii) dioda dalam sirkuit elektronik tepat didengarkan di penerima yang menghasilkan sinyal audio-frekuensi. Gelombang radio banyak digunakan dalam bidang komunikasi. Gelombang radio dapat mencapai tempat-tempat yang jauh karena gelombang ini mudah dipantulkan oleh partikel bermuatan yang berada di lapisan atosfer bumi (ionosfer). Oleh karena itu gelombang ini digunakan untuk membawa informasi baik dalam bentuk modulasi amplitudo (AM) maupun modulasi frekuensi (FM). • Pesawat televisi. gelombang televisi memiliki frekuensi lebih tinggi daripada gelombang radio, gelombang televisi merambat lurus sehingga tidak dapat dipantulkan oleh lapisanlapisan atmosfer bumi. Untuk menangkap siaran televisi dari stasiun pemancar di Jakarta, misalnya di wilayah Bukit Tinggi dibangun sebuah stasiun penghubung (relay) yang letaknya di puncak Gunung Merapi dan untuk wilayah Medan dibangun di daerah Bandar Baru. 3 Untuk daerah yang lebih jauh lagi, misalnya untuk Indonesia bagian timur, diperlukan sebuah satelit sebagai stasiun penghubung. Demikian pula jika ingin melihat siaran langsung dari luar negeri, diperlukan satelit yang bertindak sebagai stasiun penghubung. B. Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang Kesehatan.

Sinar gamma termasuk gelombang elektromagnetik yang mempunyai frekuensi antaraSinar gamma merupakan hasil reaksi yang terjadi dalam inti atom yang tidak stabil. Aplikasi sinar gamma dalam bidang kesehatan adalah untuk mengobati pasien yang menderita penyakit kanker atau tumor. yaitu dengan radiasi ultraviolet yang diserap akan menghancurkan mikroorganisme seperti hasil reaksi karena ionosasi dan dissosiasi molekul. C. Sinar gamma mempunyai daya tembus yang paling kuat dibanding Gelombang gelombang yang masuk dalam kelompok gelombang elektromagnetik. • Sinar gamma. inframerah dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada rematik dan menghangatkan permukaan kulit. dan bagian tubuh lainnya. • practoscope untuk mengamati rectum. • Sinar ultraviolet. Sinar gamma mempunyai daya tembus yang sangat besar. bahkan dapat menembus baja sehingga dalam bidang industri dimanfaatkan untuk memotong baja dan memeriksa cacat-cacat pada logam. • cystoscope untuk mengamati blader. Aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang kesehatan adalah sebagai berikut : • Sinar inframerah. paru-paru. Sinar gamma dapat menembus pelat besi yang tebalnya beberapa cm. Selain dari sinar-sinar itu juga terdapat beberapa peralatan dokter yang memanfaatkan gelombang elektromsgnetik seperti : • endoscope yang digunakan untuk melihat bagian dalam rongga tubuh. Penyerap yang baik untuk sinar gamma adalah timbal. Di zaman modern ini. Aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang industri adalah sebagai berikut • Sinar gamma.Nama : Lia Nurhasanah Kelas : XII TKJ 1 Ternyata gelombang elektromagnetik juga berguna dalam bidang kesehatan. • Otoscope untuk melihat bagian dalam telinga pada dasarnya menggunakan cahaya tampak yang difokuskan ke bagian yang kita hendaki. Dalam bidang kedokteran sinar ini digunakan untuk memotret bagian tulang yang patah. • Bronchoscope untuk mengamati udara yang lewat ke dalam paru. Sinar ultraviolet dapat digunakan untuk membunuh mikroorganisme. Sinar gamma banyak digunakan dalam bidang industri pengawetan makanan. batu ginjal. • Sinar-X disebut juga sinar rontgen. • ophtalmoscope untuk melihat ke bagian dalam mata. Sinar ini dapat mengubah molekul sterol dari provitamin D menjadi vitamin D yang berguna untuk pertumbuhan tubuh manusia. Supriyono (2006) menyatakan bahwa sinar rontgen digunakan dalam operasi pembedahan sehingga dokter dapat mengetahui bagian mana yang harus dibedah. .paru. produk industri dan lain-lain. Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang industri.

telepon. dan bahkan pelat aliminium setebal 1 cm. • panjang frekuensi gelombang telepon sebenarnya hampir sama dengan frekuensi gelombang . Aplikasi gelombang elektromagnetik pada bidang astronomi adalah sebagai berikut : • Teleskop ruang angkasa digunakan untuk mengatasi gangguan pengamatan yang berasal dari atmosfer. Aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang militer adalah sebagai berikut : • Pada bidang militer.Nama : Lia Nurhasanah Kelas : XII TKJ 1 • Sinar x ini memiliki daya tembus yang cukup kuat yang dapat menembus buku tebal. Alat yang bisa dipakai adalah : • Teleskop • CCD • Spektograf. • Antena radar dapat bertindak sebagai pemancar dan penerima gelombang elektromagnetik.001 meter dengan frekuensi terentang dari 10^9hertz hingga 3 x 10^11 hertz.3 meter hingga 0. Sinar-X juga digunakan di bandara pada pengecekan barang-barang penumpang di pesawat. sehingga berguna untuk industri pengolahan kayu. Di pelabuhan digunakan untuk mengecek barang-barang (peti kemas) yang akan dikirim dengan kapal laut. Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang astronomi. F. Gelombang ini dihasilkan oleh peralatan elektronik khusus. D. E. misalnya dalam tabung /klystron/. • sinar inframerah dibidang militer dimanfaatkan untuk membuat satelit mata-mata dan saat ini tengah dicoba untuk membuat Pesawat militer yang menggunakan sinar inframerah sebagai motor penggeraknya yang berpusat dari satelit. dibuat teleskop inframerah yang digunakan melihat ditempat yang gelap ataupun berkabut. Membedakan penggunaan rentang frekuensi atau panjang gelombang pada komunikasi radar. dan televisi. radio. Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam bidang militer. • panjang gelombang radar terentang dari 0. • Kamera inframerah digunakan untuk mendeteksi cahaya dan benda yang memancarkan panas. atau industri yang membuat peralatan dari logam. • Astronomi optikal menunjuk kepada teknik yang dipakai untuk mengetahui dan menganalisa cahaya pada daerah sekitar panjang gelombang yang bisa dideteksi oleh mata. Daerah gelombang mikro ditandai sebagai UHF yang berarti frekuensi ultra tinggi relatife terhadap frekuensi radio. kayu tebal. • Astronomi radio memakai alat yang betul-betul berbeda untuk mendeteksi radiasi dengan panjang gelombang mm.

3 meter. misalnya stasiun Jakarta. Anonim (2009a) menyatakan bahwa berdasarkan lebar frekuensinya. /Very High Frequency/ (VHG). • Frekuensi gelombang televisi sedikit lebih tinggi dari gelombang radio. Gelombang ini merambat lurus dan tidak dapat dipantulkan oleh lapisan-lapisan atmosfer bumi sehingga untuk menangkap siaran televisi. dan /Super High Frequency/ (SHF). maka di wilayah Bandung diperlukan sebuah stasiun penghubung yang terletak di puncak gunung Tangkuban Perahu sedangkan untuk Indonesia bagian timur memerlukan stasiun penghubung berupa satelit (Foster. Ultra High Frequency/ (UHF). Frekuensi gelombang radio terentang sekitar beberapa hertz dan energi foton bergerak dari sekitar 0 sampai 10 eV. /Medium Frequency/ (MF).Nama : Lia Nurhasanah Kelas : XII TKJ 1 radar dengan frekuensi terentang dari 10^9hertz hingga 3 x 10 ^11 hertz. . • Panjang gelombang radio frekuensi terentang dari beberapa kilometer sampai 0. diperlukan sebuah stasiun penghubung. 2004). /High Frequency/ (HF). gelombang radio dibedakan menjadi /Low Frequency/ (LF).