You are on page 1of 4

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah Cemas atau ansietas adalah kekhawatiran yang tidak jelas dan menyebar yang berkaitan dengan perasaan tidak pasti dan tidak berdaya (Riyadi dan Parwoto 2009). Ansietas merupakan reaksi umum terhadap penyakit karena penyakit dirasakan sebagai suatu an aman yaitu an aman umum terhadap kehidupan ! kesehatan dan keutuhan tubuh! ketidaknyamanan akibat nyeri dan keletihan! perubahan diet! keterbatasan gerakan! isolasi ("runner and #uddarth! 2002). #alah satu masalah indi$idu ketika sakit adalah emas. %e emasan timbul pada pasien dipengaruhi oleh berbagai &aktor antara lain emas berkaitan dengan penyakitnya! pengobatan dan pemeriksaan diagnosis yang dihadapi. Pasien yang akan menjalani pembedahan akan merasa emas disebabkan karena &aktor'&aktor diagnosis keganasan! anastesi! sakaratul maut! nyeri! perubahan penampilan! keterbatasan permanen ( (ong! )99* ).#edangkan menurut #aito ()9+9) dari kamar penelitian psikologi! ,ni$ersitas -ippon yang menggolongkan rasa takut atau gelisah pada pasien yang menjalani perawatan pembedahan (surgical treatment) antara lain rasa takut terhadap operasi! rasa keragu'raguan terhadap anastesi! dan kehilangan keyakinan akan penyesuaian dalam kehidupan masyarakat. #elain itu menurut "runner and #uddarth (2002) pasien yang menghadapi pembedahan dilingkupi oleh rasa takut yaitu takut akan ketidaktahuan! kematian! takut dengan anastesi! kanker! kekhawatiran kehilangan waktu kerja! kehilangan pekerjaan! tanggung jawab mendukung keluarga! dan an aman ketidakmampuan permanen. Pada penelitian oleh .akmuri (200/) tentang tingkat ke emasan pre operasi terhadap 00 orang responden terdapat )1 responden atau 2/!13 memiliki tingkat ke emasan dalam kategori ringan! )* responden atau 00!03 dalam kategori emas sedang dan / responden atau )/!13 emas berat serta 2 responden atau 13 merasa tidak emas. #edangkan penelitian ,mi (ut&a (200+) tentang &aktor'&aktor yang mempengaruhi tingkat ke emasan pasien dengan

4 dr .tindakan %emoterapi di ruang Cendana R#.4 %raton Pekalongan @> . R#.03) mengatakan pasrah kepada Allah #78. Rumusan Masalah "erdasarkan latar belakang penelitian maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu>&aktor'&aktor apakah yang memepengaruhi ke emasan pada pasien pre operasi di ruang 9"# R#. Pada periode 5anuari sampai 5uli 20)0! terdapat )))2 pasien yang operasi! dengan rata'rata operasi tiap bulan ada )+1 pasien (4ata R.4 %raton Pekalongan). B. 4engan alasan belum pernah dilakukan penelitian tentang &aktor' &aktor penyebab ke emasan pada pasien pre operasi di ruang9"#! membantu petugas ? perawat 9"# agar dapat memoti$asi pasien pre operasi tidak mengalami emas! moti$asi pasien yang akan dioperasi mutlak dibutuhkan agar pasien yang masuk di ruang 9"# untuk menjalani operasi merasa lebih tenang. "erdasarkan uraian diatas peneliti mengambil judul :. R#. 6asil penelitian yang dilakukan di R#.empengaruhi %e emasan Pada Pasien Pre =perasi di Ruang 9"# R#.* 3) mengatakan rasa takut dan emas terhadap operasi! dan 2 pasien (/.aktor' &aktor <ang .oewardi #urakarta terhadap 00 responden terdapat )+ responden atau 00!93 dengan tingkat adaptasi kategori baik dan )0 responden atau 22!/ 3 mengalami emas berat.4 %raton Pekalongan merupakan suatu institusi yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Pekalongan dan sekitarnya! antara lain memberikan pelayanan tindakan operasi! baik operasi ke il! sedang! besar! dan khusus.4 %raton Pekalongan pada bulan #eptember 20)0! pada 2/ pasien yang akan dilakukan tindakan operasi terdapat 21 pasien (92. 4engan mengetahui tingginya prosentase pada pasien yang akan operasi mengalami emas! peneliti tertarik ingin meneliti &aktor' &aktor penyebab yang menimbulkan ke emasan pada pasien pre operasi di ruang 9"# yang akan menjalani operasi.4 %raton Pekalongan>.

endeskripsikan tingkat ke emasan pada pasien pre operasi di ruang 9"# R#. D.endeskripsikan &aktor umur! jenis kelamin! pendidikan! pekerjaan! pengetahuan pasien pre Pekalongan.C. . . .enganalisis &aktor umur dengan tingkat ke emasan pada pasien pre operasi di ruang 9"#. g. . 8ujuan %husus a. 8ujuan .4 %raton yang menyebabkan ke emasan pada pasien pre operasi di ruang 9"# R#.enganalisis &aktor pengetahuan dengan tingkat ke emasan pada pasien pre operasi di ruang 9"#.enganalisis &aktor jenis kelamin dengan tingkat ke emasan pada pasien pre operasi di ruang 9"#. . . . d.4 %raton Pekalongan.enganalisis &aktor pendidikan dengan tingkat ke emasan pada pasien pre operasi di ruang 9"#.ntuk mengetahui &aktor'&aktor 2. . Tujuan Penelitian ). e. 2.enganalisis &aktor pekerjaan dengan tingkat ke emasan pada pasien pre operasi di ruang 9"#. . b. Pro&esi %eperawatan 4iidenti&ikasinya &aktor'&aktor yang mempengaruhi ke emasan pada pasien pre operasi di ruang 9"# sehingga perawat dapat melakukan > pre operasi di ruang 9"# R#. Pasien Pasien dapat mengenali sumber'sumber stressor yang menyebabkan emas! mengkomunikasikan kepada perawat sehingga diperoleh solusi agar pasien dapat berespon terhadap stressor se ara adapti&.mum .4 %raton Pekalongan. Manfaat Penelitian 6asil yang diharapkan dari penelitian adalah sebagai berikut A ). &.

operati& tea hing> dengan tepat untuk untuk menurunkan atau mengurangi ke emasan pasien pre operasi. 0. .asukan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan asuhan keperawatan pada pasien yang akan operasi dengan mengembangkan #=P tentang >pre operasi tea hing>. 2. Rumah #akit . Peneliti (ain Penelitian ini diharapkan berman&aat bagi peneliti! selanjutnya untuk mengembangkan sebuah penelitian tentang e&ekti$itas pre operasi tea hing terhadap tingkat ke emasan pasien pre operasi.