You are on page 1of 4

PENDEFINISIAN PANKREAS BESERTA FUNGSINYA

Sebagai salah satu kelenjar endokrin, pankreas memiliki peranan yangcukup besar terhadap pengaturan sistem hormonal tubuh. Selain sebagai endokrin, pankreas juga berfungsi sebagai kelenjar eksokrin.Pankreas merupakan salah satu organ pada sistem pencernaan yangmemiliki dua fungsi utama: menghasilkan enzim pencernaan serta beberapahormon penting seperti insulin dan glukagon. Pankreas terletak pada bagian posterior perut dan berhubungan erat dengan duodenum (usus dua belas jari).Beberapa fungsi dari pankreas adalah : 1. Mengatur kadar gula dalam darah melalui pengeluaran glukagon, yangmenambah kadar gula dalam darah dengan mempercepat tingkat pelepasandari hati 2. Pengurangan kadar gula dalam darah dengan mengeluarkan insulin yangmana mempercepat aliran glukosa ke dalam sel pada tubuh, terutama otot.Insulin juga merangsang hati untuk merubah glukosa menjadi glikogendan menyimpannya di dalam selselnya (Anonymous, 2009)Ketika fungsi pankreas tidak lagi bekerja dengan baik, baik karena polamakan yang buruk ataupun kelainan genetik, maka keseimbangan kadar guladalam tubuh pun ikut terganggu. Hal ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Maka dari itu kita harusmengetahui terlebih dahulu bagaimana keadaan pankreas secara anatomis,histologis, serta fisiologis normalnya Sistem endokrin adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah

untuk mempengaruhi organ-organ lain. Hormon bertindak sebagai "pembawa pesan"dan dibawa oleh aliran darah ke berbagai sel dalam tubuh, yang selanjutnya akanmenerjemahkan "pesan" tersebut menjadi suatu tindakan. Sistem endokrin tidak memasukkan kelenjar eksokrin seperti kelenjar ludah, kelenjar keringat, dankelenjar-kelenjar lain dalam saluran gastroinstestin(Jimmy Wales, 2008).Pankreas merupakan organ tubuh istimewa yang berfungsi ganda sebagaikelenjar eksokrin dan endokrin. Sebagai kelenjar eksokrin pankreas membantudan berperan penting dalam sistem pencernaan dengan mensekresikan enzimenzim pankreas seperti amilase, lipase dan tripsin. Sebagai kelenjar endokrin, pankreas dikenal dengan produksi hormon-hormon insulin dan glukagon yang berperan dalam

Pankreas merupakan organ penting dalam mengukur kadar glukosa darah. Greenspan dan Forsham.Hormon yang berperan dalam pengaturan kadar glukosa darah tersebut adalahinsulin yang disekresikan oleh sel beta dan glikogen yang disekresikan oleh selalfa. sel-sel glukagon dan sel PP berada di perifer atau di sepanjang tepi pulau Langerhans. Adanya senyawa kimia yang masuk kedalam tubuh dengan dosis tinggi dapatmenghancurkan sel-sel pulau langerhans. Sedangkan sel-selsomatostatin menyebar di antara sel-sel glukagon. pankreas. 1995). Pada babi jumlah sel glukagon berkisar antara 5-30% dari total sel di pulau Langerhans (Delmann.Penyimpangan dari kadar normal dapat diakibatkan karena perubahankecepatanoksidasi glukosa dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. sel insulin serta sel PP (Sundler dan Hakanson. Dari hasil penelitian Sundler dan Hakanson (1988) dengan menggunakanelektron mikroskop dilaporkan bahwa pulau Langerhans berisi kurang lebih lima jenis sel endokrin.A dan Wilson. glukagon 15%. 1983. somatostatin 9% dan DI kurang dari 1%(Sundler dan Hakanson. 1976. Susunan ini ternyata berbeda pada spesies hewan yang berbeda (Grimelius. 1968) . yang dapat diketahui melalui respon dari hormon yangdikandungnya.metabolisme glukosa. 1988). Menurut Pearce.L (1991).Pada hewan. sel-selsomatostatin dan PP. susunan topografi sel-sel endokrin tersebut adalah sebagai berikut: sel-sel insulin berada di tengah-tengah. Fungsi endokrin pankreas dilakukan oleh pulau-pulau Langerhans yang tersebar di antara bagian eksokrin pankreas(Guyton. 1988). Insulin efektif menurunkan kadar glukosa dalam darah dan hormon adrenalin membebaskancadangan glukosa sehingga kadar glukosa meningkat. 1988). 1993). Selain itu gula darah jugadipengaruhi oleh hati. Sundler dan Hakanson. Dengan turunnyainsulin maka akan mengakibatkan hiperglikemia (Ganong. PP 14%. pengaturan kadar guladipengaruhi oleh aktifitas hormon insulin. Pada pankreas manusia normal sel insulin berkisar 62% dari jumlah total sel di pulauLangerhans. Tipe sel kelima. adenohipofisis dan adrenalin juga masihdipengaruhi oleh tiroid. S. L. kerja fisik dan faktor lainya seperti Hiperediter danImunologi.Konsentrasi glukosa dalam darah normal sebesar 50-100 mg/dl. Empat dari lima tipe tersebut adalah sel-sel ß. disebut sel DI belum dapat diidentifikasi. Kerusakan-kerusakan sel beta pulaulangerhans ini akan menyebabkan produksi insulin menurun. glikogen adrenalin.

Strukturnya lunak dan berlobulus. Ke anterior : Dari kanan ke kiri: colon transversum dan perlekatanmesocolon transversum. Pankreas terbentang dariatas sampai ke lengkungan besar dari perut dan biasanya dihubungkan oleh duasaluran ke duodenum (usus 12 jari). dan hilum lienale. musculus psoas major sinistra. vena cava inferior.ANATOMI PANKREAS Pankreas merupakan suatu organ berupa kelenjar dengan panjang dantebal sekitar 12. Cauda Pancreatis berjalan ke depan menuju ligamentumlienorenalis dan mengadakan hubungan dengan hilum lienale. 3. vena portae hepatisdan vena lienalis. .5 cm dan tebal + 2. Corpus Pancreatis berjalan ke atas dan kiri. 4. bursa omentalis. Caput Pancreatis berbentuk seperti cakram dan terletak di dalam bagian cekung duodenum.1. 2. Pada potongan melintang sedikit berbentuk segitiga. glandula suprarenalis sinistra. rensinister. menyilang garistengah. terletak pada dinding posterior abdomen di belakang peritoneum sehingga termasuk organ retroperitonial kecuali bagian kecilcaudanya yang terletak dalam ligamentum lienorenalis. Bagian PankreasPankreas dapat dibagi ke dalam: 1. dan gaster. Collum pancreatisterletak di depan pangkal vena portae hepatis dan tempatdipercabangkannya arteria mesenterica superior dari aorta. Ke posterior : Dari kanan ke kiri: ductus choledochus. b. Hubungana.5 cm (pada manusia). aorta. Collum Pancreatis merupakan bagian pancreas yang mengecil danmenghubungkan caput dan corpus pancreatis. pangkal arteria mesentericasuperior. Sebagian caput meluas di kiri di belakang arteri dan vena mesenterica superior serta dinamakanProcessus Uncinatus.

Venae : Venae yang sesuai dengan arteriaenya mengalirkan darah ke sistem porta .pancreaticoduodenalis inferior (cabang A.pancreaticoduodenalis superior (cabang A.pancretica caudalis dan inferior cabangA. Vaskularisasia.3. Arteriae : A. A.pancreatica magna dan A.mesenterica cranialis).lienalis b.gastroduodenalis ). A.