You are on page 1of 6

LBM 1 : Adult Learning A.

Collaborative Learning
1. Apa itu Collaborative Learning? Proses belajar kelompok yang setiap anggota menyumbangkan informasi, pengalaman, ide, sikap, pendapat, kemampuan, dan keterampilan yang dimilikinya untuk secara bersama-sama saling meningkatkan pemahaman seluruh anggota. (Jurnal : Sudarman. Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi mata kuliah MetodiologiPendidikan Universitas Mulawarman, Samarinda.) 2. Mengapa menggunakan Collaborative Learning? a. Dengan metode ini, memungkinkan setiap mahasiswa untuk memahami seluruh bagian pembahasan, tidak seperti kelompok belajar yang kita kenal, yang menyebabkan mahasiswa tertentu memahami materi tertentu b. Dapat membuat seluruh mahasiswa akan memiliki pemahaman yang setara akan suatu pembahasan. (Covey. S. R. 1989. The Seven Habbits of Highly Effective People. New York : A Freeside Book) 3. Bagaimana mekanisme menggunakan Collaborative Learning? a. Dilandasi pemikiran bahwa kegiatan belajar di kampus hendaknya mendorong dan membantu siswa untuk terlibat secara aktif membangun pengetahuan sehingga mencapai pemahaman yang mendalam. b. Mahasiswa dipandang sebagai pusat kegiatan belajar c. Dalam merancang kegiatan di kelas, pengajar tidak hanya memperhatikan tuntutan kurikulum yang harus diselesaikan, tapi juga memperhatikan karakteristik siswa serta memberi kesempatan pada mereka untuk menentukan sendiri beberapa hal dalam proses belajar, seperti sebagian tujuan yang ingin dicapai dalam prosesw belajar. (Disbon. D and O’Leary. W. P. 1994. A Guidebook for Corporative Learning : A Technique for Creating More Effective Schools. Tanpa tempat terbit : Learning Publication)

B. PBL
1. Pengertian?
metode belajar yang awal pembelajaran berdasarkan masalah lalu masalah-masalah ini mahasiswa dirangsang untuk mengeluarkan prior knowledgenya,setelah itu dicari kebenaranya dengan sumber2 yang valid itulah yang akan menjadi pengetahuan yang baru.

2. Manfaat?
  mhssw bisa terampil lebih mahir menciptakan solusi kreativitas suatu proyek bisa membantu perkembangan pertumbuhan individu

dan (5) Penilaian (Assessment). serta aktif dalam menyelesaikannya Untuk meningkatkan materi ajar & kecakapan mahasiswa untk bekal Long Life Learning 5. (3) Pembelajaran Mandiri (Self Learning). dan merefleksikan 9. tahu cara berkonsentrasi) keterbatasan sarana dan fasilitas untuk mendukung kerjasama 6. Model belajar PBL?   Surface learning yaitu proses pembelajaran pada detail atau pembagian tertentu dan berusaha mengulangnya dengan tepat Deep learning yaitu mencapai pemahaman menyeluruh.  memberikan kemampuan kognitiv & motivasi yang meningkatkan pengetahuan pelajar lbh realistis dan aktiv mengatur pembelajaran 3. . berdiskusi. (4) Pertukaran Pengetahuan (Exchange Knowledge). Kendala?   perubahan kurikulum sehingga perlu adabtasi(disiplin mengatur wkt bljr. Tujuan?     siswa akan lebih termotivasi untuk memecahkan masalah dan diharapkan dapat mengikuti jenjang pencapaian belajar Mahasiswa akan terbiasa berpikir kritis dalam mengidentifikasi masalah. Dimana diterapkan system PBL? : PBL telah diadobsi secara keseluruhan atau sebagian oleh fakultas kedokteran didunia 8. Sejarah? PBL kedokteran pertama dilaksanakan di Mc Master University Canada (1966) 7. Apa saja bentuk-bentuk PBL?  5 jump step Lima Langkah tersebut adalah : (1) Konsep Dasar (Basic Concept) (2) Pendefinisian Masalah (Defining the Problem). Cara pelaksanaan? diskusi kelompok kecil yg menggunakan metode 7 jump step 4.

Puzzeling. Pengertian? Proses belajar yg mendorong mahasiswa mencari tahu dan menilai secara kritis iptek yg dipelajari sehingga mahasiswa memahami apa yang dipelajari secara mendalam dan lama disertai tujuan pendidikan yang lebih luas. Mengungkapkan masalah utama iv. Mengkomunikasikan hasil x. Manfaat?   Dapat mencapai pemahaman lebih baik Mahasiswa dapat merasa puas dengan kemajuan akademik karena pemahaman ilmunya 3. Deep Learning 1. Pengertian? . Menyelediki masalah vi. Menghasilkan solusi dan rekomendasi ix. Mendefinisikan kata-kata sulit ii. Mengajukan pertanyaan IPF (Interest. Menganalisa hasil vii. Mengulangi belajar viii. Find out) iii.10 jump step i. Menemukan prioritas masalah v. Melakukan penilaian diri  12 jump step (1) Memicu (2) Identifikasi isyarat (3) Merumuskan masalah (4) Menghasilkan hipotesis (5) Jelaskan hipotesis (6) Identifikasi masalah pembelajaran (7) Dapatkan informasi baru (8) Belajar individu atau kelompok dipandu oloh issue-issue pembelajaran (9) Menghasilkan dan mengevaluasi solusi (10)Keputusan (11)Ringkasan (12)Evaluasi  C. Tujuan? Dapat memahami dan mengartikulasikan (menjabarkan) secara mendalam D. Belajar mandiri 1. 2.

mampu memanfaatkan ahli. Pengertian? Sebuah proses dimana seorang memiliki inisiatif dan tanggung jawab untuk merangsang tujuan sampai evaluasi belajar mandiri **Penerapan pembelajaran eksperensial dlm mengembangkan self regulated learning mahasiswa(Zimmerman (1989) mendefinisikan self regulated learning sebagai derajat metakognisi. Cara pelaksanaan?    Membuat jadwal untuk membaca bahan ajar Melakukan komunikasi Disiplin pembelajaran 3. Sedangkan Winne (1997) menyatakan bahwa self .percaya diri) yaitu sikap yang memiliki motivasi belajar untuk mencapai prestasi yang tinggi . motivasional dan perilaku individu di dalam proses belajar yang dijalani untuk mencapai tujuan belajar. sumber ilmu terdapat di perpustakaan dan di media cetak/audiovisual yang bias kita cari sendiri 5. lembaga dan sumber-sumber lain untuk mencapai tujuan belajarnya senang berinisiatif. Dia tidak menunggu seseorang (guru atau orangtua) ataupun dorongan eksternal untuk melakukan proses belajar yang diinginkannya. Mengapa mahasiswa perlu belajar mandiri? Mahasiswa perlu untuk belajar mandiri agar mahasiswa tersebut dapat memunculkan sikap enterpeneur(otonom.Konsep belajar yang akan mengantar diri mahasiswa menemukan strategi belajar yang paling efektif secara mandiri 2. Sehingga mereka dapat survife dalam peraingan untuk bertahan hidup dan karena dosen bukanlah sumber ilmu utama tugas dosen hanya mengarahkan. mengetahui kekuatan dan kelemahan dirinya 4. Ciri-ciri dari belajar mandiri?      mampu mengetahui kapan belajar sendiri dan kapan Anda membutuhkan bantuan atau dukungan pihak lain mampu mengidentifikasi sumber-sumber informasi. Self directed learning 1. Perilaku yang harus dimiliki mahasiswa untuk belajar mandiri?     mampunyai daya dan kerangka piker sikap mental dan kepribadian yang baik kemandirian dan ulet dalam belajar pekerja keras E.

prinsip dasar?     Parsitipasi sukarela Semangat kolaborasi Aksi & refleksi Kritis F. self regulated learning adalah kemampuan seseorang untuk mengelola secara efektif pengalaman belajarnya sendiri di dalam berbagai cara sehingga mencapai hasil belajar yang optimal. Berbeda dengan Winne (1997).     3. Ciri-ciri self dirceted learning?   belajar secara mandiri Tidak terjadwal Memiliki inisiatif. untuk memutuskan kapan ia siap diuji. dalam pandangan Wolters (1998).regulated learning mencakup kemampuan strategi kognitif. dengan atau tanpa bantuan orang lain. Tujuan? Selalu memperbarui pengetahuan yang menghadapi tantangan baru dalam kehidupan kita 3. Long Life Learning 1. Pengertian? Belajar tidak hanya masa kanak-kanak atau kelas tetapi berlangsung sepanjang hidup dan dalam berbagai situasi dengan cara memperbarui dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan 2. selama dan sesudah melaksanakan tugas belajar) 2. Manfaat?   Selalu memperoleh pengetahuan baru. Sedangkan menurut Frank dan Robert (1988) self-regulation merupakan kemampuan diri untuk memonitor pemahamannya. untuk menganalisis kebutuhan belajarnya sendiri Merumuskan tujuan belajarnya sendiri Mengidentifikasi sumber–sumber belajar Memilih dan melaksanakan strategi belajar yang sesuai dan mengevaluasi hasil belajarnya sendiri. belajar untuk belajar dan belajar sepanjang masa. yang sesuai dengan perkembangan zaman Meningkatkan kualitas bljr . untuk memilih strategi pemrosesan informasi yang akurat dan sejenisnya. Self regulated learning mencakup tiga tahap kegiatan yakni sebelum.

Ciri-ciri:    Semata mata atas ridho Allah Hormat pada guru Ketika belajar jangan berbicara . Adab menuntut ilmu 1. Pengertian? Sesuatu yang harus kita ketahui agar ilmu tersebut bermanfaat bagi kita dan orang lain 2.  Sebagai ibadah G. Manfaat?     Untuk menghilangkan kebodohan dari dirinya dan orang lain Dapat menerima perbedaan pendapat Mengamalkan ilmu Mencari kebenaran 3.