You are on page 1of 9

FATTY LIVER

Liver sudah berubah warnanya menjadi kuning mengkilat karena berlemak. Inilah yang disebut dengan fatty liver/perlemakan hati. membesar dan lebih berat dari keadaan normal.FATTY LIVER  Fatty liver adalah suatu keadaan di mana adanya penimbunan lemak yang berlebihan di sel-sel liver. .

GEJALA  lemah (tidak dramatis). .  Sesekali sakit abdomen (perut) yang samar pada kwadran kanan atas (dibawah sangkar rusuk pada sisi kanan) disebabkan oleh peregangan dari lapisan hati atau liver covering (capsule) ketika hati membesar dan/atau ketika ada peradangan didalam hati.

 Diabetes.  Metabolic syndrome.  Kegemukan/Kelebihan berat badan terutama lemak di perut.  Gangguan maupun perubahan hormonal misalnya kehamilan.PENYEBAB Alkohol.  .  Obat-obatan.  Penurunan berat badan yang drastis dan kekurangan gizi.

Penurunan sekresi dan pembebasan lemak dari hepar .Peningkatan utilisasi atau oksidasi asam lemak oleh hepar 3.Peningkatan sintesis asam lemak 4.Penigkatan esterifikasi asam lemak menjadi trigliserid 5.PENYEBAB  Perlemakan hati akibat defesiensi koline. Akumulasi lemak dalam hepar disebabkan oleh : 1. metionin dan protein.Peningkatan mobilisasi asam lemak dari depositas perifer 2.

TINGKATAN KERUSAKAN HATI .

Kenaikan Fatty liver ALT > AST Non-alcoholic (NAFLD) AST > ALT Alcoholic (AFLD) . Normal alanine aminotransferase (ALT) atau serum glutamic pyruvic transaminase (SGPT) = 7 to 56 units per liter of serum.DIAGNOSIS  Liver Blood Test Normal enzime aspartate aminotransferase (AST) atau serum glutamic oxaloacetic transaminase (SGOT) = 5 to 40 units per liter of serum (the liquid part of the blood).

DAGNOSIS  Ultrasonografi .

DIAGNOSIS  Biopsi hati .