You are on page 1of 10

-

000. Amiruddin Universitas Hasanuddin Pendaftaran 1. Fenomena gerak air. 21 November 2011 : Baruga Prof.dan dapat di transfer melalui Rek. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 2.. Tanggal Tempat : Senin. air juga bisa menjadi bencana ketika kita sebagai manusia tidak mampu menjaga dan memamanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu. gelombang. Pendaftaran dapat dilakukan sejak tanggal 29 September – 3 November 2011 dengan mengisi administrasi (formulir pendaftaran. pemanfaatan energi air dapat menjadi harapan akan solusi yang tepat dan merupakan sebuah tantangan untuk mampu menciptakan inovasi pemanfaatan energi air.LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA (LKTIM) Deskripsi Siklus air terjadi dan tidak akan pernah berhenti selama berlangsungnya kehidupan di muka bumi sehingga banyak yang mengatakan bahwa air adalah sumber kehidupan.com dan kemudian dikirim dalam bentuk softcopy beserta dengan karya tulis dan segala kelengkapannya ke alamat e-mail dedikasi2011@gmail. Namun. Nama Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional “Pemanfaatan Energi Air yang tepat dan Inovatif” Waktu dan Tempat Pelaksanaan Hari. Bank Mandiri No : 1520012096554 atas nama MA’RIFAH ISHMAYANTI . BNI No: 0230718825 atau Rek.wordpress. aliran. contohnya adalah banjir. 30.com. dan lain sebagainya adalah sebuah potensi yang mampu dimanfaatkan sebagai sumber tenaga atau energi untuk memudahkan akvitas manusia. lembar pengesahan dan surat pernyataan orisinilitas karya) yang dapat di akses di dedikasi2011. gerak air jatuh.

2. Setiap perserta memasukkan/mengirimkan karya ilmiah sesuai waktu yang ditentukan oleh panitia. 4. Setiap peserta maksimal mengirimkan satu karya tulis terbaiknya. Syarat Karya Tulis: 1. D4 dan S1 di Perguruan Tinggi. 6. Halaman termasuk halaman judul. dan bagian akhir. pengesahan. 4.Persyaratan Peserta Persyaratan untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa ini antara lain: 1. Peserta LKTIM Dedikasi 2011 adalah Mahasiswa Teknik Sipil yang aktif mengikuti program pendidikan D3. LKTIM ini terdiri atas tahap pembuatan karya ilmiah. menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta didukung oleh data atau informasi yang akurat. Karya tulis disampaikan dengan jelas. 3. Isi karya tulis harus sesuai dengan tema yang ditentukan. 2. orisinil serta belum pernah dipublikasikan dalam lomba sejenis. Setiap peserta bersifat individu maupun tim (2-3 orang) dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian. Karya tulis ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 35 halaman. Setiap peserta/kelompok dibimbing oleh seorang dosen pembimbing. Karya tulis dapat berupa hasil penelitian atau non penelitian yang merupakan karya ilmiah dalam Bahasa Indonesia dan merupakan hasil pemikiran sendiri. Setiap karya yang dikirim harus disahkan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi (Pembantu/Wakil Rektor/ Direktur Bidang Kemahasiswaan) 5. 3. runtut (sesuai dengan sistematika yang ditentukan). . baik Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia. Sistem yang akan dijalankan adalah sebagai berikut : 1. Peserta dapat berupa perseorangan atau berkelompok 2-3 orang dalam satu Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta. Teknis LKTIM LKTIM ini merupakan salah satu item kegiatan dari dedikasi 2011.

. Kriteria Penyeleksian 1. Peserta yang telah lolos seleksi tahap akhir yang memasukkan karya tulis ilmiah penelitiannya akan diberikan apresiasi berupa piagam penghargaan. sertifikat. Substansi penelitian. Setiap peserta memasukkan/mengirimkan karya ilmiah sesuai waktu yang ditentukan oleh panitia. serta kenang-kenangan. Penilaian Perlombaan akan dilakukan dengan 2 tahap yaitu :  Tahap I berupa penyeleksian karya ilmiah oleh panitia dan tim seleksi. Peserta yang lolos/terpilih pada tahap I akan diundang untuk mempresentasikan karya ilmiahnya di depan dewan juri dan para audience. dikirim dalam bentuk softcopy ke alamat e-mail kami. 3.com.  Untuk penilaian perlombaan tahap pertama. 5. fotocopy kartu mahasiswa. karya tulis yang lengkap dengan lembar pengesahan beserta dokumen lainnya ( formulir pendaftaran. serta foto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar) dalam bentuk hardcopy. 4. Berbasis material lokal berwawasan lingkungan. surat pernyataan orisinalitas. Tahap 1 karya ilmiah yang masuk ke panitia akan dinilai berdasarkan : 1.  Karya tulis dikirim dengan format docx/doc (Microsoft word) dan pdf (Adobe acrobat reader). wajib melakukan pendaftaran ulang pada saat Technical Meeting dengan membawa karya tulis beserta dokumen lainnya (formulir pendaftaran. Orisinilitas 2.PT -Nama Ketua-Judul karya tulis. yaitu dedikasi2011@gmail. Sistematika penulisan. dan semuanya disimpan dalam sebuah folder dengan ketentuan penamaan sebagai berikut: LKTIM DEDIKASI 2011-Nama . surat pernyataan orisinalitas karya.  Tahap II berupa presentasi karya tulis dihadapan para dewan juri dan para audience.2. dan slip bukti pembayaran biaya pendaftaran). 3. 4. Kreatif dan objektif.  Peserta yang berhasil lolos seleksi tahap pertama.

maka peserta yang bersangkutan dinyatakan gugur. 8. 3. Proses Seleksi Peserta Proses seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : Pertama dilakukan evaluasi terhadap seluruh karya ilmiah yang diterima panitia sampai batas waktu yang di tentukan untuk menentukan finalis. 7.. Jika dalam waktu 5 menit peserta yang dipanggil tidak tampil ke depan. 10 Finalis akan menjalani Technical Meeting (TM) pada tanggal 20 November 2011. Peserta diperkenankan untuk mambawa alat peraga gambar dan sejenisnya yang dapat membantu pada saat presentasi. Tiap peserta Finalis memperoleh waktu 20 menit dengan alokasi:    Persiapan presentasi maksimum 1 menit Presentasi Karya Tulis maksimum 10 menit Tanya jawab dengan Dewan Juri maksimum 9 menit 5. finalis akan diumumkan pada tanggal 6 November 2011. dan sepatu. Peserta diharapkan hadir di ruang lomba 15 menit sebelum perlombaan dimulai. Peserta akan tampil dan mempresentasikan karya tulisnya dihadapan 3 (tiga) Dewan Juri dan para audience. 4. jas almamater. 2. Bagi peserta yang dinyatakan lolos pada tahap ini diwajibkan mendaftar ulang ke panitia untuk mengikuti kompetisi tahap ke 2. . tanpa ada pemberitahuan peserta maka dinyatakan mengundurkan diri. Tahap 2 Peserta yang lolos tahap pertama. Tim yang dinyatakan lolos menjadi finalis yaitu sebanyak 10 finalis.2. Tata Tertib peserta finalis LKTI Dedikasi 2011 1. Apabila sampai batas waktu pendaftaran ulang berakhir.com. Penilaian tahap ke-2 yaitu adalah saat presentasi. Sebelum presentasi. Pembagian ID dan nomor finalis akan ditentukan dengan undian pada saat Technical Meeting.wordpress. Pengumuman dapat dilihat di akses di dedikasi2011. Peserta Finalis LKTI menggunakan pakaian rapi. akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan karya ilmiahnya di depan para reviewer (terdiri dari pakar ahli dibidangnya). Tahap presentasi dilaksanakan pada tanggal 21 November 2011. Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 6.

000.000 + Piagam + Sertifikat Pemenang III : Rp 2.3 Nov 2011 4 Nov 2011 5 November 2011 6 November 2011 17 November 2011 18 Nov-19 Nov 2011 20 November 2011 21 November 2011 Hadiah Lomba Pemenang I : Rp 4. (Diluar biaya perjalanan).000 + Piagam + Sertifikat Akomodasi dan Konsumsi Panitia akan menyediakan penginapan serta konsumsi bagi setiap tim yang berhasil lolos pada seleksi tahap pertama selama di lokasi LKTIM.000 + Piagam + Sertifikat Keterangan Publikasi dan Pendaftaran Waktu maksimal pemasukan karya tulis Seleksi Administrasi dan Naskah (Tahap I) Pengumuman 10 Finalis Batas Pendaftaran Ulang Waktu Penerimaan Peserta Finalis di Lokasi LKTIM Technical Meeting Presentasi sekaligus Pengumuman Pemenang (Tahap II) Pemenang II : Rp 3. Penyelenggara Perlombaan ini dilaksanakan oleh : “HIMPUNAN MAHASISWA SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HASANUDDIN” Sistematika Penulisan Naskah LKTIM Sistematika penulisan naskah LKTIM adalah sebagai berikut : 1.000.Tanggal-tanggal Penting Waktu 29 Sept . Bagian Awal (Cover) .000.

manfaat. c. Halaman Pengesahan 1) Halaman pengesahan memuat judul. 2) Halaman pengesahan ditandatangani oleh Dosen Pembimbing dan Wakil/ Pembantu Rektor/ Direktur Bidang Kemahasiswaan/ Ketua Jurusan lengkap dengan stempel perguruan tinggi/ stempel jurusan. Abstrak dilengkapi maksimal 5 kata kunci. Bagian Inti a. Halaman Judul 1) Judul diketik dengan huruf kapital. 2) Perumusan masalah mengandung pertanyaan yang akan dijawab melalui penulisan. 2) Nama penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas. hasil dan saran yang rekomendasikan. b. Abstrak berisi uraian singkat karya tulis yang meliputi: latar belakang. sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda. metode penulisan. d. tujuan. 4) Manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan. 3) Nama asal perguruan tinggi ditulis dengan jelas. b. 3) Halaman pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan. Bab II Tinjauan Pustaka . Daftar Grafik g. Abstrak ditulis 1 spasi. Daftar Gambar…dll) 2. hendaknya ekspresif. Daftar Isi f. Kata Pengantar e. dan nomor induk.a. Bab I Pendahuluan Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut: 1) Latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah. 3) Tujuan dari penulisan karya ilmiah. maksimal 300 kata. nama penulis.

Metode penulisan dapat mencakupi : pendekatan penulisan. nama jurnal. penarikan kesimpulan serta merumuskan saran. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang. buku. atau data. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis. 2) Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi. 3. karya-karya ilmiah yang pernah dibuat. tempat terbit. tempat dan tanggal lahir. dan nama penerbit. Bab III Metode Penulisan Metode penulisan menyajikan langkah-langkah/prosedur yang benar yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah menguraikan secara cermat cara/metode pengumpulan informasi. e. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya. Tinjauan pustaka merupakan kerangka konseptual berisi batasan/konsep/teori yang menduku penulisan yang dapat diperoleh dari jurnal penelitian. 2) Lampiran-lampiran  Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap.c. tahapan penulisan. Metode penelitian menyesuaikan alur penelitian yang dilaksanakan. penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.  Lampiran lain yang diperlukan . d. tahun. atau sumbersumber lainnya. Bagian Akhir 1) Daftar pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. tahun penerbitan. judul tulisan. Bab V Penutup 1) Kesimpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan tujuan. Bab IV Hasil dan Pembahasan Analisis permasalahan didasarkan pada data dan atau informasi serta tinjauan pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif. judul buku. sasaran penulisan. sumber penulisan. volume dan nomor halaman. c.

5 cm dari tepi atas (1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar. nama/daftar anggota kelompok. (font 12. Batas pengetikan: 1) Samping kiri dan atas 4 cm 2) Samping kanan dan bawah 3 cm d. ii dan seterusnya). huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf Kapital). 1) Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-bab 3 spasi 2) Judul Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri. kecuali kata-kata tugas. Karya tulis diketik 1.3 dan seterusnya). Bab. dan. Jarak pengetikan.2. Sub-bab dan perinciannya.5 spasi pada kertas A4. kata pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i.Format Penulisan a. Penomoran Halaman 1) Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul.3 dan seterusnya) serta diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1. 3) Nomor halaman pertama dari tiap Bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan. 2) Bagian tubuh/ pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arab (1. c. seperti yang. dari. Times New Roman style).2. b. .

BAGAN ALIR LOMBA .