You are on page 1of 12

KATA PENGHANTAR

Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Alloh SWT, yang atas rahmat dan karunia-Nya lah, maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “ Afilasi Ilmu Kedokteran”. Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun pada ketercukupan materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini. Dalam penulisan makalah ini penulis jugamenyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan penelitian ini, khususnya kepada : 1. Subhaini MS, selaku Dosen Pembimbing Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar ( IAD ) yang telah memberikan kami tugas makalah ini. 2. Rekan/teman sejawat semua dalam prodi Pendidikan Dokter Unsyiah. 3. dr. Edi Ikhsan, selaku pemberi sedikit arahan dalam sistematika penulisan makalah yang baik dan benar.

Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.

Banda Aceh, 18 Mei 2012

Penulis

1

sehingga pada awal perkembangan ilmu kedokteran hanya mempelajari manusia dalam keadaan sakit. ilmu fisiologi. ( Oxlade.BAB I PENDAHULUAN A. Sebagian besar penyakit dapat disembuhkan oleh bahan kimia yang disebut obat. barulah dalam keadaan sehat. Objek materinya Dengan mudah dapat disebut bahwa ruang lingkup ilmu kedokteran adalah manusia. ( Daldiyono : 2006 ) Ilmu kedokteran juga dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari kesehatan. tapi yang dalam kaitannya dengan sakit atau penyakit. dan kegunaannya ( aksiologinya ).Ganeri : 2001 ) 2 . c.dll. dan penyakit. seperti : ilmu anatomi. a. yaitu ada objek materinya. Berdasarkan uraian diatas ilmu kedokteran dapat didefinisakan sebagai : Ilmu kedokteran adalah ilmu dan seni yang mempelajari manusia dalam kaitannya dengan sehat dan sakit dengan tujuan mensejahterakan dan membahagiakan manusia. objek formanya. Objek Forma ( Sudut pandang kajian ) Manusia yang menjadi perhatian ilmu kedokteran dengan sendirinya bukan keindahan gerak-geriknya yang menjadi perhatian seni tari. Aksiologi ( Kegunaan ) Kegunaan ilmu kedokteran adalah menolong orang yang sakit dan secara tidak langsung juga mensejahterakan dan membahagiakan manusia. luka-luka. Dokter menggunakan ilmu kedokteran untuk mengetahui apa yang salah dari tubuh pasiennya dan membantunya sembuh. jadi Objek forma dalam ilmu kedokteran pada mulanya adalah manusia pada keadaan sakit lalu berkembang pula kearah manusia dalam keadaan sehat. b. Latar Belakang Suatu bidang keilmuan dapat dikatan sebagai sebuah disiplin ilmu ( kesatuan ) ilmu apabila memenuhi tiga persyaratan.

ilmu fisika. dll. B. ilmu biologi. Berdasarkan pernyataan diatas maka penulis menyimpulkan beberapa rumusan masalah yang dikemukan dalam makalah ini : 1. Bagaimana peran dan kontribusi dari ilmu tersebut dalam membantu perkembangan dari ilmu kedokteran itu sendiri ? C. seperti ilmu kimia. 2. Menerangkan ilmu apa saja yang menopang ilmu kedokteran. ( Daldiyono : 2009 ). tak lepas dari peran serta disiplin ilmu yang lain baik itu ilmu yang berperan lansung maupun tak lansung. Tujuan dan Manfaat Penulisan Tujuan Penulisan : 1. Dari sejarahnya ilmu kedokteran dimulai dari tokoh Hippocrates yang selalu menyebut ilmu kedokteran atau ilmu pengobatan sebagai sebuah seni. Di zaman sekarang dengan banyaknya penemuan-penemuan yang baru membuat manusia dituntut untuk mengembangkan berbagai macam disiplin ilmu termasuk ilmu kedokteran. Menerangkan bagaimana peranan dan kontribusi disiplin ilmu lain untuk kemajuan ilmu kedokteran. Ilmu kedokteran ditopang atau didukung oleh berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang lain. Manfaat Penelitian : 3 . Oleh karena itu dalam proses perkembangannya. Rumusan Masalah Ilmu kedokteran adalah ilmu terapan yang diterapkan langsung terhadap manusia baik sebagai subjek yang sakit maupun sebagai subjek yang sehat. Kemudian ilmu kedokteran terus menerus berkembang termasuk untuk mempelajari manusia dalam keadaan yang sehat. Tentunya pengembangan ilmu tersebut tak luput dari bantuan dan peran dari bidang disiplin ilmu yang lain. ilmu kedokteran.Pada awalnya ilmu kedokteran mempelajari manusia atau orang yang sakit dan bagaimana menyembuhkan atau mengembalikan kepada keadaan yang sehat atau keadaan semula. epidemiologi. Ilmu apa saja yang mendukung atau erat kaitannya dengan ilmu kedokteran ? 2. Dengan demikian objek dari pada ilmu kedokteran adalah manusia yang sehat dan yang sakit.

2. Dapat mengembangkan ilmu kedokteran dengan landasan dari disiplin ilmu yang lain.1. 4 . Menjadi pelajaran agar tetap mendalami disiplin ilmu lain yang berperan dalam meningkatkan perkembangan ilmu kedokteran untuk tujuan mengembangkan ilmu kedokteran itu sendiri.

ekonomi. 5. lobang hitam. Ilmu Agama Ilmu agama adalah ilmu yang dalam penerapannya berlandaskan kepada Al-Qur’an dan Hadits untuk membimbing umat manusia dalam segala hal yang dilakukannya. Ilmu Fisika Ilmu fisika dibagi kedalam dua kelompok besar. misalnya : kimia fisika. ( Gribbin : 2005 ) 4. social. ( Karmana : 2008 ) 2. Dalam kehidupan sehari-hari. ( Rahayu : 2008 ) 3. baik itu dalam bidang pendidikan. dan Lingkungan. Ilmu kimia merupakan cabang ilmu pengetahuan yang menjadi dasar banyak ilmu lainnya. Sedangkan fisika modern membahas tentang hal-hal yang tidak dapat dijangkau oleh pancra indra kita. dan sinar. Fisika klasik adalah ilmu fisika yang kita pelajari disekolah yaitu hokum-hukum terhadap benda yang dapat kita lihat atau kita rasakan. kimia organic. segala hal yang berhubungan dengan hidup ini tidak lepas dari ilmu biologi. dan biokimia. yaitu : fisika klasik dan fisika modern. Objek yang dipelajari dalam biologi merupakan makhluk hidup dan makhluk tak hidup. kimia analitik. misalnya atom. dan lain-lain. Ilmu yang berkaitan dengan Ilmu kedokteran 1. serta tumbuhan. makhluk hidup yang dipelajari terdiri atas manusia dan hewan. Farmasi. seperti : ilmu biologi. sifat.BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Geologi. Ilmu Biologi Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup beserta lingkungannya. Ilmu Teknologi 5 . Adapun makhluk tak hidup yang dipelajari dalam biologi adalah objek yang terkait dengan makhluk yang hidup. ilmu kimia berhubungan banyak dengan ilmu lain. Bidang yang dipelajari dalam ilmu kimia begitu luas sehingga perlu dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Proses kimia banyak ditemukan dilaboratorium ataupun dialam. Biologi adalah ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan. Ilmu Kimia Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang komposisi. dan perubahan zat.

Shidarta : 1995 ) 7. Sitologi : Stuktur dan fungsi sel. Histologi : Sususan dan fungsi jaringan makhluk hidup. Ilmu biologi memeliki cabang-cabang yang merupakan hal-hal yang dipelajari dalam ilmu kedokteran dalam hal menangani objek forma nya baik sebagai manusia yang sehat maupun sebagai manusia yang sakit. Embriologi : Perkembangan zigot sampai fetus. Genetika : Sifat keturunan beserta seluk-beluknya. ( Web Fk Uns ) B. f. Perkembangan dan Kontribusi Ilmu Lain Terhadap Ilmu Kedokteran 1. baik tersendiri maupun terkait dengan keseluruhan untuk membedakan mana yang baik dan buruk serta benar dan salah. ( Darmohidrajo. Sumber daya alam terbatas. b. c. 6. oleh sebab itu ilmu biologi itu mempelajari segala aspek kehidupan. Fisiologi : Fungsi alat makhluk hidup. Anatomi : Bentuk dalam tubuh makhluk hidup.Ilmu teknlogi memilki kaitannya dengan semua disiplin ilmu dalam hal mengembangkan disiplin ilmu tersebut. sedangkan keinganan manusia tidak terbatas. namun permintaan berbagai sumber daya kesehatan meningkat. Demikian juga jumlah dokter. h. Patologi : Penyakit dan pengaruhnya keorganisme. Perkembangan ilmu biologi makin lama semakin meningkat dengan ditemukannya berbagai penemuan-penemuan terbaru yang tidak lepas dari disiplin ilmu lain untuk mengembangkan dunia seni kedokteran . Ilmu Biologi Dalam kehidupan sehari-hari. d. Ekonomi kesehatan adalah ilmu yang mempelajari suplai dan demand sumber daya pelayanan kesehatan dan dampak sumber daya pelayanan terhadap populasi manusia. Ariebowo : 2008 ) 6 . dan pada akhirnya juga ikut mengembangkan kemajuan dalam dari pada ilmu kedokteran. obatobatan.perawat. tempat tidur untu perawatan inap dalam keadaan terbatas. g. Morfologi : Bentuk luar tubuh makhluk hidup. oleh sebab itu perlu dipelajari mengenani ilmu ekonomi kesehatan. Ilmu Ekonomi Ekonomi adalah ilmu untuk membuat pilihan. yaitu : a. segala hal yang berhubungan dengan kehidupan tidak lepas dengan biologi. Ilmu Hukum Ilmu hukum adalah ilmu atau disiplin hukum yang dalam perspektif interdisipliner dan eksternal menganalisis berbagai aspek gejala hukum secara kritis. ( Ferdinand P. e.

7 . Contoh-contoh kontribusi ilmu biologi selain dari yang disebutkan diatas : a. f. Ilmu kimia banyak sekali memberikan kemudahan dan turut mensejahterakan kehidupan umat manusia. atau bahkan cara melawan penyakit melalui berbagai macam pengobatan. Ilmu biologi adalah ilmu murni yang mengembangkan ilmu-ilmu terapan seperti ilmu kedokteran. Mikrobiologi kedokteran ( Karmana : 2008 ) 2. Kontribusi ilmu kimia terhadap ilmu kedokteran terlihat dalam berbagai proses pembuatan obat-obatan. Penemuan berbagai antibiotic. Bioteknologi. d. c. Ilmu kimia berperan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. untuk pasangan suami istri yang sulit mendapatkan keturunan. Obat dibuat berdasarkan hasil penelitian terhadap proses dan reaksi kimia bahan-bahan yang berkhasiat secara medis terhadap suatu penyakit. untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus HIV yang menyebabkan hilangnya kekebalan tubuh. Ditemukannya Mikroskop e. Dalam hal itu digunakan zat-zat kimia atau yang disebut reagent tertentu yang dapat mengindikasikan bahwa didalam darah ada atau tidaknya virus HIV. contohnya : etanol atau alcohol digunakan dalam proses pelarutan obat dan sebagai pensteril alat-alat kedokteran. teknik penyimpanan sperma dalam jangka waktu tertentu pada nitrogen cair. Proses uji makanan. Hal ini dipelajari dalam cabang ilmu kimia farmasi. bagaimana penyakit menyebar.Dan masih banyak cabang ilmu biologi lain yang menjadi dasar dalam perkembangan ilmu kedokteran. Teknik transplatasi organ h. Ilmu biologi terus berkembang dan memunculkan cabang ilmu biologi terapan. maka kita melakukan tes darah. Ilmu Kimia Ilmu kimia semakin lama semakin berkembang seiring dengan berkembangnya berbagai disiplin ilmu lain yang menopang perkembang ilmu kimia itu sendiri. Dengan mempelajari ilmu biologi. yaitu : bioteknologi.misalnya : untuk mengetahui penyakit yang diderita pasien maka dilakukan tes darah dan urine. banyak sekali penemuan-penemuan baru yang dihasilkan oleh perpaduan antara ilmu kemia dengan ilmu lain yang menjadikan perkembangan dari ilmu kedokteran semakin cepat. maka berkas sinar ʏ 60CO yang berenergi tinggi diarahkan dengan sangat hati-hati dan dosis tepat ke sel kanker sampai sel tersebut mati. Bidang kedokteran sangat memerlukan ilmu kimia. b. Virology i. Bank Sperma . Fertilisasi Invitro ( Bayi Tabung ) . g. kita dapat mengenal bagaimana bagian tubuh kita bekerja. Untuk mengobati kanker.

para ahli menerapkan ilmu fisika dalam kedokteran nuklir. yang diapahami oleh masyarakat bahwa fisika hanya berkelut dengan rumus. Kedokteran nuklir merupakan aktivitas multi disiplin ilmu para dokter. dan kita banyak menerima saja teknologi yang dikembangkan diluar negeri. halaman : 192-197 diterjemahkan oleh H. Ilmu fisika terus menerus berkembang yang ditopang oleh disiplin ilmu lain.A Saaridinata. konspe dan metode untuk mendiagnosa dan melakukan terapi penyakit pada manusia. Ia harus berempati. ( Gabriel : 1996 ) 4.M. memahami penderitaan pasien dan pada akhirnya ia harus mengobati pasien dengan efektif dan efisien. 8 . Ia bukan hanya mengobati jasmani tetapi juga rohani.3. yang melakukan tindakan medis sesuai dengan apa yang ilmu agama juga sampaikan. Dewasa ini ilmu pengetahuan semakin berkembang. dan perhitungan. misalnya saja metode penyembuhan dengan Hijamah. dan fisika medic. Dukungan ilmu fisika semakin hari semakin besar bagi dunia kedokteran. di Indonesia bidang ini masih belum banyak digali. Namun. mari kita simak dalam buku yang berjudul “Pengobatan Menurut Petunjuk Nabi” oleh imam ibn Al-Qaiyim Al Jauziah dengan judul asli bukunya adalah “Al-Tibb al-nabawiya”. radiofarmasi. Kaitan antara ilmu kedokteran dan agama juga lebih menekankan kepada subjek pelaksanana dari ilmu kedokteran tersebut. Selain bidang teknologi. kemajuan bidang pemeriksaan dan teknik terapi masa kini tidak terlepas dari sumbangan bidang ilmu ini. teknologi. Fisika medic pada dasarnya merupakan satu cabang dari disiplin ilmu fisika terapan yang berkaitan dengan aplikasi energy fisika. banyak cara pengobatan yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadits nabi yang bisa dan sekarang banyak diterapkan dalam dunia kedokteran. dokter specialist radiolog. Ilmu Agama Hubungan ilmu kedokteran dengan islam sangatlah erat. Banyak masyarakat yang tidak mengatahui hal ini. Menurut Al-Qaiyim seorang dokter haruslah kompeten. baik itu mengambilnya secara keseluruhan atau hanya mengadopsi sebagian. 2002. akan tetapi saat ini diagnosa medis merupakan kerja kedokteran nuklir yang lebih dominan dibandingkan dengan terapi medis. Kedokteran nuklir mencakup pemanfaatan radionuklida dan radiofarmaka untuk diagnose dan terapi medis. Untuk lebih memperjelas bagaimana hubungan antara kedokteran dengan islam. fisika juga diterapkan dalam bidang kedokteran yang sering kita sebut dengan fisika medic. ia dituntut untuk mampu membuat diagnose dan penyebabnya dan juga harus melihat pasiennya secara holistic. Gemagung ikhitiati. Salah satu contoh penerapan kedokteran nuklir adalah radioterapi. Ilmu fisika Fisika merupakan suatu bidang ilmu yang banyak sekali manfaatnya dalam segala aspek kehidupan. yaitu : dokter .

adanya jaminan atas pemeliharaan kesehatan. yang merupakan bagian integral dari kesejahteraan. ( Daldiyono : 2006 ) 5. Paradigma ini dikenal dalam kalangan kesehatan sebagai paradigma sehat. dunia kedokteran telah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas didunia kedokteran. hukum memegang peranan penting dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakt dan bernegara. Salah satu contoh aplikasi didalam dunia IT dalam bidang kesehatan adalah penggunaan alat-alat kedokteran yang memepergunakan aplikasi computer. ditingkatkannya profesionalisme dan dilakukannya desentralisasi bidang kesehatan. diperlukan dukungan hukum bagi penyelenggaraan berbagai kegiatan dibidang kesehatan. Untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang. tetap dilakukannya pemeliharaan dan peningkatan kualitas individu. keluarga dan masyarakat serta lingkungan dan secara terus menerus memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu. Sebagai konsekuensi logis dari diterimanya paradigma sehat maka segala kegiatan apapun harus berorientasi pada wawasan kesehatan. Kegiatan-kegiatan tersebut sudah barang tentu memerlukan perangkat hukum kesehatan yang memadai. merata. Ilmu Hukum Dalam era reformasi saat ini. begitu luar biasa pula hubungan kedokteran dan islam. Salah satu aspek yang terkena efek perkembangannya adalah dunia kesehatan atau kedokteran. Ilmu Teknologi Saat ini perkembangan dunia teknologi sangat berkembang terutama dalam dunia IT ( informatic Technology ). Dewasa ini. Perkembangan dunia IT berimbas pada perkembangan beberapa aspek kehidupan manusia. dan terjangkau serta mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat. Pada awalnya pembangunan pembangunan kesehatan bertumpu pada upaya pengobatan penyakit dan pemulihan kesehatan.Begitu luar biasa peran seorang dokter dan pengaruhnya. lalu bergeser pada penyelenggaraan upaya kesehatan yang menyeluruh dengan penekanan pada upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan. salah satunya adalah USG ( Ultra Sonografi ). Secara ringkas untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang maka harus secara terus menerus dilakukan perhatian yang sungguh-sungguh bagi penyelenggaraan pembangunan nasional yang berwawasan kesehatan. maka dari itu semua bagi calon dokter dan dokter dalam mempelajari ilmu kedokteran juga harus mempelajari ilmu agama. Perangkat hukum kesehatan yang memadai dimaksudkan agar adanya kepastian hukum dan perlindungan yang menyeluruh baik bagi penyelenggara upaya kesehatan maupun masyarakat penerima pelayanan kesehatan. ( Blog ILUNI ) 9 . ( Blog UGM ) 6.

meningkatkan pendapatan per kapita. Jadi pelayanan kesehatan yang lebih baik akan memberikan manfaat bagi individu dan masyarakat keseluruhan jika membawa kesehatan yang lebih baik. 3. atau bekerja dengan efektif. meningkatkan pertumbuhan ekonomi Negara. karena terdapat hubungan antara kesehatan dan ekonomi. 4. 5. Anggota keluarga yang harus membantu merawat anggota keluarga yang sakit akan kehilangan waktu untuk mendapatkan penghasilan dari pekerjaan. Sebagai contoh: Seorang yang terinfeksi penyakit infeksi dapat menular ke orang lain.7. Kesehatan yang buruk individu dapat memberikan dampak dan ancaman bagi orang lain. memperoleh penghasilan. makanan dan perumahan yang buruk bagi keluarga. Sebagai contoh : 1. Ilmu Ekonomi Ilmu ekonomi terutama ekonomi kesehatan perlu dipelajari. Status kesehatan penduduk yang baik meningkatkan produktivitas. menurunnya kemampuan untuk menikmati hidup. Kesehatan yang lebih baik memungkinkan seorang untuk memenuhi hidup yang lebih produktif. Kesehatan yang buruk seorang menyebabkan biaya bagi orang tersebut karena 2. Pekerja yang memiliki kesehatan buruk akan mengalami menurunan produktivitas. dan sebaliknya ekonomi mempengaruhi kesehatan. ( Blok Fk Uns ) 10 . AIDS. Kepala rumah tangga pencari nafkah yang tidak sehat atau sakit akan menyebabkan penurunan pendapatan keluarga. Misalnya.

Ilmu kedokteran dibangun oleh berbagai disiplin ilmu lain. Saran Mungkin inilah yang diwacanakan pada penulisan makalah ini. seperti : ilmu biologi. misalnya : semakin berkembangnya disiplin ilmu kimia dan biologi maka semakin berkembanglah cabang biokimia yang juga secara otomatis juga mengembangkan dari pada kemajuan dalam dunia medis. dll. ilmu kimia. ilmu fisika. 11 . meskipun penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak kesalahan dari penulisan makalah kelompok kami. karna kami manusia yang adalah tempat salah dan dosa: dalam hadits “al insanu minal khotto wannisa”. Ilmu kedokteran yang merupakan sebuah ilmu terapan didukung perkembangannya oleh berbagai perkembangan dari disiplin ilmu lain. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dosen pembimbing mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar ( IAD ) Bapak SUBHAINI MS yang telah memberikan kami tugas kelompok demi kebaikan diri kita sendiri dan untuk negara dan bangsa. Dan kami juga butuh saran/ kritikan dari rekan/teman sejawat serta dosen pembimbing agar bisa menjadi motivasi untuk masa depan yang lebih baik daripada masa sebelumnya. Kesimpulan Ilmu kedokteran merupakan ilmu yang mempelajari manusia sebagai objeknya baik sebagai objek yang sakit maupun objek yang sehat.BAB III KESIMPULAN dan SARAN 1. 2.

2008. Praktis Belajar Biologi. Rahayu. 1995. Gabriel. Diakses Tanggal 18 Mei 2012.. Ariebowo. Gribbin. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2009. Karmana. How To Be A Real and Successful Student. Diakses Tanggal 19 Mei 2012. Oxlade. F. Iman. Jakarta: Erlangga.uns. Jakarta : Grafindo Media Pratama. Ensiklopedia Mini Sains.blog. J. Menuju Seni Ilmu Kedokteran: Bagaimana Dokter Berpikir dan Bekerja. Kimia. 2005. Biologi. Shidarta. Jakarta : Visindo Media Persada. 2008. http://www.ugm.ac. 2008.ac. Mukhti.id/2011/12/11/perkembangan-ilmu-fisika-dibidang-kedokteran/. John. 12 . fk. Daldiyono. 2001. Ganeri. Jakarta : Erlangga. Oman.id/static/. Pokok-Pokok Filsafat Hukum : Apa dan Bagaimana Filsafat Hukum di Indonesia. Ferdinand P. Fisika Kedokteran. Diakses Tanggal 19 mei 2012.DAFTAR PUSTAKA Daldiyono. Chris. Anita. Jakarta : EGC.pdf.com/t315-hukum-kesehatan. Darmohidrajo. factor. Fisika Modern. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.ilunifk83.. Darji. 2006./Ekonomi_Kesehatan_-_Prof_Bhisma_Murti. Jakarta : Visindo Media Persada http://fridolin-binsar-d. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.