You are on page 1of 5

BUDIDAYA TANAMAN MELINJO

A. PENDAHULUAN Tanaman melinjo (Gnetum gnemon L.) termasuk tumbuhan berbiji terbuka, tidak terbungkus daging tetapi terbungkus kulit luar. Tanaman melinjo dapat tumbuh mencapai 100 tahun lebih dan setiap panen raya mampu menghasilkan melinjo sebanyak 80-100 Kg, ila tidak dipangkas bisa mencapai ketinggian !" m dari permukaan tanah. B. SYARAT TUMBUH Tanaman melinjo dapat tumbuh pada tanah-tanah liat#lempung, berpasir dan berkapur, tetapi tidak tahan terhadap tanah yang tergenang air atau yang berkadar asam tinggi dan dapat tumbuh dari ketinggian 0 - 1.!00 m dpl. C. PENANAMAN Tanaman melinjo dapat diperbanyak dengan cara generati$ (biji) atau %egetati$ (cangkokan, okulasi, penyambungan dan stek). &ahan yang akan ditanami melinjo harus terbuka atau terkena sinar matahari, lubang tanam berukuran '0 ( '0 ( )" cm (panjang, lebar, dalam) dengan jarak tanam '-8 m. D. PEMELIHARAAN *emeliharaan tanaman melinjo terdiri dari pemupukan, penyiraman, penyiangan, pemberantasan hama#penyakit dan pemangkasan.

1+,0!1!"".doc -abu, !! .ecember, 1+++

1

000 *upuk T2* *upuk K3l (1ram) (1ram) . *enyiraman dengan banyak air setelah diberi pupuk kimia perlu dilakukan.0 10 80 8" +0 100 100 100 !0 . sebaliknya penyiangan dilakukan dengan pendamngiran agar udara bisa masuk kedalam tanah. pupuk yang akan diberikan adalah pupuk organik (ppk.doc -abu.1. !! .0 "0 100 400 )"0 1+. Pemupukan *emberian pupuk secara rutin akan menambah produksi. Penyi aman Tanaman pada umur muda perlu dilakukan penyiraman. *upuk kandang diberikan ! kali dalam setahun terutama pada tanaman muda.0!1!"". terutama pada tanaman berumur muda.kandang) dan pupuk an organik. agar pupuk segera diserap akar tanaman. 1+++ ! . *upuk 0rea (1ram) "0 100 1"0 !00 400 "00 1.ecember. Penyian"an *enyiangan perlu dilakukan agar gulma yang mengganggu hilang. terutama pada musim kemarau agar pertumbuhan tanaman baik. *upuk kimia diberikan dengan dosis sebagai berikut / 0mur Tanaman (tahun) 1 ! 4 . " "-10 5 10 2. !.

Tanaman asal bibit cangkokan. %. pemangkasan dapat mencegah tumbangnya tanah.ecember. kemudian dibakar. .#. maka dianjurkan menggunakan pestisida . • *enyakit-penyakit yang biasa menyerang adalah penyakit layu pembuluh bakteri. 1+. • *engendalian hama yang e$ekti$. Peman"ka$an 6an$aat dari pemangkasan cabang-cabang melinjo antara lain / • • • • • • *ercabangan menjadi banyak dan tanaman tidak terlalu tinggi. 6empercepat tanaman berbunga#berbuah.0!1!"". penyakit ha7ar daun bakteri dan penyakit ha7ar daun cenda7an. pengendalian penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan cenda7an dapat dilakukan dengan memusnah kan bagian tanaman yang sakit. Pen"en&a'ian Hama ( Penyaki) • 8ama-hama yang diketemukan dalam tanaman melinjo masih belum begitu merugikan sehingga belum perlu dilakukan pengendalian secara kimia7i. untuk encegah penyebarannya kita harus membersihkan alat-alat yang digunakan untuk menolong tanaman yang sakit. yaitu untuk mencegah serangan hama melalui pengendalian secara mekanik. penyemprotan.aun muda serta bunga muda sebagai bahan sayuran akan tumbuh banyak.emicron dengan dosis 1-! gram per liter air. 9pabila ada yang ingin mencegah serangan hama. *engendalian penyakit layu pembuluh bakteri dapat dilakukan dengan cara eradikasi (membasmi) tanaman yang sakit.doc -abu. yaitu dengan cara memotong bagian tanaman yang terserang. 6empermuda tanaman yang sudah tua. 6emudahkan pera7atan dalam menghilangkan tanaman benalu. !! . 1+++ 4 .

doc -abu. .0!1!"". !! . 1+++ .ecember.1+.

1+. !! . 1+++ " .doc -abu.0!1!"".ecember.