You are on page 1of 200

KESEHATAN, KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN PERANAN WANITA

XVIII/1

BAB XVIII KESEHATAN, KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN PERANAN WANITA

A. KESEHAT AN 1. Pendahuluan Sebagaimana Besar Haluan kesehatan kesempatan negara sejalan tercantum Negara, guna dalam Garis-garis memperluas derajat usaha

maka untuk

pembangunan

ditujukan

mendapatkan meningkatnya

kesehatan yang sebaikbaiknya bagi setiap warga dengan pembangunan. Dalam rangka ini maka pelayanan kesehatan yang lebih merata juga ditingkatkan, sehingga tercipta masya-rakat yang semakin sehat dan pada gilirannya turut mendukung usaha-usaha pembangunan. Dalam rangka kebijaksanaan tersebut telah dirumuskan langkah-langkah sebagai

bagai berikut : a% eningkatan elayanan &esehatan.pun di k!ta" b.berikut : a. #ara pelayanan diutamakan kepada peng!batan jalan" d. elayanan kesehatan ditekankan kepada usaha pencegahan penyakit dan pembinaan usaha kesehatan" c.atkan sarana-sarana yang terbatas melalui pr!gram-pr!gram se. b% . Dalam melaksanakan pembangunan kesehatan telah diambil langkah-langkah secara menyeluruh dan terpadu dalam meman$a.kat berpenghasilan rendah yang bermukim baik di desa mau.ti$. Sistem pelayanan kesehatan ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara merata dengan meningkatkan peranan dan partisipasi akti$ masyarakat. elayanan kesehatan dipri!ritaskan pada g!l!ngan masyara. termasuk peranan peng!batan tradisi!nal yang telah terbukti e$ek.

$% erbaikan enyuluhan eningkatan enyediaan (ir Bersih. 1233345 . e% enyehatan )ingkungan &esehatan. k% engawasan *bat.emberantasan Gi'i. c% emukiman. h% -anita. +akanan dan endidikan dan endayagunaan eranan (paratur . /% emerintah dan m% &esehatan. j% enyempurnaan dan .$isiensi emerintah engawasan enyempurnasn enelitian dan elaksanaan rasarana 0isik engembangan embangunan. i% Generasi +uda.enaga &esehatan. g% sebagainya. d% enyakit menular.

diutamakan pada usaha pencegahan penyakit dan pembinaan pelayanan !rang sakit dengan !bat jalan. elayanan ditujukan untuk dapat memberikan pelayanan secara lebih merata dan berl!kasi di tengah masyarakat. tradisi!nal diman$aatkan. terutama penduduk pedesaan dan daerah perk!taan yang penduduknya elaksanaannya berpenghaailan rendah. Selain itu pelayanan kesehatan kepada masyarakat diberikan secara cepat dan merata dengan peran serta secara aktip dari masyarakat. maka seluruh kegiatan dan aarana diusahakan berada dalam satu sistem Demikian yang telah pu-la terbukti peng!batan e$ekti$ terus . (gar peningkatan pelayanan kesehatan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan berdaya guna serta berhasil guna.2. Pela aanaan Ke!"a#an Pe$%an!unan &esehatan 6saha peningkatan pelayanan kesehatan a.

hygiene sanitasi. penyuluhan kesehatan masyarakat. (gar pelayanan kesehatan dapat dirasakan lebih merata !leh masyarakat.kau !leh uskesmas dan 7umah Sakit. yang kesehatan uskesmas uskesmas dapat maayarakat terdiri &eliling untuk embantu sebagai unit penunjang. 6nit-unit utama dari pelayanan uskesmas. kesehatan keluarga peningkatan kesejahteraan ibu dan anak pemberantasan kesehatan menular. kesehatan jiwa. Selanjutnya peranan dan partisipasi maayarakat . dan peman$aatan lab!rat!rium sederhana. perawatan masyarakat.pelayanan yang e$ekti$ dan serasi. masyarakat belum dijang. serta penyakit dengan meliputi baik : eningkatan $ungsi diarahkan agar melaksanakan yang berencana. maka jumlah maupun $ungsi pat uskesmas terus ditingkatkan. pencatatan dan lap!ran. uskesmas dausaha-usaha peng!batan. peningkatan gi- kesehatan sek!lah dan kesehatan gigi. 'i.

Dalam mas akan d!kter.perawat.Dalam rangka peningkatan kesehatan. Dalam rangka makin menge$ekti$kan $ungsi uskesmas.sanitarian dan lain-lain.juga ditingkatkan dalam bentuk pem.bangunan kesehatan masyarakat desa 8 &+D%.maka diusahakan pemenuhan tenaga d!kter untuk memimpin uskesmas. dan tenaga paramedis seperti bidan.!bat-!batan dan peralatan.Disamping itu tenaga-tenaga yang telah ada ditingkatkan kemampuannya juga melalui pelayanan penyediaan tenaga penataran.maka usaha mengiai dilaksanakan uskes- sarana gedung.melalui 3npres r!gram Bantuan Sarana 1233349 .

> dari 9. maka pada tahun /:. maka jumlah ngan penambahan d!kter uskesmas yang dipimpin uskesmas.>>> !rang.:@5 uskesmas./:? buah dipimpin d!kter./ telah diangkat4ditempatkan 5.5@5 buah baru ?:= buah dianta. dan mengganti d!kter yang telah habis masa dinasnya.< telah diangkat4ditempatkan 9. mengisi uskesmas yang belum ada d!kter.ranya dipimpin d!kter./ meningkat lagi dari 9. Detersebut. 9.>4. perawat gigi.?@5 9.< disediakan dana untuk pengangkatan4penempatan =>> d!kter yang akan memimpin uskesmas yang baru selesai dibangun. bidan .&esehatan dalam tahun /:. (pabila dalam tahun /:?9 dari <.595 akhir 7epelita 33 dari 9. pada uskesmas 5.::? nya uskesmas diantaranya telah dipimpin d!kter. yang terdiri dari perawat./4. . tenaga sanitasi dan lain-lain.@9? diantaranya telah ada tenaga d!kternya. Sejalan dengan itu untuk mengisi tenaga paramedis pada tahun /:./4. d!kter dari tahun ke tahun terus meningkat. Selanjutapabila dalam tahun /:.><@ !rang dan pada tahun /:.

Dalam tahun /:. alat n!n medis. !bat-!batan./ jangkauan dan tahun <>> media dibangun masin-masing peralatan lengkap < dengan sederhana./4.< uskesmas./4. terpencil atau didaerah pemukiman baSelain itu ru. 6ntuk itu dalam direhabilitasi /. jauh dari 7umah Sakit dan jalur lalu lintas yang padat dan .>>> !rang atau kecamatan yang wilayahnya cukup luas. 7uangan uskesmas yang tidak .>4.>>> dengan melakukan rehabilitasi serta penambahan peralatan medis dan tahun /:.< telah uskesmas dan dibangun <@> rumah d!kter untuk uskesmas yang telah memiliki d!kter tetapi belum ada rumahnya./4. rangka pada telah peningkatan tahun /:.> dapat menampung kunjungan diperluas dari disediakan biaya untuk perluasan 5>> m< menjadi /5@ m<. Selain itu daerah-daerah yang terpencil.Dalam pelayanan. uskesmas yang telah ada ditingkatkan n!n medis. rumah dan rumah sta$. /:. embangunan uskesmas diarahkan dan dipri!ritaskan pada kecamatan yang berpenduduk lebih dari 5>.< uskesmas d!kter.

imur juga dan lain-lain.enggara. uskesmas dengan /> tempat tidur dan dibangun uskesmas sejenis di daerahdaerah terpencil atau di jalur jalan yang banyak kecelakaan di /: r!pinsi antara . maka Aawa . Aawa . 3rian Aaya. Nusa Barat.< Dalam tinggi tahun lagi juga dibangun telah uskesmas dengan perawatan 8 uskesmas /> /:. . Sulawesi ./ 9@ dibangun .>4. /g.imur.enggara lain &alimantan Barat. Nuaa . disediakan peralatan memadai dan tenaga terlatih.enggara . Daerah 3stimewa (ceh. medis (gar yang 123334@ pelayanan dapat diberikan lebih baik .angka tempat tahun kecelakaannya tidur%.engah./4. Sumatera Barat.

kesmas &eliling tersebut berbentuk m!bil atau perahu berm!t!r yang pembagiannya disesuaikan dengan keadaan masing-masing daerah 8. 6ntuk itu dibangun uskesmas /./4.>4. 0asilitas bantu yang sudah ada ditingkatkan.>4.>>> buah. Dalam usaha lebih meningkatkan kesehatan jangkauan melapelayanan lui uskesmas lebih dapat elayanan sehingga dan luas merata.>>> buah lengkap dan uskesmas dengan dan dibangun <./4.<. maka dua sampai lima dalam tahun uskesmas uskesmas perlu ditunjang !leh uskesmas embantu. tenaga uskesmas peralatan serta paramedisnya. uskesmas dalam ma-sing-masing us- disediakan <@> dan @>> uskesmas &eliling./ telah embantu.abel .abel 12333-/%.>>> em/:./ kau pelayanan dan /:. misalnya gedung dan peralatannya.Daerah-daerah terpencil dan luas yang tidak dapat dijangtahun /:. Dalam hubungan ini pula pada tahun /:.< telah diperbaiki /. uskeamas erkembangan jumlah embantu dapat dilihat pada .

/B dan />./4. bayi dan anak menunjukkan kenaikankenaikan dari tahun ke tahun. 5:. (pabila angka kunjungan tahun !rang. 9@./ meningkat. ibu nipas dan menyusui. Dalam rangka usaha menurunkan angka kematian ibu yang dilakukan sedang peningkatan Selain jangkauan itu juga pelayanan pemerikaaan ibu hamil.>B dan /9. bayi dan anak meningkat dengan angka 59./ jangkauan pelayanan kesehatan ibu hamil.>B. Aangkauan terhadap pelayanan kesehatan ibu hamil. Dengan tersebut per hari peningkatan jumlah pada pelayanan uskesmas juga terus @? uskesmas pengunjung /:.>4./B maka pada tahun /:. (pabila pada tahun /:. maka rata-rata pada tahun /:./B.9B. ditingkatkan pelayanan kelahiran4persalinan !leh tenaga terlatih 8bidan maupun dukun bayi%.12333 ./4.< meningkat menjadi 5=.<. Sejalan dengan itu pengetahuan para dukun bayi .< telah menunjukkan =@ !rang per hari.>4.

55B./4. Dalam tahun /:. Aumlah pr!sentasi persalinan yang dit!l!ng !leh pe-tugas kesehatan./9B dan /:. /.5=< dukun./:B.< dari sejumlah :?./=/ !rang atau ==.?:B. d!kter dan !leh tenaga lain masing-masing 55. =@.@9B. dukun terlatih./ menunjukkan dalam rangka angka berturut-turut 5?. telah 9<. @5B.ditingkatkan melalui penataran. Selain itu pelayanan kesehatan diberikan bantuan makanan tambahan berupa susu untuk sekitar 5 juta !rang ibu hamil dan ibu yang menyusui.> persalinan !leh bidan. khususnya !leh bidan dan tenaga lainnya meningkat. Dalam tahun /:. /. aehingga sampai tahun /:.59B./9B dan //.:B telah ditatar. 123334= . @5.

< /% (kibat bencana alam <% B dan &3( ditingkatkan untuk ..(N.+B(NG(N .6(N S(7(N( &.7&. /:?.(B.4?: C /:.H(.)(&S(N((N 7*G7(+ B(N./ .S./4.) 12333 .

6.< ./4.+B(NG(N A6+)(H 6S&.) 12333 .(N.)3)3NG.S+(S &.. D(N B()(3 &. 6S&.A(H. B()(3 .NG*B(.4?: C /:.7((N 3B6 D(N (N(&.+B(N.S+(S .7&. /:?.< .Selanjutnya menjadi uskesmas embantu 123334? .(B. 6S&.S.S+(S.

ermasuk B dan B&3( yang didingkatkan menjadi uskesmas embantu .D% .

.

.123334.

G7(03& 12333 C / .7&.+B(NG(N A6+)(H 6S&.S+(S, 6S&.S+(S .+B(N,6, 6S&.S+(S &.)3)3NG, B()(3 .NG*B(,(N, D(N B()(3 &.S.A(H,.7((N 3B6 D(N (N(&, /:?;4?: C /:;/4;<

123334:

embinaan usaha mengurangi kesakitan anakanak terus ditingkatkan agar dapat tercapai anak didik yang sehat melalui 6saha &esehatan Sek!lah. Disamping melakukan peningkatan pengetahuan kesehatan bagi guru-guru sek!lah agar mampu membepertama petugas dan rikan bagi bimbingan murid-murid, kesehatan, dan pert!l!ngan berkala dan /.?<@ secara

uskesmas juga mengadakan kunjungan imunisasi S),

pemeriksaan

penyuluhan. Aangkauan kegiatan 6&S dalam tahun /:;>4;/ meliputi ;>.>5@ buah SD, buah, dan S),( ;>/ buah. Dalam tahun /:;/4;< naik menjadi berturut-turut ;=.95@ SD, <.9</ S), dan /.>>: S),(. r!sentase guru yang telah embinaan dalam pr!pinsi, masingditatar dalam 6&S telah mencapai sekitar ?;.;?B dari /:<.>5; jumlah sek!lah. dan telah mencakup enam bidang kesehatan !lahragapun terus ditingkatkan masing pr!pinsi D&3 Aakarta, Aawa Barat, Daerah 3stimewa E!gyakarta, Bali, Sulawesi Sela- tan dan Sumatera 6tara. eningkatan pelayanan kesehatan dalam

irngadi adang. pemantapan jumlah dan pengel!laan. rujukan. sistem tidur. Djamil (chmad 6mum Bukittinggi. +. Faenal (bidin Banda (ceh. 7umah Sakit 6mum 7umah Sakit 6mum dr. 7umah Sakit 6mum dr. )angkah kebijaksanaan yang ditempuh meliputi : penempatan d!kter ahli secara bertahap dengan dilengkapi sarananya bagi 7umah Sakit 6mum yang membutuhkan. 7umah Sakit 6mum ersahabatan Aakarta. dr. peningkatan pemantapan tempat tenaga. +!chtar dr.7umah Sakit diarahkan untuk terselenggaranya upaya pemerataan dan peningkatan pelayanan. 7umah Sakit +angunkusum! Aakarta. 7umah Sakit dr. sarana peralatan maupun media serta gedung. #ipt! +edan. antara lain : 7umah Sakit dr. Hasan Sadikin Bandung. 7umah Sakit 6mum dr. peningkatan penggunaan tersedianya peningkatan sarana penunjang seper-ti !bat-!batan. 6saha tersebut meliputi pengembangan dan peningkatan /= 7S 2ertikal dan 7S r!pinsi yang dipergunakan sebagai tempat pendidikan cal!n d!kter dan cal!n d!kter ahli. &aryadi . peningkatan 7S pendidikan.

Surabaya. . penambahan dan perbaikan peralatan n!n media. 6mum 6mum dr. Sardjit! Surakarta. peningkatan antara meliputi peningkatan mutu tenaga. E!gyakarta. pembangunan dan penambahan serta perbaikan sarana gedung serta prasarananya. Sakit 6mum S!et!m! 7umah Sakit 6mum dr. 7umah &egiatan lain dan Sakit 6mum Gunung -enang +anad!. 7umah 7umah 7umah Sakit Sakit dr. Syai$ul (nwar +alang. 7umah Denpasar. memperbesar dan mempercepat penyediaan !bat-!batan. pengembangan tenaga media. penyediaan penyediaan lab!rat!rium tenaga n!n media.Semarang. 7umah Sakit 6mum Dadi 6jung Sakit 6mum Sanglah dan andang. penambahan dan perbaikan peralatan media aesuai dengan perkembangan ilmu ked!kteran.

123334/> .

S!et!m! di Surabaya terus ditingkatkan sebagai . darurat perawatan gawat. serta pembangunan4perbaikan listrik. Sejalan penyediaan dengan usaha-usaha yang tersebut di 7S untuk rujukan melaksanakan 3nd!nesia bagian $ungsinya baik sebagai 7S pendidikan. ruang ruang penambahan p!liklinik.embangunan. Sardjit! di &ini 7S 7S tersebut dan dapat juga E!gyakarta telah selesai dan telah diresmikan penggunaannya. gedung-gedung radi!l!gi. maupun atas. dan !perasi.imur. lengkap penyediaan dengan dapur atau dan peningkatan kamar cuci terus sarana penyediaan air bersih. engembangan 7S dr. penambahan daya peralatannya dilaksanakan.engah dapat untuk selatan. gawat. embangunan 7S dr. jantung ruang yang dilengkapi dengan per alatan baik media maupun n!n medis. maka terus diusahakan pengadaan dan peralatan sesuai dengan . ber$ungsi syarakat sebagai Aawa pendidikan bagian memberikan pelayanan kesehatan untuk ma. perbaikan r!ntgen.

la 7S emda r!pinsi emda serta r!pinsi dilakukan penambahan dan emda penambahan dan perbaikan peralat.ta mengel!la 7S. Dalam usaha meningkatkan pelayanan rumah sakit yang dil!. #ipt! +angunkusum! untuk sub-keahlian penyakit kanker dan 7S dr. penambahan sarana air bersih dan penambahan daya listrik. Dalam dan mengikuti tersebut perkembangan kemajuan tekn!l!gi diusahakan pemenuhan persiapan tenaga d!kter super-ahli.an pada <@ pembangunan gedung-gedung pada <> 7S r!pinsi seperti gedung p!liklinik. &aryadi Semarang untuk sub-keahlian juga penyakit jantung. dalam tahun /:. gedung 1-7ay. /@>. 6ntuk menjamin tersedianya !bat!batan. ./4. lab!rat!rium. misalya 7S dr. serta peningkatan ketrampilan tenaga-tenaga yang mengel!la peralatan ser.keperluan dan kemajuan tekn!l!gi bagi 7S yang ditetapkan debagai pusat sub-keahlian.-4hari4tempat tidur dan pada 7S dengan tenaga d!kter ahli bantuan tersebut disediakan dana tambahan 7p. gedung perawatan.< disedia-kan bantuan !bat-!batan dengan perhitungan 7p.

d!kter ahli Sakit r!pinsi atau 7umah kelas # atau dengan empat Sakit untuk keahlian p!k!k tersebut di ataa untuk 9: 7umah &abupaten4&!tamadya rumah-rumah sakit yang akan ditingkatkan dari kelas D ke kelas #8. (gar d!kter ahli tersebut dapat melaksanakan tugas 123334// .>4. Dalam tahun /:.abel 12333-5%./4.-4hari4tempat tidur. ahli kandungan4kebidanan./ dan disediakan dana untuk penempatan @< d!kter ahli penyakit dalam. pada 9: rumah sakit./>>. &ebutuhan d!kter ahli pada 7S 7S &abupaten4&!tamadya r!pinsi dan mendapatkan perhatian dalam tahun /:.< disediakan dana untuk pengangkatan @. kesehatan anak. ahli bedah.

,(B.) 12333 C 5 H(S3) 6S(H( .N3NG&(,(N .)(E(N(N &.S.H(,(N +.)()63 76+(H S(&3, 87S%, /:?;4?: C /:;/4;<

/% /> 7S dibangun emerintah usat, 5 7S dibangun emerintah Daerah <% /< 7S dibangun emerintah usat 85 7S engganti%, / 7S dibangun emerintah Daerah 5% < 7S dibangun emerintah usat ? 7S dibangun emerintah Daerah 9% (ngka diperbaiki @% / 7SA baru dibangun dan 9 7SA hasil pemindahan =% 5 7SA baru dibangun dan / 7SA hasil pemindahan

?% / 7SA baru dibangun dan / 7SA hasil pemindahan ;% 7S6 G 7umah Sakit 6mum :% 7SA G 7umah Sakit Aiwa

123334/<

nya

dengan

baik, tersebut

para

d!kter dengan

ahli

yang dengan

ditempatkan peralatan

diperlengkapi

medis

sesuai

keahliannya,

sarana gedung, rumah dan alat transp!rtasi. Selain penempatan 9 d!kter keahlian p!k!k tersebut, melalui pr!yek peningkatan pendayagunaan tenaga kesehatan dalam tahun /:;>4;/ ditempatkan // d!kter ahli, antara lain ahli tengg!r!kan, penyakit hidung ma-ta, dan telinga, dan anestesi!l!gi, radi!l!gi,

penyakit kulit dan kelamin. Dalam tahun /:;/4;< ditempatkan lagi <: d!kter ahli untuk 7S 2ertikal, r!pinsi dan &abupaten4&!dya. Aenis keahliannyapun bertambah dengan ahli penyakit jantung 8kardi!l!gi%, akupunktur, paruparu, ahli bius 8anaestesi!l!gi%, path!l!gi klinik, ahli syara$ 8neur!l!gi% dan d!kter ahli mata. Sejalan dengan itu sistem rujukan

diteruskan dan ditingkatkan. Sistim rujukan tersebut berupa pengiriman4kunpengiriman penderita dari jungan d!kter ahli ke ahli, uskesmas ke rumah rumah sakit yang belum mempunyai d!kter

sakit, dan pengiriman penderita dari rumah sakit ke rumah sakit yang lebih tinggi tingkatannya, kunjungan d!kter dan tenaga para medis rumah sakit ke uskesmas, dan d!kter uskesmas ke uskesmas lain yang belum mempunyai d!kter. Selain itu dilakukan penataran bagi d!kter dan tenaga paramedis dari 7S &abupaten4 &!tamadya yang belum memiliki d!kter ahli di rumah sakit yang telah memiliki d!kter ahli. Dalam masyarakat memberikan yang pelayanan pada keluarga

melaksanakan

berencana khususnya untuk menampung akibat sampingan dari penggunaan alat k!ntraseptip, dilaksanakan keluarga dan ditingkatkan pada />> pelayanan 7S r!pinberencana

si4&abupaten4&!dya. 6ntuk dengan meningkatkan baik, telah pelayanan pula kesehatan berbagai

dilakukan

kegiatan, antara lain penataran manajemen 7umah Sakit, pencatatan medik 8medical rec!rd%, 3##6, radi!l!gi, rehabilitasi media, dan ahli alat-alat pr!stetik 8!rhatit pr!stetik%.

anah )aut.anjung Aabung.imur. 7S6 G!a. 7S6 angkal inang.embangunan <> 7S &abupaten yang sudah dimulai semenjak tahun pertama sampai tahun ketiga 7epelita 333 dipercepat penyelesaiannya dan : 7S6 diantaranya sudah dalam tahap akhir pembangunannya.akalar. 7S6 S!a Siu dan 7S6 )!mb!k . Sesuai dengan 123334/ 5 . 7S tersebut ialah 7S6 7antau &abupaten . 7S6 elaihari . 7S6 Bung!teb!.apin.&abupaten . 7S6 . sehingga dalam waktu singkat dapat ber$ungsi memberikan pelayanan kesehatan. 7S6 .

dan 7S6 Baucau di ./4.engah%.engah% yang pembangunannya dilakukan !leh masing-masing. 7S6 &alianda 8)ampun %.imur%. r!pinsi . Auga dalam tahun emda /:. 7S6 !lewali +amuju 8Sulawesi Selatan% 7S6 (rjawinangun 8Aawa Barat% dan 7S6 .imur diteruskan dan sudah mendekati penyelesaian. 7S6 Salatiga 8Aawa . meliputi antara . 7S6 . 7S6 -amena 83rian yang Aaya%.tahap-tahap pembangunannya. maka 7S6-7S6 tersebut pada pada tahun kedua sudah dapat memberikan pelayanan p!liklinik dan selanjutnya tahun ketiga sudah dapat menerima pelayanan perawatan.amiang )ayang 8&alimantan .engah%. 7S6 Sunter 8D&3 Aakarta%.uban.im!r 7S6 +aliana. 7S6 Situb!nd! 8Aawa . 7S6 urbalingga 8Aawa . yakni 7S6 #ibin!ng 8Aawa Barat%. telah Selain ada itu 7S &abupaten4&!dya eningkatan itu diusahakan lain gedung untuk diperbaiki dan ditingkatkan $asilitasnya. embangunan 7S6 Dilli. 7S6 lainnya yang sedang dalam tahaptahap penyelesaian pembangunannya adalah 7S6 (rgamakmur 8Bengkulu%.< dimulai pembangunan dan pemindahan : 7S6.

serta peningkatan jumlah dan mutu tenaga. peningkatan penyediaan air beraih. gedung administrasi. gedung r!ntgen. eningkatan 7S &husus juga dilaksanakan. antara lain 7S *rth!paedi dan r!tese S!l! telah . menempatkan d!kter ahli. Selain itu untuk memenuhi keperluan !bat-!batan bagi 7S6 &abupaten4&!dya melalui 3npres sebesar terendah 7p.-4penduduk 7p. 7S pendidikan dan /:= 7S6 &abupaten4&!dya leng-kap dengan sarana gedungnya. perawatan. disediakan tambahan bantuan !bat-!batan 7p. /@.p!liklinik. lab!rat!rium.<>>. usaha melalui meningkatkan pr!gram pelayanan telah r!pinsi. penambahan daya listrik. Dalam kesehatan. cepat disediakan bantuan peralatan untuk ? 7S /.Aika juta r!gram Bantuan dengan untuk 7S6 batas setiap tersebut Sarana &esehatan diberikan bantuan !bat-!batan &abupaten4&!dya.hari4tempat tidur. pembangunan gedung dapur dan cuci lengkap dengan peralatan-nya./>>.

angerang. agar 7S tersebut mampu sebagai 7S rujukan puncak bagi 7S6 dan 7S &husus tingkat lebih rendah. radi!l!gi. $isi!therapy dan lain-lain serta penyediaan tersebut pelayanan dimaksudkan kesehatan untuk dan untuk melengkapi gedung tersebut. gedung bedah. dimulai dalam ersiapan dan pembangunan andang telah tahap pertama 7S6 &usta 6jung 123334/9 . bangsal peralatan media emindahan bagi meningkatkan rehabilitasi perawatan. dilakukan peningkatan 7S &usta Sitanala . 7S &usta Sungai &undur dan 7S &usta lainnya. penderita cacat.dipindahkan dari Aebres ke abelan Surakarta. tahap emindahan tersebut sudah dalam tahapbengkel penyelesaian dengan pembangunan gedung-gedung alat tubuh palau 8pr!tese%. 6ntuk meningkatkan pelayanan penderita kusta.

erah . cabangDalam cabang +3 diharapkan dapat cepat diberikan bagi pert!l!ngan . Swasta yang bantuan tersebut bersangkutan berkewajiban menyediakan lebih dari <@B tempat tidur bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah dan tidak mampu.ingkat penyediaan dapat membuka cabang-cabangnya di daDegan yang tersebarnya memerlukan.5 7S Swasta dan alat-alat media untuk 9./4. sarana bahan untuk lab!rat!rium.<. darah. Di samping itu 7S +ata #icend! Bandung ditingkatkan pula peralatan.< telah disediakan bantuan ambulans kepada ./4.tahun /:. ambulans. Bantuan kepada alang +erah 3nd!nesia diteruskan dalam bentuk peralatan trans$usi serta 33. Dalam tahun /:. gedung dan mutu tenaganya sehingga dapat memenuhi $ungsiya sebagai 7S pendidikan d!kter ahli mata serta 7S rujukan penyakit mata. Bantuan kepada 7S Swasta diteruskan dan ditingkatkan. 7S Swasta. sehingga 7S tersebut lebih mampu memberikan Dengan pelayanan kepada 7S masyarakat.

G 86saha . maupun bedah mulut 8!ral surgery% sederhana. peningkatan ketrampilan4kemampuan serta pr!duktiHitas kerja tenaga teknis dan sebagainya. dilanjutkan !rganisasi kegiatan-kegiatan manajemen rumah penyempurnaan sakit. !bat-!bat. .< antara lain dilaksanakan peningkatan kesehatan gigi di /. pengumpulan data pelayanan kesehatan 8medical rec!rd% untuk lap!ran pencatatan dalam usaha standardisasi baik gedung. baik dalam bentuk &GB 8&linik Gaya Baru% dan 6. pengembangan sistem rujukan. peralatan media dan n!n medis.eknik Gigi%./ 7S. peningkatan serta pembinaan agar masyarakat turut serta secara aktip.an.rangka rumah meningkatkan pelayanan kesehatan di sakit./4. berpenghasilan kegiatan pencegahan. Dalam tahun /:. 6saha peningkatan kesehatan gigi ditujukan untuk meningkatkan kesehatan pada status gigi kesehatan bagi yang masyarakat melalui pemerataan dan peningkatan pelayanan masyarakat ditekankan khususnya rendah.

Dalam tahun /:. gigi diperlengkapi yang dengan dan emenuhan kebutuhan pada alat uskesmas kesehatan guna sederhana.=< uskesmas. 123334/@ .6&GS di =9 SD dan usaha pencegahan penyakit gigiIdi . Dalam usaha memberikan pelayanan berdayaguna berhasil dilakukan surHey gigi pada /@ r!pinsi. enempatan d!kter gigi tersebut diperlengkapi dengan peralatan gigi4peralatan gigi sederhana 8dental tenaga eJuipment% perawat agar dapat melaksanakan juga gigi telah pelayanan dengan baik.< ditempatkan <<? d!kter gigi pada 7S-7S unit pelayanan kesehatan lain dan => d!kter gigi pada uskesmas.uskesmas./4.

penyembuhan.>>> !rang gelandangan tersebut @. eningkatan penyembuhan usaha dalam tahun pencegahan /:. menanggulangi Dari jumlah uskesmas. 7umah Sakit. dan Dalam pasung../5> kegiatan penyuluhan kesehatan jiwa.< dan dilakukan berupa /. Dalam rangka merehabilitasi penderita suatu team yang terdiri dari d!kter jiwa4psik!l!g . pelayanan dengan integrasi melalui uskesmas dan 7umah Sakit 6mum. khususnya usaha pencegahan. rehabilitasi mental. pasien mental di- dilakukan penanganan .> antaranya perlu mendapatkan perawatan. &egiatan itu meliputi pelayanan melalui 7umah Sakit Aiwa yang telah ada. Selain itu penyuluhan penyaringan dan kunjungan mental ke dan rumah-rumah. penanggulangan payk!tik gelandangan dan pasung.=.embinaan kepada peningkatan kesehatan upaya pasien jiwa dititik beratkan mental. integrasi kesehatan jiwa di //: 7S6. dan ?./4. penanganan cacat masalah pasung.

tanah pertanian dan lain sebagainya. dan peralatan medis khusus untuk kesehatan jiwa. 6n-tuk rehabilitasi mental disediakan $asilitas industri4beng-kel. embangunan4penyelesaian . khususnya ge-dung perawatan p!liklinik.engah%. !rang. elayanan kesehatan jiwa disamping dilaksanakan melalui integrasi pelayanan pada 7umah Sakit 6mum yang ada. dilakukan pula melalui peningkatan $asilitas pelayanan pada 7S jiwa antara lain dengan penambahan tempat perawatan. 7S Aiwa &endari 8Sulawesi ekan Baru 87iau%. 7S Aiwa 7S Aiwa alu 8Sulawesi ./>.enggara%. lab!rat!rium.mengadakan kunjungan ke rumah-rumah untuk memberikan peng!batan dan k!nsultasi lebih lanjut kepada =.< dilaksanakan melalui penataran dan seminar4l!kakarya. air bersih./4. eningkatan mutu petugas dalam tahun /:. daya listrik. 7S Aiwa . ketrampilan industri pertanian.

peralatan dapur.<<9 7S dengan />>. Dalam ta hun /:.>4. 7S dengan :.Aambi dan 7SA +aluku diteruskan.< naik menjadi /.. yang tergambar pada pertambahan jumlah tempat tidur.@95 tempat tidur. dan tempat perawatan. 7SA Surabaya. seperti 7S Aiwa +ent!k ke Sungai )iat. 7SA Semarang dan 7SA Banjarmasin./4. 6ntuk meningkatkan sarana dilakukan perbaikan gedung-gedung.< jumlah 7umah Sakit 6mum dan 7umah Sakit &husus 87S&% serta daya tampungnya terus meningkat. 7SA +edan. dan dalam tahun /:.<>./4.:?= tempenambahan4perbaikan penambahan4perbaikan . 7S Aiwa Banda (ceh. Sampai tahun /:./ tercatat /. Selain itu 7S Aiwa yang tidak memenuhi persyaratan dipindahkan.

123334/= .

/4.3D67 8.. /:?..(B.4?: C /:. .+B(NG(N A6+)(H 76+(H S(&3.7&. dari <5 7S6 8/> 7S6 Baru dibangun .< /% diperhitungkan kapasitas .) 12333 C 9 ..+ (..%. 87S% D(N .

7&. ../4.< dan / 7SA dibangun tahun /:?:4.< . 7S Departemen erhubungan dan 7S Departemen &ehakiman 123334/? G7(03& 12333 .>% @% 7S yang diusahakan di luar Departemen &esehatan =% (ntara lain 7S ertamina.>% <% Belum diperhitungkan Belum diperhitungkan kapasitas .>4. dari 5 7SA 8< 7SA baru dibangun tahun /:.. dari /5 7S6 Baru 5% Belum kapasitas .tahun /:.+B(NG(N A6+)(H 76+(H S(&3../ dan /5 7S6 yang dibangun tahun /:?:4. 7S Departemen ertambangan. dari / 7SA 87umah Sakit Aiwa% Baru 9% Belum diperhitungkan kapasitas .

4?: .3D67 8./4.0+ (. /:?./:. .87S% D(N .< ..%.

.

- .123334/.

9. )ab!rat!rium dilengkapi4ditambah r!pinsi dan /< /? Balai )ab!rat!rium &esehatan.< telah dibangun 5 Balai )ab!rat!rium &esehatan./4. enggalakan peran serta masyarakat dalam usaha derajat melalui Desa memperluas kesehatan 8 &+D%.abel 12333 . serta peningkatan kemampuan pemeriksaan peningkatan kemampuan tenaga. dikembangkan sistem rujukan di <? Balai &esehatan r!pinsi dan lain-lain. jangkauan masyarakat. erkembangan jumlah 7umah Sakit dan tempat tidur dapat dilihat pada .pat tidur. Dalam tahun /:. pemantapan rujukan bahanpemeriksaan lab!rat!rium 8apecimen%. )ab!rat!rium peningkatan bahan kesehatan yang merupakan melalui sarana penunjang yang sangat penting untuk pelayanan ditingkatkan penambahan sarana. &esehatan swadaya pelayanan dilaksanakan +asyarakat kat masyara kesehatan untuk meningkatkan mutu hidup serta embangunan 6paya .

r!pinsi yang meliputi :> uskesmas di <<@ &+D./4. 6ntuk itu telah dilatih sekitar 9. &egiatan masyarakat desa disalurkan !leh pr!kesa serta dibimbing dan diawasi !leh tenaga perawat kesehatan atau yang berkedudukan di uskesmas uskesmas embantu. (gar usaha desa. dan sekt!r-sekt!r yang bersangkutan dalam pembangunan desa.>>> pr!kesa dalam usaha penyempurnaan .< telah mencapai /< r!pinsi dengan </ &abupaten terdiri dari /@9 &ecamatan dan @>> uskesmas. dan dalam tahun /:. 6saha ini dikembangkan lebih lanjut di /. engembangan ke tahun terus meningkat. antara desa &egiatan-kegiatan lain dan peman$aatan sebagai peman$aatan 8pr!kesa% meliputi kesehatan sukarelawan. !leh petugas tingkat kecamatan. Se!rang perawat kesehatan dari <> uskesmas => diharapkan dapat membimbing pr!kesa4pr!m!-t!r &+D dari tahun kesehatan desa.did!r!ng agar mau men!l!ng diri sendiri dalam peningkatan tersebut pr!m!t!r kesehatan kesehatan. pengumpulan dan lain-lain.

dan memberikan pelayanan dan tindak lanjut kepada indiHidu4keluarga.>>> keluarga. dan pada 123334/: . embinaan perawatan kesehatan masyarakat dilaksanakan melalui kunjungan dengan secara rumah dan kel!mp!k khusus masyarakat secara teratur dan berkesinambungan bimbingan kesehatan memberikan intensi$ kepada indiHidu4keluarga. Sampai tahun /:.ini berhasil.>4. pemantapan k!nsepsi terus ditingkatkan demikian pula kerjasama serta k!!rdinasi lintas sekt!ral. dengan membina =@. mengadakan kunjungan secara berkala.>>> buah panti-panti asuhan./ kegiatan perawatan kesehatan uskesmas. masyarakat telah dilaksanakan di =<9 @.

emberantasan enyakit +enular emberantasan penyakit menular bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan.b. Dalam penyakit usaha menular menanggulangi tersebut pemberantasan kriteria ditetapkan dalam menentukan pri!ritas sebagai berikut : /. (danya kesakitan dan atau kematian yang tinggi" . Berhaailnya pemberantasan penyakit yang menular akan sangat menunjang pr!ses dan lancarnya pembangunan. &ebijaksanaan ditempuh menular maupun rantai dan dalam represai$ penularan manusia pemberantasan baik secara melalui dengan penyakit dilaksanakan penyakit preHenti$ mata tindakan memutuskan terhadap lingkungan penular 8Hekt!r% penyakit 8immunisasi. penyuluhan dan lain-lain%. kematian dan lain-lain akibat penyakit menular dalam usaha perbaikan dan peningkatan kesehatan masyarakat. peng!batan.

/4.< dari penyakit menular Health 7egulati!n 83H7% atau termasuk dalam ruang lingkup 66 -abah dan tahun adalah merupakan sebelumnya. +eyerang daerah-daerah pembangunan ek!n!mi" @. tahun-tahun Sasaran pemberantasan dikel!mp!kkan dalam dua kateg!ri sebagai berikut : kh!lera4muntah berak enyakit-peyakit . . +enyerang g!l!ngan anak-anak dan tenaga kerja usia pr!dukti$" 5. &egiatan dalam kelanjutan pemberantasan /:. (danya met!d!l!gi yang berdayaguna dan berhasilguna untuk pemberantaaannya" =.<.B# yang termasuk dalam pri!ritas 3 adalah : +alaria. 8gastr!enteritis%. +eryerang penduduk daerah pedesaan atau penduduk yang berpenghasilan rendah di daerah perk!taan" 9. (danya ikatan perjanjian internasi!nal seperti 3nternati!nal &arantina.

paru. kepada dan pr!pinsi penyakit usaha menanggulangi dan4atau malaria wabah emberartasan penderita dititikberatkan menurunkan yang terjadi di Aawa-Bali. jumlah kabupaten. penanggulangan wabah dan penyediaan air bersih. berdarah. usaha kesehatan haji penyehatan lingkungan kegiatan yang lebih pemukiman . menular. pusat. dan dan penyakit ri!ritas 33 adalah demam kaki gajah penyakit 8$ilariasis%. 6paya pemberantasan penyakit menular diintegrasikan beberapa dalam uskesmas. penyakit demam ke!ng 8achiat!s!miasis%. patek kelamin. . dan kecuali kegiatan yang masih memerlukan penanganan secara khusus dilaksanakan seperti !leh tingkatan tinggi. immunisasi. karantina telah pengamatan dan serangga penyakit kusta.

123334<> .

< telah dilaksanakan pengumpulan dan pemeriksaan terhadap sekitar :. . Dalam tahun /:.< juta sediaan darah dan pem-berian !bat kepada sekitar :.melindungi penduduk yang telah kebal dan yang berpindah tempat tinggal dari Aawa-Bali. maka terdapat penurunan jumlah penderita di daerah !perasi pemberantasan penyakit malaria yang berjumlah ?@././4. menurunkan jumlah penderita di daerah yang keadaan s!sial ek!n!minya relati$ lebih rendah.= juta buah rumah. pemukiman baru.>4. Aumlah penderita malaria luar AawaBali sekitar =>. (pabila dibandingkan dengan tahun /:.5 juta penderita tersangka malaria. dan penyempr!tan terhadap sekitar 5. &egiatan pemberantasan serta pencegahan penyempr!tan pengumpulan sediaan darah dan peng!batan penderita di daerah endemis. di daerah transmigrasi meliputi serta di daerah nunah.?=< !rang.>>> !rang.

Aumlah penderita yang ditemukan sebanyak @.< dilakukan melalui surHai dan telah diperiksa /<=. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya kegiatan.?/ !rang./4./4.>>> !rang penderita.<B 8/:.>4.>.. dan menyempr!t <.< usaha pemberantasan penyakit rabies dilaksana-kan melalui pengumpulan dan . dan <>: !rang atau 5.9>> rumah dengan penggunaan racun serangga abate 8aplikasi abate%. Dalam tahun /:./% terdapat peningkatan terutama di daerah-daerah transmigrasi.6saha-usaha pemberantasan penyakit demam berdarah 8arb!Hir!sis% pada tahun /:.>>> rumah di daerah wabah./%.>>> sediaan darah malam 8diambil pada waktu malam hari% serta dilakukan peng!batan terhadap <:5. 8/:.=B diantaranya meninggal./4.>4.< telah dilaksanakan dengan memberantas jentik nyamuk pada :. emberantasan penyakit kaki gajah 8$ilariasis% pada tahun /:. Dengan demikian terjadi penurunan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan angka kematian 9.:.

di!bati <?9 !rang tersangka.@5@ !rang yang digi-git !leh hewan tersangka rabies.? 123334</ .:> Di bidang pemberantasan peyakit pes untuk k!n$irmasi lab!rat!rium. Dalam usaha pemberantasan penyakit Demam &e!ng 8Schist!s!miasis%.pemeriksaan . dan dikumpulkan sediaan enderita pes terakhir ditemukan pada tahun /:?>. dan juga peng!batan terhadap />./4. -alaupun demikian upaya pengamatan 8surHeillance% terus dilaksanakan karena diperkirakan masih ada kuman penyebab penyakit pes pada hewan 8timus%. sediaan tersangka rabies.?.< dilakukan surHai terhadap /=/ ek!r tikus. pada tahun /:. .?. dan sampai sekarang penderita pes belum pernah ditemukan lagi. =?9 ke!ng dan =. emberantasan rabies pada hewan juga dilakukan dengan memberikan Haccin pada hewan yang ada di dua pr!pinsi 8&alimantan .engah dan Sulawesi 6tara%.

:>@ !rang penderita.< meli-puti aru pada tahun dahak dari melalui surHai dan pemeriksaan dilakukan di ke!ng. emberantasan penyakit . .=>> !rang penduduk dan peng!batan 5>. Aawa pemeriksaan <@9./4.B# /:. emberantasan daerah endeinis Nusa .engah% yang merupakan daerah endemis. Bila dibandingkan dengan kegiatan tahun /:./ terdapat peningkatan kegiatan. pemberantasan dititik beratkan pada pencegahan penyebaran ke tempat-tempat lain di Sulawesi .specimen tinja serta tindakan peng!batan selekti$ terhadap /.::9 !rang penderita. Aumlah penderita yang di!bati tersebut belum mencakup penderita yang di!bati di Balai eng!batan enyakit aru dan di rumahrumah sakit.enggara Barat dan.>4 . elaksanaan kegiatan tersebut dilaku-kan di sekitar danau )indu 8Sulawesi .engah. 6saha pemberantasan penyakit antrak dilaksanakan specimen Barat.

Dari hasil pemeriksaan itu telah di!bati secara teratur />?.ri!ritas pemberantasan penyakit dan pencegahan penyakit kelamin diarahkan di k!tak!ta besar dan daerah pelabuhan.??. +aluku.= juta penduduk.@ juta anak sek!lah dan 9<<./4.>>> />=.. terutama yang seperti kepada daerah-daerah Sulawesi.S sekitar 9<@. emberantasan diarahkan mempunyai angka penyakit kesakitan kusta tinggi.< telah diberikan sekitar 9. penemuan =.9=: !rang penderita . Dalam tahun /:. rangka pemberantasan penyakit $ramb!esia pada /:. .9@ sediaan darah 8G>% dan S.< telah dilakukan pemeriksaan terhadap sekitar 9. 3rian Aaya dan daerah-daerah lainnya . serta peng!batan terhadap <99.< telah dilakukan pemeriksaan terhadap @?. penderita serta peng!batan terhadap Dalam penyakit kelamin.@> !rang k!ntak 8!rang yang mempunyai hubungan dengan penderita%./4. Dalam tahun /:. penderita penyakit menular./4.<99 penderita.5@< tahun sediaan.

l!kasi. di daerah-daerah ada tahun /:.< upaya pem- berantasan penyakit cacing tambang dan parasit perut lainnya telah ditingkatkan di /.termasuk penderita kr!-nis lainnya. emberantasan penyakit cacing tambang diarahkan kepada daerah-daerah yang mempunyai angka kesakitan tinggi misalnya pertambangan. di rumah sakit kusta mereka yang diberikan perawatan dapat kesehatan mencari khusus dan juga dipersiapkan untuk direhabilitasi sehingga bersangkutan na$kah sendiri. 123334<< . Selain peng!batan jalan bagi penderita yang memerlukan perawatan./4. pr!pinsi. &egiatan- kegiatan penunjang lainnya berupa sur-Hai di />= kecamatan dan eHaluasi hasil peng!batan di .

+B(NG(N 6S(H( .NE(&3.7(N. /:?./4.N#.) 12333 C @ ..(S(N D(N .G(H(N .N6)(7.7&.(B.4?: C /:.+B.< D% emberian Haksinasi dilakukan ketika masih bayi . +.

123334<5 .

Dalam tahun /:.< berturut-turut /=> kesmas dan <=< telah ada /. Secara keseluruhan uekesmas peng!batan dilengkapi cairan dengan in$us dan garam diare./4.:. 6ntuk itu telah ditingkatkan penemuan peng!batan melalui timbulnya peningkatan wabah kewaspadaan 8surHeylance% (gar dalam uskesmas usaha penanggulangannya./ /:.>. gai pusat rehydrasi merupakan unit terdepan dapat ber$ungsi sebapelayanan peralatanuskeemas yaitu tahun usdan bertahap.< telah dilaksanakan .>4-. tersebut dalam eningkatan secara peralatan4perlengkapan yang ada di dilaksanakan tahun /:?:4. kesehatan.emberantasan penyakit kh!lera4muntah berak 8gastr!eteritis akuta% dalam jangka pendek masih tetap ditujukan untuk mencegah sejauh mungkin dan kematian penderita penderita kh!lera4muntah sedini mungkin akan serta yang berak. /:./4. maka pe-ralatan-peralatan yang ada ditingkatkan. /=: yang uskesmas.= dengan peralatan uskesmas.

@B% dibanding tahun /:. !rang penderita.?B%. enurunan pr!sentase tersebut disebabkan berbagai hal antara lain :peningkatan sarana pencegahan dan pemberantasan. maka upaya pemberian kekebalan terhadap anak-anak terus ditingkatkan.>4..> 89. 6ntuk mencegah penyakit seperti diptheria. campak dan tbc-paru. 3ni berarti bahwa angka kematian menurun dan relati$ kecil 8<.B% dan tahun /:?:4. p!li!. tetanus. dengan kematian ?>. tetanus pada bayi 8ne!nat!rum%./4.peng!batan terhadap sekitar <..< . Dalam tahun /:. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah meminta meningkatnya peng!batan jumlah kesadaran bagi masyarakat serta yang untuk melap!r apabila terjadi wabah dan cepatnya penderita./ 85. peningkatan penyuluhan pada masyarakat serta sanitasi lingkungan yang lebih baik. batuk rejan. penduduk meningkatnya meman$aatkan air bersih.5>> penderita4tersangka penderita.

kurang Hitamin (. khususnya kurang kal!ri pr!tein 8&& %. c.dilakukan Haksinasi B#G terhadap <..95> anak /.@ juta anak. . p!li! untuk Haksinasi D . erbaikan Gi'i 6saha perbaikan gi'i diarahkan untuk melanjutkan dan memperbaiki usaha peningkatan status gi'i mesyarakat dan usaha pencegahan serta penanggulangan masalah gi'i. Haksinasi D.?=: anak. juta anak.S terhadap 5@. anemia gi'i besi 123334<9 dan g!nd!k endemik dengan mengikutsertakan masyarakat secara akti$.. . terhadap /.=55 mencegah penyakit campak 8measles% terhadap 5. Haksinasi terhadap Haksinasi Haksinasi terhadap :9. serta ibu hamil.@>> anak.:>/.

?@>.erpadu dan 3ntensi$. Sekitar <. sasaran dan menyelamatkan penduduk anakanak yang menderita && tingkat ringan dan sedang.>>> anak balita makanan tambahan. melalui 6saha erbaikan sama Gi'i &eluarga 86 G&% yang bekerja dengan berbagai instansi dan dengan peran serta masyarakat.erpadu dan 6 G& 3ntensi$. Dalam tahun /:. diantaranya mendapat r!pinsi.>4.=:< 6 G& .>>>. dengan berpenghasilan kel!mp!k rendah serta penduduk di daerah rawan pangan.< kegiatan 6 G& dilaksanakan di /<.ujuan utama adalah untuk memulihkan anak yang menderita gi'i buruk dari kematian atau cacat./ dilakukan kegiatan di :. dan ?>. dalam tahun /:. Dalam usaha menurunkan jumlah penderita && ./=@ diantaranya mendapat makanan tambahan masing-masing berjumlah 5.>>> anak balita tercakup dalam pr!gram 6 G& .>@= desa dari <? yang tercakup 6 G& dalam pr!gram ??.@== !rang./4..:/? desa dari <= r!pinsi. 3bu hamil dan ibu menyusui . Sekitar <.

imur% dan tahun 8Nusa /:?:4.> dilaksanakan di &abupaten B!j!neg!r! &abupaten .6.% melalui 6 G& kepada /. 3ntensi$ sebagai 6 G& daerah perintisan 8pil!t pr!yek% dalam rangka menyempurnakan 8Aawa . &abupaten Gunung&idul 8Daerah 3stimewa E!gyakarta%.>>> anak berumur / . &!!rdinasi 6 G& dilaksanakan Departemen &eluarga Departemen Badan dan di Nasi!nal perc!baan dalam )!mb!k ertanian. 6 G& .yang mendapat makanan tambahan !leh masing- masing berjumlah /./ telah didistribusikan kapsul Hitamin ( d!sis tinggi 8<>>.>>=.enggara Barat%.>4.erpadu &esehatan.>>>43. pada tahun /:.asikmalaya 8Aawa Barat% dan &abupaten *gan &!mering 3lir 8Sumatera Selatan%.>?9 dan /.>4. &abupaten . Dalam usaha pencegahan kebutaan sebagai akibat kekurangan Hitamin (. Berencana pr!yek yang Departemen (gama serta swadaya masyarakat. Selain itu secara khusus didistribusikan Hitamin ( d!sis tinggi di daerah .?99 !rang.9 tahun. pada tahun /:./ diperluas ke &abupaten Gianyar 8Bali%.

5<@ anak di r!-pinsi Nusa .9 tahun. Dalam tahun /:./4.=:@ anak di r!pinsi Daerah 3stimewa (ceh.. /5@. /><./=9 anak di 123334<@ .rawan Hita./ sebanyak @=@. //=../4.< didistribusikan kapsul Hitamin ( d!sis tinggi tersebut juga melalui 6 G& kepada /.=<5 anak di r!pinsi r!pinsi Sulawesi Selatan. 6ntuk tahun /:. distribusi Hitamin ( tinggi 8angka secara khusus kepada dan ?.>>> anak d!sis anak berumur / .@>> anak di r!pinsi Sumatera 6tara..>4.?@<.<.enggara Barat.min (. Di daerah rawan Hitamin ( dalam tahun /:.55 anak berumur / 9 tahun diberi Hitamin ( d!sis tinggi dengan perincian =5.=:< anak di Sumatera Selatan dan /9?.<=@ sementara% berturut-turut dilaksanakan untuk @=.

5.. Selatan.5@: anak di r!-pinsi Sulawesi r!pinsi Sumatera Ba.@@> anak di di r!pinsi +aluku.r!pinsi Daerah 3stimewa (ceh. di Sumatera 6tara. Dalam tahun /:.< dilaksanakan penyuntikan lipi!d!l di <5 pr!pinsi terhadap ?>>. =. anak di r!pinsi Sumatera 6tara./4. yaitu emeriksaan kadar y!dium dalam Barat.engah dan Sulawesi 6tara.enggara Barat.rat. emetaan daerah g!nd!k telah dilaksanakan di // pr!pinsi./ /. emetaan daerah ..:5.::. <<?.@:? anak di 5>.engah dan Sulawesi 6tara.=<> anak di r!pinsi Sumatera Selatan. 55?. )anjutan pemeriksaan kadar y!dium dalam urine penduduk dilakukan di 9 pr!pinsi yaitu Sumatera Barat. r!pinsi Bengkulu dan 9>. di Aawa .>4. Aawa urine penduduk masih dilakukan di 9 pr!pinsi Sumatera .:?? anak di r!pinsi Nusa .>>> anak dalam r!pinsi dilaksanakan melalui penyuntikan dengan larutan terhadap penduduk. @>.==:.:5 penduduk 8angka sementara%. Sumatera 6tara. 6saha g!nd!k y!dium pencegahan endemik di << dan penanggulangan tahun /:.

g!nd!k diperluas ke = pr!pinsi lainnya, yaitu Aambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, 7iau, Nuaa ,enggara pr!pinsi. 6saha terhadap pencegahan sekitar gi'i. dan penanggulangan ibu hamil lewat Barat dan Nusa ,enggara ,imur, aehingga pemetaan telah dilaksanakan di /?

anemia gi'i besi da-lam tahun /:;>4;/ dilakukan 9@>.>>> Dalam kegiatan 6 G& yang diintegrasikan dalam paket pert!l!ngan tahun /:;/4;< dilaksanakan pencegahan dan penanggulangan anemia gi'i besi kepada sekitar =><.;>> ibu hamil melalui kegiatan 6 G& yang juga diintegrasikan dalam paket pert!l!ngan gi'i. d. eningkatan enyediaan (ir Bersih 6ntuk tempat-tempat yang angka kesakitan penyakit wabah k!lera atau penyakit perut lainnya tinggi terutama pada daerah pedesaan dan perk!taan yang sulit memper!leh air bersih dan memenuhi syarat kesehatan dilakukan usaha

peningkatan air serta

penediaan

air

bersih

.

Selain dari

tersedianya air yang cukup, pengawasan mutu usaha melindungi Di masyarakat penggunaan air yang tidak memenuhi syarat terus jumlah ditingkatkan. sarana air samping yang penambahan tersebar di minum

seluruh daerah, juga dilakukan penyuluhan akan arti hidup sehat dengan melalui pengadaan air bersih. Dalam tahun /:;>4;/ melalui 3npres Bantuan Sarana &esehatan untuk membangun sarana penyediaan 123334<= r!gram dana

disediakan

air bersih yang terdiri dari /@> penampungan mata air dengan perpipaan 8 %, @>> penampungan air hujan 8 (H%, <>> perlindungan mata air 8 +(%, @>.>>> sumur p!mpa tangan dangkal 8S ,D&%, dan <.@>> sumur p!mpa tangan dalam 8S ,D)% dan pada tahun /:;/4;< diusahakan pembangunan /@> +(, =.>>> , @> S(, @>>

(H, =.>>> S , dalam, =>.>>> S ,

dangkal dan 5.>>> sumur gali dengan jumlah keseluruhan ?@.?>> sarana air minum. Selain melalui dana 3npres dibangun pula sekitar =>> jenis sarana air minum yang tersebar di seluruh 3nd!nesia antara lain di /> daerah pengembangan : +adura, 3ndramayu, Gunung &idul, )!mb!k, ,aburana, G!a, asaman, -ay (bung dan Gr!b!kan.(gar pembangunan sarana air bersih tersebut mencapai dayaguna yang setinggi-tingginya, khususnya pembangunan S( dan l!kasi , (H telah diadakan penilaian4surHai di pembangunan yang tepat dan dapat

/?@ l!kasi secara seksama agar dapat ditetapkan ditetapkan jumlah kebutuhan biaya yang tepat

pula. 6ntuk mempercepat dan memperlancar

pembangunan sarana air minum tersebut, telah disediakan pula dana untuk pengadaan peralatan yang diperlukan misalnya alat pengeb!r 8hydradril%, alat surHai, disain perpipaan, alat pemeriksa air 8water testkid% dan lain-lain. artisipasi dari masyarakat pemakai bangun Daerah !rganisasi menjadi adalah sangat menentukan, jawab ta emerintah embinaan penyuluhan

!leh karena itu sarana yang telah selesai di tanggung serdan masyarakat setempat. masyarakat

kesehatan masyarakat untuk mengel!la sarana penyediaan air bersih yang telah dibangun terus ditingkatkan. Di samping itu untuk keperluan us-kesmas kerusakan pemeliharaan agar sarana yang dibangun tetap baik dan ber$ungsi, petugas sanitasi di mengadakan kecil. perbaikan bila terjadi dilengkapi dengan alat perbaikan sederhana untuk

pengawasan hygiene tempat-tempat umum. 6ntuk itu dalam tahun /:. enyehatan lingkungan pemukiman eningkatan tara$ kesehatan dengan masyarakat mend!r!ng dan cara sangat dipengaruhi !leh usaha-usaha peningkatan penyehatan un-tuk lingkungan masyarakat desa dan k!ta berpenghasilan rendah mewujudkan rumah pengadaan tinggal yang pembangunan memenuhi persyaratan kesehatan.>>> 8multiple sanitasi terkena pembangunan jamban peningkatan perumahan dan tempat yang diduga pencemaran lab!rat!rium dan pa-da dilakukan Balai pemeriksaan )ab!rat!rium &esehatan./4.< dilakukan termasuk l!kasi. inHentarisasi lingkungan .e. latrine% pemeriksaan k!lam di :> renang l!kasi. pengawasan dan pemeriksaan tempat-tempat pembuatan. tempat-tempat pada sekitar jamak umum /?. peyimpanan4penjualan dan penyajian makanan dan minuman.

123334<? .

serta instalasi peng!lahan buangan pada unit pelayanan peng!lahan. &egiatan penyuluhan kesehatan dilaksanakan dengan menggu-nakan pendekatan edukati$. na yang 6ntuk pembinaan met!de. rumah sakit. lingkungan. $. eryuluhan &esehatan enyuluhan kesehatan masyarakat ditujukan untuk menjadikan hidup cara hidup sehat sebagai sehari-hari. dalam dan kel!mp!k kebiasaan masyarakat kesehatan serta dan peningkatan pencemaran pengawasan menggerakkan indiHidu masyarakat agar meman$aatkan $asilitas serta pelayanan kesehatan yang telah tersedia dan mengembangkannya serta mengikut serta kan masyarakat dalam usaha-usaha kesehatan. teknik dan saramenjalankan tugasnya diterapkan !leh semua petugas kesehatan dalam masing-masing. . mencapai tujuan tersebut penyuluhan kesehatan dilaksanakan melalui uskesmas.

>>> desa dan melalui media massa .</@ desa. &egiatan penyuluhan kesehatan dilakukan juga malalui /? rumah sakit. . Dalam tahun /:.media massa baik yang m!dern maupun yang tradisi!nal dan alat4lembaga k!munikasi lainnya. dan melalui media-media massa .naga penyuluh./: sekitar <. Dalam tahun /:.> kegiatan. Disamping itu penyuluhan kesehatan diintegrasi. pers yang meliputi sekitar <. buku pegangan te. pers yang meliputi <?.2.2../4.>4.<<5 kegiatan.@. alat bantu atau alat peraga dan lain-lain ditingkatkan pula agar pelaksanaan penyuluhan kesehatan dapat berjalan umum dan sek!lah 8pendidikan% .< penyuluhan kesehatan dilakukan melalui /. rasarana penyuluhan berupa selebaran. radi!. radi!./ dilaksanakan uskesmas di penyuluhan kesehatan melalui .kan ke dalam kurikulum sek!lah kesehatan.@?= uskesmas.

. makanan dan lainnya merupapengawasan penggunaan kan usaha untuk melanjutkan. !bat.dengan lancar. 123334<. pr!duksi. g. k!smetika dan alat kesehatan serta pengawasan terhadap penyalahgunaan nark!tika dan bahan !bat berbahaya lainnya. engawasan *bat. peredaran dan dan meningkatkan dan memantapkan usaha-usaha makanan minuman. +akanan dan sebagainya &ebijaksanaan dibidang !bat.

+eningkatkan kegiatan penda$taran makanan dan sebagaima untuk mendapatkan kepastian mengenai keamanan. c% +eningkatkan pembinaan d% badan distribusi. berbahaya lainnya pencegahan !bat dan kegiatan pemeriksaan pr!duksi tehadap badan . e$ektip dan penyebarannya makin merata dengan harga yang terjangkau !leh daya beli masyarakat banyak. !bat usaha nark!tika. dan dan dan !bat. e% +eningkatkan penyalahgunaan psik!tr!pika. baik yang perundang-undangbadan pr!duksi maupun ped!man pelaksanaan yang meliputi persyaratanpersyaratan badan distribusi. khasiat. nilai gi'i atau kegunaan serta standar mutu.Dalam hubungan ini langkah dan sasaran yang ingin dicapai adalah : a% +engusahakan tersedianya !bat-!batan yang cukup aman. prasarana dan sarana pengawasan. b% +eningkatkan berupa peraturan usaha-usaha di bidang an.

ras. Sampai tahun /:. dan bagi !bat-!batan yang beredar dilakukan pemeriksaan dengan pengambilan sample untuk diperiksa di lab!rat!rium kesehatan.@>> !bat jadi pr!duksi dalam negeri dan .< talah terda$tar se-kitar ?. $% engembangan sistem pengendalian tentang akibat samping.haya lainnya. k!smetika dan g% +eningkatkan minuman.> !bat jadi pr!duksi luar negeri. peningkatan lab!rat!. !bat tradisi!nal. alat-alat kesehatan serta jenis dan mutu tenaga. nark!tika dan !bat-!bat berba.rium pemeriksaan serta sarana-sarana penunjang lainnya./4. Selain itu telah dilakukan pemeriksaan /5. Dalam usaha pengawasan !bat yang beredar maka untuk melindungi para pemakai diadakan penda$taran !bat standar untuk unit pelayanan kesehatan. kewajiban registrasi bagi !bat yang akan beredar.?/@ sample !bat yang beredar. . keracunan dan hal-hal lain yang disebabkan makanan !leh dan !bat.an.minuman ke.

123334<: .engadaan4pr!duksi makanan dan minuman pada dasarnya ha-rus disesuaikan dengan p!la k!nsumsi. dan harus pula diarahkan untuk mempertinggi kesehatan dan gi'i masyarakat. Dalam hubungan ini untuk melindungi k!nsumen telah diadakan wajibda$tar yang untuk sample 8registrasi% beredar bagi dan pr!duksi makanan pengambilan pemeriksaan lab!rat!rium bagi yang telah beredar. Di samping itu dilakukan pembinaan terhadap industri !bat yang beredar terutama cara-cara pr!duksi yang baik.

. penerbitan buku peman$aatan tanaman !bat tradisi!nal dan tanaman !bat keluarga. kegunaan dan keamanan penggunaannya. Dalam usaha bimbingan pengawasan telah dikunjungi =@ pabrik dan <: pedagang k!smetika.. Sebelum beredar dilakukan <?: perusahaan !bat penertiban antara lain dari tradisi!nal yang terda$tar telah diberi i'in pr!duksi . engawasan nark!tika dan dan !bat pembinaan berbahaya terhadap juga lainnya . &egiatan k!smetika tersebut pr!duksi meliputi dalam penda$taran negeri dan /.< diambil =5> pr!duk untuk diperiksa di lab!rat!rium.. Selain itu dilakukan penyuluhan jamu gend!ng. buah dan 5= perusahaan lagi masih dalam penyelesaian. 6ntuk pengambilan sample.embinaan khusus terhadap !bat tradisi!nal juga dilaksanakan./4. engawasan k!smetika dan alat kesehatan ditujukan agar k!nsumen mendapatkan k!smetika dan alat kesehatan yang terjamin mutu.<: /./9 pr!duksi luar negeri. dalam tahun /:.

sehingga unit pr!duksi industri $armasi semakin mantap dan mampu untuk mempr!duksi dan melaksanakan $ungsinya. pengeluaran terus dilanjutkan. dilaksanakan.< menunjukkan +DN dan /:: pabrik swasta angka yang tetap. yakni sejumlah /@5 buah. peri'inan. 5? Nasi!abrik hun /:. cara penyimpanan dan administrasi yang baik.ik./4. embinaan. Hal ini disebabkan karena . yakni sebanyak <=: 855 nal% dan juga pedagang besar $armasi adanya menunjukkan angka yang sama.<. menetapkan standar mutu yang baik dan lain-lain. Aumlah industri abrik $armasi pada ta+(. imp!rtir nark!tika bahan 6ntuk harus dan baku dan imp!r bagi serti$ikat penyalur dipersyaratkan memiliki i'in pula. bimbingan .dilaksanakan memper!leh memiliki psik!tr!pika ped!man dalam i'in dan tahun maka imp!r /:./4.erhadap dan eyempurnaan penyimpanan pengawasan diberikan terhadap sarana pr!duksi dan distribusi terus pr!dusen bimbingan kearah usaha cara-cara pr!duksi yang ba.

=.ahun /:. erkembangan industri !bat-!batan dapat dilihat dalam . mausat r!duksi 0armasi +anggarai diberi tugas mempr!duksi 1233345> . khususnya !bat-!batan selalu ka p!k!k4!bat essensial serta dapat tersedia !bat-!batan pada unit-unit pelayanan.abel 12333 .> berubah menjadi tempat melakukan pekerjaan ke $armasian serta tempat menyalurkan !bat kepada masyarakat. selain induatri $armaai swasta.masa transisi mengenai $ungsi ap!tik yang semula seba-gai tempat melakukan usaha-usaha dibidang $armasi kemudian dengan keluarnya n! <@ . Dalam usaha mengendalikan harga.

gudang penyimpanan tahun /:.< masing-ma.< telah dibangun 9: buah gudang !bat yang dilengkapi alat dan ruang pendingin dan alat-alat penyimpanan antara lain rak./ dipr!duksi tablet :. //.?@> juta ampul./4.>4. lemari . dan !bat yang ada tidak mutu.> juta butir.!bat-!batan &esehatan. kapsul @<. ==. Sejalan dengan itu untuk kelancaran distribusi dan tersedianya !bat-!batan didaerah.9. Dalam tahun /:.sing naik menjadi /. agar syarat menga-lami di setiap memiliki kerusakan !bat dan yang Dalam penurunan diusahakan memenuhi kabupaten4k!dya !bat. injeksi /<. p!k!k 3n- tersebut pres dalam rangka penyediaan !bat Bantuan Sarana Sejalan dengan meningkatnya bantuan. maka pr!duksi usat r!duksi 0armasi tersebut dari tahun ketahun terus mengalami kenaikan.@ juta ampul.>>> tube.@ juta tube. sedangkan dalam tahun /:.> juta butir dan salep ?>>.> juta butir dan /.> milyar butir./4.

enaga &esehatan . Dalam usaha memenuhi kebutuhan tersebut. endidikan dan endayagunaan .dan sebagainya. h. serta penggunaan dan pendayagunaan tenaga kesehatan. Dengan tersedianya gudang !bat tersebut diharapkan pengel!la-an !bat-!batan dapat dilakukan dengan lebih baik. pendidikan dan latihan.ujuan p!k!k pengembangan dan pembinaan tenaga kesehatan adalah untuk meningkatkan penyediaan jumlah dan jenis tenaga kesehatan yang dapat melakukan $ungsi untuk memenuhi kebutuhdan an pelayanan kesehatan masyarakat pengem-bangan serta meningkatkan pelaksanaan pr!ses pendidikan dan latihan yang sesuai dengan kebutuhan. unsur yang sangat penting antara lain meliputi kegiatan-perencanaan. Dalam usaha pengembangan pendidikan tenaga kesehatan perawat dipri!ritaskan pengembangan sek!lah tenaga perawat kesehatan melalui .

dan meningkatkan mutu Sek!lah Guru tersebut dalam tahun /:. tenaga sanitasi dan tenaga kesehatan lainnya antara lar!ntgen.< 1233345/ . akademi penata sek!lah menengah $armasi dan sebagainya./4. rawat gigi. tenaga gi'i. sek!lah menengah in sek!lah pengatur analis kesehatan. me-natar 6saha para pengajarnya. sek!lah perawat perawat spesialis lanjutan. jiwa.kesehatan. 8SG &%. 6ntuk dapat memenuhi kebutuhan perawat yang bermutu. maka sek!lah yang ada ditingkatkan jumlah erawat penerimaan &esehatan siswanya. akademi $isi!tlierapi. kebidanan. jurusan akademi perawat.

4?: C /:..= .H(.B.73B6S3 *B(.) 12333 .(N.-*B(.S.73 0(7+(S3 D(N S(7(N( D3S.) 12333 .7&.(B.N3S .? . ./4.(B.7( ( A.7&..+B(NG(N A6+)(H B.< 8!rang% .(N. /:?.N(G( &.+B(NG(N 3ND6S.

> Sek!lah . dan tenaga enjenang &esehatan Ditingkatkan menjadi tenaga perawat <% +eliputi (kademi erawat. (kademi Guru erawat4Bidan.enaga enjenang &esehatan tidak lagi menerima +urid baru.K /% +ulai tahun /:?:4. (kademi enilik &esehatan dan (kademi Gi'i 1233345< .

.

N3S .B.7&.5 .< ./4.N(G( &.G7(03& 12333 .(N. /:?..+B(NG(N A6+)(H B.S.7( ( A.4?: C /:.H(.

.

antara lain pada cabang keguruan 83&3 %. kesehatan masyarakat dan tehnik penyehatan.. engembangan tenaga pengajar dilaksanakan dengan mengirimkan tenaga-tenaga tersebut untuk mendapatkan ija'ah S/ dan S<. pengembangan sistem dan meth!de mengajar. enyempurnaan dan pengembangan kurikulum. Sejalan dengan usaha tersebut sarana pendidikan ditingkatkan dengan melakukan penyempurnaan dan .>> tenaga kesehatan dididik sek!lah4Balai )atihan &esehatan +asyarakat dan /< akademi. pengiriman tenaga penga-jar untuk memper!leh akta sebagi pengajar.12333455 telah menghasilkan yang sebanyak di <<? 9. penyempurnaan !rganisasi juga dilaksanakan untuk dapat menghasilkan tenaga bermutu yang sesuai dengan kebutuhan.

6ntuk perawat dapat memenuhi yang kebutuhan sangat tenaga kesehatan dirasakan kekurangannya. Denpasar dan < ( & di Surabaya dan Aakarta sudah dalam tahap-tahap penyelesaian sehingga segera dapat ber$ungsi.( dengan tambah an pendidikan selama / tahun pada /? Sek!lah erawat. Banjarmasin.>> !rang lulusan S). dalam tahun /:. pembangunan : S +enad!. Surabaya. ./4. sarana pendidikan. 6jung urw!kert!. .< dilancarkan pr!gram pendidikan cepat untuk mendidik tenaga pembantu paramedis sekitar . kerja. erawat &esehatan di pula penyelesaian andang dan Aakarta telah selesai dan Demikian H di +edan.anjung &arang.rehabilitasi melengkapi antara lain gedung-gedung peralatan dan lab!rat!rium. embengkel perpustakaan dan prasarana kerja lainnya. andang. bangunan Sek!lah Guru 6jung telah ber$ungsi. Bandung.enagatenaga tersebut setelah lulus diharapkan dapat mengisi kekurangan tenaga . sek!lah4akademi.

!rang.?%.abel 12333 .9>> d!kter. penataran perawatan bidan. berupa enataran itu antara &esehatan. penataran Bendaharawan r!yek. perawat pendidikan (kta./4.=:5 !rang bidan dan perawat 5@.< tercatat : /@. (DE( berbagai jenia tenaga4 keahlian di laksanakan sebanyak S. penataran +anagemea &esehatan tingkat &abupaten.=?. erkembangan jumlah beberapa jenis tenaga kesehatan sampai tahun /:. jumlah peserta 9. pendidikan perawat kesehatan untuk pr!gram kemahiran. . penataran d!kter penjenang kesehatan menjadi peningkatan kemampuan d!kter gigi.>@5 !rang 8.:<? !rang. Departemen &esehatan. Dalam penataran lain usaha meningkatkan /@/ kemampuan de-ngan S. penjenang kesehatan dan beberapa tenaga tingkat akademi dilingkungan kesehatan sekitar 9. 5?.S ( angkatan.uskesmas. pendidikan kesehatan. pr!gram uskesmas.pada uskesmas.

penataran para instruktur. 12333459 . penataran tenaga k!mputer.

tenaga pengel!la gudang. eningkatan pendayagunaan kesehatan dilaksanakan dengan cara menyebarkan tenaga kesehatan secara lebih merata serta melalui peningkatan kemampuan dan pr!duktiHitas kerja. d!kter gi-gi dan sarjana $armasi. =. Dalam rangka pendayagunaan tenaga kesehatan dalam tahun /:. Selain itu untuk meningkatkan kemampuan serta pengetahuan tenaga yang ada dilakukan pula pengiriman tenaga untuk tugas belajar baik dalam negeri maupun luar negeri. Di samping itu dalam rangka .< telah diangkat dan ditempatkan 5=5 !rang yang terdiri dari d!kter umum. !rang paramedis. dan /5. dan @./4. !rang d!kter ahli. Selain itu dilakukan pemindahan dan alih tugas terhadap tenaga 5/@ !rang d!kter umum4d!kter serta gigi4sarjana $armasi4d!kter ahli. engangkatan pemindahan tenaga kesehatan dititik beratkan pada usaha pemerataan dan penyebaran tenaga kesehatan ke rumah-rumah sakit serta unit-unit kesehatan lainnya. dan tenaga kesehatan lainnya. !rang tenaga paramedis.

ersendiri 8D .eam &esehatan 8. 6ntuk memberikan perangsang kepada sekitar @:/ d!kter yang mengikuti pendidikan 9 keahlian p!k!k 8ahli penyakit dalam.9>> !rang pejabat teras dan angg!ta D 7 secara berkala.3npres Bantuan Sarana &esehatan disediakan biaya pengangkatan =>> d!kter.?: D!kter enguji . dan bekas ibuk!ta &eresidenan di Aawa.Bali. disediakan biaya untuk ?> .>>> tenaga paramedis untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan pada 6ntuk meningkatkan dan uskesmas.ingkat 33. Disamping itu disediakan pula biaya untuk memeriksa kesehatan bagi sekitar @. => d!kter gigi dan 9.% yang berangg!takan 5 !rang untuk masing-masing Daerah . ahli kandungan4kebidanan dan ahli kesehatan anak% disediakan tunjangan pendidikan. Setelah menamatkan pendidikan keahliannya mereka . serta . &% yang berkedudukan di ibuk!ta r!pinsi di luar Aawa-Bali. ahli bedah. mempercepat enguji pengangkatan dan kenaikan pangkat pegawai negeri.

i. Generasi +uda r!gram mental sampai akti$ dan Generasi s!sial +uda sejak bertujuan dalam 5> untuk membentuk generasi muda yang sehat $isik. kandungan .XVIII/35 akan ditempatkan untuk mengisi tenaga pada 7S r!pinsi47S &abupaten &!dya kelas # atau kelas D yang akan ditingkatkan menjadi kelas #.ujuan kira-kira dalam berumur tahun. dan dalam lainnya adalah agar generasi muda berperan pembangunan remaja mengikut kegiatanbagi sertakan kegiatan g!l!ngan kesehatan masyarakat peningkatan gi'i dan kesehatan anak 1233345@ .

9>> anak dan dalam tahun /:.>4 . gi'i buruk dilaksanakan /:. <> kabupaten dan 9> kecamatan meliputi sebanyak /. <@ kabupaten dan 9@ kecehatan meliputi sebanyak /. Auga dilaksanakan perc!nt!han partisipasi anak sek!lah pramuka dari memberikan untuk kebersihan lingkungan dan penyelenggaraan usaha kesehatan dilaksanakan bantuan rehabilitasi k!rban nark!tika pada para remaja dari keluarga berpenghasilan rendah di 7.S. &egiatan pelayanan kesehatan bagi anak balita penderita uskesmas. pr!pinsi. 0atmawati Aakarta./4.anak dan remaja. Dalam pemuda dan rangka akan arti dalam anak meningkatkan dan man$aat kesadaran kesehatan penyuluhan anak. pengikut . Selain itu anak-anak remaja dilindungi dan dicegah dari bahaya nark!tika dan !bat-!bat berbahaya lain.< dilaksanakan pada /5 pr!pinsi..nya./ melalui kegiatan Dalam tahun tersebut dilaksanakan di .>> anak.

/ di .>4. enataran guru dan d!kter dilaksanakan aebagai uskesmas juga kegiatan rangkaian preHentiHe. Dalam tahun /:?:4.< rakat meluas ke :>> SD sebanyak 5.>> kali.>4.sertaan guru-guru sek!lah dalam penanggulangan nark!tika.. piket 6&S dan pandu kesehatan sek!lah serta praktek penyuluhan !leh anak-anak remaja aeperti keberaihan lingkungan.>> SD sebanyak Dalam tahun /:.< untuk selanjutnya diteruskan kepada segenap Gerakan ramuka./ masing-masing ditatar sebanyak 5>> !rang di D&3 . dan pembinaan pendapat masyaterhadap bahaya nark!tika./4. &ursus 8 ++7% bagi <? pimpinan kwarda pramuka dimulai pada tahun /:. /:./4. penyuluhan gi'i dan penghijauan dalam tahun /:?:4.> dan /:. 6saha kesehatan dari anak untuk anak dalam bentuk d!kter kecil.9>> kali aerta dalam 9.>>> tahun kali.> dilaksanakan di 9>> SD sebanyak <.

/4. j. eranan -anita .ujuan dari r!gram era nn -anita adalah untuk meningkatkan keadaan gi'i dan keaehatan wanita. Selain itu pr!gram ini juga diarahkan 1233345= . khususnya wanita hamil dan menyusui.< sebanyak /@> !rang pe-serta dari k!ta-k!ta Bandung. Daerah 3stimewa E!gyakarta. Surabaya dan Denpasar.Aakarta 7aya dan dalam tahun /:. +edan. wanita pekerja yang berusia /> .9@ tahun. terutama yang berpenghasilan rendah di desa dan kelu-rahan rawan di k!ta.

untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan wanita dalam pemeliharaan kesehatan dan gi'i keluarga.>>> desa. khususnya perawatan pemeliharaan bayi dan anak.>>> kecamatan dan <. <.< kabupaten.< kabupaten. desa berupa pendirian . embinaan . /. di <= embangunan pr!pinsi. <. dengan mengikut sertakan !rganisasi wanita dalam usaha peningkatan keadaan gi'i dan kesehatan masyarakat./<. Sasaran daerah yang dibina dalam rangka pelaksanaan -anita terpadu eningkatan Sehat eranan Sejahtera menuju &eluarga 8 <-&SS% mencakup <= pr!pinsi. Sehubungan dengan sasaran daerah r!gram &esehatan eranan -anita dalam 8 <-&SS% dilaksanakan <-&SS.aman Gi'i dengan penimbangan anak balita. @=9 kecamatan dan /. penyuluhan kesehatan terutama mengenai higiene sanitasi dan immunisasi serta penyuluhan gi'i.

yaitu / kabupaten. <. Dalam tahun /:. 6ntuk tahun /:. enyempurnaan e$isiensi (paratur dan engawasan elaksanaan emerintah embangunan.>>> desa.>>> kecamatan dan sekitar <.>>> desa.> dilaksanakan kegiatan <-&SS di <= pr!pinsi. sekitar /.< sasaran wilayah di perluas dengan r!pinsi . dilakukan usaha peningkatan serta penyempurnaan sistim dan pr!ses perencanaan.imur.!rganisasi wanita dilaksanakan enyegar.im!r . sekitar /. k. dengan menyelenggarakan kursus Dalam tahun /:?:4./4. m!nit!ring dan eHaluasi pembangunan kesehatan. sehingga mencakup <? pr!pinsi. Dalam usaha mempertinggi daya guna dan hasil guna pelayanan kesehatan.>>> kecamatan dan sekitar <.>4. sekitar /.>>> desa.5 kabupaten. <./ telah dilaksanakan di <= pr!pinsi. <.< kabupaten.< kabupaten.>>> kecamatan dan sekitar <. < kecamatan dan @ desa. penyempurnaan .

Di dalam penyempurnaan !rganisasi dan tata laksana telah dilakukan usaha yang bertujuan meningkatkan kemampuan ketatalaksanaan dan administrasi bidang kesehatan. baik di pusat maupun di daerah. penyempurnaan administrasi keuangan serta peningkatan bimbingan dan pengawasan. peningkatan mutu sta$ perencana.!rganisasi dan ketatalaksanaan. kabupaten4k!dya. . peningkatan data dan atatistik sebagai bahan penyusunan rencana serta penyusunan sistem in$!rmasi kesehatan. kecamatan. Dalam hubungan ini telah diusahakan perbaikan sistim dan pr!ses perencanaan. 6ntuk itu diusahakan peningkatan pada kelembagaan tingkat pr!pinsi dan di upaya tingkat kesehatan pusat.

1233345? .

Dalam hubungan ini secara berangaur-angaur dibentuk &ant!r Dep. &esehatan pada Daerah ,ingkat 33. enyempurnaan !rganisasi pr!sedure uskesmas, Status peningkatan kerja, hubungan kerja, status pelayanan. Dalam

7S juga dilanjutkan dalam usaha peningkatan usaha administrasi keuangan diusahakan peningkatan kemampuan pengel!laan keuangan, baik pada tingkat pusat maupun daerah. Disamping itu dalam kegiatan pengawasan dan bimbingan dilakukan pemeriksaan dibidang kepegawaian terhadap <@5 satuan kerja di <9 pr!pinsi, dibidang keuangan pada /@? pr!yek4bagi-an pr!yek dan ?> satuan kerja dan dibidang perlengkapan terhadap 5: satuan kerja. ,itik berat pengawasan diarahkan ke-pada serta pencegahan terjadinya penyimpangan ataupun penyeleweng-an. enyuluhan4penerangan pengawasan terus ditingkatkan dan dilaksanakan secara lebih terpadu, agar dana yang terse-dia diman$aatkan sebaik-baiknya.

Dalam usaha menunjang pembangunan bidang kesehatan, pengembangan hukum bidang kesehatan dan ked!kteran terus dilaksanakan. Dalam tahun /:;/4;< diselesaikan pr!duk hukum berbentuk < buah &eputusan usaha eraturan dan emerintah, / buah memperlancar resi-den, : &eputusan +enteri dalam menunjang

pelaksanaan tugas bidang kesehatan. /. enyempurnaan rasarana 0isik emerintahan Dalam e$ektiHitas diusahakan peningkatan pelaksanaan pr!gram, baik aparat tingkat /:;/4;< dilaksanakan pembangun-an usat &ant!r maupun tingkat Daerah. 6ntuk itu dalam tahun -ilayah Departemen &esehatan r!pinsi Aawa usaha kerja meningkatkan aparatur e$isienei dan kerja

pemerintahan

peningkatan

sarana4$asilitas

sesuai dengan pengembangan !rganisasi dan

Barat, dan perluasan &anwil Dep. &esehatan

r!pinsi Nusa ,enggara ,imur, Daerah 3stimewa (ceh, Sulawesi ,engah dalam bentuk perluasan kant!r dan penyediaan Sebagai peralatan yang dibutuhkan. penunjang pembentukan

&ant!r Departemen &esehatan &abupaten telah dibangun dan diperlengkapi 9: &andep &esehatan ,ingkat 33. Dalam tahap pertama ini diutamakan bagi daerah yang terpencil dan daerah-daerah yang sedang berkembang. embangunan &ant!r usat tahap pertama telah dimulai, disamping perbaikan dan penambahan ruangan untuk dapat melaksanakan $ungainya bagi aparat tingkat pusat. Selain itu pengadaan dan penyediaan peralatan kant!r, baik di pusat maupun daerah, serta penyediaan $asilitas perlmahan dan penyediaan kendaraan mendapatkan perhatian untuk dipenuhi secara bertahap. Dengan

1233345;

dan meningkatkan kerjasama ilmiah didalam dan di luar negeri.> telah dilakukan 59 penelitian di bidang kesehatan antara lain terdiri .tersedianya sarana tersebut diharapkan dapat tercapai sehingga kegairahan sasaran dan semangat kerja. Dalam tahun /:?:4. m. pu-sat- meningkatkan kemampuan unit penelitian dan pengembangan kesehatan pusatnya. peningkatan pelayanan kesehatan dapat tercapai dan terpelihara. enelitian dan engembangan &esehatan 6saha cipta ilmiah penelitian dan dan pengembangan bagi pelaksanaan pengambilan pengel!laan penilai-an kesehatan diarahkan untuk memberikan sarana tehn!l!gi dan pr!gram keputusan kebijaksanaan dampaknya. )angkah-langkah pr!gram terarah penelitian kepada yang dan diambil dalam yang kesehatan da-lam bahan serta rangka kesehatan mencapai tujuan tersebut adalah : menyusun pengembangan pelaksanaan beserta pr!gram.

penelitian di bidang penyakit. /> penelitian ek!l!gi kesehatan. 9 penelitian $armasi.>4. @ penelitian di bidang lingkungan hidup dan ? penelitian di bidang $armasi. = penelitian gi'i./ dilaksanakan 9? penelitian di bidang kesehatan yang meliputi = penelitian pelayanan kesehatan. Dalam tahun /:. ? penelitian di bidang gi'i. @ penelitian gi'i serta @ penelitian pelayanan kesehatan dan lain-lain. << penelitian di bidang penyakit./4. < penelitian kanker L kesehatan.dari @ penelitian bi!medis kesehatan. /. Dalam tahun /:.an hidup dan @ penelitian $armasi. 9 penelitian lingkung.< dilakukan 5: penelitian di bidang kesehatan yaitu = penelitian pelayanan kesehatan. Hasil-hasil penelitian tersebut sangat penting sebagai bahan untuk merumuskan kebijaksanaan yang tepat dan terarah dalam usaha pemerataan .

Selain pengel!laan itu dan dilaksanakan tata laksana pemantapan penelitian. pemantapan !rganisasi dan tata kerja ser-ta penyusunan rencana jangka panjang penelitian dan pengem- 1233345: . maka telah dilaksanakan peningkatan kemampuan tenaga peneliti melalui penataran dan pengiriman tugas belajar ke lembaga-lembaga pendidikan di dalam maupun di luar negeri.pelayanan kesehatan. (gar kegiatan tersebut menghasilkan penelitian yang bermutu tinggi.

>4. Dalam tahun /:. pencetakan . usat jaringan serta unit d!kumentasi dan perpustakaan usaha kesehatan dan yang sangat berperan ilmiah terus serta dalam bidang dan dan menyediakan guna in$!rmasi dan 7encana Aangka anjang ked!kteran kesehatan dibina ditingkatkan menunjang penelitian pengembangan pr!gram nasi!nal bidang kesehatan. e$isien serta e$ekti$ demi peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. peningkatan tersedianya buku-buku ilmiah bidang dan kesehatan penyebaran dan ked!kteran. agar kebijaksanaan dapat diterapkan secara tepat.bangan kesehatan yang berkaitan erat dengan Siatim &esehatan &esehatan. baik di pusat maupun didaerah. melalui in$!rmasi ilmiah untuk buku peningkatan aiatim uskesmas./ telah dilakukan kegiatan-kegiatan yang meliputi : peningkatan pengadaan4perlengkapan kepustakaan. petunjuk d!kumentasi pengadaan 8manual%.

serta penggunaan dan penyebaran /.ehn!l!gi 83 . <. Dalam <.< telah dipublikasikan penyusunan buah bibli!gra$i penelitian./4.?>> buku hasilhasil d!kumentasi.>>> buah bibli!gra$i karya ilmiah. kerjasama dikembangkan antar suatu jaringan pusat perpustakaan. seminar maupun tugas belajar terus dilanjutkan.. .>>> tahun /:.&*% ditingkat inatitusi!nal dan nasi!nal yang merupakan sub aistim 3 . Demikian pula dikembangkan Sistim 3n$!rmasi 3lmu engetahuan dan .penyusunan <. yaitu d!kumentasi-in$!rmasi ilmiah dengan aekitar => angg!ta dari Departemen &esehatan dan 6niHersitas. penyusunan <.>>> buku hasil-hasil d!kumentasi..& internasi!nal. Selain itu peningkatan mutu tenaga peneliti ditingkatkan melalui penataran. Selanjutnya.>>> indeks artikel majalah serta penggunaan dan penyebaran /.>>> indeks artikel majalah.

dan hambatan- kesejahteraan pelayanan yang ditujukan bagi per!rangan. dan setiap s!sial tara$ Sasaran tahap selalu pembangunan ditujukan untuk s!-sial terutama mengalami keterlantaran. KESEJAHTERAAH SOSIAL 1. Pendahuluan &egiatan kesejahteraan meningkatkan masyarakat. hambatan serta ketunaan s!sial lainnya.B. kemiskinan. keluarga. 6ntuk itu diselenggarakan suatu cara penyantunan 1233349> . kel!mp!k satuan-masyarakat keterbelakangan masalah-masalah kecacatan.

Ke%"&a 'anaan dan lan! ah(lan! ah embangunan di bidang kesejahteraan s!sial pertama-tama diarahkan guna membina kemauan dan kemampuan para warga masyarakat yang menghadapi masalah-masalah s!sial agar mereka dapat kembali melaksanakan $ungsi s!sialnya serta berperan secara akti$ dan berswadaya .XVIII/41 baik yang bersi$at rehabilitasi maupun bersi$at pencegahan Segenap dengan kerangka dan pengembangan. usaha pelayanan antara dilaksanakan dan untuk kerjasama itu masyarakat upaya lembaga-lembaga s!sial yang telah ada. 2. Dalam ditempuh pula mengembangkan kesadaran dan tanggung jawab s!sial serta kemampuan setiap warga agar dapat secara nyata dan sungguh-sungguh ikut serta dalam usaha pembangunan.

lian dan peman$aatan sumber-sumber daya dan dana bagi kepentingan kesejahteraan bersama. dilanjutkan usaha sistim pelayanan dalam panti melalui perluasan4rehabilitasi maupun pembangunan panti-panti s!sial baru. anak-anak . )angkah-langkah pelayanan terutama diperuntukkan bagi keluarga-keluarga yang dalam keadaan paling miskin atau keserakat. Dalam tahun ketiga 7epelita 333. sehingga yang dilaksanakan dengan melatih petugas s!sial embimbing S!sial desa-desa lebih mampu menjangkau sasaran yang lebih luas sampai ke pada kecamatan-kecamatan rawan. tanggung jawab Selanjutnya tingkat serta dan yang tercipta s!sial diusahakan kesadaran disiplin suatu berkembangnya sehinggga masyarakat s!sial suasana masyarakat kehidupan dalam kekeluargaan keg!t!ng-r!y!ngan memungkinkan pengga.dalam kegiatan makin dan pembangunan. bersamaan ti dengan peningkatan sistim pelayanan luar panlapangan yang dikenal aebagai +asyarakat.

para tuna s!sial. angg!ta masyarakat yang masih hidup secara terbelakang serta warga masyarakat itu diteliti yang menderita sebagai akibat untuk bencana alam atau bencana lainnya. 1233349/ . para cacat. &eaeluruhan kesejahteraan kegiatan s!sial tetap di pembangunan kembangkan sebagai salah satu unsur penunjang pembangunan dibidang-bidang lainnya. para lanjut usia atau j!mp! terlantar.XVIII/41 terlantar. Disamping kemungkinan-kemungkinan penyelenggaraan suatu perintisan jaminan s!sial yang berdasarkan asas g!t!ng r!y!ng sesuai dengan kemampuan negara dan masyarakat.

Pela 'anaan Ke!"a#an Pe$%an!unan a. r!gram tersebut diatas meliputi kegiatan sebagai berikut : /. sehingga mereka dapat berpartisipasi sepenuhnya dan mendukung pembangunan bidang kesejahteraan s!sial. r!gram embinaan &esejahteraan S!sial r!gram angg!ta terpencil. Bimbingan dan engembangan &esejahteraan +asyarakat &egiatan ini dimakaudkan untuk membina .). latihan ini terutama yang ditujukan terg!l!ng kepada miakin S!sial masyarakat elayanan terutama di daerah pedesaan yang minus dan &esejahteraan yang dapat diberikan dalam bentuk bimbingan s!sial dan ketrampilan mend!r!ng mereka untuk dapat meningkatkan tara$ hidup dan kehidupannya menuju kearah kesejahteraan a!aial yang ada.

mereka dalam secara untuk rangka berkel!mp!k meningkatkan memenuhi melakukan pendapatannya upaya na$kahnya sehari-hari.< telah diselenggarakan . &egiatan tersebut meliputi antara lain : a% )atihan 6saha Swadaya S!sial +asyarakat 86SS+% untuk memberikan ketrampilan di bidang ek!n!mis pr!dukti$" b% emberian bantuan stimulan berupa peralatan kerja dan bahan untuk melakukan usaha pr!dukti$" c% +enyelengggarakan kel!mp!k-kel!mp!k kerja pr!dukti$ untuk mengembangkan kegiatan usaha beraama./4. Dalam tahun /:. +elalui latihan dan bimbingan !leh para pekerja s!sial. khususnya di daerah pedasaan.kesadaran dan kemampuan berusaha para keluarga yang berpenghasilan rendah.

< ini lebih dari /<5B .>4.>9> miakin.:/> keluarga 9=. (pabila hasil dibandingkan hasil yang telah dicapai di tahun /:. embinaan Swadaya +asyarakat Bidang erumahan dan )ing-kungan &egiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bimbingan dan bantuan agar masyarakat di daerah pedesaan dapat memecahkan 1233349< . <./ sebanyak jangkauan pembinaan terhadap !pulasi keluarga miskin tahun /:./4. keluarga.abel 12333-.%.bantuan dan bimbingan4latihan kepada @=.

(D( &.N676.4?: C /:. 3. D(.3NG&(.) 12333 C .. .7(H .)(&S(N((N B(N./4.6(N D(N B3+B3NG(N &. /:?.)6(7G( +3S&3N +.< 8&&% .(B.

12333495 .

/:?./4.)6(7G( +3S&3N.)(&S(N((N B(N.4?: C /:.< .9 .G7(03& 12333 .6(N D(N B3+B3NG(N &. (D( &.

12333499 .

ketrampilan usaha pemberian dalam peranan pengetahuan serta masyarakat serta dengan serta medalam memelihara. pengaturan saluran pembuangan air. ada dasarnya kegiatan ini menitik beratkan usaha untuk meman$aatkan bahan-bahan dan p!tensi setempat serta kepercayaan kepada kemampuan masyarakat sendiri. ngembangkan lingkungan penyehatan hidup pelestarian menggalakkan penghijauan.permasalahan secara berg!t!ng r!y!ng untuk mengadakan dan atau memperbaiki perumahan mereka beserta lingkungan yang sejahtera. dan pengembangan serta pemeliharaan . perumahan dengan semaksimal mungkin menggali dan meman$aatkan bahanbahan bangunan yang tersedia di lingkungan setempat. &egiatan tersebut meliputi : a% )atihan-latihan bagi keluarga miskin dalam bidang secara usaha g!t!ng pembangunan r!y!ng.

9/> keluarga di dalam pembang unan &egiatan ini dimaksudkan untuk melatih dan membentuk pekerja s!sial lapangan yang dikenal sebagai embimbing S!sial +asyarakat 8 S+% dan mempunyai tugas utama menjangkau sasaran pelayanan kesejahteraan s!sial yang tersebar di daerah-daerah pedesan. emberian stimulans berupa bahan bangunan n!n-l!kal dan peralatan kera.< telah diberikan stimulans rumah dan perbaikan lingkungan 5./4. penggerak kegiatan serta pend!r!ng agar usaha kesejahteraan s!sial semakin meluas dan merata secara swasembada . +ereka pada umumnya dipilih dari angg!ta masyarakat setempat untuk ditugaskan sebagai penyuluh lapangan. embinaan embimbing S!sial +asyarakat kepada =.sumber-sumber b% alami lainnya untuk melestarikan lingkungan. Dalam tahun /:.

b% emberian paket peralatan kerja lapangan./4. /:.?9> (pabila sejumlah dibandingkan ?.@>> S+ s!sial dengan nampak tahun bahwa yaitu sejumlah //.> petugas yang membantu pelaksanaan kegiatan kesejahteraan meningkat.< telah dilatih /<.XVIII/45 &egiatan tersebut meliputi a% )atihan ketrampilan dalam bidang pendekatan serta bimbingan s!sial terhadap masyarakat.=9> S+.>4. Dalam tahun /:./ jumlah semakin S+ dan tahun /:?:4. masyarakat 1233349@ .

maka titik berat kegiatan ini ditujukan kepada pembinaan mutu !rganisa-si s!sial yang telah ada. embinaan artisipasi S!sial +asyarakat &egiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan.9.an sebagai berikut : a% +eningkatkan maupun hukum latihan pekerjaan kant!r. mengembangkan usaha dan menyebarluaskan khususnya serta melembagakan keikutsertaan masyarakat dalam pembangunan dibidang kesejahteraan s!sial. mutu dan kemampuan berbadan latihanataupun dan peralatan *rganisasi s!sial baik yang berbadan hukum !rganisasi dengan bagi s!sial jalan para serta yang tidak memberikan pengurus bantuan angg!tanya mengenai bidang !rganisasi . *lehkarena keikutsertaan masyarakat akan lebih tertib dan tersalur melalui !rganisasi-!rganisasi s!sial. 6saha-usaha pembinaan partisipasi s!sial meliputi kegiat.

s!sial tata S!sial melalui agar cara serta latihan mereka dengan dan lebih sadar bimbingan memahami ekerjaan penyelanggaran mengabdi pada kepentingan masyarakat yang sangat memerlukan bantuan.b% +embentuk . ada tahun /:. . d% +enyebar luaskan pengertian kesejahteraan s!sial dan masalah-masalah s!sial serta caracara untuk mengatasi ser-ta usaha-usaha pencegahannya.< dibina sebanyak ??.&SS% yang terdiri dari per!rangan dari berbagai pr!$esi. g!l!ngan serta t!k!ht!k!h masyarakat./4. c% +emantapkan keseraaian dan kesetiakawanan antara kel!m p!k-kel!mp!k g!l!ngan masyarakat melalui berbagai pertemuan dan penyuluhan s!sial agar tercipta suasana akrab serta saling membantu dalam mengatasi masalah s!sial dilingkungannya yang dapat dilakukan secara g!t!ng r!y!ng.enaga &esejahteraan S!sial Sukarela 8.

5:> buah !rganisasi tidak berbadan hukum dan . embinaan &esejahteraan &eluarga dan 7emaja &egiatan keluarga ini dan ditujukan remaja antara lain untuk yang menangani mengalami akibat aecara +ereka dan permasalahan bimbingan per!rangan memper!leh sebagai baik nasehat terjadinya per!bahan4keresahan s!sial melalui s!sial4k!nsultasi maupun bimbingan.buah !rganisasi berbadan hukum. @.enaga &esejahteraan S!sial Sukarela sebanyak ::> !rang serta &ader &eseraaian S!sial /. kekeluargaan.@:> !rang. pengarahan dalam 1233349= . <.

untuk r!gram usaha-usaha ini yang yang mulai dikembangkan sejak tahun pertama 7epelita 333. pada tahun /:. <. embinaan &esejahteraan +asyarakat .9/@ keluarga rangka dan 9./4.>.< telah memberikan pelayanan kepada embina sebanyak 7emaja.rangka membantu mengatasi permasalahannya. Selain itu mereka dibina agar dapat menyadari kemampuannya untuk mengadakan penyesuaian dengan dalam lingkungan rangka masyarakat.erasing &egiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan s!sial kepada kesatuan-kesatuan . =. &epada keluarga maupun remaja yang memerlukan bantuan yang berupa bersi$at bersi$at materiil diberikan bantuan yang paket-paket pr!dukti$. Disamping itu pengembangan remaja diselenggarakan pula latihan ketrampilan guna mengembangkan p!tensi para remaja.> remaja. Disamping itu telah dilatih 5<> petugas dalam semakin meningkatkan mutu pelayanannya.

&edelapan l!kasi tersebut adalah : ./4./ tahun <.>4. Dalam /:.masyarakat daerah yang hidup terasing di daerah- pedalaman. buah l!kasi yang telah dibina selama kurang lebih 5 .< keluarga telah <./4.?@> /:.abel 12333-: dan .@ tahun dinilai sudah mampu berswadaya.@@> dimukimkam tahun keluarga. ada umumnya mereka ditempatkan pada suatu pemukiman memudahkan yang menetap yang akan kearah mereka berkembang kehidupan bermasyarakat dan menyerap nilainilai budaya baru yang bersi$at membangun. +ereka mendapatkan bimbingan dan latihan agar dapat mencapai tingkat kehidupan dan penghidupan yang layak. Sementara itu .abel 12333-/>. sehingga pada tahun /:. sebanyak sedangkan sebanyak erkembangan jumlah dan perincian l!kasi dapat dilihat pada .< telah diserahkan pembinaannya kepa-da emerintah Daerah setempat.

5. r!pinsi &alimantan Selatan. dihuni !leh suku sebanyak //? &&.apin 6tara.apin. &abupaten Sambas. Sungai r!pinsi 7iau. +angan &abupaten aula. dihuni !leh suku Dayak +anyuke sebanyak ?@ &&. 9. Betung. 1233349? . &ecamatan . &abupaten . <. pr!pinsi &alimantan Barat. &ecamatan Siberut 6tara. r!pinsi a (ghai adang ariaman. &abupaten Bengkalis. &ecamatan +andau./. (ir Aamban. Sanbung +akmur. dihuni !leh suku Sahai &ecamatan Bengkayang. sebanyak ?@ &&. dihuni !leh suku Dayak Bukit sebanyak />> &&. Sumatera Barat.

/:?.(B..7(S3NG E(NG D3B3N(. .< .7&.) 12333 C : ./4.+B(NG(N A6+)(H )*&(S3 D(N A6+)(H +(SE(7(&(.4?: C /:..

.XVIII/50 1233349.

.< ./> .) 12333 ./4. . /:..73N#3(N )*&(S3 D(N A6+)(H +(SE(7(&(.(B.7(S3NG E(NG D3B3N(.

XVIII/50 1233349: .

&abupaten Hulu Sungai Selatan. ?.inanggea.@. sebanyak @> &&. dihuni !leh suku .!laki r!pinsi Sulawesi Daya Bukit sebanyak . &ecamatan Batu Benawa. b. Biang 33. Banagan. . r!pinsi &alimantan Selatan. dihuni !leh auku . sebanyak @> &&. dihuni !leh suku endau sebanyak />> pelayanan s!sial masyarakat yang tidak dapat menjalankan $ungsi s!sialnya. &ecamatan .. 7!raya 3.!li. &abupaten +una. &&. &ecamatan Dampal 6tara. agar mereka tidak menderita keterlan- .engah.!laki r!pinsi Sulawesi . &abupaten +una.enggara.inanggea. dihuni !leh suku /?@ &&.enggara. =.!li . r!gram Bantuan dan enyantunan S!sial r!gram menberikan ini terutama dimaksudkan kepada untuk warga r!pinsi Sulawesi . &abupaten Bu!l . &ecamatan . 7!raya 33.

taran dan bilamana memungkinkan. elayanan s!sial antara lain berupa pemeliharaan dalam panti bimbingan mental. Di samping itu juga diberikan pelayanan s!sial secara luar panti bagi mereka yang keadaan jasmani dan mentalnya tidak mengharuskan mereka dirawat dalam panti s!sial. latih-an kerja aerta bantuan peralatan kerja dalam rangka menyalurkan kembali mereka ke masyarakat atau keluarganya. Bantuan eyantunan (nak . &egiatan pr!gram ini antara lain terdiri dari : /. akan mampu mengatasi kelemahannya serta dapat mengembangkan kehidupannya tanpa tergantung pada belas kasihan !rang lain. &egiatan tersebut diselenggarakan .erlantar Bantuan dan penyantunan kepada anak-anak terlantar meliputi usaha-usaha untuk memberikan perasaan terlindung dan kasih sayang keluarga serta pendidikan guna mengembangkan kepribadiannya.

aruna. (nak di elayanan anti &arya dan luar . Secara keseluruhan kegiatan pembangunan ditujukan agar anak-anak terlantar mendapatkan bekal berupa sikap untuk hidup mandiri serta meningkatkan daya tampung panti dan perbaikan mutu pelayanan panti./4. Sasana 123334@> !rang. penitipan anti (nak.. +elalui menyelengggarakan .<<> anak.. etirahan diselenggarakan melalui asuhan keluarga.dalam anti serta bimbingan dan bantuan di luar anti dilaksanakan dengan anti (suhan. etirahan (nak berjumlah ..< aebanyak @/: buah dengan jumlah anak yang diasuh sebanyak <@. Aumlah anti (suhan dalam tahun /:. anti enyantunan (nak berjumlah 59 buah dengan kapasitas 5.aman anti anti (suhan.

buah l!kal pendidikan. 5/ buah asrama. pelayanan elayanan s!sial bagi mereka berupa dalam panti yang kegiatannya . enambahan kapasitas pelayanan ini dimungkinkan dengan pembangunan . Bantuan dan penyantunan para )anjut 6sia4A!mp! &egiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kepada para lanjut usia sangat miskin yang karena keadaan $isik dan s!sialnya tidak memungkinkan untuk dapat hidup tanpa bantuan !rang lain. buah anti seba. diberikan dan bantuan sampai peralatan4perlengkapan /:. @ buah kant!r. = buah l!kal kerja.gai upaya perbaikan gi'i anak./4. <.9>> anak.>> anak. /5 buah rumah instruktur.. = buah dapur4 ruang makan. dan peralatannya.< telah dibantu sebanyak 9?./4./4.< telah diberikan bantuan bagi =. Disamping itu sampai tahun /:.? buah dengan kapasitas 5.< engurus Swasta telah anti juga dilatih agar sebanyak kemampuan :> !rang anti hun mengel!la berupa ta- anti yang dipimpinnya lebih meningkat. 6ntuk pelayanan di luar anti pada tahun /:.

/> ada tahun /:. namun keadaan ek!n!minya sangat rendah sehingga kurang memungkinkan untuk dapat memenuhi na$kah hidupnya seharihari. Disamping itu terdapat para lanjut usia yang keadaan $isiknya masih memadai untuk terus berkarya.resna -erdha% baik untuk pr!pinsi maupun untuk tingkat &abupaten. /:.mencakup penampungan dalam asrama beserta bimbingan mental.=>> jiwa para lanjut usia 8)ihat . aula. /5 buah kant!r. @ buah makan. +ereka ini dibantu melalui pelayanan secara luar panti berupa bimbingan4 latihan ketrampilan.abel 12333-//%./4. kemasyarakatan menunjang dan usaha pembinaan tersebut 6ntuk dilanjutkan pembangunan pan-ti-panti 8Sasana . serta 5@ rumah dinas untuk pengurus4ins truktur./4. kemudian mendapatkan paket bantuan yang terdiri dari peralatan kerja dan bahan kegiatan sebagai m!dal usaha berwiraswasta.< buah dapur4ruang telah dibangun == buah wisma4asrama. .< pelayanan secara luar ada tahun dapat panti menjangkau sasaran @/.

anak-anak4remaja nakal serta rehabilitasi s!sial bagi para bekas narapidana./4. k!rban penyalah gunaan nark!tika. gelandangan dan !rang terlantar. para tuna susila. Dalam tahun /:.5.< telah diselenggarakan kegiatankegiatan yang meliputi : 123334@/ . Bantuan dan enyantunan .una S!sial Dalam rangka bantuan dan penyantunan s!sial ini dilaksanakan rehabilitasi s!sial bagi para pengemis.

>> /.(B.. 6S3( B. 3./4 . Nusa . D(.@>> /.@>> /. 7iau //.>> /./>> <.@>> /.>> /..engah/@.@>> 9.7(H .enggara </.<>> /.) 2333 .@>> /. (D( (7( )(NA6.N676./>> /.../>> /.3 +. &alimantan .@>> /.engah =>> 9.@>> <. &alimantan Barat 5>> /9.>> /. Sumatera 6tara =>> . Aawa .. Aawa . Aawa Barat =>> 5. +aluku 5>> <<. )ampung /5./4.@>> /.6(N D(N .9>> /.@>> /.>> /.>4 .4?: /./>> 9.>>> <.@>> .@>> /.ingkat 34 /:?.@>> <../> /.@>> /.>> /./ 9.)(&S(N((N B(N.imur 5>> /?.3NG&(. > /.@>> 9.@>> /. /:?. D3 (ceh ?. Sulawesi .<>> /.>> /.@>> /.engah /:.+ D3 )6(7 (N.<>> /.>> /..<>> /:. Sulawesi . Bali 5> <5./ 5. Sulawesi Selatan =>> <>. Sulawesi 6tara 5>> /.@>> /.<>> /. Daerah .>>> /.NE(N..@>> /..4?: . D&3 Aakarta =>> <./:.5>> /.>> /..<>> /. Aambi />.@>> /. Sumatera Barat 5>> :.< 8!rang% N!.@>> /.@>> /..7D(S(7 S3S...@>> 9. &alimantan Selatan /=. D3 E!gyakarta 5>> @. Sumatera Selatan5>> /<.@>> <M.=>> 5.imur 5>> =.enggara Barat /:?:4.<>> =>> :>> :>> =>> =>> :>! =>> =>> 5>> :>> =>> =>> 5>> :>! 5>> =>> :>> :>> /:.6N(N &.=>> 5. &alimatan .>> /..// .

3rian Aaya <=.>>> /.>>> /.imur <@.<9.enggara .:>> =>> =>> <>. Bengkulu 5>> Aumlah : =.>> :>> /. Nusa .>> @/..<>> @>.@>> :>! /.=> 123334@< ..

3.G7(03& 12333 C @ ./4.6N(N &. 6S3( B.. (D( (7( )(NA6.6(N D(N .< .7D(S(7 S3S.NE(N.)(&S(N((N B(N.4?: C /:. /:?.+ D3 )6(7 (N.

123334@5 .

Daerah 3stimewa E!gyakarta. &egiatan ini dimaksudkan untuk membimbing serta menyalurkan kembali para gelandangan dan mereka Selama pengemis ditampung dalam kearah dalam kehidupan panti-panti dan s!sial. Sumatera Barat. antara lain berupa ? buah asrama. &alimantan Barat. penghidupan yang wajar.enggara Barat.ransmigrasi S!sial. enempatan )!kal.erlantar4Gelandangan. dilanjutkan pembangunan4perluasan : buah panti di : pr!pinsi yakni di D&3 Aakarta. Dalam tahun /:. Aawa .imur. Selanjutnya dalam rangka usaha ini mereka disalurkan antara lain melaui .a.engah.< telah . Aawa Barat. Sebelum disalurkan panti mereka mendapatkan gemblengan mental serta latihan kerja agar mereka mampu memenuhi keperluan hidupnya sehari-hari sebagai tenaga kerja yang pr!dukti$. Dalam rangka meningkatkan daya tampung pelayanan./4. Suma-tera Selatan dan Nusa . Aawa . 7ehabilitasi *rang . dan Swakarya. / buah ruang pendidikan dan / buah ruang kerja.

una Susila &egiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bimbingan dan menyalurkan kembali para tuna susila kearah kehidupan dan penghidupan yang manusiawi. 6ntuk menunjang maksud tersebut telah dilanjutkan pembangunan4perluaean anti-panti enyantunan sebanyak @ buah asrama.:@@ kepala keluarga. dan ? . buah l!kal pendidikan. 9 buah l!kal kerja. +ereka mendapatkan pelayanan dalam pantipanti rehabilitasi dalam rangka mengembangkan keaadaran dan kemampuan mere-ka untuk dapat memasuki sesuatu lapangan kerja yang sesuai dengan martabat manusia. selain itu telah diberikan pembinaan lanjutan kepada <. 7ehabilitasi . /< buah rumah dinas bagi para pengurus4instruktur. .5@/ && yang telah ditempatkan pada pemukimam tahun sebelumnya.disalurkan sebanyak <. b.

c.>/> !rang tuna susila. Dalam tahun /:./4. 7ehabilitasi S!sial Bekas Narapidana &egiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bimbingan narapidana setelah serta yang bantuan bagi para bekas s!sial menghadapi dibebaskan +ereka masalah dari mereka )embaga emasyarakatan. mendapatkan bimbingan Berta latihan ketrampilan kerja 123334@9 .< telah disantun sebanyak /.buah Sasana &arya yang tersebar di berbagai pr!pinsi.

untuk mempersiapkan. 6ntuk menunjang usaha ini telah dibangun lagi < buah )!ka Bina &arya.engah./4. d. sedangkan dalam tahun /:. dalam mereka anti-panti dapat tersebut ke kembali . Surabaya dan +edan. yang untuk pertama kali dalam tahun /:?:4.>4.diri kembali hidup secara wajar di masyarakat./:.> telah menangani sebanyak /9> !rang bekas narapidana. Selain itu untuk usaha rehabilitasi s!sial anti terhadap anak-anak nakal telah dibangun enyantunan di enyantunan diarahkan agar alembang dan Aawa . 7ehabilitasi S!sial &!rban Nark!tika dan (nak Nakal &egiatan ini ditujukan untuk menanggulangi permasalahan para remaja yang dan melakukan kenakalan anti penyalahgunaan nark!tika remaja.< ditangani sebanyak 9<@ !rang./ ditangani sebanyak 55> !rang. dan dalam tahun /:. 6ntuk maksud ini telah dibangun 7ehabilitasi S!sial &!rban Nark!tika di beberapa k!ta besar seperti Aakarta.

pembinaan sikap dan tanggung jawab s!sial serta latihanlatihan anti. &egiatan-kegiatan dalam rangka rehabilitasi terhadap remaja tersebut berupa pembinaan mental.< telah dilakukan perluasan pada pantipanti penyantunan berupa bangunan: asrama /? .masyarakat serta mampu mengembangkan bakat dan pribadinya secara wajar. 9./4.< . tanpa &ecacatannya serta percaya kepada bakat dan kemampuannya masyarakat berdiri sendiri menunggu bantuan dan tanpa menjadi beban lainnya. enyantunan anti./4.9@ sebagai telah !rang bekal berhasil k!rban kemampuan usaha setelah mereka keluar dari ditangani sebanyak nark!tika4anak nakal. 7ehabilitasi enderita #acat &egiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan s!sial kepada para cacad agar mereka dapat menyesuaikan untuk diri dengan keadaan. penderita ada tahun cacat dilaksanakan melalui siatem secara dalam anti maupun secara luar /:. ketrampilan Dalam tahun kerja /:.

Dalam rangka mengatasi hambatan-hambatan dalam lapangan kerja bagi penderita cacat yang telah selesai direhabilitasikan telah dibangun 5> buah )!ka Bina &arya. &epada para penderita diberikan berbagai ketrampilan serta bantuan agar da-pat memasarkan hasil pr!duksinya. rumah // buah dan kant!r < buah terseir di berbagai pr!pinsi. Bagi mereka yang terg!l!ng ringan jenis kecacatannya dan pada umumnya masih bisa tinggal di lingkungan keluarga diberikan bimbingan dan bantuan berupa 123334@@ . ruang pr!these < buah.buah. ruang kerja /= buah.

Dalam rangka ini telah diberikan bantuan berupa peralatan kerja kepada /@> !rang keluarga pahlawan dan menuhi erintis &emerdekaan. dipergunakan sebagai m!dal usaha untuk mekeperluan . Dalam rahun /:.abel 12333-/<%.>>> !rang 8./4. agar dapat keluarga yang mendesak.< telah dapat diberikan anti bantuan penyantunan dengan sistem di luar sebanyak <5.aman +akam ahlawan. pembinaan kesejahteraan s!sial para perintie4pejuang kemerdekaan dan keluarganya. dan pemeliharaan serta pembinaan +akam dan erintis &emerdekaan. @. Bantuan S!sial bagi &eluarga erintis4 &egiatan kesejahteraan ejuang &emerdekaan ini ditujukan s!sial bagi untuk para membina keluarga ahlawan dan pahlawan. +akam ahlawan .bahan serta peralatan kerja sebagai m!dal usaha guna memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

=. Di samping itu untuk memelihara kelestarian semangat keperintisan. telah diusahakan untuk menerbitkan bi!gra$i serta buku ergerakan &emerdekaan yang merekam peng!rbanan dan perjuangan para erintis &emerdekaan.si. +akam +akam. erintisan Sistem Aaminan &esejahteraan S!sial G!t!ng 7!y!ng +aksud penelitian r!y!ng g!l!ngan dari dan erintisan sistem dan Aaminan jaminan pemberian yang &esejahteraan S!sial adalah untuk mengadakan perintisan perlindungan kesejahteraan s!sial berdasarkan a'as g!t!ng kearah bantuan kesejahteraan s!sial bagi g!l!ngan- masyarakat4keluarga-keluarga termasuk dalam kateg!ri paling miakin4keserakat .6ntuk memelihara dan mengembangkan jiwa kepahlawanan bangsa.aman-taman yang teraebar di berbagai pr!pin. telah dilakukan pemugaran terhadap +akam ahlawan dan erintis &emerdekaan. ahlawan .

khususnya untuk masya-rakat bukan pegawai maupun angkatan bersenjata dan buruh yang tidak terjangkau !leh Sistem (suransi . Beberapa penelitian telah diselenggarakan meliputi : a% enelitian untuk menghimpun data mengenai lembaga-lembaga s!sial yang secara tradisi!nal telah dan atau pernah menyelenggarakan langkah-langkah semacam pemberian bantuan jaminan s!sial kepada wargaya.yang tidak bisa lagi direhabilitasi dan dan atau dalam dikembangkan kehidupannya keadaan terlantar. 123334@= .enaga &erja.

(D( (7( #(#(.NE(N. /:?. D(./4.6N(N &. 3.7(H .. B.3 +..N676.) 12333 C /< .< 8 !rang % ./:.4?: .7D(S(7 S3S.3NG&(.+ D3 )6(7 (N.6(N D(N .)(&S(N((N B(N.(B.

.

123334@? .

6N(N .7D(S(7 S3S.6(N D(N &./4. (D( (7( #(#(.NE(N.< (N.)(&S(N((N B(N.4?: C /:.. B.+ D3 )6(7 /:?. .3.G7(03& 12333 C = .

.123334@.

c% enelitian ada di masyarakat. guna kemungkinan kelangsungan cara-cara usaha penggalian. Dari hasil ketiga tahap penelitian tersebut akan Sistem 7!y!ng. ?. menghimpun dan pengel!laannya mendukung Aaminan &esejahteraan S!sial G!t!ng 7!y!ng. 6ntuk bencana mengatasi alam dilakupermasalahan kan k!rban kegiatan-kegiatan sebagai berikut : a% &egiatan aparat preHenti$ emerintah yang ditujukan untuk meningkatkan kesiap-siagaan masyarakat serta dalam menghadapi . Bantuan dan enyantunan S!sial bagi para dikembangkan Aaminan suatu pemikiran S!sial tentang G!t!ng &esejahteraan &!rban Bencana (lam dan Bencana lainnya.b% enelitian Aaminan tentang karakteristik cal!n klien untuk &esejahteraan mengenai dana S!sial yang penentuan pri!ritas sasaran.

< telah dapat dimukimkan sebanyak @. 6saha-usaha bantuan dan rehabilitasi s!sial terutama diarahkan agar para k!rban bencana dapat dan bersedia dipindahkan ke wilayah lain yang bebas dari bencana yang serta sekaligus dan lebih menjadi tenaga pr!dukti$ meningkat tara$ hidupnya.<@/ && yang dipindahkan dari daerah yang rawan bencana. c% &egiatan rehabilitasi yang ditujukan kepada para k!rban yang walaupun telah menerima bantuan stimulans namun k!ndisi s!sial ek!n!minya belum pulih kembali. sehingga ma-sih perlu dilaksanakan usaha pembinaan lanjutan. Dalam rangka ini pada tahun /:. baik melalui pemukiman pr!gram secara transmigrasi maupun .kemungkinan adanya k!rban akibat terjadinya bencana alam seminimal mungkin./4. b% &egiatan represi$ yang ditujukan untuk meringankan para k!rban berupa pemberian pelayanan bantuan pada saat dan setelah terjadinya bencana alam.

setempat. diberbagai diberikan peralatan pert!l!ngan pertama berupa tenda. +engingat sering terjadinya bencana angin tau$an di lautan para kepada daerah-daerah maka sementara alur untuk para pelayaran menyediakan nelayan. bibit-bibit tanaman dan lain sebagainya untuk bekal memulai hidupnya. Selain itu untuk membantu maka kesiapsiagaan daerah masyarakat rawan bencana dalam telah menghadapi datangnya bencana sewaktu-waktu. penampungan k!rban dalam tahun 123334@: . tanah. perahu karet serta peralatan dapur umum. +ereka mendapatkan perumahan.

Sulawesi 6tara.eam (sistensi S!sial Bencana (lam .< telah dibangun lagi @ buah anti ersinggahan di r!pinsi (ceh./4. Sementara kemampuan meliputi : a% )atihan terhadap petugas lapangan tingkat r!pinai di @ r!pinsi : (ceh. b% )atihan terhadap dan enyantunan embinaan &!rban r!yek Bantuan Bencana (lam andang bagi itu dan untuk meningkatkan para petugas ketrampilan lapangan telah diselenggarakan latihan yang tingkat 7egi!nal yaitu di 6jung 3nd!nesia Bagian ./:.imur dan 3nd!nesia Bagian Barat. Nusa . Sulawesi . d% )atihan . alembang bagi c% )atihan 7egi!nal 3nd!neaia Bagian Barat bagi etugas elakaanaan impinan4Satuan enanggulangan &!!rdinasi 8S(.enggara Barat. Nusa .engah dan Sulawesi .imur.enggara .&*7)(&% Bencana (lam tingkat 3 di Aakarta4Bandung. 7iau. +aluku dan Bali.eng-gara. &alimantan Barat.

Dalam tahun /:. r!pinsi dengan peserta dari di daerah r!pinsi Dinas S!sial &abupaten r!gram eranan -anita r!gram ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan kepemimpinan dikalangan wanita dan meningkatkan kesanggupan dan kemampuan wanita dari keluarga miskin untuk dapat melaksanakan usaha-usaha peningkatan penghasilan secara swadaya dan melembaga. e.< kegiatan ini meliputi usaha : a% )atihan kepemimpinan wanita tingkat kabupaten.an wanita dan stimulans bahan serta peralatan untuk usaha-usaha bidang .8.ti$ bagi para wanita. tingkat Aawa Barat. b% )atihan ketrampilan di bidang usaha-usaha ek!n!mi pr!duk.(SB(%./4. c% Bantuan paket buku-buku dan sarana m!tiHasi untuk pimpin.

/4.ek!n!mis pr!dukti$ bagi para wanita miskin.< dilatih bantuan sebanyak . d% +enyelenggarakan pr!dukti$ untuk usaha bersama. Dalam rangka memberikan bimbingan dan latihan-latihan berbagai jenis ketrampilan kerja untuk usaha-usaha telah ek!n!mis dan pr!dukti$ diberi bagi wanita-wanita dari keluarga miskin dalam tahun /:.>9= !rang kel!mp!k-kel!mp!k mengembangkan kerja kegiatan 1233344=> ..

miskin. )atihan ini meliputi pengetahuan manajemen. juga telah antara diaelenggarakan lain latihan kepemimpinan cara wani-ta tingkat &abupaten. dan dasar-dasar pekerjaan s!aial dalam rangka mengembangkan kesejahteraaan keluarga. Dalam rangka menanggulangi masalah s!aial di kalangan remaja. mengadakan pendekatan terhadap masyarakat luas.aruna dan hari remaja latihan gram generasi muda menyelenggarakan tanggung jawabnya Dalam kerja. meliputi depannya. pr!melalui menyadari dalam pr!gram kegiatan &arang . r!gram Generasi +uda. agar para remaja peranan para meny!ngs!ng ini. $. bimbingan dan pengarahan. ketrampilan diberikan berbagai . khusuanya kel!mp!k remaja yang kurang mampu./9> pimpinan wanita./4. Disamping itu untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kaum wanita yang ikut serta dalam kegiatan !rganisasi s!sial. Dalam tahun /:.< te-lah dilatih sebanyak /.

agar waktu terluang dapat diman$aatkan untuk karya yang pr!dukti$. /:. g.< para Dalam telah remaja timbulnya rangka generasi diberikan dan membatasi kegiatan peralatan kenakalan tahun meningkatkan paket bantuan berupa ketrampilan dan kerajinan tangan kepada.aruna sebanyak </> !rang dalam rangka kegiatan semakin dan meningkatkan pelayanannya.kerajinan tangan.5// &arang . &egiatan-kegiatan teraebut dimaksudkan juga untuk mengnaakan disiplin dan tanggung jawab s!aial serta upaya penghayatan dan penghmalan aerta membina muda masalah ancasila mencegah dan dalam di kalangan remaja. <.aruna. agar dengan mutu . r!gram enelitian &eaejahteraan S!sial. Di samping itu telah diselenggarakan latihan bagi para pengurue &arang ./4. kesenian dan !-lah raga. r!gram ini diselenggarakan dalam rangka lebih meningkatkan daya guna dan ketepatan setiap usaha kesejahteraan s!si-al.

Data dan masalah yang diper!leh dari hasil penelitian diman$aatkan pula untuk dijadikan landasan penyusunan kebijaksanaan.demikian dapat diharapkan adanya pelayanan4 penyantunan mengembangkan yang secara langsung kesejahteraan derajat masyarakat. atrategi dan pr!gram-pr!gram antara pembangunan warga bidang &esejahteraan S!aial yang bera'askan ke g!t!ng-r!y!ngan sesama masyarakat dan atau antara masyarakat dan emerintah. <. enelitian +et!de dan .ekn!l!gi ekerjaan S!sial. 123334=/ . enelitian masalah &eaejahteraan S!sial. &egiatan penelitian mencakup : /.

erasing. e% enelitian tentang pengembangan kebijaksanaan pelaksanaan pr!gram lintas sekt!ral yang terpadu dalam rangka penang para . d% )anjutan penelitian daya guna dan hasil guna input pela yanan kesejahteraan s!sial secara luar panti. Dalam tahun /:.5.una enderita Susila dan #acat. endataan dalam rangka penyusunan peta penyebaran Gelandangan. menghimpun dan pengel!laan dana yang ada dimasyarakat.< telah dilaksanakan kegiatan-kegiatan : a% b% anelitian tentang indikat!r keterlantaran anak dan remaja. ./4. +asyarakat . enataan dan penyajian data4in$!rmaai di bidang &esejahteraan S!sial. c% )anjutan penelitian tentang perintisan sistem Aaminan &e sejahteraan S!sial khusuanya mengenai caracara penggali an.

agar standard minimal sebagai tempat mendidik dan memadai untuk menampung jumlah peserta yang semakin meningkat. ada tahun /:. r!gram ini terutama dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pelaksana agar pelayanan kesejahteraan s!sial dapat ditangani secara lebih trampil. $% )anjutan penelitian tentang hambatan dan dukungan s!sial bagi peningkatan peranan wanita dalam pembangunan./4. h. Selain itu dikembangkan pula $asilitas-$asilitas memenuhi pendidikan dan latihan. penuh pengertian dan pengabdian serta selalu bertitik t!lak pada perkembangan permasalahan yang ada dimasyarakat.gulangan masalah kesejahteraan s!sial.< telah diselenggarakan berbagai meliputi : kegiatan pendidikan dan latihan .enaga S!sial. r!gram endidikan dan )atihan .

6jung peserta. )atihan bagi 5> !rang (dministrasi &euangan. )atihan bagi @> tenaga-tenaga serjana n!n pr!$esi eker-jaan S!sial.ingkat di /<@ diselenggarakan keseluruhan !leh Aakarta. =. di Aakarta. secara (dministrasi ./. adang dan &upang impinan (dministrasi . Sek!lah peserta.ingkat +adya 8S. (DE(%. )atihan bagi = !rang 7ehabilitasi #acat .ubuh bagi peserta dari )uar Negeri.enaga 123334=< . di Aakarta. Sek!lah )anjutan dan diikuti impinan 8S. ()(%. di Bandung. di Aakarta yang diikuti !leh @> !rang 5. )atihan bagi <> !rang eneliti. 9. di Aakarta. andang. embantu . <. @.

ingkat Dasar diselenggarakan di +edan dan 8S. )atihan bagi 5> !rang (dministrasi ekerjaan S!sial erlengkapan.enaga S!sial diberbagai daerah. Banjarmasin yang diikuti secara keseluruhan !leh @@ peserta. (D(%. . dan 9 buah gedung kant!r. )atihan bagi => !rang pr!$esi di Daerah 3stimewa E!gyakarta dan impinan (dministrasi . Aawa . Demikian pula telah direhabilitasi / buah asrama. dan / buah ruang perpustakaan. 5 buah ruang perpustakaan. 6saha serta penyempuranaan e$isiensi aparatur pengawasan pelaksanaan pembangunan . i. dalam tahun /:.$iaienai (paratur dan engawasan elaksanaan emerintah embangunan. :. / buah ruang pendidikan. di )anjutan. Sementara itu dalam rangka meningkatkan $asilitas unit pendidikan &ursus .?. Sek!lah Aakarta.< telah dibangun antara lain : / buah asrama. r!gram enyempurnaan ./4.imur..

enyempurnaan administratasi kepegawaian melalui analisa jabatan4pekerjaan serta penertiban tata usaha kepegawaian.erasing serta erundang-undangan &esejahteraan S!sial tentang dan eraturan Aaminan 9. emantunan *rang )anjut 6sia4 A!mp!. 5. Bimbingan dan pengarahan teknis serta eHaluasi pelaksanaan pr!yek-pr!yek di lingkungan Direkt!rat Aenderal. . enyusunan 7ancangan dan eraturan emerintah tentang 7ehabilitasi &!rban Bencana (lam embinaan +asyarakat . enghimpunan data yang lebih mantap serta perencanaan pr!yek yang lebih bertitik t!lak pada <. permasalahan s!sial di wilayah pembangunan.telah ditempuh melalui usaha-usaha : /. eningkatan pengawasan serta pengendalian pr!yek-pr!yek. @.

Ngada . Auga telah dibangun ? buah &ant!r untuk tingkat &abupaten4&!tamadya 8Sumatera Barat%. dan Sumba .engah%. Berau 8&alimantan . Dalam tahun /:. Bangli 8Bali%.imur%. baik di usat maupun di Daerah-daerah.imur%.imur 8&alimantan ./4.j.enggara 123334=5 .< telah dibangun / buah &ant!r -ilayah di Daerah 3stimewa E!gyakarta. )uwu 8Sulawesi Selatan%. di &!dya ayakumbuh -aringin &abupaten &!ta . r!gram emerintah enyempurnaan rasarana 0isik Dalam pr!gram ini telah dilakukan kegiatan untuk menunjang usaha-usaha peningkatan dan penyempurnaan prasarana $isik pemerintah.imur 8Nusa .

ditingkatkan pengetahuan ketrampilan wanita diberbagai bidang yang sesuai dengan kebutuhannya. telah menetapkan bahwa pembangunan yang menyeluruh mensyaratkan ikut sertanya pria maupun wanita secara maksimal di segala bidang pembangunan. untuk menghadapi hambatan dan permasalahan yang ada. khususnya untuk meningkatkan kegiatan di daerah-daerah. Pendahuluan Garis-garis Besar Haluan Negara tahun /:?. dalam rangka pembinaan manusia seutuhnya. . dalam umumnya 3nd!nesia emberian peranan dan tanggung tidak mengurangi muda perlu jawab yang lebih besar kepada kaum wanita pembangunan dan peranannya dalam pembinaan keluarga sejahtera pembinaan *leh generasi sebab dan itu khususnya. serta perlengkapan sangat diperlukan. *. PERANAN WANITA 1.Demikian m!bilitas pula yang telah dan disediakan peralatan rumah kant!r dinas.

diharapkan wanita mampu mengel!la dan meman$aatkan lingkungan alam. ketrampilan. meningkatkan kesejahteraan dirinya sendiri serta keluarga sikap dan seluruh yang masyarakat. maka ditingkatkan pula mutu hidup manusia serta mulai ditangani usaha peningkatan peranan wanita di bidang ketenaga kerjaan. Dalam tahun ketiga 7epelita 333 disamping meningkatkan pendidikan. Dengan kepegawaian demikian dan kepemimpinan.erkembangan mental dan $isik generasi penerus dalam keluarga masing-masing. yang merupakan kel!mp!k generasi muda yang akan terjun dalam masyarakat. erubahan mental p!siti$ dan mendasar dari kaum wanita dapat . pengetahuan. dibina secara langaung !leh wanita dimana generasi muda merupakan penerus cita-cita bangsa yang akan mewarisi dan melanjutkan perjuangan bangsa generasi demi generasi. dan penghasilan keluarga serta meniadakan tidak keadaan s!si!-budaya yang menguntungkan bagi wanita. sikap kaum wanita.

Selain itu tambahan pengetahuan dan ketrampilan kaum dapat wanita menyumbang sejahtera dalam dan arus kearah meutama perwujudan nempatkan keluarga pembangunan nasi!nal. para pemimpin wanita telah pula turut berpartisipasi perjuangan hak. kewajiban dan 123334=9 .dijadikan tumpuan yang k!k!h untuk pengembangan lebih lanjut kepercayaan pada diri sendiri. Sesuai dengan kehendak p!litik dalam Garisgaris Besar Haluan Negara mengenai -anita dalam embangunan melalui dan eranan embinaan persamaan Bangsa.

&egiatan peningkatan peranan wanita sejak tahun /:?:4. <--&SS !leh N!n r!gram Departemen diselenggarakan sekt!ral )embaga Departemen dalam uaaha meningkatkan peranan . Ke%"&a aanaan dan lan! ah(lan! ah 6saha peningkatan peranan wanita selama tahun ketiga 7epelita 333 ditujukan tidak hanya kepada wanita di daerah pedesaan dan daerah perk!taan yang rawan.erpadu embinaan eningkatan dengan eranan -anita menuju &eluarga Sehat dan Se<--&SS% meman$aatkan enggerak embina &egiatan berbagai &esejahteraan &eluarga 8 &9% sebagai wadahnya dan .kesempatan berdasarkan 7encana &egiatan Nasi!nal -anita 3nd!nesia.eam )&+D sebagai secara pembina .erpadu lintas dan teknisnya.eam && sebagai penggeraknya serta .erpadu . 2.> terangkum di dalam paket kegiatan jahtera 8 r!gram r!gram . tetapi juga daerah yang bukan rawan.

khususnya dalam membina keluarga menuju keluarga sehat dan sejahtera antara lain melalui keterpaduan dalam peningkatan pengetahuan dan perubahan sikap mental yang p!siti$ serta ketrampilan dipelbagai bidang. ). Ke!"a#an Pe$%an!unan &eterpaduan dipelbagai bidang pembangunan untuk meningkatkan 333 peranan untuk lebih wanita dalam 7epelita dan dalam ditujukan secara meningkatkan baik dan dalam ke- keadaan yang memungkinkan wanita ikut serta berintegrasi pembangunan material dan spiritual. Sasaran utama &SS adalah r!gram . pertanian. antara lain bidang-bidang pendidikan budayaan. perdagangan dan k!perasi.wanita dalam pembangunan. penerangan. tenaga . kesehatan. s!sial.erpadu yang <-keluarga terg!l!ng berpenghasilan rendah dengan mempri!ritaskan wanita yang berusia /> . baik di pedesaan maupun di perk!taan yang rawan.9@ tahun. agama.

/4. Dharma -anita.kerja dan transmigrasi./ #rash naan dan r!gram r!gram /:.<% &eluarga . pengembangan pusat in$!rmasi yang menyangkut peranan wanita serta pembinaan keluarga dan anak Balita. peningkatan peningkatan eranan Dalam peranan wanita telah dilanjutkan dengan pelaksaeningkatan <--&SS%.>4. 123334=@ .erpadu sebagai Sehat.erpadu pelaksanaannya selain merupakan pr!gram lintas sekt!ral yang bersi$at terpadu dan terarah. juga mengikut sertakan !rganisasi-!rganisasi masyarakat seperti &!wani. -anita menuju &eluarga Sehat dan Sejahtera 8 r!gram . Da/am tahun kedua dan ketiga 7epelita 333 8/:.

Di tingkat &abupaten4&!tamadya /:. Di bidang pendidikan dan kebudayaan telah dilaksanakan kurikulum kursus pada pembakuan dan pembinaan <--&SS. ==./4. Auga telah diadakan pil!t pr!yek pembinaan belajar wanita di desa-desa binaan di .Dharma ertiwi. dan @=> !rang. &!mite Nasi!nal &edudukan -anita 3nd!nesia 8&N&-3% dan lain-lainnya.>>> r!pinsi latihan dan mencakup sarana peserta pengembangan warga belajar dalam tiga tahun masing-masing 59=. Bersamaan dengan kegiatan tersebut ditingkat pusat telah dilaksanakan pula kursus kepemimpinan bagi 59= !rang angg!ta !rganisasi wanita. Di pendidikan naskah ditingkatkan pula antara lain dengan pencetakan tahunnya eksemplar kurikulum.< telah pengembangan warga belajar bagi =.?:< !rang wanita. Di tingkat 7epelita samping setiap 333 itu barturutturut pengadaan <9. pembinaan dilaksanakan pam!ng belajar4latihan wanita dan Selain itu juga diselenggarakan berbagai latihan4 ketrampilan tahun pam!ng belajar.

&ursus dalam rangka !rganisasi wanita.aman gi'i Gi'i serta dengan penimbangan anak Balita.< kabupaten.< sasaran wilayah diperluas dengan r!pinsi .>>> desa. aehingga mencakup <? pr!pinsi. penyuluhan kesehatan penyuluhan enyegar penyelenggaraan pembinaan.>> !rang.5 kabupaten.imur.Nusa .&% mencakup kegiatan &esehatan desa yang dilaksanakan di <= pr!pinsi. Dalam tahun /:.>>> kecamatan dan sekitar <. sekitar /. r!gram eranan -anita 8 <. Auga di lakukan penelitian tentang peranan wanita di dalam pembangunan kesehatan.im!r .< juga telah diadakan l!mba desa binaan &eluarga r!pinsi.imur dan Sulawesi . <.enggara . <./4. @=9 ./4.. ./<. dalam kecamatan pendirian dan embangunan dan /.enggara yang diikuti !leh /. ada tahun /:. Sehat dan Sejahtera 8&SS% di <= Di bidang kesehatan.

./9> pimpinan wanita yang meliputi antara dasar lain pengetahuan s!sial manajemen.Di bidang kesejahteraan s!sial pada tahun /:. untuk usahausaha ek!n!mis pr!dukti$ terhadap . 123334== ./4. dalam cara rangka pendekatan terhadap masyara-kat dan dasarpekerjaan mengembang-kan kesejahteraan keluarga.< diselenggarakan bimbingan dan latihan berbagai jenis ketrampilan kerja. latihan Selain itu juga telah wanita diselenggarakan kepemimpinan yang diikuti !leh angg!ta !rganisasi s!sial di tingkat nasi!nal. pr!pinsi dan kabupaten yang diikuti !leh /.>9= wanita dari keluarga miakin.

Di bidang penerangan dalam tahun /:.. yaitu 9> !rang penulis naskah dan pr!duser siaran -anita dan ngunan tahun /:?:4.273.>4.. &egiatan Siaran -anita dan embangunan telah menyediakan . tahun /:.99>. p!ster dan lain-lain melalui kegiatan penerangan umum dan melalui siaran wanita dan pembangunan.ga tahun 7epelita 333 berturut-turut siaran 773 serta berturut-turut @/.>5 paket paket siaran radi! pada ti. ?.>4./.< emba!rang pada 9< paket $ilm d!kumenter tentang peni ngkatan ./ dan /g.< kegiatan yang dilaksanakan bagi ialah menyelenggarakan ta dari semua pendidikan pr!pinsi. penerbitan khusus.==@ dan @. 55 dan : paket siaran ./4./4.> ada 0N telah pula memperaiapkan 5 dan tahun /:. Di samping itu telah diselenggarakan pula latihan ketrampilan bagi para pelaksana siaran radi! dan teleHisi. berturutini telah turut /5> dan />> Auru enerangan 8Aupen% -ani&egiatan dilengkapi pula dengan penyediaan bahan-bahan publikasi.

telah dilaksanakan latihan./4. tersebut mencakup <= pr!pinsi meliputi <:@ unit yang terdiri dari @/> kel!mp!k -anita . tahun kemudian /:.> pekarangan.>4./4.< pada 9/ kel!mp!k dalam tahun /:. samping itu juga disebar luaskan kegiatan carapeman$aatan gi'i pekarangan melalui tahun untuk perbaikan &egiatan keluarga pada tanaman /:. tahun /:?:4. Di bidang pembangunan desa pada tahun . peman$aatan dalam cara rangka tekn!l!gi cara-cara hasil-hasil perbaikan tanah baru dalam bidang dan Di terutama penyimpanan pertanian gi'i keluarga. usaha peternakan dan perikanan.ani.> wanita dalam belum ada kegiatan kel!mp!k diteruskan nelayan.< ada pada dimulai . 6ntuk meningkatkan peranan wanita tani dan nelayan.peranan wanita./ dan pada kel!mp!k -anita Nelayan. kursus dan penyuluhan mengenai pengenalan dan cara-cara peman$aatan pr!duksi.

/4.@5/ wanita pedagang4pengusaha yang telah ditatar.< telah diselenggarakan kursus engurus Seksi desa !rang. 123334=? usat dan di Di bidang tenaga kerja pada tahun /:./4./>@ wanita eranan -anita dilaksanakan melalui penataran dan k!nsultasi pedagang4pengusaha pada /= pr!pinsi.< telah diselenggarakan kegiatan pendidikan dan latihan perk!perasian wanita pedesaan di pr!pinsi-pr!pinsi. k!nsultasi lanjutan terhadap <. Di bidang k!perasi pada tahun /:.@>> eksemplar.< kegiatan terhadap pembinaan /. serta penerbitan br!sur bahan in$!rmasi dan penyuluhan sekitar <. dan kelurahan dengan sasaran && bagi />.< telah diadakan kegiatan peningkatan peranan ./:./4./<? Di bidang perdagangan dalam tahun /:./4.>>> && dalam )&+D meliputi =@.

melalui pengujian-pengujian pr!duktiHitas peningkatan 6saha-usa-ha dilaksanakan secara terpadu dengan usaha perlindungan dan peningkatan kesejahteraan tenaga kerja wanita seperti 8bekerja pembinaan sambil tempat belajar% penitipan dan anak. peranan 6ndang-6ndang pimpinan Sedangkan erkawinan !rganisasi tingkat pelaksanaan peningkatan wanita baru dipr!gramkan pada tahun /:.>9@ !rang./ meliputi latihan bagi kan wanita transmigran terpilih.>4. yang mencakup /.< dengan kegiatan penataran4penyuluhan materi .> telah diadakan bagi wanita penyuluhan =@ !rang pusat./4.> dan /:.. penerapan tekn!l!gi masuk desa dan lain-lain yang dilaksanaberturut-turut di 5 dan = pr!pinsi.buruh serta wanita. &egiatan di bidang transmigraai pada tahun /:?:4. Di bidang agama untuk pertama kali pada tahun /:?:4. wanita dan peningkatan ketrampilan tersebut tenaga tenaga kerja kerja wanita. $asilitas keluarga berencana dan pr!gram kejar pendidikan ketrampilan.

Di disediakan sejumlah buku-buku ped!man mengenai pelaksanaan 6ndang 6ndang erkawinan disertai peraturan pelaksanaannya. kel!mp!k ibu-ibu rumah tangga yang menjangkau sejumlah sekitar <>. 6ntuk memberikan ketrampilan kesempatan kepada dan meningkatkan dya-wisata kabupaten langsung pemuka&abupaten- pemuka wanita desa yang terpilih diadakan widengan atau mengunjungi kegiatan r!pinsi-pr!pinai dan secara mempelajari peningkatan peranan wanita yang telah berhasil dengan cara pengamatan dan diskusi. Di bidang hukum pada tahun /:.< telah dimulai penyusunan naskah akademis peraturan perundang-undangan tentang peranan wanita didalam pembangunan.>>> ibu rumah tangga baik ditingkat &abupatan samping itu maupun ditingkat pedesaan.6ndang-6ndang tingkat usat dan erkawinan bagi /?> peserta r!pinsi serta 59./4. Sehubungan dengan kegiatan-kegiatan tersebut diatas dalam tahun .

/ telah mulai dirintis pembentukan gai N#learing h!useN yang p!tensi &egiatan $asilitas bertujuan yang dan ini lebih antara usat untuk baik lain D!kumentasi dan 3n$!rmasi yang ber$ungai sebameningkatkan mengenai wanita meliputi dan pengertian anak./:. keadaan. penerbitan berkala majalah -anita dalam embangunan dengan !plaag />.>>> eksemplar. . pengadaan kebutuhan pengumpulan d!kumentasi dan penyimpanan data mengenai wanita dan anak dalam bentuk atatiatik. )ain dari pada itu dalam rangka menyusun pemetaan peranan wanita diaeluruh tanah air yang bertujuan 123334=.>4.

< telah diselenggarakan pr!yek perintis Bina &eluarga dan anak Balita di 5 kelurahan pada 5 k!ta : Semarang.< telah dilatih tenaga surHai sebanyak /. Di bidang 3nternasi!nal dalam rangka menghapus segala bentuk diskriminasi terhadap wanita./ telah diselenggarakan peranan dalam dalam l!kakarya nasi!nal mengenai wanita wanita dalam pembangunan pedesaan dengan N eningkatan dan peranan pembangunan kedudukannya perencanaan dan pr!ses pengambilan keputusanN yang diikuti !leh /< Departemen dan )embaga N!n Departemen. #ireb!n dan 6jung andang. Dalam suatu thema tahun /:.untuk penyusunan pr!gram peningkatan peranan wanita yang tepat serta sesuai dengan kebutuhan dan k!ndisi yang berbedabeda maka pada tahun /:. ? !rang ilmuwan dan Bappeda dari <= pr!pinsi./4.inggi. 3nd!nesia telah ikut serta dalam suatu . /@ eneliti dari erguruan . Selain itu dalam tahun /:./4. !rang sarjana peneliti.

&!n$erensi bahwa Dasawarsa warga BB bagi wanita di #!penhagen pada tahun /:. )ain dari pada itu di bidang kerjasama (S./ di Aakarta dibentuk wadah N(S.NOS 7*G7(++.7(.(N #*N0. Sebagai metindak lanjut &!nperensi ini.3*NSN 8(#-*%. emerintah 3nd!nesia langkah-langkah . mempersiapkan rati$ikasi k!nHensi tersebut.(N sebagai hasil pertemuan wanita (S.D.3*N *0 -*+.SN dan N(S.NOS *7G(N3F(.> yang menetapkan semua negara mempunyai kedudukan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan sehingga segala bentuk diskriminasi terhadap sedang wanita harus dihapuskan.(N -*+. (untuk 5 tahun pertama berkedudukan di 3nd!nesia dan 3nd!nesia juga telah terpilih sebagai &etua (serta &etua (#-* untuk < tahun pertama.(N tahun /:.

123334=: .