You are on page 1of 3

KOMPOSISI DENTAL PORCELAIN

1. Feldspar Feldspar adalah mineral yang terjadi secara alami yang berupa anhydrous alumino silicate dan terdiri atas potas K2O, soda ( Na2O), alumina Al2O3, dan silica SiO2. Feldspar dapat diperoleh dalam tiga bentuk, antara lain soda feldspar (Na2O, Al2O3, 6 SiO2), lime feldspar (CaO, Al2O3, 6SiO2 ), dan potas feldspar (K2O, Al2O3, 6SiO2 ). Feldspar memiliki kecenderungan untuk membentuk leucite mineral krisatalin ketika meleleh. Dimana leucite adalah mineral kalium – alumunium – silikat dengan koefisien ekspansi thermal yang besar dibanding feldspat kaca yaitu sebesar . Feldpar ini akan mencair selama pembakaran porcelain dan mengikat bahan – bahan lain secara bersamaan. Feldspar ini secara perlahan akan mengalami pelelehan yang tidak semestinya pada temperature 1150
o

C dan 1530o C dan akan membentuk Kristal-kristal

leucite dalam kaca air. Pelelehan tidak semestinya adalah proses dimana satu bahan meleleh untuk membentuk cairan ditambah dengan bahan Kristal yang berbeda. jika feldspar dibakar maka feldspar akan meleleh dan membentuk bahan yang bening seperti gelas yang membentuk matriks dan berfungsi sebagai fluks untuk mengikat bahan-bahan lain yang digunakan untuk membentuk porselen. Feldspar memberikan warna transparant pada porselen sehingga harus ditambahkan pigman agar bahan restorasi dapat sesuai dengan warna gigi-gigi tetangganya.

2. Silica ( SiO2) Silica terdapat dalam empat bentuk yang berbeda yaitu quatz kristalin, trydimite kristalin, cristobalite kristalin dan silica gabungan non-kristal. silica gabungan non-kristal adalah bahan dengan titik leleh tinggi yang temperature lelehnya tinggi dan disebabkan karena adanya anyaman tiga dimensi dari ikatan

dan silika dengan struktur heksagonal adalah bentuk silika yang paling stabil.Quartz dipanaskan pada suhu 867oC akan mengalami recontructive transformation menjadi tridymite (rhombohedral) . sebuah hydrous alumino silicate dari komposisi kaolin dalam suatu bahan keramik antara lain :    jika kaolin ditambahkan dengan air. Susunan butir-butirnya bertindak sebagai kerangka yang tahan panas. Silica bereaksi dengan feldspar untuk menghasilkan suatu ikatan . fungsi .Cristobalite dipanaskan pada suhu lebih dari 1700oC melebur dan terjadi fused quartz dan amorphous 3.Tridymite dipanaskan pada suhu 1470oC berubah menjadi cristobalite (kubik) . silica ini merupakan bahan dasar utama dan mempengaruhi warna dari porcelain. Silica yang dipakai dalam dental porcelain berguna untuk menambah kekuatan.kovalen antara tetrahedral silica. Bahan ini sejenis pasir (silika) yang berfungsi memberi kekerasan dan kekuatan pada porselen. . Sifat silika adalah keras dan stabil. yang merupakan unit structural dasar dari anyaman kaca. maka porselen akan menjadi campuran yang plastis sehingga akan mudah untuk dibentuk suspense clay dengan air dapat mempertahankan bentuk porselen selama masa pembakaran sebagai pengikat untuk mempertahankan kepadatan dan kekuatan porselen agar dapat dibentuk sebelum pembakaran. Kaolin Kaolin adalah sebuah bahan clay yang teruama terdiri dari mineral kaolinite. Bentuk struktur kristal silika ada tiga yaitu: . Silica ini pada pembakaran normal tidak mengalami perubahan struktur dan akan mencapai keseimbangan pada temperature tinggi. Selain itu.

4. serta menyerap bahan-bahan pencemar yang tidak dikehendaki. Oksida Pigmentasi Oksida pigmentasi ditambahkan bertujuan untuk mr=endapatkan warna restorasi yang mendekati warna gigi-gigi disebelahnya. dimana bahan – bahan ini merupakan low fusing material yang berguna untuk memperendah fusion temperature . Opasitas diperoleh dengan menambah oksida cerium. oksida titanium. Penambahan fluks ini dimaksudkan untuk menambah kelelehan atau kecairan. oksida zirconium. atau oksida timah. oksida mangan ( lavender ) oksida kobalt ( biru ). kemudian bubuk tersebut dicampur dengan bubuk yang tidak mempunyai pigmen untuk mendapatkan corak dan kroma yang tepat. Contoh dari oksida logam dan kontribusi warnanya pada porselen mencakup oksida besi atau oksida nikel ( coklat ). borax. Pada fluks yg dicampurkan pad porcelain terdapat bahan bahan seperti karbonat-karbonat kalium. pigmen warna ini didapatkan dengan mencampur oksida logam dengan kaca halus dan feldspar yang kemudian digerus ulang hingga menjadi bubuk. merendahkan temperatur lebur. oksida tembaga ( hijau ). . Fluks Fluks dicampurkan pada porcelain dalam pembuatannya pada temperature yang rendah. gelas atau oksida timah. natrium. oksida titanium ( coklat kekuningan ). 5.