You are on page 1of 6

MERGER DARI DAIMLERBENZ DAN CHRYSLER Industri otomotif mengalami perubahan yang cukup signifikan setelah perang dunia

II akibatnya muncul perusahaan otomotif Jepang di kawasan Amerika bahkan Eropa. Perusahaan Jepang mampu menciptakan otomotif yang irit bahan bakar, memiliki kualitas dan teknologiyang hampir sama namun harga jual yang lebih murah dibandingkan dengan otomotif buatanAmerika maupun Eropa. Tidak mengherankan bila Jepang dapat menguasai pangsa pasar Amerika sebesar !" serta Eropa. #al ini mengakibatkan industri otomotif di benua Amerika maupun Eropa ikut terancam. Industri otomotif di tiga belahan dunia mengalami overcapacity / idle capacity menjadikan trend industri menurun serta keberadaan perusahaan otomotif menjadi berkurang. $isalnya di akhir tahun %&&', industri otomotif hanya tinggal sebanyak %( dari )* perusahaan yang ada. #al tersebut mendorong banyak perusahaan melakukan merger ataupun akuisisi. Industri mobil tidak pernah sama dengan merger monumental dua perusahaan terbesar didunia+ ,hrysler dan -aimler .en/. $erger yang terjadi di akhir %&&!0an telah menciptakan salah satu perusahaan terbesar di industri. Ini menciptakan sebuah pijakan bahwa perusahaan dapat digunakan di pasar mobil. Pada tanggal 1 $ei %&&', di 2ondon, -aimler0.en/ Jerman menandatangani perjanjian merger dengan ,hrysler ,orporation Amerika 3erikat. Pasar merespon dengan sangat baik atas penggabungan perusahaan tersebut. Ju4rgen kompetitif. Pada tanggal %* Januari %&&', 3chrempp mengunjungi 5obert J. Eaton, ,hairman dan ,E6 ,hrysler ,orporation, untuk menyarankan diskusi tentang kemungkinan merger. 7urang dari empat bulan kemudian, terjadi merger, dan ditandatanganilah perjanjian. 2angkah0langkah utama dalam proses merger termasuk diskusi awal tentang kelayakan merger,diskusi struktur organisasi pemerintahan dan bisnis, menandatangani perjanjian merger,dan menutup transaksi merger tersebut setelah mendapatkan persetujuan dari yang berkepentingan pihak+ dewan direksi, pemegang saham, dan badan pengatur.-aimler0.en/ A8, merupakan kelompok industri terbesar di Jerman dimana tahun %&&( pendapatan sebesar -$ %*) milyar 9: 1'&!!!!!!!!;. $eskipun dikenal mobil mewah$ercedes0nya, -aimler mengoperasikan di empat segmen bisnis+ 6tomotif 3chrempp, ,hairman -aimler0.en/ $anajemen .oard, berada di balik perubahan dramatis di -aimler, mengubah perusahaan menjadi global yang semakin

usdan Jasa 7euangan -aimler.  $ercedes0.en/ ingin melakukan perluasan pangsa pasar di luar dari pangsa pasarnya saat itu. Daimler-Benz AG (DB) 7ondisi yang dihadapi -aimler0. -aimler . perakitan..en/ =ans. serta layanan keuangan yang menyediakankonsumen pembiayaan untuk .   .usinesses. $empekerjakan !!.ars. jauh diatas rata0rata industri. Jasa.en/ sebelum melakukan merger adalah sebagai berikut +  3ebagian besar perusahaan otomotif yang memproduksi mobil mewah telah melakukan merger ataupun akuisisi.     Perusahaan otomotif terbesar di Eropa. dan -irectly $anaged . dan manajemen armada.  Jumlah merk mobil yang bersaing di segmen mobil mewah semakin meningkat sejak tahun %&'! yakni dari & perusahaan menjadi %& perusahaan. dioperasikan dalam dua segmen utama+ 6perasi 6tomotif dan Jasa 7euangan. yang didirikan di -elaware. -aimler A8 adalah salah satu perusahaan paling sukses di dunia otomotif.. manufaktur.en/ . Aerospace.  8rup -aimler adalah salah satu produsen terbesar mobil premium dan dunia produsen terbesar kendaraan komersial dengan jangkauan global.9Penumpang dan7endaraan 7omersial. $ercedes0. $ercedes0.iaya 5>.orporation.hrysler products. desain.en/ berhasil mengakuisisi ?reightliner Trucks di Amerika dengan baik dimana perusahaan tersebut dapat menaikkan penjualan hingga dalam satu dekade dan itu dilakukan tanpa campur tangan dari $ercedes.!!! orang. .  Produksi mobil mewah mengalami o<ercapacity 9pasar jenuh karena permintaan lebih kecil. -aimler Truk. 6perasi utama termasuk penelitian. asuransi leasing. kali lipat hanya .en/ sangat besar. -engan di<isi $ercedes0.hrysler .$ercedes0.dan produk penjualan 9termasuk truk dan aksesoris.  -aimler Jasa 7euangan menyediakan pelanggan dengan berbagai layanan keuangan otomotif termasuk pembiayaan.

$ereka lebih memilih untuk mendistribusikan produk dari perusahaan otomotif kompetitor yang memiliki pangsa pasar yang lebih besar. $ichigan. $emproduksi mobil sedan. .hrysler !! Jeep @rangler. Jeep.hrysler menjadi semakin ketat sehingga posisi . A3.hrysler sebelum melakukan merger antara lain+   Perusahaan otomotif yang berbasis di A3 yang berbasis di -etroit. -odge. .hrysler saat itu melemah.  Jajaran produk .Chrysler Cor ora!ion Adapun beberapa kondisi yang dihadapi oleh .hrysler 8roup memproduksi .hrysler.  Persaingan pada segment . sehingga pada saat perekonomian Amerika mengalami penurunan. -odge . minivans dan sport utility vehicles 93B=. $ini<an. platform dan powertrains untuk mobil kecil dan menengah. termasuk. 5am. yang merupakansegmen yang dikuasai oleh .hrysler merupakan perusahaan yang cepat mengadopsi perkembangan teknologi dan memiliki design mobil yang trendy serta fashionable sehingga .hrysler 8roup memiliki beberapa kendaraan di dunia yang paling dikenal. ?iat dan $opar.hrysler berpeluang untuk sukses di pasar.  3istem distribusi yang sedang berkembang dalam industri otomotif Amerika memiliki kekuatan distribusi yang tinggi.hrysler adalah perusahaan otomotif kecil.hrysler terkena dampaknya. 3port dan Truk. yang memungkinkan .hrysler 8roup untuk menawarkan lini produk diperluas termasuk kendaraan ramah lingkungan.  .hallenger dan 5am %A!!. 35T.hrysler mempunyai obsesi untuk mewujudkan cost effecti<eness. . .  ?iat memberikan kontribusi teknologi kelas dunia.   .

hrysler diakuisi oleh perusahaanotomotif Jerman.hrysler A3 dan pajak yang efisien untuk -aimler. -aimler berdasarkan porsi saham A( + ) untuk -aimler. 7ami akan terus mempertahankan merek saat ini dan identitas yang berbeda.en/ dan . sehingga meningkatkan . Perwakilan dari -aimler0. -aimler berasal dari 1 " penjualan dari Eropa.en/ menunjukkan bahwa perusahaan yang dipertahankan dari kombinasi apapun menjadi sebuah perusahaan saham Jerman. . kapasitas. 3elain itu.hrysler bahwa setiap transaksi potensial memaksimalkan nilai untuk pemegang saham.hrysler menjadi satu perusahaan publik. penggabungan tersebut lebih ke arah akuisisi daripada merger dimana perusahaan . sehingga menghasilkan kombinasi dari usaha masing0masing -aimler0.hrysler A8.ANALISIS " $erger merupakan penggabungan dua perusahaan menjadi satu. kedua perusahaan sedang mencoba untuk memperluas geografis di pasar masing0 masing. yang memiliki struktur pemerintahan pasca0 merger dari D $erger0of0 EEual. dengan & " saham dari seluruh penjualan.D yang memiliki kemampuan optimal untuk diperhitungkan sebagai penyatuan kepentingan. dan infrastruktur.hrysler tergantung hampir secara eksklusif pada Amerika Btara.hrysler menyatakan bahwa penting untuk . 3eperti yang dikemukakan oleh 5obert Eaton bahwa kedua perusahaan memiliki rentang produk dengan merek0merek kelas dunia yang saling melengkapi dengan sempurna.hrysler ada beberapa alasan untuk merger yang dilakukan oleh -aimler dan . dimana perusahaanyang me0merger mengambilCmembeli semua assets dan liabilities perusahaan yang di0merger dengan begitu perusahaan yang me0merger memiliki paling tidak A!" saham dan perusahaan yang di0 merger berhenti beroperasi dan pemegang sahamnya menerima sejumlah uang tunai atau saham di perusahaan yang baru.hrysler. meningkatkan likuiditas pemilik. pertimbangan pajak. $enurut persepsi sebagian besar publik. perwakilan dari . meningkatkan dana. menambah ketrampilan manajemen atau teknologi. 3elama 9merger. sinergi. Pada kasus merger yang dilakukan oleh -aimlerben/ dan . sementara .eberapa faktor yang mendasari dilakukannya merger oleh perusahaan+ pertumbuhan atau di<ersifikasi. bahwa itu bebas pajak untuk pemegang saham . serta melindungi diri dari pengambilalihan. dan peluang pertumbuhan akan segera ada dengan menggunakan fasilitas masing0 masing. diskusi.

menghasilkan sejumlah kecil perusahaan besar yang masih hidup sebagai pesaing globalyang efektif. dan pengetahuan. dan . perusahaan mampu menghemat biaya operasional hingga %.en/ lebih kuat dalam kemewahan dan mobil akhir yang lebih tinggi. mendekati .hrysler di Amerika BtaraF reputasi -aimler untuk teknik melengkapi. .kemungkinan penerimaan transaksi.) milyar B3 dollar pada tahun pertama operasinya. .  -engan melakukan merger bisa menciptakan pertumbuhan dalam industri otomotif yaitu meraih pangsa pasar yang lebih luas.  Peluang untuk sinergi yang signifikan diberikan oleh kombinasi tidak didasarkan pada penutupan pabrik atau P#7.  7ekuatan yang saling melengkapi dua perusahaan+ -aimler0.  -ewan . -ari situasi yang dihadapi oleh -aimler dan . distribusi. -ewan . 3trategi bersaing yang dijalankan melalui merger yang telah dilakukan oleh -aimlerben/ dan . reputasi .E6 .hrysler +  $eningkatkan keuntungan yaitu dari sector potensi sinergi dalam hal penghematan biaya operasi.hrysler. termasuk kesulitan yang melekat dalam mengintegrasikan dua perusahaan besar yang beroperasi secara geografis dimasukkan di berbagai negara.ob Eaton.hrysler berharap dengan dilakukannya merger. pembelian. -aimler. . .eberapa faktor yang menyebabkan persetujuan tersebut+  7emungkinan bahwa industri otomotif akan mengalami konsolidasi signifikan.hrysler juga mempertimbangkan potensi risiko.E6 -aimler 9Juergen 3chrempp. pada bulan Januari %&&' dan membahas kemungkinan dilakukannya merger.hrysler 9. tetapi faktor0faktor seperti berbagi teknologi.hrysler untuk pengembangan produk.hrysler menyetujui merger dan merekomendasikan transaksi sebagaimana adil dan dalam kepentingan terbaik pemegang saham . dan risiko bahwa sinergi dan manfaat mungkin tidak sepenuhnya tercapai.hrysler serta kondisi otomotif secara global.hrysler lebih kuat pada kendaraan sport dan mini<anF -aimler lebih kuat di Eropa.

hrysler maka diprediksikan kekuatan kedua perusahaan tersebut akan semakin tak tergoyahkan danancaman dari kompetitor lebih bisa diatasi. $engurangi ancaman kompetitor. -engan bergabungnya -aimler dan . .