You are on page 1of 13

TUGAS PENGENDALIAN MUTU

Analisis Perbandingan Parameter Mutu Produk Kacang Atom

Disusun Oleh : 1. 2. 3. 4. 5. 6. Rudi Setyawan Sofyan Nur Juda Yohanes Trianto M. Fikri Marzuki Aldilla Ghazalli Tangkas Sabililla 11/ 312602/ TP/ 10032 11/ 318817/ TP/ 10066 11/ 318892/ TP/ 10138 11/ 318908/ TP/ 10154 11/ 319042/ TP/ 10210 11/ 319968/ TP/ 10230

JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2013

keramahan. keandalan. penyampaian (quality of delivery). kemudahan perawatan.Selain itu kacang atom juga mudah untuk diperoleh dan harganya relatif terjangkau. Kualitas merupakan faktor dasar yang mempengaruhi pilihan konsumen untuk berbagai jenis produk dan jasa yang berkembang pesat dewasa ini. . untuk produk yang berupa jasa parameternya antara lain kecepatan respon. Produk kacang atom dipilih karena merupakan salah satu makanan ringan yang familiar dan sering dikonsumsi masyarakat. biaya (quality of cost). keselamatan (quality of safety). Mutu suatu produk dapat dilihat dari beberapa parameter. Untuk memperdalam pengetahuan mengenai parameter / karakteristik suatu produk maka disusunlah makalah Analisis Perbedaan Parameter Produk Kacang Atom. dan keakuratan.BAB I PENDAHULUAN Kualitas atau mutu produk dapat diartikan sebagai kesesuaian atau kepuasan konsumen atas suatu produk. Sedangkan untuk parameter produk yang berupa barang antara lain adalah fungsi. Kepuasan tersebut mencakup kualitas produk ( quality of product). kekuatan. estetika dan kesesuaian. sumber daya. kinerja.

mutu suatu produk adalah kecocokkan penggunaan produk (fitness for use) untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. baik itu organisasi non pendidikan maupun organisasi pendidikan. Daya tahan (durability).     . N. Pendapat lain menurut Stanley Sutrisno (2010:8) mutu adalah “kesesuaian antara produk atau jasa yang dihasilkan organisasi dengan persyaratan atau kriteria yang ditetapkan oleh pelanggan”. seperti yang dinyatakan oleh Garvin dalam M. merupakan aspek kedua dari performansi yang menambah fungsi dasar. merupakan ukuran masa pakai suatu produk. Berdasarkan pengertian di atas. N. yaitu sesuai dengan yang disyaratkan atau distandarkan. Mutu bisa diukur dengan beberapa dimensi. Sedangkan Badan Standarisasi Nasional (BSN) (2008) mengartikan mutu sebagai derajat yang dicapai oleh karakteristik yang inheren dalam memenuhi persyaratan. N. Nasution (2001) menyatakan bahwa mutu adalah conformance to requirement. Crosby dalam M. Nasution (2001) bahwa delapan dimensi mutu adalah sebagai berikut:  Performa (Performance) berkaitan dengan aspek fungsional dari produk dan merupakan karakteristik utama yang dipertimbangkan pelanggan ketika ingin membeli suatu produk. Standar mutu meliputi bahan baku. Nasution (2001). berkaitan dengan pilihan dan pengembanganya. Features. dapat disimpulkan bahwa mutu merupakan kesesuaian antara produk yang dihasilkan dengan persyaratan yang diinginkan pelanggan sehingga kepuasan pelanggan bisa terwujud. berkaitan dengan tingkat kesesuaian produk terhadap spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan keinginan pelanggan. Mutu sendiri mempunyai berbagai macam pengertian.BAB II TINJAUAN PUSTAKA Mutu merupakan hal yang sangat penting bagi suatu organisasi. Suatu produk memiliki mutu apabila sesuai dengan standar mutu yang telah ditentukan. seperti yang dikemukakan oleh beberapa ahli berikut: Menurut Juran dalam M. Dimensi Mutu. sehingga dengan dimensi ini bisa dianalisis apakah suatu produk itu bermutu ataukah tidak. Kehandalan (reliability). Karakteristik ini berkaitan dengan daya tahan dari produk itu. proses produksi dan produk jadi. Konformansi (conformance). berkaitan dengan kemungkinan suatu produk berfungsi secara berhasil dalam periode waktu tertentu di bawah kondisi tertentu. Ada delapan dimensi mutu.

Kualitas yang dipersepsikan (perceived quality). yang terdiri atas: 1. 9. bersifat subyektif. dapat meningkatkan motivasi pekerja. Metode Informasi Mutakhir (Modern Information Method) Evolusi teknologi yang cepat seperti komputer membuka kemungkinan untuk mengumpulkan. Uang (Money) Biaya mutu adalah salah satu titik lunak dimana biaya operasi dan kerugian dapat ditekan untuk memperbaiki laba. seperti meningkatkan harga diri. berkaitan dengan perasaan pelanggan dalam mengonsumsi produk. . Mutu produk secara langsung dipenuhi oleh sembilan faktor dasar. Motivasi (Motivation) Pengakuan yang positif secara pribadi bahwa pekerja memberi sumbangan demi tercapainya tujuan perusahaan. Mesin dan Mekanisasi (Machines and Mechanization) Keinginan perusahaan untuk mencapai penurunan biaya dan peningkatan volume produksi mendorong penggunaan perlengkapan pabrik yang sempurna. Bahan (Material) Material harus diperiksa sedemikian rupa sehingga layak untuk diproses. menyimpan. merupakan karakteristik mengenai keindahan yang bersifat subjektif sehingga berkaitan dengan pertimbangan pribadi dan refleksi dari preferensi atau pilihan individual. 3. 6. Estetika (aesthetics). 8. 7. Pasar (Market) Jumlah produk baru dan lebih baik yang ditawarkan di pasar terus bertumbuh pada laju yang ekplosif. Manusia (Men) Pekerja yang dibutuhkan kini adalah yang memiliki pengetahuan khusus. kompetensi. 4. akibatnya bisnis harus lebih fleksibel dan mampu berubah arah dengan cepat. Manajemen (Management) Tanggung jawab mutu telah didistribusikan kepada semua bagian dan tingkatan manajemen. 2.   Kemampuan pelayanan (Service ability). Pemeriksaan atas spesifikasi yang semakin ketat dapat menurunkan biaya secara efektif. merupakan karakteristik yang berkaitan dengan kecepatan/kesopanan. kemudahan serta akurasi dalam perbaikan. Persyaratan Proses Produksi (Mounting Products Requirements) Kemajuan dalam rekayasa rancangan memerlukan kendali yang lebih ketat pada seluruh proses pembuatan. dan mengambil kembali serta memanipulasi informasi. 5. yang dikenal dengan istilah “9M”.

Mutu dapat dipastikan sedemikian rupa sehingga konsumen yang membeli bebas dari rasa cemas. yaitu:  Pemeriksaan Mutu (Quality Inspection) Dengan adanya mutu suatu produk maka dapat dilakukan pemeriksaan mutu. ternyata diketahui bahwa produk tersebut tidak sesuai dengan persyaratan. . pada dasarnya terdapat tiga fungsi utama mutu suatu produk. dalam jangka panjang tanpa kesulitan. dengan membawa produk tersebut kedalam kondisi “sesuai dengan yang dimaksud”. Mutu memerlukan desain yang rasional. pelaksanaan operasi.  Pengendalian Mutu (Quality Control) Bila suatu produk telah melalui tahap pemeriksaan mutu. maka dilakukan tindakan pengendalian terhadap kondisi tadi.Menurut Shigeru Mizuno (1994:2). yaitu tindakan untuk mengetahui produk sesuai dengan yang dimaksud atau tidak.  Pemastian Mutu (Quality Assurance) Mutu tidak dijamin melalui pemeriksaan saja. dan prosedur pengendalian mutu yang benar.

7 x 18. HASIL A.8 x 17.3 (cm) Kacang Sukro 70 g 13.950 Kacang Sukro Rp3.8 (cm) Kacang Shanghai Dua Kelinci 90 g 10.4 x 15.200  Data Atribut ( Ketersediaan Informasi Penting pada Kemasan ) Produk Parameter Informasi pada Kemasan Produk Kode Produksi Tanggal Kadaluarsa BPOM RI MD Sertifikat Halal Alamat Komposisi Nutrition Fact CS Saran Penyimpanan Saran Penyajian LP POM Peringatan Zat Tambahan Barcode Label Buang Sampah Kacang Atom Garuda Kacang Shanghai Dua Kelinci Ketersediaan Informasi √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ Kacang Sukro Atribut .1 Tabel Perbandingan Parameter Produk  Data Variabel ( Berat Bersih & Dimensi Kemasan ) Produk Parameter Berat bersih Dimensi Kemasan Kacang Atom Garuda 52 g 11.5 (cm) Variabel  Data Atribut ( Harga ) Produk Parameter Atribut Harga Kacang Atom Garuda Rp2.BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN A.000 Kacang Shanghai Dua Kelinci Rp4.

Good = 3.2 Gambar Produk Gambar Produk yang dianalisis .) : Tersedia : Tidak Tersedia  Data Atribut ( Kerenyahan. Rasa. Aroma. Fair = 2. dan Poor = 1 .Keterangan ( Data Atribut :Ketersediaan Informasi Penting pada Kemasan ) Tanda ( √ ) Tanda ( .Uji dilakukan terhadap 4 orang responden ) A. Tekstur. dan Warna ) Kacang Atom Garuda Kerenyahan Fair Aroma Poor Atribut Tekstur Poor Rasa Poor Warna Fair Parameter Produk Kacang Shanghai Dua Kelinci Poor Good Good Good Poor Kacang Sukro Good Fair Fair Fair Good ( Penilaian dilakukan berdasarkan preferensi konsumen .

Gambar Kemasan & Produk Kacang Sukro DK Gambar Kemasan & Produk Kacang Garuda Gambar Kemasan & Produk Kacang Shanghai DK .

tidak terdapat Informasi Nilai Kandungan Gizi) ( Di dalam kemasan kacang Shanghai DK terdapat bungkusan kecil bahan sejenis silica gel khusus makanan ) .Gambar Informasi Nilai Gizi pada Kemasan Kacang Sukro DK Kacang Shanghai DK (Pada kemasan kacang atom Garuda.

PEMBAHASAN Analisis perbandingan parameter mutu dilakukan terhadap produk kacang atom. sertifikasi halal.3) cm dan berat produk 90 g. tanggal kadaluarsa. alamat produsen. Produk Kacang Atom Garuda memiliki variabel produk yaitu ukuran kemasan (14. kacang “Shanghai” Dua Kelinci. Ukuran dari kacangnya tidak beraturan. Kecacatan kacang yang . saran penyimpanan.Di dalam kemasan kacang Shanghai Dua Kelinci dilengkapi dengan bungkusan bahan sejenis silica gel khusus makanan yang berfungsi menjaga kualitas produk. Sedangkan atribut produknya adalah harga dan informasi yang tertera pada kemasan seperti kode produksi. ada yang besar dan ada juga yang kecil. Customer Service. Kacang Atom Garuda memiliki 111 butir kacang yang berwarna putih dan teksturnya terdapat serbuk-serbuk dari lapisan tepungnya.B. sertifikasi BPOM RI MD. dan label buang sampah. Sedangkan atribut produknya adalah harga dan informasi yang tertera pada kemasan seperti kode produksi. saran penyajian. dan label buang sampah. tanggal kadaluarsa. alamat produsen. sertifikasi BPOM RI MD. tidak terdapat serbuk dari tepung yang berarti. nutrition fact. komposisi. tanggal kadaluarsa.8) cm dan berat produk 52 g. Quality Management System ILQA-IPB. sertifikasi halal. Sedangkan atribut produknya adalah harga dan informasi yang tertera pada kemasan seperti kode produksi. Sementara itu. Isi produk dari ketiga produk yang dibandingkan sebagai berikut. LP POM. barcode. dan kacang “Sukro” Dua Kelinci. Customer Service.5) cm dan berat produk 70 g. Customer Service. saran penyimpanan. Kacang Shanghai Dua Kelinci memiliki 126 butir kacang (3 butir kacang cacat) yang berwarna putih buram sedikit kecoklatan. sepertinya tidak dilakukan sortasi.8 x 17. alamat produsen. 2000 sehingga Produk Kacang Shanghai Dua Kelinci memiliki variabel produk yaitu ukuran kemasan (10. Ada pula kacang yang lapisan tepungnya berlubang. Produk ini diperoleh seharga Rp 2000 sehingga harganya Rp 38. dan Food Safety Management ISO 22000. sampel yang akan digunakan adalah kacang atom “Garuda” Garuda Food.4 x 15. barcode.7 x 18. peringatan zat tambahan. sertifikasi halal. untuk produk Kacang Sukro Dua Kelinci memiliki variabel produk yaitu ukuran kemasan (13. dan label buang sampah. barcode. komposisi. komposisi. sertifikasi BPOM RI MD. Harga produk yang kami peroleh Rp. peringatan zat tambahan.46/gram. produk dari Dua Kelinci yaitu kacang Sukro Dua Kelinci dan kacang Shanghai Dua Kelinci memiliki informasi produk yang lebih lengkap seperti nutrition facts serta memiliki sertifikasi HACCP Food Safety Management ILFA-IPB. nutrition fact. saran penyimpanan. Berdasarkan hasil pengamatan.

konsumen lebih menyukai atribut kerenyahan dan warna yang dimiliki Kacang Sukro (good) daripada Kacang Atom Garuda (fair) dan Kacang Shanghai DK (poor). kemudian diurutan berikutnya adalah kacang Sukro DK. Ukuran kacangnya beragam namun perbedaannya tidak begitu mencolok. total nilai keseluruhan atribut tiap produk dibandingkan satu sama lain sehingga didapatkan produk yang lebih disukai. Produk ini diperoleh seharga Rp 3200 sehingga harganya Rp 45. dan kurang disukai atau poor (skor 1). disukai atau fair (skor 2). rasa.71/gram. Kacang Sukro Dua Kelinci memiliki 71 butir kacang yang berwarna putih buram dan tidak terdapat serbuk dari lapisan tepung yang berarti. dan kurang disukai. dan warna. Produk ini diperoleh seharga Rp 4950 sehingga harganya Rp 55/gram. aroma. Setelah ketiga produk dibandingkan. tekstur. Konsumen yang dipilih untuk uji preferensi ini terdiri dari empat orang yang merupakan anggota kelompok. dan rasa yang dimiliki Kacang Shanghai DK lebih disukai konsumen ( good) dibandingkan Kacang Sukro DK (fair) dan Kacang Atom Garuda (poor). dan yang terakhir adalah kacang Atom Garuda. . Lalu. Analisis tingkat kesukaan (preferensi) konsumen terhadap produk juga dilakukan.dimaksud berupa tidak sempurnanya lapisan tepung pada kacang sehingga kacangnya terlihat. Masing-masing atribut dari tiap produk diberikan total nilai oleh keempat responden. Nilai yang diberikan berupa perbandingan lebih disukai atau good (skor 3). disukai. Sedangkan atribut aroma. Ukuran kacangnya beragam namun tidak begitu berbeda satu dengan lainnya. Sehingga diketahui hasil dari uji preferensi konsumen terhadap tiga produk tersebut yaitu konsumen lebih menyukai kacang Shanghai DK. tekstur. Masing-masing responden memberikan nilai terhadap ketiga produk berdasarkan atribut kerenyahan.

kekuatan. Analisis parameter mutu dapat digunakan untuk menilai dan membandingkan kualitas produk satu dengan produk lain yang sejenis.BAB IV KESIMPULAN Mutu suatu produk dapat dilihat dari beberapa parameter. . Salah satu contoh analisis perbandingan parameter mutu yang telah dilakukan adalah menbandingkan parameter mutu produk kacang atom dari 3 merk yang berbeda. yakni kacang atom “Garuda” Garuda Food. keandalan. Sedangkan untuk parameter produk yang berupa barang antara lain adalah fungsi. Mutu atau kualitas pada produk yang berupa makanan dapat dinilai dengan melakukan analisis terhadap beberapa parameter diantaranya dengan menganalisis dimensi dan kualitas kemasan produk. diketahui hasil dari uji preferensi konsumen terhadap tiga produk tersebut yaitu konsumen lebih menyukai kacang Shanghai DK. rasa. tekstur. Setelah dilakukan analisis terhadap beberapa parameter mutu produk termasuk dengan uji preferensi konsumen terhadap produk. dan keakuratan. dan yang terakhir adalah kacang Atom Garuda. untuk produk yang berupa jasa parameternya antara lain kecepatan respon. mengamati kelengkapan informasi yang tertera pada kemasan. estetika dan kesesuaian. kacang “Shanghai” Dua Kelinci. dan kacang “Sukro” Dua Kelinci. kinerja. dan warna. keramahan. melakukan analisis preferensi konsumen terhadap produk misalnya dari segi aroma. sumber daya. kemudahan perawatan. kemudian diurutan berikutnya adalah kacang Sukro DK.

Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management).com/2012/07/pengertian-dan-dimensimutu.2012.html Diakses pada tanggal 1 Oktober 2013. 2001.pukul 09:46 WIB Budi Wahyono..com/2009/12/pengelolaan-mutu-produk. 2013.M.Nasution. Dalam http://stimikjom. pukul 9:19 WIB Drs.blogspot. M.pendidikanekonomi. Mutu Produk. Dalam http://www.DAFTAR PUSTAKA Anonim.N.html Diakses pada tanggal 1 Oktober 2013 .Jakarta . Pengertian dan Parameter Mutu.Sc. Penerbit Ghalia Indonesia.