You are on page 1of 5

Praktikum I Data Lab IF2130 Organisasi dan Arsitektur Komputer Langkah pengerjaan: 1.

. Lakukan installasi Operating System berbasis UNIX, baik Ubuntu, Backtrack, atau OS lainnya. OS tersebut dapat diunduh pada ftp://ftp.itb.ac.id/ maupun sumber eksternal lainnya. Anda dapat melakukan installasi pada Virtual Machine ataupun direct installation. 2. Setelah anda berhasil login, lakukan penambahan akun dengan format nim_[NIM ANDA]. Sebagai contoh, seseorang dengan NIM 13511000 akan membuat akun dengan format nim_13511000. Anda dapat menggunakan perintah adduser [nama_user] untuk menambahkan user baru. Untuk lebih jelasnya, perhatikan screenshot dibawah ini

Note: Kesalahan dalam pembuatan user berakibat skor anda tidak akan diperiksa oleh asisten. 3. Lakukan login dengan akun baru yang telah anda buat (nim_[NIM ANDA]). Silahkan unduh semua handout yang dibutuhkan pada http://kuliah.informatika.org/ . File untuk Praktikum ini dapat diakses melalui direktori Praktikum. Bagi yang melakukan installasi dengan OS x86, silahkan mengunduh file datalab-handout (32 bit) sedangkan bagi yang melakukan installasi dengan OS x64, silahkan mengunduh file datalabhandout (64 bit).

Last Order Praktikum Organisasi dan Arsitektur Komputer I, Semester I, Tahun 2013 / 2014

4. Bagi yang bermasalah dengan hak akses file, silahkan gunakan perintah berikut pada direktori tempat anda melakukan unzip file diatas: chmod +x driver.pl chmod +x dlc chmod adalah sebuah system call yang bertujuan untuk mengubah hak akses dari suatu file. Untuk lebih jelasnya, dapat dibaca di http://en.wikipedia.org/wiki/Chmod 5. Tujuan anda adalah melakukan pengeditan file bits.c sesuai perintah yang diberikan. Terdapat 15 butir permasalahan yang harus anda selesaikan. Sangat disarankan untuk membaca file README yang ada dalam handout yang diberikan, karena terdapat beberapa tools yang cukup membantu dalam pengerjaan. Note : Pengeditan yang dilakukan di luar bits.c dapat membahayakan hasil pengerjaan anda, sehingga sangat disarankan untuk tidak mengubah kode pada files lain.

6. Anda dapat melakukan pengecekan secara lokal menggunakan perintah ./driver.pl (tanpa tanda kutip). Untuk melakukan submisi jawaban, anda dapat menggunakan perintah ./driver.pl u [NIM] (tanpa tanda kutip). Misalnya seseorang dengan NIM 13511000 melakukan submisi dengan perintah ./driver.pl u 13511000.

Last Order Praktikum Organisasi dan Arsitektur Komputer I, Semester I, Tahun 2013 / 2014

Note : Submisi tanpa user login dan NIM yang sesuai dengan NIM anda berakibat skor anda tidak akan diperiksa oleh asisten.

Scoreboard dapat diakses di http://167.205.33.220:7777/ Perlu diperhatikan bahwa server grading dan scoreboard merupakan server lokal (hanya dapat diakses di kawasan ITB). Selain itu, user login dan NIM yang anda gunakan dalam melakukan submisi harus sama. File akhir yang akan kami periksa harus dikirimkan ke asisten melalui mekanisme pengumpulan di bawah ini. Waktu Rilis: 6 November 2013 Deadline: 13 November 2013 pukul 02:00:01 WIB. Server grading akan ditutup setelah waktu yang diberikan. Pengumpulan: Anda harus mengirimkan file bits.c anda dalam .zip / .rar / .tar.gz dengan penamaan [NIM ANDA].zip / [NIM ANDA].rar / [NIM ANDA].tar.gz ke alamat 13511073@std.stei.itb.ac.id. Nama dari email yang dikirimkan harus sesuai format [IF2130] Praktikum1_[NIM ANDA], misalnya [IF2130] Praktikum1_13511000.

Last Order Praktikum Organisasi dan Arsitektur Komputer I, Semester I, Tahun 2013 / 2014

Beberapa tools yang mungkin dapat membantu pengerjaan anda: 1. WinSCP, digunakan untuk melakukan transfer file dari Windows ke Virtual Machine. Anda dapat menggunakan ifconfig untuk mengecek IP dari OS UNIX-based yang anda gunakan. Terdapat banyak teknik lain yang dapat anda gunakan.

2. OpenVPN, digunakan untuk melakukan akses remote ke server lokal di ITB (sehingga anda dapat mengerjakan soal-soal ini dari kost-an maupun tempat lain). OpenVPN dapat diunduh pada http://vpn.itb.ac.id/main/ .

Last Order Praktikum Organisasi dan Arsitektur Komputer I, Semester I, Tahun 2013 / 2014

Dilarang keras: 1. Melakukan serangan DDoS terhadap server. 2. Melakukan submisi dengan kode orang lain maupun men-submit dengan user login dan NIM orang lain. Kami memiliki log file yang dapat merekap semua submisi sehingga segala bentuk kecurangan akan ditindak lanjuti. Selain itu, kami akan melakukan pemeriksaan terhadap file bits.c yang anda kumpulkan.

3. Melakukan kecurangan-kecurangan lain yang mengakibatkan dirugikannya peserta mata kuliah IF2130 lain. Apabila masih terdapat masalah dalam pengerjaan (atau ada yang tidak sengaja melakukan submisi di luar format yang diberikan), harap langsung mengirimkan e-mail ke milis mata kuliah IF2130 Organisasi dan Arsitektur Komputer. Best Regards,

Last Order

Last Order Praktikum Organisasi dan Arsitektur Komputer I, Semester I, Tahun 2013 / 2014