You are on page 1of 11

Operasi Aman Derek Mobile

tujuan Tujuan dari peringatan keselamatan untuk mengingatkan operator crane, dan orang-orang lain yang terlibat dalam operasi crane, kewajiban keselamatan mereka saat mengoperasikan mobile crane .

The peringatan keamanan mengidentifikasi beberapa yang paling isu-isu umum yang harus diatasi ketika melakukan operasi pengangkatan . latar belakang Di Queensland , ada terus jumlah insiden yang melibatkan mobile crane rollovers crane, kegagalan struktural dan beban jatuh .

Banyak insiden ini terjadi karena perencanaan yang buruk dari operasi pengangkatan - sering karena faktor-faktor dasar telah diabaikan .

Foto 1 : Mobile derek berlebihan Penyebab utama dari insiden mobile crane meliputi: lembut atau tanah miring ketika crane sudah kelebihan beban , sehingga tidak stabil ( Lihat Gambar 1 )

atau over- sarat

kabel listrik atau pembangkit mobile lainnya . Bekerja laporan metode Penggunaan mobile crane dapat berbahaya terutama karena kompleksitas lift meningkat .

Laporan metode kerja perlu dipersiapkan untuk operasi mengangkat mobile crane dan penting untuk pra - perencanaan untuk membantu mengurangi risiko insiden .

Dimana jenis angkat sangat mudah dan telah dilakukan di masa lalu , pekerjaan Pernyataan Metode dapat menjadi jenderal Pernyataan yang berlaku untuk lebih dari satu lifting operasi .

Dimana jenis angkat yang lebih kompleks dan unik , pernyataan metode kerja perlu menjadi situs tertentu dan komprehensif . -up dan pekerjaan panel beton pra-cetak

mbuluh besar atau tangki

insiden

Derek Kode Praktek 2006) .

Apa yang harus pernyataan metode kerja berisi ? Ketika mempersiapkan pernyataan metode kerja untuk operasi pengangkatan , penting bahwa pernyataan :

terlibat dalam lift

terkait dengan lift memungkinkan perubahan prosedur lifting jika pada masalah situs membutuhkan perubahan.

Dimana pernyataan metode kerja untuk angkat risiko yang lebih tinggi , pernyataan itu juga harus meliputi:

memuat posisi kedua pada awal dan akhir lift ( s )

( umumnya dalam proses langkah-demi - langkah )

orang yang terlibat dalam lift .

Masalah yang harus dipertimbangkan ketika merencanakan dan melakukan operasi mobile crane Sejumlah pertanyaan yang diberikan dalam waspada sebagai petunjuk atau pengingat pada beberapa kunci

masalah . Pertanyaan-pertanyaan ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan prosedur yang mobile crane perusahaan yang telah menerapkan , mereka juga tidak dimaksudkan untuk menggantikan informasi termasuk dalam Kode relevan Praktek , seperti berikut :

- up dan Pra - cor Konstruksi Kode praktek 2003 Kode Praktek 2004

Pertanyaan-pertanyaan telah dipecah menjadi sembilan kategori dasar dan tercantum di bawah ini .

pilihan derek

kapasitas untuk aman melakukan lift ? aitu ruang yang memadai , kondisi tanah , Contoh seperti lift risiko tinggi meliputi:

ruang yang memadai , kondisi tanah , aksesibilitas , visibilitas , dll ) ?

informasi yang diberikan ketika crane adalah memerintahkan ?

dari counterweights dipasang ?

jumlah tali jatuh ?

posisi crane dan beban menjadi diangkat ? Catatan : ini sangat penting dengan Lift berat dan kompleks termasuk tilt - up , lift ganda , dll - up yang akan diangkat , memiliki tunjangan dalam kapasitas crane telah dibuat untuk kemiringan panel ? tuk crane penyeimbang telah dipertimbangkan ketika beroperasi di sekitar kawat gigi panel tilt- up ?

kondisi derek

dilakukan ? ( sangat penting dalam hari / operasi shift malam )

dengan benar ?

inspeksi ?

menerima inspeksi 10 tahun tersebut ?

Muat masalah grafik yang diberikan dalam Kabin derek operator ? Catatan : Komputer dibacakan tidak cukup sendiri .

kapasitas yang memadai ?

tas dinilai limiter berdasarkan 75 persen dari tipping pada cadik dan 66,6 persen dari tipping untuk pick- and-carry modus sesuai dengan Standar Australia ( AS 1418,5 Mobile crane ) ?

Peringkat untuk penuh 360 derajat membunuh ?

dengan kapasitas dinilai dari crane berdasarkan pada grafik catatan beban (yakni kait blok massa , terbang jib pengurangan , dll ) ? Derek fitur keselamatan

booming ekstensi indikator operasi dan apakah mereka benar dikalibrasi ?

untuk mengoperasikan sistem keselamatan pada derek ?

telah diatur dengan benar untuk mencurangi derek konfigurasi ? - dua dan batas luff ( di mana dipasang oleh produsen ) operasi ? ( Lihat Gambar 2 )

Kapasitas limiter dan sistem keamanan yang mudah over- ditunggangi ?

Foto 2 : Anti - dua blok

kondisi tanah

kaki cadik ? ( Lihat Foto 3 dan 4 ) -dan Modus dibawa, adalah tanah cukup keras atau adalah kemiringan tanah kurang dari yang memungkinkan oleh produsen derek ? -baru ini digali atau jika ada kemungkinan layanan bawah tanah , memiliki tindakan pencegahan telah diambil ?

tergelincir dari memilih dan membawa crane atau mencegah outriggers tergelincir ?

tanah masih mengencangkan cukup?

dipantau seperti angkat terus untuk memastikan bahwa kaki cadik tidak tenggelam ?

dihitung untuk Lift berat?

tanah telah dihitung untuk berat lift ? Foto 4 : Contoh miskin tanah & dukungan memadai

Isu lingkungan lainnya

oleh produsen derek atau insinyur ? Catatan : Seorang insinyur mungkin diperlukan keadaan dimana beban memiliki besar luas permukaan dan angin cenderung membuat berbahaya angkat .

yakin bahwa itu masih aman untuk melaksanakan angkat ? Jika demikian, apakah tindakan yang benar telah diambil ?

radius operasi crane , memiliki tindakan pencegahan yang tepat telah diambil untuk mencegah hubungi ? energi , yang ada ditandatangani dan diberi tanggal dokumentasi di situs ini adalah memverifikasi Kasus ?

radius operasi crane , memiliki tindakan pencegahan yang tepat telah diambil untuk mencegah tabrakan ? n pencegahan telah dilakukan untuk meminimalkan gaya hisap sebagai beban diangkat (misalnya kondisi berlumpur , kerja panel tilt - up ) ?

beban lebih berat , apakah crane masih memiliki kapasitas yang memadai sesuai dengan memuat grafik untuk aman mengangkat beban ?

Muat masalah jenis

pada beban atau mencatat pada metode kerja pernyataan ?

berdasarkan jenis bahan ? Jika massa beban tidak diketahui , memiliki massanya diperkirakan dengan perhitungan ?

apakah derek memiliki lebih dari cukup kapasitas lift ?

akan mudah dipengaruhi oleh angin , memiliki tindakan pencegahan telah diambil ?

telah pemotongan yang tepat telah dibuat dengan kapasitas dinilai dari setiap crane ?

adalah sebuah rigger Menengah mengawasi angkat ?

dan keranjang jahitan yang cocok untuk jenis angkat ?

Muat mengamankan

cocok untuk beban ?

ditandai dengan batas beban kerja mereka di konfigurasi yang berbeda ?

dan ditandai dengan tanggal pemeriksaan ?

tidak bisa bergerak setelah diangkat ? ar efektif mengamankan beban ? Catatan : Basket halangan tidak boleh digunakan orang di dekat.

sekitar sudut bahan keras ( termasuk baja dan tepi beton ) ? Foto 5 : sling sintetis tanpa perlindungan sekitar balok - ini tidak dapat diterima masalah personil

memahami nya atau tanggung jawabnya ? Catatan : Hal ini sangat penting di mana ada beberapa doggers atau riggers atau di mana itu adalah angkat derek ganda. semua orang yang terlibat dalam lift terus sesuai tinggi lisensi kerja risiko ?

pelatihan pengenalan terdokumentasi untuk derek ?

orang yang terlibat dalam lift ?

Izin kerja berisiko tinggi Orang operasi mobile crane diperlukan o memegang lisensi kerja berisiko tinggi atau menjadi Rainee , sebagaimana didefinisikan dalam Kesehatan Kerja dan Peraturan Keselamatan 2008. Kategori-kategori lisensi untuk mobile crane

adalah sebagai berikut : - Non - slewing mobile crane ( lebih besar dari kapasitas 3 ton) - slewing mobile crane ( sampai 20 ton ) - slewing mobile crane (sampai 60 ton ) - slewing mobile crane ( hingga 100 ton ) - slewing mobile crane ( terbuka / over 100 ton ) n Selain lisensi kerja berisiko tinggi , semua operator mobile crane harus menerima pelatihan yang relevan ( didokumentasikan ) untuk jenis tertentu dan model mobile crane hey beroperasi. Sebuah lisensi berisiko tinggi saja tidak tidak menunjukkan kompetensi untuk mengoperasikan mobile crane tertentu.