You are on page 1of 6

Radiografi gigi normal 

Daerah yang paling padat pada struktur gigi normal adalah enamel, yang biasanya muncul lebih yang radiopaque (putih) dibandingkan jaringan lain. Sedangkan dentin terlihat sebagai daerah yang berwarna abu-abu. Daerah pertemuan atau junctional dari enamel dan dentin terlihat sangat berbeda. Lapisan sementum pada permukaan akar hampir sama densitasnya dengan dentin, sehingga biasanya tidak terlihat secara radiografi. Jaringan lunak pulpa paling sedikit densitasnya daripada struktur gigi lainnya dan biasanya muncul radiolusen. Dalam radograf gigi normal, saluran akar mungkin terlihat jelas meluas hingga ke puncak akar yang dikenal dengan foramen apikal.

Ketika sinar x-ray diproyeksikan secara langsung melalui panjang sumbu lamina dura. memanjang di sekeliling bagian akar dalam alveolus dan kembali ke puncak alveolar di sisi berlawanan. putih. Jika sinar melewati pada sudut. periodontal ligament space dan cancellous bone. Tingkat puncak tulang dianggap normal bila tidak lebih dari 1. bentukan tersebut terlihat jelas sebagai garis tipis. Trabekula pada biasanya biasanya kecil dan membentuk pola granular padat sedangkan trabekula pada lebih besar dan kasar. Ruang periodontal muncul sebagai ruang radiolusen antara akar dan lamina dura.Struktur pendukung gigi yang terlihat secara radiografi termasuk lamina dura.5 mm dari semento enamel junction gigi terdekat. mulai puncak alveolar. (pada maxilla) . puncak alveolar. lamina dura mungkin terlihat lebih menyebar atau tidak akan terlihat sama sekali.

(pada mandibula) RADIOPAQUE LANDMARKS PADA RADIOGRAFI MAXILLA 1. melengkung ke atas dari proses alveolar dan distal dari molar ketiga. Tuberositas maxilla Tuberositas maksilaris adalah perbatasan inferior distal cembung rahang atas. . 2. Proses koronoideus mandibula. Perpanjangan dari sinus maksilaris kadang-kadang terlihat dalam tuberositas rahang atas.

3. Lengkungan zygomatic sering umumnya muncul terdefinisi dengan baik sebagai daerah radiopak yang dapat ditumpangkan di atas akar molar. .Proses koronoideus mandibula kadang-kadang muncul pada film molar rahang atas sebagai area buram segitiga yang terletak di wilayah dari atau distal untuk tuberositas rahang atas. Tambahan radiograf kadang-kadang dibuat dengan sudut berbeda untuk memberikan tampilan yang lebih baik dari daerah akar molar. Processus zygomaticus (Malar Bone).

. Tulang mandibula. terletak di bawah dan antara pusat gigi insisivus. External Oblique Ridge.RADIOPAQUE LANDMARKS PADA RADIOGRAFI MANDIBULA 1. Perbatasan mandibula dipandang sebagai garis putih yang jelas. dilihat sebagai daerah putih bulat. 3. External Oblique Ridge adalah garis putih padat yang memperluas ke daerah molar sebagai kelanjutan dari batas anterior ramus mandibula. 2. Genial tubercles. memiliki pusat gelap. Garis serupa tidak muncul di radiografi maksila.