You are on page 1of 8

NILAI-NILAI LUHUR BANGSA INDONESIA  Nilai Kebersamaan dalam Proses Perumusan Pancasila

Sejak dahulu bangsa Indonesia dalam menyelesaikan suatu masalah yang menyangkut kepentingan orang banyak selalu dengan cara musyawarah mufakat. Tujuan musyawarah adalah untuk mencapai mufakat. Arti mufakat, adalah kesepakatan bersama. Dalam kehidupan sehari-hari, kadang-kadang terjadi perbedaan pendapat. Perbedaan adalah sesuatu yang wajar karena setiap orang mempunyai pandangan, pendapat, dan kepentingan sendiri dalam memutuskan suatu masalah. Demikian juga dalam bermusyawarah pasti muncul perbedaan pendapat. Perbedaan pendapat tidak perlu dipertentangkan, tetapi perlu dicarikan jalan ke luar. Tujuannya agar perbedaan pendapat tersebut dapat disatukan menjadi mufakat. Menyatukan berbagai pendapat bukan pekerjaan yang mudah. Untuk itu, diperlukan keikhlasan, kebersamaan, tidak mementingkan kepentingan diri, serta tidak mementingkan kepentingan kelompok atau golongan. Apabila semua orang mempunyai kesadaran seperti itu, musyawarah mufakat akan dengan mudah dicapai. Tokoh-tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka sudah memberi contoh tentang pelaksanaan musyawarah untuk mencapai mufakat. Misalnya, ditunjukkan pada peristiwa sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. Masih ingatkah kamu apa yang dilakukan Bung Hatta dengan tokoh-tokoh Islam dalam menanggapi keberatan pemeluk agama lain tentang rumusan sila pertama Pancasila? Dengan semangat kebersamaan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, Bung Hatta dan tokoh-tokoh Islam menyetujui kalimat yang menjadi keberatan pemeluk agama lain untuk dihilangkan. Hal ini menunjukkan bahwa tokoh-tokoh tersebut menjunjung tinggi nilai kebersamaan demi untuk menjaga persatuan bangsa dan negara. Selain itu, para negarawan itu lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. Sikap seperti itu perlu kita contoh dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tulisan ini mengulas tentang salah satu tujuan dari tujuan-tujuan keluarga.Mewujudkan Ketentraman. dan tolong menolong dalam suka dan duka. Terwujudnya cinta dan kasih sayang diantara mereka berdua. 'Sesungguhnya Aku . Terwujudnya rasa tentram dan suasana saling mempercayai. maka syariat Islam telah menjamin bagi setiap anggota keluarga kehidupan sosial yang damai. Mereka adalah pakaian bagimu. dan menjadi kebiasaan orang-orang yang moderat dan konsisten. Allah “Dan bergaullah dengan mereka dengan cara yang ma'ruf” ( QS An berfirman. yaitu terwujudnya rasa tentram. mengisyaratkan makna perhiasan/keindahan . serta hukum-hukum lain yang menjadikan suasana kekeluargaan yang penuh rasa tentram serta berbagai nuansa jiwa yang memancarkan kebahagiaan. cinta dan kasih sayang. Nilai . Dengan seperti itu. Sehingga hubungan suami-isteri tidak hanya dibatasi dalam bentuk fisik semata. Cinta dan Kasih sayang Suami Isteri (Sebuah komitmen terhadap Keluhuran Fikrah Islam tentang Keluarga) Agar hubungan suami-isteri ini tidak terbatas pada hubungan fisik semata. penuh kebahagiaan. “ Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (d engan berfirman). diibaratkan dengan pakain. Nisaa`: 19) dan yang dimaksud ma'ruf disini adalah apa yang dianggap sebagai tradisi yang lurus.” (Al Baqarah: 187) ungkapan tentang hubungan (suami-isteri) di ayat tersebut . maka syariat Islam telah mengingatkan bahwa salah satu tujuan dari ikatan pernikahan adalah terwujudnya suasana tentram pada diri pasangan suami-isteri. Maka untuk mewujudkan tujuan ini. Dalam ayat lain Allah berfirman. “ Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan isterimu. kasih sayang.Nilai Luhur Dalam Keluarga | Sebuah komitmen terhadap Keluhuran Fikrah Islam dalam Keluarga PKS KOTA MAGELANG -. dan merekatkan keduanya . dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah berfirman. Islam mensyariatkan hukum-hukum dan etika-etika yang mengatur pola hubungan antara suami-isteri. menutup kelemahan/kekurangan . panglimanya adalah cinta karena Allah.

saling menyempurnakan. dan tanggung jawab. dan saling mempertimbangkan dalam posisi kekerabatannya secara nasab.” (Ali Imran :195) dan makna “Sebagian kamu adalah (keturunan) sebagaian yang lain” bahwa perempuan berasal dari laki-laki dan laki-laki berasal dari perempuan.tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal diantara kamu. Berdasarkan syariat. saling menyesuaikan dan saling tolong menolong. baik secara rahasia atau di depan orang banyak. Suami dan isteri wajib untuk saling menghormati dan menghargai pihak lain. pengayom dan penanggung jawab diharuskan menjaga martabatnya di antara seluruh anggota keluarganya. . pengayoman. saling menghormati keluarga serta sanak saudara. Hal itu adalah ranah otoritas. (karena) sebagian kamu adalah (keturunan) sebagian yang lain. merasakan kadar beban-beban kehidupannya. Suami isteri wajib saling memperhatikan perasaan. saling menghindari sesuatu yang menyakitkan harkat dan martabat keluarga. terutama di depan salah satu keluarga masingmasing. saling membantu dalam menanggung beban dan urusan rumah tangga. maka tidak ada permusuhan dan tidak ada pertentangan. baik laki laki maupun perempuan. Yang ada adalah saling menghormati . memperhatikan posisinya dalam keluarga. Maka bagi seorang pemimpin. seorang laki-laki adalah pemimpin dalam keluarga.

dapat meringankan beban anggota/warga. tak lekang oleh panas. .merasa suka dan duka bersama.merasa senasib sepenanggungan.kasih sayang. . MENGHARGAI DAN MENGEMUKAKAN PANDANGAN TERHADAP NILAI-NILAI MORAL YANG TERMUAT DALAM PRINSIP GOTONG ROYONG MASYARAKAT Banyak nilai luhur atau mulia (terpuji) yang terkandung dalam kegiatan gotong royong. Nilai luhur itu harus kita jaga agar tak lapuk oleh hujan." Oleh karena itu dihidupkan terus: Nilai-nilai luhur dari gotong royong adalah: . meskipun kita hidup di alam modern ini. . sehingga akan tercipta kedamaian. . Nilai luhur yang asalnya dari adat dan budaya kita itu wajib kita lestarikan. .rela berkorban tanpa pamrih. lebih-lebih pada saat duka.

Namun. b. c. Bukan hanya kewajiban pemerintah saja. Setiap orang berkesempatan untuk mendengarkan pendapat orang lain yang menjadi peserta musyawarah. e. Contoh hal yang mendesak : Untuk mengatasi kebakaran rumah tangga. f. Dengan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam musyawarah itu maka bangsa Indonesia yakin akan dapat melaksanakan pembangunan di segala bidang karena segala beban pembangunan itu akan dipikul bersama-sama. Musyawarah dapapt menimbulkan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan. . Setiap orang diberikan kesempatan untuk mengikuti musyawarah dengan mengemukakan pendapat. dan lain-lain. tentu saja hal-hal yang dimusyawarahkan itu adalah hal-hal yang TIDAK memerlukan pemecahan yang mendesak. Musyawarah dapat memperkuat kehidupan berbangsa dan bernegara. bangsa kita akan merundingkannya dengan sesamanya untuk mencapai penyelesaiannya. musyawarah kurang tepat untuk melakukan sebab hal itu membutuhkan tindakan spontanitas. d. Mengapa musyawarah merupakan ciri khas bangsa Indonesia ? Sebab dalam menghadapi setiap persoalan yang menyangkut kepentingan umum. artinya identitas yang dapat membedakan bangsa kita dengan negara lainnya. Musyawarah dapat menghilangkan permusuhan. yakni kewajiban untuk melaksanakan semua keputusan musyawarah. tetapi juga merupakan kewajiban setiap warga negara dan sebaliknya. Musyawarah dapat menimbulkan kewajiban yang mengikat. Nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam musyawarah untuk mufakat Musyawarah merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Ada beberapa nilai luhur yang perlu dilestarikan dalam musyawarah. nilai-nilai tersebut diantaranya : a.

dan kelima adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia . kedua adalah kemanusiaan yang adil dan beradab. Dalam penerapan keadilan di Indonesia. 3. Saling mencintai sesama manusia. masyrakat Indonesia sebenarnya menyadari akan pentingnya Pancasila sebagai dasar dan idiologi Negara Republik Indonesia. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial. Sila kedua yang berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung delapan makna yaitu : 1. 4. 7. anatra lain : 1. 5. dan baru saja kita memperingati hari kelahiran pancasila. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Tidak bersifat boros. 12. ketiga adalah persatuan Indonesia. PANCASILA : Sila pertama dari pancasila adalah ketuhanan yang maha esa. 10. Keadilan berdasarkan nilai-nilai Pancasila (Manusia dan Keadilan) 3. pancasila sangat berperan penting sebagai dasar keadilan seperti disebutkan pada sila kedua dan sila kelima. 7. 2. Sila kelima yaitu keadilan social bagis seluruh rakyat Indonesia mengandung makna. 6. Bersikap adil. 3. tetapi banyak juga yang belum memahami arti dari masing-masing sila yang ada di dalam pancasila. 11. Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia. Tidak semena-mena terhadap orang lain. 4. . Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain. Suka bekerja keras. 2012 pebyword Juni Kaitkata: Manusia dan Keadilan Pancasila merupakan dasar Negara dan landasan idiologi Negara republik Indonesia. Menghormati hak-hak orang lain. Mengakui persamaan derajat persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia. Tidak bergaya hidup mewah. Pancasila lahir pada tanggal 1 Juni. Suka memberi pertolongan kepada orang lain. karena itu dikembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain. Modernisasi mengharuskan masyrakat Indonesia harus lebih memahami nilai-nilai dari pancasila. 6. Berani membela kebenaran dan keadilan. Mengembangkan sikap tenggang rasa. 5. Menghargai hasil karya orang lain. 8. 8. keempat adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. 2. Pancasila adalah pandangan hidup yang berkembang dalam kehidupan sosial dan budaya Indonesia. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan. Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum. 9. Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong-royong.

Manusia sekrang memang tidak peduli lagi dengan nilai-nilai luhur karena dampak moderinsasi dan globalisasi. . masih banyak kasus koeupsi yang tak terselesaikan. Nilai Persatuan Nilai persatuan indonesia mengandung makna usaha ke arah bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tetapi dengan kepribadian yang mempunyai prinsip harus kita yakini bahwa kita akan menjadi manusia yang beriman dan memiliki rasa keadilan antar sesama manusia. Persatuan Indonesia sekaligus mengakui dan menghargai sepenuhnya terhadap keanekaragaman yang dimiliki bangsa indonesia. Keadilan yang ada di Indonesia belum sepenuhnya mengikuti nilai-nilai luhur yang tertera pada pancasila khususnya sila kedua dan kelima. hakim dan jaksa yang bisa disuap dan memenangkan yang salah dan yang mempunyai harta. Agar hidup tenang dan bahagia. Sebagai nilai-nilai yang luhur silasila didalam pancasila akan menjadi warisan turun temurun bagi anak cucu kita kelak..  .Kedua sila tersebut sudah sangat menjelaskan dan menjadi dasar dan arahan yang harus masyrakat pahami dan lakukan sebagai manusia yang bisa hidup saling berdampingan di Indonesia dan di muka bumi ini.