You are on page 1of 6

Tips Mengisi Tinta Dalam Selang Infus Printer

10 September 2012 · Posted in printer, tips trik Tips mengisi tinta dalam selang infus printer ini sangat dibutuhkan bagi pengguna printer yang sudah dimodif menggunakan tong tinta yang berada diluar printer kemudian dialirkan ke head printer melalui selang infus. Dalam proses mengalirkan tinta melalui selang infus tersebut, tidak selamanya selalu mulus dan aman, kadangkala, tinta yang dialirkan melalui selang infus tersebut mengalami masalah seperti masuk angin. Masuk angin di sini terjadi karena rangkaian modifikasi tidak sempurna sehingga terjadi kebocoran pada area modifikasi sehingga menyebabkan selang infus kemasukan angin. Apabila tinta yang ada di dalam selang sudah disisipi udara, meka proses pencetakan ke kertas akan terganggu dan tinta dalam cartrige akan berkurang hingga habis, dengan demikian hasil cetakan akan tidak terlihat lagi karena kehabisan tinta, oleh karena itu dibutuhkan tindakan pengisian kembali tinta ke dalam selang infus sekaligus membuang udara yang ada sehingga seluruh area selang benar-benar hanya tinta yang terisi tanpa adanya udarah. Berikut ini tips dari blog Belajar Ilmu Komputer untuk mengatasi kekosongan tinta yang ada dalam selang infus printer yang sudah dimodifikasi. Untuk contoh ini saya mempraktekkan pada printer Canon Pixma 2770 yang terinstall pada Windows 7, bagi sobat yang menggunakan printer jenis lain seperti Epson, HP atau merek lainnya, silahkan disesuaikan dengan menu yang ada pada masingmasing aplikasi printer tersebut. Cara Mengalirkan Mengisi Tinta Dalam Selang Infus Tinta Printer 1. 2. 3. 4. 5. 6. Hidupkan printer Klik Start - Devices and Printers Klik kanan pada nama printer Klik Printing Preferences Klik tab Perawatan (Maintenance) Klik Pembersihan Tingkat Dalam, melancarkan mulut semprot yang tak dapat dibersihkan dengan pembersihan biasa 7. Pilih Hitam (Black), hal ini dilakukan apabila hanya tinta berwarna hitam saja yang mengalami masuk angin, apabila tinta black dan color bermasalah maka pilih Semua Warna BK, C, M, Y (A). 8. Klik Laksanakan dan klik OK 9. Lakukan langkah 6, 7 dan 8 berkali-kali hingga sluruh bagian selang infus tinta benarbenar sudah terisi tinta dan tidak ada lagi sela udarah didalamnya. Cara Mengalirkan atau mengisi tinta dalam selang infus ini saya tulis sesuai dengan apa yang saya lakukan selama ini apabila printer Canon ip 2770, mengalami kekosongan tinta dalam selang infus sehingga isi cartridge kosong dan tidak bisa mencetak ke kertas. Semoga tips ini bisa membantu para pembaca.

Berikut 10 Tips merawat printer infus agar lebih awet dan tahan lama :

Kemudian tutup pengunci catrid warna agak dibuat rongga sedikit untuk tempat selang warna merah.dianjurkan printer istirahat setelah mencetak 30 lembar agar catridge tidak cepat panas. Langkah ini yang membedakan antara IP2770 dengan infus canon yg model dibawahnya. sesuaikan dengan gambar. apabila catridge warna (merah. kuing. Saat printer tidak digunakan. Pada printer merk Epson. Saat akan menggunakan printer. biru) tidak terbaca maka cara memperbaikinya adalah dengan menekan tombol Resume/Reset selama 10 detik dalam keadaan USB terlepas. Lubang harus pas tidak boleh longgar. lubangi catrid hitam. 9. 7. apabila terjadi run out tinta yang biasanya ditandai dengan blink 4x. Karena kalau nggak dibuat seperti itu maka Catrid tidak akan terdeteksi karena kuncian catrid tidak sempurna. error E16 maka cara memperbaikinya adalah dengan menekan tombol Resume/Reset selama 10 detik. dengan cara buka tutup botol besar dan kecil kemudian masukkan tinta melalui lubang botol besar. error E6. 16. 5. resiko yang didapat apabila sering gonta-ganti merk tinta adalah catridge mampet dan lama kelamaan rusak.1. maka tutup botol kecil dan besar pada tabung infus harus tertutup rapat. resiko tinta tumpah dan mengotori meja maupun dokumen-dokumen dapat diminimalisir. error E13. hal ini untuk menghindari tinta banjir dan mengkibatkan catridge/head mengalami konslet mati total 4. 13. 15. 3. 3. matikan dan cabut kabel printer dari stop kontak agar power suplay priter tidak cepat rusak. error E4. Lakukan isi ulang tinta saat tinta sudah mencapai 1/4 botol. setelah selesai menggunakan printer. 14. Apabila mencetak dalam jumlah yang banyak. Biasakan menggunakan printer setiap hari. Pada Printer merk Canon. tutup botol kecil pada tabung infus sebaiknya dibuka dengan tujuan udara bisa masuk sehingga tinta bisa mengalir dengan lancar. Biasakan membeli tinta isi ulang dengan merk yang sama karena masing-masing merk tinta memiliki karakteristik yang berbeda serta komposisi bahan kimia yang berbeda pula. minimal 1 lembar untuk mencegah catridge head printer mampet. sebaiknya jangan dilakukan secara terus menerus. 1. Lebih jelasnya lihat gambar. Sedangkan untuk warna merah lubang agak sedikit di geser ke kiri sekitar 3mm. Apabila selang infus masuk angin atau ingin mensetabilkan warna tinta setelah melakukan isi ulang maka gunakan perintah Deep Cleaning pada pengaturan printer dan jangan meninggikan botol infus karena akan menyebabkan tinta banjir dan konslet pada catridge/head. setelah selesai tutup kembali kedua lubang botol dengan rapat. 8. . 2. Cara Pasang Infus Canon (iP2770) 12. Catrid warna juga dilubangi. 11. Letakan botol infus sejajar dengan printer dan gunakan double tape agar botol tidak mudah terlepas. 10. 6. 2. Siapkan alat infusnya berikut selang dan seperangkatnya. untuk warna biru dan kuning sama seperti infus canon dulu.

19. . Lihat bagian yang di lakban. Kemudian pasang kedua catridnya dan khusus catrid warna depannya diganjal dengan tissu / kertas agar catrid menempel sempurna di rumah catrid. Jika terjadi blinking ini benahi lagi letak catridnya. 21. 20. 18.17. 4. Kalau catrid tidak terpasang sempurna di rumah catrid (karena longgar) maka printer akan blink 5x orange 1x hijau. Atur selang tinta sesuaikan dengan gambar. 5.

Klik Apply dan Ok Settingan diatas BISA MENGATUR pemakaian konsumsi listrik yang berfungsi ketika laptop/NOTEBOOK dalam keadaan ‘Tidak Terpakai’ yang mungkin anda masih sibuk dengan yang lainnya. klik Start Menu ► Control Panel 2. Pada tab bagian Power Schemes. disamping itu bisa juga menjaga kesehatan mata anda. Dan After 15 minutes pada bagian Turn off Hardisk serta After 25 Minutes pada bagian System Standby 4. Lalu klik Power Options 3. Selesai tinggal nyoba…… ips Menghemat Baterai Laptop Setting/Pengaturan Kontras Cahaya pada LCD Terkadang kita tidak pernah sama sekali mengatur tingkat pencahayaan/kontras pada monitor LCD pada laptop. Matikan Sementara Peripheral/Hardware Bila anda memutuskan untuk keluar dalam waktu setidaknya setengah jam.22. ubah settingan pada bagian Turn off Monitor. Dan berikut cara Untuk mengoptimalkan settingan pd POWER SAVING: 1. 23. Untuk itu Dengan menurunkan kontras cahaya pada Laptop anda juga bisa menghemat sedikit konsumsi dalam pemakaian energi pada baterai. speaker. scanner. 6. harddisk . Pilih After 10 minutes saja. Setting Pada Power Saving Dengan melakukan sedikit setting pada bagian Power Saving ini bisa dapat menghemat konsumsi pemakaian pd baterai laptop anda. matikan laptop anda atau bila memang tidak dapat dimatikan karena laptop sedang memproses data / pekerjaan maka setidaknya anda dapat mengupayakan agar segala jenis hardware / peripheral seperti. Bagi anda yang bekerja seharian didepan monitor laptop dengan settingan default pada kontras cahayanya maka akan membuat mata cepat Pedih dan menjadi cepat lelah dan juga bisa beresiko menambah minus mata anda.

Oleh karena itu pastikan apabila anda sudah tidak membutuhkan harddisk eksternal atau DVDRW ada baiknya didisconect-kan sementara. Jangan lupa untuk mengklik Apply. dvd external. Meskipun UPS lebih umum digunakan pada komputer namun tidak ada salahnya anda melanjutkan pekerjaan anda sambil melakukan charge baterai dengan menggunakan UPS. Hal sederhana seperti ini juga dapat sedikit menghemat pemakaian pada baterai. USB Port Setiap peripheral seperti harddisk eksternal. Pada tab UPS tersebut akan menampilkan perkiraan jumlah menit yang dapat didukung terhadap PC dari UPS yang digunakan. Dan faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah akan mempengaruhi usia pemakaian baterai laptop itu sendiri secara tidak langsung.eksternal. 3. Charge/Mengisi Baterai Laptop Hingga Penuh Pastikan setiap kali anda melakukan charge/pengisian terhadap baterai laptop agar dilanjutkan hingga penuh (rekomendasi. Klik Apply dan Ok Gunakanlah UPS Bila baterai anda sedang low sementara masih terdapat pekerjaan mendesak yang harus anda selesaikan. dsb dimatikan (tidak dihubungkan) sementara waktu karena semua peripheral tersebut yang mana terhubung dengan slot USB tetap menghabiskan energi baterai. Proses charge baterai yang setengah-setengah akan membuat konsumsi pemakaian energi baterai menjadi sedikit lebih boros dan tidak efisien. Untuk melakukan setting pada UPS adalah: Klik Start Menu ► Control Panel Klik Power Options Lalu klik pada Tab UPS. 4. . Klik menu drop down yang terdapat pada tulisan When I Press the power button dan pilih Hibernate. Cara untuk melakukan Setting Mode Hibernate adalah: 1. maka satu-satunya alternatif adalah melakukan charge baterai sambil melanjutkan pekerjaan. flashdisk. UPS selain dapat menstabilkan energi pemakaian pada komputer. Kemudian ke tab bagian Advance. Lalu ke tab Hibernate dan centang kotak opsi pada tulisan Enable Hibernate. Klik Start Menu ► Power Options 2. DVDRW Portable dan lain-lain yang bersifat portable dan dihubungkan melalui port USB tetap memakan arus listrik tambahan. flashdisk. maksimal 98% sebagai indikator baterai penuh dan minimal 10% sebelum baterai habis). Hibernate Hibernate adalah fungsi untuk melakukan logoff atau mematikan laptop / PC tanpa menutup program yang sedang kita jalankan saat itu karena mode hibernate menyimpan semua aktivitas terakhir kedalam memori RAM kedalam harddisk.

Software Penghemat Konsumsi Energi Pada umumnya produsen Laptop sekarang ini menyediakan Fitur/Software penghemat energi yang terinstall didalamnya. . Software ini sangat bermanfaat unutk mengatur konsumsi energi yang dibutuhkan serta mematikan sementara bagian-bagian mana yang tidak dibutuhkan dan akan diaktifkan kembali secara otomatis ketika memang dibutuhkan untuk aktif.