You are on page 1of 7

LAPORAN PRAKTIKUM I DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER PENGENALAN SISTEM OPERASI, IDE VISUAL C++, DAN ALGORITMA PEMROGRAMAN

Disusun untuk memenuhi matakuliah praktikum Dasar Pemrograman Komputer yang dibimbing oleh Bapak Wahyu Sakti Gunawan Irianto

Oleh: PRANADYA BAGUS IMANSYAH 130533608126 OFFERING E
FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO PRODI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2013

Struktur data adalah tempat tatanan penyimpanan data yang dibutuhkan program pada komputer. ke bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer sehingga komputer mengerti apa yang diperintahkan. Kode program yang telah ditulis di-compile dan dieksekusi untuk menjalankannya. Mengenal IDE (Integrated Development Equipment) Visual C++ IDE (Integrated Development Equipment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak.h> main() { printf("Selamat Datang di Kelas Bahasa Pemrograman Terstruktur!\n"). Algoritma adalah metode dan tahapan sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan.PRAKTIKUM 1 Nama Program Bahasa Pemrograman Compiler Script Program #include <stdio.h> #include <iostream. 3. Membuat program sederhana menggunakan bahasa C++.A. C. B. Mengenali dan menggunakan IDE C++ dengan baik. 3. Compile adalah menerjemahkan kode program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman. LATIHAN . DASAR TEORI 1. } : printf untuk menampilkan data : C++ : MinGWStudio . Pemograman dan Algoritma Pemrograman adalah proses membuat software komputer dengan menerapkan algoritma dan struktur data tertentu menggunakan bahasa pemrograman. Flowchart Flowchart atau diagram alir adalah diagram yang digunakan untuk merepresentasikan algoritma atau aliran program (flow) secara logika. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkatlunak. 2. Mengetahui kegunaan IDE C++ 2. TUJUAN 1.

Teknik Informatika\n").PRAKTIKUM 2 Nama Program Bahasa Pemrograman Compiler Script Program #include <stdio. 130533608126\n").h> main () { printf("Nama : printf("NIM : printf("Fakultas: printf("Prodi : printf("Offering: Output } : printf untuk menampilkan data : C++ : MinGWStudio Pranadya Bagus Imansyah\n"). Output Program . Teknik Elektro\n"). S1 Pend.Output . E\n").h> #include <iostream.

Luas_Segitiga=0. Luas_Segitiga. cin>>Alas. } : float untuk menghitung luas segitiga : C++ : MinGWStudio Output Program . Tinggi .h> int main () { float Alas. TUGAS .D. cout<<"masukan Nilai Alas Segitiga : ".5*Alas*Tinggi. Output cout<<"Nilai Luas Segitiga adalah : "<<Luas_Segitiga<<endl. cin>>Tinggi. cout<<"Masukan Nilai Tinggi Segitiga : ".PRAKTIKUM 1 Nama Program Bahasa Pemrograman Compiler Script Program #include <iostream.

<iostream.h> <math.14*jari_jari*jari_jari. cin>>jari_jari.h> main () { float jari_jari. cout<<"Masukkan jari-jari:". cout<<"Masukkan Suhu dalam celcius: ".h> : float untuk konversi suhu celcius : C++ : MinGWStudio . R. Luas_Lingkaran. cout<<"=============="<<endl.h> <conio. K"<<endl. cout<<"--**==============~*~============**--"<<endl. cout<<"Nilai luas lingkaran adalah:"<<Luas_Lingkaran<<endl. cin>>cel.. TUGAS RUMAH Nama Program Bahasa Pemrograman Compiler Script Program #include #include #include #include main () { float cel. cout<<"=============="<<endl. Output Program Luas_Lingkaran=3. } : float untuk menghitung luas lingkaran : C++ : MinGWStudio E.PRAKTIKUM 2 Nama Program Bahasa Pemrograman Compiler Script Program #include <iostream. cout<<"Hasil Konversi"<<endl. cout<<"Konversi Suhu Dari Celcius ke F.h> <stdio. cout<<"--**==============~*~============**--"<<endl.

#include adalah bagian header <iostream. 2. 5. getche adalah script supaya program tidak langsung tertutup pada komputer atau compiler tertentu.h>. bisa juga diberi rumus agar keluarannya sesuai yang diinginkan. dan <math.h>. cout adalah script untuk menampilkan data sesuai isi di dalam <<” . cin adalah script untuk memasukan data / input.Output Program Penjelasan 1. <stdio. 4. Flowchart START cel . <conio.h> adalah source code. float adalah script untuk mengeluarkan hasil decimal alias tidak mutlak. 3.h>. 6.

html) dengan perubahan. Reamur. karena jika keliru bisa jadi compile menyatakan error dan memaksa kita membetulkan. 4. Pemrograman adalah proses membuat software komputer dengan menerapkan algoritma dan struktur data tertentu menggunakan bahasa pemrograman.fahrenheit : " << (((9.0)*cel) kelvin : " << (cel+273) Fahrenheit. Algoritma adalah permasalahan. Dalam mengetik script haruslah sangat teliti dan hati-hati. 3. 2. 2013. Kelvin F. KESIMPULAN 1.05/5.5)*cel)+32) reamur : " << ((4. DAN ALGORITMA PEMROGRAMAN.0/0. G. Flowchart atau diagram alir adalah diagram yang digunakan untuk merepresentasikan algoritma atau aliran program (flow) secara logika. Modul 1 PENGENALAN SISTEM OPERASI. END metode dan tahapan sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu 2. Universitas Negeri Malang.blogspot. DAFTAR RUJUKAN 1. Program Konversi Suhu (http://bondanoky.com/2012/10/program-konversi-suhuc. TIM Asdos UM. . IDE VISUAL C++. Malang.