Histologi Sistem Saraf

SISTEM SARAF PUSAT (SSP) Terdiri dari: otak dan medulla spinalis A. Otak Secara keseluruhan otak terbagi atas: 1. Otak besar (cerebrum) 2. Otak kecil (cerebellum) 3. Batang otak, terdiri dari otak tengah (mesenchepalon), pons, medulla oblongata Lapisan yang menyusun otak besar (cerebrum) berlekuk-lekuk, membentuk struktur sulkus dan girus. Lapisan ini jika ditinjau dari mikroskopik akan terlihat bahwa tersusun dari 6 lapisan: 1. Lapisan molekular merupakan lapisan terluar dan terletak tepatdi bawah lapisan pia.Terdapat sel horizontal (cajal) yang pipih dengan dendrit dan akson yang berkontak dengan sel-sel di lapisan bawahnya (sel piramid, selstelatte) .2. Lapisan granular luar sebagian besar terdiri atas sel saraf kecil segitiga(piramid) yang dendritnya mengarah ke lapisan molekulardan aksonnya kelapisan di bawahnya; sel granula (stelatte) dan sel-sel neuroglia. 3. Lapisan piramid luar terdapat sel piramid yang berukuran besar(semakin besar dari luar ke dalam). Dendrit mengarah ke lapisan molekular; akson mengarah ke substansia alba. 4. Lapisan granular dalam merupakan lapisan tipis yang banyak mengandung sel-sel granul (stellate), piramidal, dan neuroglia. Lapisan ini merupakan lapisanyang paling padat. 5. Lapisan piramidal dalam suatu lapisan yang paling jarang,banyak mengandung sel-sel piramid besar dan sedang, selain selstelatte danMartinotti. Sel Martinotti adalah sel saraf multipolaryang kecil, dendritnyamengarah ke lapisan atas dan aksonnya kelateral. 6. Lapisan sel multiform adalah lapis terdalam dan berbatasan dengan substansia alba dengan varian sel yang banyak (termasuk terdapat sel Martinotti) dan sel fusiform. Otak besar merupakan pusat belajar, ingatan, analisis informasi, inisiasi gerakan motorik, dan merupakan pusat integrasi informasi yang diterima.

dan lateral. Medulla Spinalis Bagian luar medula spinalis merupakan substansia alba. Kornuposterior (dorsal) adalah bagian sayap yang lebih kecil dan banyak ditemui sinaps dari saraf aferen. Lapisan granular lapisan terdalam dan tersusun atas sel-sel kecil dengan 3-6 dendrit naik ke lapisan molekular dan terbagi atas 2 cabang lateral B. dan dendrit sel Purkinje dari lapisan di bawahnya. Substansia alba berisi akson-akson yang merupakan jaras-jaras baik sensorik maupun motorik yang meneruskan impuls saraf dari/atau otak dan organ-organ perifer. banyak sel-sel Purkinje yangbesar dan berbentuk seperti botol dan khas untuk serebelum. 3. Kornu anterior (ventral) adalah bagian sayap yang gemuk dan banyak mengandung sel-sel motorik multipolar yang berbentuk poligonal. Di medula spinalis dapat ditemukan funikulus dorsal. 2. Di bagian tengah substansia grisea terdapat kanal yang dinamakan kanalis sentralis .Lapisan yang menyusun otak kecil (cerebellum) berupa subsatnsia grisea yang terletak di tepi (dinamakan korteks serebeli). Dendritnya bercabang dan memasuki lapisan molekular. . Kanalis sentralis merupakan saluran yang berhubungan dengan ventrikel keempat otak. serta interneuron. Korteks serebeli tersusun atas 3 lapisan: 1. Substansia grisea mengandung perikarion dan banyak ditemukan sinaps neuron. Lapisan Purkinje disebut lapisan ganglioner.Wilayah ini dapat dikelompokkan menjadi tiga. SISTEM SARAF TEPI (SST) Tersusun atas akson-akson yang keluar menuju organ efektor dan diorganisasikan menjadi saraf. sementara akson termielinasi menembus substansia alba.sementara bagian dalamnya merupakan substansia grisea. sehingga terlihat berwarna putih. sel stelata. Fasikulus-fasikulus jaras sensorik danmotorik terkelompokkan menjadi funikulus. yang dilapisi oleh sel-sel ependimal. ventral. dengan bentuk menyerupai huruf H atau kupu-kupu. Akson SST pada ummnya termielinasi. Lapisan molekular lapisan terluar dan langsung terletak di bawah lapisan piadan sedikit mengandung sel saraf kecil. serat saraf tak bermielin.

Epineurium menyelimuti beberapa fasikulus yang bersatu membentuk saraf. serta sel-sel fibroblas.endoneurium hampir tidak ada lagi. sedikit fibroblas. Bundel berkas serat saraf ini diikat oleh saraf Epineurium. tidak beraturan. paling tebal di daerah dura yang dekat dengan SSP. dan disatukan melalui jaringan penyambung. Perineurium adalah selaput pembungkus satu fasikulus yang tersusun atas jaringan ikat padat kolagen yang tersusun secara kosentris. Beberapa fasikulus membentuk bundelberkas seratsaraf. Dalam satu fasikel pada umumnya mengandung persarafan baik sensorik maupun motorik. Lapisan ini tersusun ats jaringan ikat longgar (berupa serat retikuler yang dihasilkan oleh sel Schwann yang bertanggung jawab untuk akson tersebut). yakni suatu jaringan ikat yang padat. Di epineurium pula bisa ditemukan pembuluh darah. dan serat kolagen. disebut dengan fasikulus. hanya menyisakan sedikit serat retikuler yang menyertai basal lamina sel Schwann.sehingga menghasilkankumpulan serabut saraf.Di bagian dalam perineurium terdapat pula lapisan sel-sel epiteloid yang direkatkan melalui Zonula okludens serta dikelilingi oleh lamina basal yang menjadikan suatu barrier (sawar) materi bagi fasikulus.makin tipis hingga percabangan saraf-saraf ke arah distal. tersusun mayoritas oleh kolagen dan sel-sel fibroblas.Organisasi akson-akson saraf tepi menjadi berkas saraf melalui jaringan pengikat Saraf-saraf tepi terdiri atas serabut-serabut saraf (akson) yangsaling berkumpulbersama. Endoneurium adalah lapisan terdalam yang mengelilingi satu akson. Di daerah distal akson. Ketebalan epineurium bervariasi. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful