PENILAIAN MOTORIK KASAR DAN MOTORIK HALUS

AGUSNADI TALAH

= LINGKUNGAN YANG TIDAK MENDUKUNG. I I ↓ MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN KOGNITIF MOTORIK EMOSI SOSIAL ANAK .DIPERKIRAKAN LEBIH DARI 200 JUTA ANAK BALITA DI NEGARA BERKEMBANG GAGAL MENCAPAI POTENSI PERKEMBANGAN OPTIMALNYA KARENA : = KEMISKINAN. = MALNUTRISI.

* STIMULASI YANG MEMADAI * TERJANGKAUNYA PELAYANAN KESEHATAN BERKUALITAS TERMASUK DETEKSI DINI SERTA INTERVENSI DINI PENYIMPANGAN TUMBUH KEMBANG. MENJADIKAN TUMBUH KEMBANG BALITA INI SANGAT PENTING UNTUK DIPERHATIKAN KARENA MENYANGKUT KUALITAS GENERASI MASA DEPAN BANGSA. = BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN: * GIZI YANG BAIK.= JUMLAH BALITA YANG MENCAPAI 10% DARI PENDUDUK INDONESIA. .

JUMLAH. BIASA DI UKUR DALAM UKURAN BERAT. UMUR TULANG DAN KESEIMBANGAN METABOLIC. YAITU DENGAN MENGUKUR BERAT BADAN. PANJANG. . BERTAMBAHNYA UKURAN FISIK DAN STRUKTUR TUBUH DALAM ARTI SEBAGIAN ATAU KESELURUHAN. TINGGI BADAN. UNTUK MENGETAHUI PERTUMBUHAN FISIK. = PERTUMBUHAN DAPAT DI UKUR SECARA KUANTITATIF. UKURAN. LINGKAR KEPALA DAN LINGKAR LENGAN ATAS TERHADAP UMUR.PERTUMBUHAN (GROWTH) : = PERUBAHAN DALAM BESAR. = BERTAMBAHNYA UKURAN DAN JUMLAH SEL SERTA JARINGAN INTERSELULER.

INTELEKTUAL DAN TINGKAH LAKU SEBAGAI HASIL INTERAKSI DENGAN LINGKUNGAN. GERAK HALUS. BICARA DAN BAHASA SERTA SOSIALISASI DAN KEMANDIRIAN (DEPKES. SEDANGKAN UNTUK TERCAPAINYA TUMBUH KEMBANG YANG OPTIMAL TERGANTUNG PADA POTENSIAL BIOLOGISNYA. = MENURUT SOETJININGSIH (1995) PERKEMBANGAN (DEVELOPMENT) ADALAH BERTAMBAHNYA KEMAMPUAN (SKILL) DALAM STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH YANG KOMPLEK DALAM POLA TERATUR DAN DAPAT DIRAMALKAN. . JARINGAN. HAL TERSEBUT TERMASUK JUGA PERKEMBANGAN EMOSI. ORGAN-ORGAN DAN SISTEM ORGAN YANG BERKEMBANG SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA MASING-MASING DAPAT MEMENUHI FUNGSINYA. 2006).PERKEMBANGAN ADALAH = BERTAMBAHNYA STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH YANG LEBIH KOMPLEKS DALAM KEMAMPUAN GERAK KASAR. SEBAGAI HASIL DARI PROSES PEMATANGAN. = PROSES TERSEBUT MENYANGKUT ADANYA PROSES DIFERENSIASI DARI SEL-SEL TUBUH.

SEDANGKAN DI NEGARA SEDANG BERKEMBANG. JUGA FAKTOR LINGKUNGAN YANG KURANG MEMADAI UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK YANG OPTIMAL. DAPAT DITENTUKAN KUALITAS DAN KUANTITAS PERTUMBUHAN. YAITU PRENATAL DAN POSTNATAL . FAKTOR LINGKUNGAN: FAKTOR YANG SANGAT MENENTUKAN TERCAPAI ATAU TIDAKNYA POTENSI BAWAAN.FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN FAKTOR GENETIK : MERUPAKAN MODAL DASAR DALAM MENCAPAI HASIL AKHIR PROSES TUMBUH KEMBANG ANAK. SECARA GARIS DIBAGI DUA. LINGKUNGAN CUKUP BAIK AKAN MEMUNGKINKAN TERCAPAINYA POTENSI BAWAAN. NAMUN MELALUI INSTRUKSI GENETIC YANG TERKANDUNG DALAM SEL TELUR YANG DIBUAHI. SEDANGKAN KURANG BAIK AKAN MENGHAMBATNYA. BAHKAN KE DUA FAKTOR INI DAPAT MENYEBABKAN KEMATIAN ANAK-ANAK SEBELUM MENCAPAI USIA BALITA. GANGGUAN PERTUMBUHAN DI NEGARA MAJU LEBIH SERING DIAKIBATKAN FAKTOR GENETIK. GANGGUAN PERTUMBUHAN SELAIN DIAKIBATKAN FAKTOR GENETIK.

DAN SEBAGAINYA. MENGIKUTI PERINTAH. = GERAK HALUS ATAU MOTORIK HALUS ADALAH ASPEK YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEMAMPUAN ANAK MELAKUKAN GERAKAN YANG MELIBATKAN BAGIAN-BAGIAN TUBUH TERTENTU DAN DILAKUKAN OLEH OTOT-OTOT KECIL. MEMBERESKAN MAINAN SETELAH SELESAI BERMAIN). MENULIS DAN SEBAGAINYA. MENJIMPIT. BERDIRI DAN SEBAGAINYA. = SOSIALISASI DAN KEMANDIRIAN ADALAH ASPEK YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEMAMPUAN MANDIRI ANAK (MAKAN SENDIRI. BERSOSIALISASI DAN BERINTERAKSI DENGAN LINGKUNGANNYA. BERPISAH DENGAN IBU/ PENGASUH ANAK. BERBICARA. = KEMAMPUAN BICARA DAN BAHASA ADALAH ASPEK YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEMAMPUAN UNTUK MEMBERIKAN RESPONS TERHADAP SUARA. DAN SEBAGAINYA.MENURUT DEPKES (2006) ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN ANAK YANG PERLU DIPANTAU DIANTARANYA ADALAH: = GERAK KASAR ATAU MOTORIK KASAR ADALAH ASPEK YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEMAMPUAN ANAK MELAKUKAN PERGERAKAN DAN SIKAP TUBUH MELIBATKAN OTOT-OTOT BESAR SEPERTI DUDUK. . BERKOMUNIKASI. TETAPI MEMERLUKAN KOORDINASI YANG CERMAT SEPERTI MENGAWASI SESUATU.

. SEDANGKAN SKRINING HANYALAH PROSEDUR RUTIN PEMERIKSAAN PERKEMBANGAN ANAK SEHARI-HARI YANG DAPAT MEMBERIKAN PETUNJUK APABILA ADA SESUATU YANG PERLU MENDAPAT PERHATIAN (SOETJININGSIH.PENILAIAN PERKEMBANGAN DAN DETEKSI DINI TUMBUHKEMBANG ANAK DETEKSI DINI KELAINAN PERKEMBANGAN ANAK SANGAT BERGUNA. 1995). AGAR DIAGNOSIS MAUPUN PEMULIHANNYA DAPAT DILAKUKAN LEBIH AWAL. SEHINGGA PERKEMBANGAN ANAK DAPAT BERLANGSUNG SEOPTIMAL MUNGKIN.

OTAK BAYI TELAH DISIAPKAN DENGAN BAIK UNTUK BELAJAR BAHASA SEJAK DIA DILAHIRKAN. 3. PERCAYA DIRI DAN MENGKRITIK DIRI SENDIRI.ASPEK MOTORIK HALUS. MERUPAKAN KETRAMPILAN PENTING YANG DITUJUKKAN OLEH KEMAMPUAN MANUSIA UNTUK BERINTERAKSI DAN BELAJAR DARI PENGALAMAN UNTUK MENCIPTAKBAN AKTIFITAS BARU. MERUPAKAN ASPEK YANG BERHUBUNGAN KEMAMPUAN MANDIRI.PADA DENVER II ADA EMPAT PARAMETER PERKEMBANGAN YANG DIGUNAKAN UNTUK SKRINING PERKEMBANGAN ANAK : 1. MISALNYA KEMAMPUAN ADALAH KONSEP DARI ANGKA. KONSEP DIRINYA TERPISAH DARI ORANG LAIN. SOSIALISASI DAN INTERAKSI DENGAN LINGKUNGAN. . PERKEMBANGAN INDIVIDUAL.ASPEK BAHASA DAN BICARA. DAN 4. SETELAH LAHIR BAYI SUDAH DAPAT MENGETAHUI PERBEDAAN SUARA YANG DIGUNAKAN. DAN PENGETAHUAN. MATEMATIKA. ARAH PERKEMBANGAN MOTORIK ADALAH DARI UMUM KE SPESIFIK ATAU DARI KEMAMPUAN GERAKAN MOTORIK KASAR KE MOTORIK HALUS. MERUPAKAN NONVERBAL INTELEGENSIA YANG DAPAT DIUKUR.ASPEK MOTORIK KASAR.ASPEK SOSIAL PERSONAL. ASPEK TERSEBUT MELIPUTI KEPRIBADIAN. MERUPAKAN ASPEK YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERGERAKAN DAN SIKAP TUBUH SERTA MELIBATKAN OTOT-OTOT BESAR. 2.

MAKA INTERVENSINYA AKAN LEBIH SULIT DAN HAL INI AKAN BERPENGARUH PADA TUMBUH KEMBANG ANAK. MERUPAKAN KEGIATAN ATAU PEMERIKSAAN UNTUK MENEMUKAN SECARA DINI ADANYA PENYIMPANGAN TUMBUH KEMBANG PADA BALITA DAN ANAK PRASEKOLAH. DISAMPING ITU TENAGA KESEHATAN JUGA MEMPUNYAI “WAKTU” DALAM MEMBUAT RENCANA TINDAKAN/ INTERVENSI YANG TEPAT. MAKA INTERVENSI AKAN LEBIH MUDAH DILAKUKAN. TERUTAMA KETIKA HARUS MELIBATKAN IBU ATAU KELUARGA.SEDANGKAN YANG DIMAKSUD DENGAN DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK MENURUT DEPKES (2006). . APABILA PENYIMPANGAN TERLAMBAT DIKETAHUI.

. SIKAP SEPERTI INI DAPAT MENGHAMBAT PEMULIHANNYA.MENURUT SOETJININGSIH (1995) METODE DETEKSI DINI KELAINAN PERKEMBANGAN ANAK SANGAT BERGUNA. SAYANGNYA BANYAK AHLI KESEHATAN YANG PERCAYA BAHWA TIDAK BANYAK YANG DAPAT DIKERJAKAN UNTUK MENGATASI KELAINAN INI DAN MEREKA PERCAYA BAHWA KELAINAN YANG RINGAN DAPAT NORMAL DENGAN SENDIRINYA. AGAR DIAGNOSIS MAUPUN PEMULIHANNYA DAPAT DILAKUKAN LEBIH AWAL.

SKRINING HANYALAH PROSEDUR RUTIN DALAM PEMERIKSAAN TUMBUH KEMBANG ANAK SEHARIHARI. TIDAK BERARTI BAHWA DIAGNOSIS PASTI DARI KELAINAN TERSEBUT TELAH DITETAPKAN.PENTING UNTUK DIPAHAMI BAHWA DENGAN SKRINING DAN MENGETAHUI MASALAH PADA PERKEMBANGAN ANAK. YANG DAPAT MEMBERIKAN PERTUNJUK KALAU ADA SESUATU YANG PERLU MENDAPAT PERHATIAN. .

CONTOHNYA GERAKAN TELUNGKUP.YANG DIMAKSUD GERAKAN (MOTORIK) ADALAH SEMUA GERAKAN YANG MUNGKIN DILAKUKAN OLEH SELURUH TUBUH. GERAKAN BERJALAN. GERAKAN MEMASUKKAN BENDA KECIL KE DALAM LUBANG. DISEBUT MOTORIK HALUS BILA HANYA MELIBATKAN BAGIAN BAGIAN TUBUH TERTENTU SAJA DAN DILAKUKAN OLEH OTOT OTOT KECIL. MEMBUAT PRAKARYA. DISEBUT MOTORIK KASAR BILA GERAKAN YANG DILAKUKAN MELIBATKAN SEBAGIAN BESAR BAGIAN TUBUH DAN BIASANYA MEMERLUKAN TENAGA KARENA DILAKUKAN OLEH OTOT OTOT YANG LEBIH BESAR. PERKEMBANGAN MOTORIK DIARTIKAN SEBAGAI PERKEMBANGAN DARI UNSUR KEMATANGAN DAN PENGENDALIAN GERAK TUBUH. PADA ANAK. KARENA ITU TIDAK BEGITU MEMERLUKAN TENAGA. DAN PERKEMBANGAN TERSEBUT ERAT KAITANNYA DENGAN PERKEMBANGAN PUSAT MOTORIK ANAK. GERAKAN BERLARI. . GERAKAN INI DAPAT SECARA LEBIH JELAS DIBEDAKAN ANTARA GERAKAN MOTORIK KASAR DAN HALUS. CONTOHNYA GERAKAN MENGAMBIL BENDA DENGAN HANYA IBU JARI DAN TELUNJUK. GERAKAN HALUS INI MEMERLUKAN KOORDINASI YANG CERMAT.

MESKIPUN DEMIKIAN.KOMUNIKASI AKTIF DAN PASIF SEBAGAI MAHLUK SOSIAL ANAK AKAN SELALU BERADA DIANTARA ATAU BERSAMA ORANG LAIN. PADA BAYI KEMAMPUAN BERKATA KATA ATAU KOMUNIKASI AKTIF INI BELUM DAPAT DILAKUKAN. BERNYANYI DAN BENTUK UCAPAN LISAN LAINNYA) DAN KOMUNIKASI PASIF (ANAK MAMPU MENGERTI ORANG LAIN). ANAK DILATIH UNTUK MAU DAN MAMPU BERKOMUNIKASI AKTIF (BERBICARA. KOMUNIKASI AKTIF DAN KOMUNIKASI PASIF PERLU DIKEMBANGKAN SECARA BERTAHAP. AGAR DICAPAI SALING PENGERTIAN MAKA DIPERLUKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI. 5 . IA MENYATAKAN PERASAAN DAN KEINGINANNYA MELALUI TANGISAN DAN GERAKAN. KOMUNIKASI DENGAN ORANG LAIN TETAP DAPAT TERJADI KARENA IA MENGERTI UCAPAN UCAPAN ORANG LAIN. KESANGGUPAN MENGERTI DAN MELAKUKAN APA SAJA YANG DIPERINTAHKAN OLEH ORANG LAIN DISEBUT SEBAGAI KOMUNIKASI PASIF. MENGUCAPKAN KALIMAT KALIMAT.

MENDENGAR SUARA ATAU BERNYANYI. BERTAMBAH BERKURANG. MELALUI KATA KATA YANG DIDENGAR DAN DIAJARKAN. YANG DAPAT DILIHAT. MISALNYA MELIHAT WARNA WARNA. SETAHAP DEMI SETAHAP ANAK AKAN MENGENAL. MENGENAL RASA. 5 . MELALUI BERMAIN MAIN SERTA LATIHAN LATIHAN YANG DIBERIKAN OLEH ORANG TUA ATAU ORANG LAIN.PERKEMBANGAN KECERDASAN (KOGNISI) PADA BALITA KEMAMPUAN BERFIKIR MULA MULA BERKEMBANG MELALUI KELIMA INDRA. MENGERTI LINGKUNGANNYA DAN MEMILIKI KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERSOALAN. IA MENGERTI BAHWA SEGALA SESUATU ITU ADA NAMANYA. DAYA FIKIR DAN PENGERTIAN MULA MULA TERBATAS PADA APA SAJA YANG KONKRIT. LEBIH ABSTRAK. SEMUA KONSEP ATAU PENGERTIAN INI KEMUDIAN MENINGKAT SEHINGGA MEMUNGKINKAN ANAK UNTUK MELAKUKAN PEMIKIRAN PEMIKIRAN KE TINGKAT YANG LEBIH TINGGI. DAN LEBIH MAJEMUK. SEBAB AKIBAT DAN LAIN LAIN. DIPEGANG ATAU DIMAINKAN. MISALNYA MENGERTI DAN MENGGUNAKAN KONSEP SAMA BERBEDA.

.PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENOLONG DIRI SENDIRI DAN TINGKAH LAKU SOSIAL PADA AWAL KEHIDUPANNYA SEORANG ANAK BERGANTUNG PADA ORANG LAIN DALAM HAL PEMENUHAN KEBUTUHANNYA (MISALNYA MAKANAN. DENGAN MAKIN MAMPUNYA ANAK MELAKUKAN GERAKAN MOTORIK. BUANG AIR KECIL DAN SEBAGAINYA. MULA MULA DALAM HAL MENOLONG KEBUTUHAN ANAK ITU SENDIRI SEHARI HARI. SOSIAL DAN EMOSIONAL). KASIH SAYANG. PENGERTIAN RASA AMAN DAN KEBUTUHAN AKAN PERANGSANGAN MENTAL. MISALNYA MAKAN MINUM. ORANG TUA HARUS MELATIH USAHA MANDIRI ANAK. PAKAIAN. KESEHATAN. KEBUTUHAN KEBUTUHAN ANAK BERUBAH DALAM JUMLAH MAUPUN DERAJAT KUALITASNYA SESUAI DENGAN BERTAMBAHNYA UMUR ANAK. ANAK TERDORONG MELAKUKAN SENDIRI BERBAGAI HAL DAN TERDORONG UNTUK BERGAUL DENGAN ORANG LAIN SELAIN ANGGOTA KELUARGANYA SENDIRI.

TAHAP TAHAP PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK1 =ANAMNESIS TAHAP PERTAMA ADALAH MELAKUKAN ANAMNESIS YANG LENGKAP. . 1 =EVALUASI LINGKUNGAN ANAK TUMBUH KEMBANG ANAK ADALAH HASIL INTERAKSI ANTARA FAKTOR GENETIK DENGAN LINGKUNGAN BIOFISIKOPSIKOSOSIAL. UMUR 2 ½ TAHUN – 3 TAHUN DENGAN KARTU GAMBAR DARI ALLEN DAN DIATAS UMUR 3 TAHUN DENGAN HURUF E. KARENA KELAINAN PERKEMBANGAN DAPAT DISEBABKAN OLEH BERBAGAI FAKTOR. OLEH KARENA ITU UNTUK DETEKSI DINI. KITA JUGA MELAKUKAN EVALUASI LINGKUNGAN ANAK TERSEBUT. JUGA DIPERIKSA APAKAH ADA TANDA STRABISMUS DAN SELANJUTNYA PERIKSA KORNEA DAN RETINANYA. DENGAN ANAMNESIS YANG TELITI MAKA SALAH SATU PENYEBABNYA DAPAT DIKETAHUI. 1 =EVALUASI PENGLIHATAN DAN PENDENGARAN ANAK TES PENGLIHATAN MISALNYA UNTUK ANAK UMUR KURANG DARI 3 TAHUN DENGAN TES FIKSASI.

MAKA DAPAT MEMBANTU DALAM DIAGNOSIS SUATU KELAINAN. KEMUDIAN DILAKUKAN TES NEUROLOGI YANG TELITI. ASFIKSIA BERAT DAN SEBAGAINYA. STIMULASI YANG DIBERIKAN. TANDA TANDA PENYAKIT DEFISIENSI DAN LAINNYA. PENYAKIT JANTUNG BAWAAN. ENDOKRIN. MULUT DAN PENDENGARAN.MISALNYA BERBAGAI SINDROM. ADA ATAU TIDAKNYA KELAINAN BAWAAN PADA HIDUNG.=EVALUASI BICARA DAN BAHASA ANAK KARENA KEMAMPUAN BERBICARA MENGGAMBARKAN KEMAMPUAN SSP. 1 =PEMERIKSAAN FISIK UNTUK MENGETAHUI APAKAH TERDAPAT KELAINAN FISIK YANG DAPAT MEMPENGARUHI TUMBUH KEMBANG ANAK. PERSALINAN YANG LAMA. 1 =PEMERIKSAAN NEUROLOGI SEPERTI TRAUMA LAHIR. EMOSI ANAK DAN SEBAGAINYA. MISALNYA KALAU ADA 1 =EVALUASI PENYAKIT PENYAKIT METABOLIK .

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful