Impaksi Molar Tiga Defenisi Gigi molar tiga (gigi bungsu) adalah gigi yang terakhir tumbuh dan

terletak di bagian paling belakang dari rahang. Biasanya gigi ini tumbuh pada akhir masa remaja atau pada awal usia 20-an. Pada usia inilah yang dianggap sebagai “age o wisdom! (usia di mana seseorang mulai bijaksana)" sehingga gigi bungsu dalam bahasa #nggris disebut “wisdom teeth!. $ormalnya tiap orang memiliki empat gigi molar tiga" masing-masing satu pada tiap sisi rahang. %api ada juga orang-orang yang tidak memiliki gigi bungsu ini. Pada kebanyakan kasus" rahang seringkali tidak &ukup besar untuk menampung gigi-gigi ini sehingga tidak dapat tumbuh sepenuhnya atau tetap berada di bawah gusi atau di dalam tulang. 'eadaan inilah yang disebut impaksi. #mpaksi adalah suatu keadaan di mana gigi mengalami hambatan dalam arah erupsinya ( tumbuhnya" sehingga tidak dapat men&apai posisi yang seharusnya.

Gambar ) * #mpaksi gigi molar #mpaksi gigi molar tiga dapat timbul dalam berbagai posisi" bisa benar-benar terperangkap dan berada dalam gusi atau tulang" sehingga tidak nampak bila dilihat dalam mulut. +tau bisa juga sudah menembus gusi tapi hanya tumbuh separuh jalan. +rahnya bisa hori,ontal" miring dengan mahkota ke arah gigi molar dua atau sebaliknya" atau malah menghadap ke arah dalam atau ke luar rahang.

Gambar 2 * Berbagai posisi impaksi gigi molar tiga Penyebab #mpaksi disebabkan tidak tersedianya &ukup ruangan pada rahang" sehingga gigi molar tiga tidak memiliki tempat untuk tumbuh dengan normal. Gejala +nda mungkin tidak merasakan keluhan apapun sampai benar-benar terjadi kerusakan yang berarti. Biasanya keluhan yang dirasakan adalah*  -asa sakit atau rasa kaku pada rahang di area gigi molar tiga yang impaksi.  Pembengkakan pada gusi di atas gigi molar tiga yang impaksi

2. #tulah mengapa gigi tersebut lebih baik diangkat daripada dipertahankan. Gambar 1 * Gigi molar tiga mendesak gigi molar dua . 'aries gigi. KENAPA GIGI MOLA TIGA ANDA !A "# DIANGKAT$ Gigi molar tiga yang impaksi pasti menimbulkan masalah di kemudian hari. Gambar 0 * #mpaksi molar tiga menyebabkan in eksi gusi diatasnya 0. -asa sakit dan kerusakan pada gigi molar dua karena tertekan gigi molar tiga. /asalah yang umumnya timbul yaitu* ). Bila +nda menunggu sampai timbul rasa sakit dan keluhan lainnya" resiko terjadinya komplikasi pada saat pengangkatan tentunya akan lebih tinggi" bahkan proses penyembuhan mungkin akan lebih lama.  . Bau mulut akibat adanya in eksi Pemeriksaan Pemeriksaan yang biasanya dilakukan adalah pemeriksaan radiogra ik panoramik untuk melihat posisi gigi molar. Perawatan Perawatan yang dilakukan pada impaksi gigi molar tiga adalah pengangkatan gigi molar tiga tersebut. #n eksi gusi.akit kepala" sakit pada telinga atau leher.emakin muda usia pasien" proses pengangkatan akan jauh lebih mudah dan proses penyembuhannya akan jauh lebih &epat. Pada gigi molar tiga yang hanya tumbuh sebagian di atas gusi" akan menyebabkan mudah masuknya makanan ke &elah gusi dan berkumpulnya bakteri di tempat tersebut. #ni akan menyebabkan terjadinya in eksi pada gusi" sehingga tampak adanya pembengkakan gusi pada daerah tersebut" rasa sakit" dan bau mulut. +kibatnya gigi-gigi tersebut akan lebih mudah terkena karies akibat sulitnya pembersihan pada daerah tersebut. Gigi molar yang impaksi atau tumbuh miring tidak ber ungsi dengan baik dalam pengunyahan dan menyebabkan berbagai ma&am gangguan. . Gigi molar tiga yang tumbuh ke arah gigi molar dua (dengan posisi mahkota yang miring dan bersandar pada mahkota gigi molar dua)" menyebabkan sisa makanan dan plak mudah menumpuk di tempat tersebut. Bahkan pada in eksi yang &ukup berat dapat menyebabkan kesulitan dalam membuka mulut. .emakin &epat mengangkat gigi molar tiga impaksi akan semakin baik daripada harus menunggu sampai timbulnya komplikasi dan rasa sakit yang lebih lanjut.

Berjejalnya gigi lain dalam lengkung rahang. 2. Gambar 2 * #mpaksi gigi molar tiga menyebabkan terbentuknya kista . Pada beberapa kasus" gigi molar tiga yang dibiarkan dalam keadaan impaksi dapat menyebabkan terbentuknya kista dan menyebabkan kerusakan yang lebih luas pada rahang dan gigi tetangganya.1. 'arena pada saat gigi molar tiga bergerak untuk tumbuh" gigi-gigi lain akan terdorong oleh gerakan gigi molar tiga tersebut.