Nama : Alvin Andrean Jiwono NIM Avaskular Nekrosis Kepala Femur (ANKF) Avaskular nekrosis kepala femur (ANKF

) adalah proses patologik yang menyebabkan gangguan pada suplai darah ke tulang. Prevalensinya tidak diketahui, namun diperkirakan ada 10.000-20.000 kasus baru didiagnosis di Amerika Serikat setiap tahunnya. ANKF dapat tidak bergejala. Nyeri biasanya berlokasi di daerah selangkangan namun juga dapat bermanifestasi di lutut atau regio trochanter mayor. Pergerakan penderita juga terbatas dan nyeri terutama jika diinternal rotasikan dengan paksa. Penyebab dari ANKF ini biasanya oleh karena trauma oleh dislokasi hip, fraktur kepala femur, dan pergeseran epifisis kepala femur. Penyebab nontraumatic bisa karena : penggunaan kortikosteroid secara berlebihan dan kecanduan narkoba (ditemukan dalam 90% kasus baru), koagulasi intravaskular, penumpukan lemak pada pembuluh darah, trauma dinding pembuluh darah (kemoterapi, radiasi).1 Pada foto konvensional digunakan sistem staging yang dikembangkan oleh Ficat dan Arlet yang telah digunakan luas untuk mengobati ANKF. Adapun juga sistem yang dikembangkan oleh Steinberg.2  Ficat dan Arlet o Stadium 0 (preclinical dan preradiologik) o Stadium 1 (preradiologik) Gambaran foto konvensional normal namun positif pada MRI dan scintigraphy. Stadium 1 digambarkan sebagai stage resorptif awal. Akhir staging ini pada foto konvensional menunjukkan osteoporosis minimal dan/atau blur pada tulang trabekula. Osteoporosis muncul ketika sepertiga kandungan mineral tulang telah hilang. o Stadium 2 (reparative) Stadium 2 menunjukkan stadium reparative sebelum terjadi penipisan kepala femur dan dapat meluas dalam beberapa bulan atau lebih lama. Demineralisasi pada stadium ini menjadi jelas, yang merupakan manifestasi pertama dari stadium reparative, menunjukkan resorpsi dari tulang yang mati dan dapat menyebar atau muncul dalam bentuk kista-kista kecil pada kepala femur. Pada : C11109115

Penipisan segmental. nyeri dengan aktivitas kepala femur. o Stadium 1 menunjukkan gambaran normal radiografi atau menunjukkan demineralisasi minimal atau trabekula yang blur. Osteoporosis. yang konkaf superior. Korteks subartikular dapat tetap melengket pada kartilago dan terpisah dari femur oleh jaringan lunak. Fragmen superior femur. nyeri selangkangan. tidak melibatkan acetabulum. nyeri dengan fraktur subchondral . Gejala klinis menetap atau memburuk. Nyeri pada selangkngan depan atau paha umum. o Stadium 3 (kolaps awal kepala femur) Dalam stadium 3 ANKF menunjukkan garis fraktur. dan celah sendi yang normal menunjukkan stadium 4 ANKF . namun kemudian terlihat kolaps. Tampak gambaran sabit dan dapat dilihat dengan jelas melalui posisi “kaki katak”. Kepala femur pada awalnya menunjukkan bentuk bulat. fokal ataupun dalam lengkungan linear. menggambarkan permukaan sendi dan dengan segera tulang subchondral terpisah dari kepala femur atau terdepresi dan menjadi padat di kepala femur. dan tidak ada penipisan kepala femur menunjukkan stadium 3 o Stadium 4 terdapat kolaps dan fraktur yang melibatkan permukaan sendi . Kondisi ini diindikasikan terjadi karena pelebaran celah sendi. Fragmen tulang dan kartilago dapat terpisah dari femur. Kolaps dan penghancuran kepala femur ini mengarah ke penyakit progresif degeneratif sendi dengan penyempitan celah sendi. distilahkan sebagai eggshell sign. dan sklerotik atau area kista menunjukkan stadium 2 ANKF o Stadium 3 berkarakteristik sebagai tanda sabit(fraktur subchondral). yang timbul di bawah korteks sendi dan dapat meluas ke kartilago sendi pada aspek superolateral kepala sendi. Garis sabit. o Stadium 2 menunjukkan sklerosis yang luas atau terlokalisasi pada kedua kepala femur. pembentukan osteofit dan formasi kista subchondral  Steinberg o Stadium 0 (preclinical dan preradiologik). penipisan segmental kepala femur menunjukkan tampakan yang tidak bulat. Terbatasnya pergerakan hip dapat timbul.foto konvensional sebagian dari sklerosis tampak sebagai peningkatan densitas dapat luas. o Stage 4 (penyakit degeneratif progresif) Lebih lanjut penipisan kepala femur terjadi dengan hilangnya kontur konveks pada stadium 4 ANKF. bergerak bebas dengan sendi hip dan menjadi benda bebas.

Fraktur ini biasanya dihubungkan dengan trauma yang banyak. Pada inspeksi ditemukan adanya gaya berjalan yang abnormal dan pasien tidak dapat berdiri. Pada palpasi dan inspeksi terlihat deformitas. individu aktif dengan aktivitas berat yang tidak biasa dilakukan atau perubahan dalam beraktivitas seperti pelari. Pasien biasanya mengeluhkan nyeri dan tidak bisa menggerakkan kaki. nyeri saat istirahat. dan asimetris. Perhatikan Shenton line dan bandingkan dengan hip lainnya. laserasi.o Stadium 5 ditunjukkan dengan berkembangnya penyakit degeneratif. Fraktur Leher Femur Fraktur leher femur merupakan kasus yang tidak umum.3 Pada foto konvensional dapat tampak garis fraktur pada aspek superior dari leher femur. 4 . Pada palpasi ditemukan adanya poin yang rapuh pada selangkangan depan dan regio hip. Penyempitan celah sendi. Osteoporosis merupakan tanda pertama yang terlihat oleh CT scan pada ANKF. Fraktur leher femur pada pasien muda biasa disebabkan oleh tekanan trauma yang tinggi. Posisi standar yang digunakan adalah posisi AP hip dan pelvis dan tampakan lateral. 3 Fraktur Hip Fraktur hip sering terjadi pada orang tua dengan trauma ringan seperti jatuh akibat berdiri tinggi . dan pada orang tua dengan osteoporosis.4 Pada foto konvensional digunakan posisi AP dan lateral. Secara umum. dan penyakit degeneratif sendi menunjukkan stadium 5 Pada CT scan tidak dapat menunjukkan abnormalitas vaskular stadium awal. Ada beberapa macam fraktur hip contohnya fraktur intertrochanter dan fraktur subtrochanter. pada pasien yang muda biasa disebabkan trauma kecepatan tinggi seperti tabrakan kendaraan bermotor atau jatuh dari ketinggian. hematom. trauma ini terjadi pada 2 populasi yaitu usia muda. Untuk pasien yang dicurigai fraktur leher femur namun tampakan x-raynya negatif maka posisi AP dengan rotasi internal menunjukkan tampakan yang lebih baik dari leher femur.

[online] Nov 12.medscape. Gerard M. John K.2011 [cited January 2013].com/article/86659 4.Daftar Pustaka 1. 2012 [cited January 2013]. Available from : URL : http://emedicine. Hip Fracture in Emergency Medicine.2012 [cited January 2013]. Femoral Head Avascular Necrosis. Michael R.com/article/825363 . [online] May 25. Femoral Neck Fracture. [online] Dec 13. 2011 [cited January 2013].medscape. Moira D. Imaging in Avascular Necrosis of the Femoral Head.medscape. Available from : URL : http://emedicine.medscape. Available from : URL : http://emedicine.com/article/86568 2.com/article/386808 3. [online] Apr 2. Available from : URL : http://emedicine.