You are on page 1of 6

VALIDITAS

DEFINISI Sensitifitas V A L I D I T A S INDIKATOR Spesifisitas Positif sebenarnya Positif palsu PERHITUNGAN DLM VALIDITAS Negatif sebenarnya Negatif palsu YANG HARUS DIPERHATIKAN DLM MENENTUKAN SENSITIVITAS DAN SPESIFISITAS .

Definisi Kemampuan daripada tes penyaringan untuk memisahkan mereka yang betul – betul menderita terhadap mereka yang betul – betul sehat .

Indikator Sensitifitas Indikator untuk Spesifisitas Indikator untuk menyatakan tingkat kemampuan menentukan jumlah penderita yang menyatakan tingkat kemampuan menentukan mereka yang benar – benar – benar sakit ( proporsi true positif ) benar tidak sakit ( true negatif ) .

Perhitungan dalam validitas Tes penyaringan Positif sebenarnya Positif palsu Negatif sebenarnya Negatif palsu Menderita Menderita Sehat Sehat Diagnosis klinis Menderita Sehat Sehat Menderita .

Yang harus dipertimbangkan dalam menentukan sensitifitas dan spesifisitas Risiko adanya kasus yang tidak terjaring / lolos dari seleksi karena menolak diperiksa / tidak mau berpartisipasi Besarnya biaya diagnosis klinis untuk menentukan penderita secara klinis terutama pada mereka yang positis palsu Frekuensi penyaringan artinya kemungkinan pada penyaringan berikutnya akan mengambil kasus yang tidak terjaring pada saat ini Besarnya prevalensi penyakit dalam masyarakat yang menjadi sasaran tes .