You are on page 1of 4

LAPORAN TUGAS MANDIRI

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS INDONESIA Jalan Salemba Raya nomor 6 Jakarta Pusat Oleh : Masatommi Mohammad (1206256333)

FAKTOR RESIKO DARI KOLITIS
Terdapat berbagai jenis kolitis berdasarkan penyebabnya. Ada kolitis yang disebabkan infeksi dari patogen dan juga ada kolitis yang disebabkan oleh faktor non-infeksius. Oleh sebab itu kolitis memiliki faktor resiko yang bermacam-macam dan spesifik tergantung pada penyebabnya Jenis kolitis yang pertama adalah enterokolitis infeksius. Terdapat beberapa penyebab dari enterokolitis infeksius diantaranya Salmonella sp, Shigella, Staphylococcus aureus, Clostridium perfringens, E. Coli, parasit seperti Entamoeba histolytica, dan juga virus. Terdapat 2 jenis yang dapat menyebabkan enterokolitis infeksius diantaranya rotavirus dan adenovirus. Faktor-faktor resiko dari enterokolitis infeksius sendiri bervariasi bergantung dari penyebabnya namun terdapat faktor resiko yang umum dari enterokolitis infeksius yaitu travelling. Faktor resiko lain dari enterokolitis infeksius diantaranya1 : Salmonella1 : Makanan dan minuman yang dikonsumsi. Untuk salmonella makanan dan minuman yang dapat beresiko menginfeksi adalah susu yang tidak terpasteurisasi, telur, dan ikan. Selain itu makanan olahan yang berasal dari susu dan telur seperti eskrim, mayones, tiramisu juga dapat berpotensi menyebabkan infeksi dari Salmonella Person-to-person transmission Hewan piaraan seperti anjing, kucing, dan reptil.

-

Shigella1 : Kehidupan seksual AIDS Toilet bekas pakai oleh orang yang terinfeksi. Lingkungan -> tempat rekreasi air seperti kolam renang umum, water park, dan spa

stok air di kapal. Oleh sebab itu. faktor-faktor resiko dari kolitis iskemik berhubungan dengan penyakit-penyakit vaskular2.4. selanjutnya adalah kolitis pseudomembran atau yang biasa disebut sebagai Antibiotic-Associated Colitis. Faktor resiko dari kolitis iskemik diantaranya2 : Usia Aortic surgery Merokok Trauma/sepsis Irritable bowel syndrome Penyakit vaskular Hipertensi Diabetes Cardiopulmonary bypass Aortic repair Setelah enterokolitis infeksius dan kolitis iskemik. air di kolam renang Konsumsi kerang terutama dalam kondisi mentah Entamoeba histolytica1 : Makanan dan minuman yang terkontaminasi dan terkonsumsi oleh manusia Selain enterokolitis infeksius juga ada kolitis iskemik.Staphylococcus. Kolitis iskemik adalah intestinal hypoperfusion yang disebabkan oleh tidak cukupnya suplai oksigen untuk memenuhi kebutuhan metabolisme jaringan usus. Hal ini disebabkan karena infeksi bakteri . Clostridium perfringens1 : Makanan yang tidak dimasak dengan benar Rotavirus1 : Air di tempat umum seperti penampungan air di sebuah lingkungan tinggal.

lantai.Hal ini disebabkan karena spora Clostridium difficle yang memiliki resistensi tinggi dapat bertahan hingga berbulan-bulan pada lingkungan rumah sakit3 Faktor lingkungan yang dapat menyebabkan infeksi Clostridium difficle diantaranya3 : Feses yang terkontaminasi Tangan yang terkontaminasi dan belum di cuci. and erythromycin Umur Immunodefisiensi Pernah menjalani operasi bedah digestif terutama abdominal/pelvic surgery Intestinal ischemia Enteric infection Rumah sakit merupakan tempat dimana memiliki prevalensi infeksi Clostridium difficle tertinggi sehingga faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi infeksi dari Clostridium difficle sebagian besar terdapat di rumah sakit. penicillin.penyebab dari kolitis pseudomembran ini yaitu Clostridium difficle dapat terjadi setelah konsumsi antibiotik. lincomycin. clindamycin. Untuk mencegah penularan sebaiknya dicuci dengan sabun dan air mengalir dibanding dengan handrub Stetoskop dari tenaga medis di rumah sakit Seluruh permukaan kamar tempat penderita infeksi Clostridium difficle. tombol telepon. Antibiotik yang biasanya dihubungkan dengan kolitis pseudomembran diantaranya quinolones. Konsumsi dari antibiotik ini dapat menyebabkan gangguan pada flora normal pada usus yang juga berfungsi untuk mencegah kolonisasi dari Clostridium difficle ini. cephalosporins. dan lainnya . toilet. Namun kolitis pseudomembran tidak hanya dapat disebabkan oleh infeksi dari Clostridium difficle saja namun juga bisa dari infeksi Stpahylococcus aureus3 Faktor resiko infeksi oleh Clostridium difficle pada host atau manusia yang dapat terinfeksi diantaranya1. Jika flora normal terganggu maka Clostridium difficle akan berkolonisasi. Permukaan ini meliputi pegangan kasur. sulfa products. ampicillin.3 : - - Konsumsi antibiotik sehingga dapat mengakibatkan terganggunya kondisi flora normal dalam usus. chloramphenicol. tetracycline.

Marx JA."query":"etiology colitis"} at 9 December 2013 16.clinicalkey. Inc . P146-150 . P1233-60 2. Philadelphia : Elsevier. Scheleyer AM. Cameron AM. Brandt LJ. Tracey D. 8th Ed. Inc .05112102/{"scope":"all". Elsevier [citied from https://www.DAFTAR PUSTAKA 1.com/#!/ContentPlayerCtrl/doPlayContent/21-s2. Hockberger RS. Arnell. Ischemic colitis [internet]. 9th Ed. 2010. Philadelphia : Elsevier. 2014. 10th Ed. Rosen’s Emergency Medicine.00 ] 3. Cameron JL. Feldman M. Walls RM. P1889-1903 4. Current Surgical Theraphy. Philadephia : Elsevier. 2011. Mueller D. Scheriber H. Friedman LS. Inc . Sleisenger and Fordtran’s Gastrointestinal and Liver Disease.