You are on page 1of 2

NAMA NIM

: RINA SUSANTI : 1101112340 : EKONOMI POLITITK INTERNASIONAL

MATA KULIAH

COMMON MARKET FOR EASTERN AND SOUTHERN ARFICA (COMESA)

COMESA dibentuk pada Desember 1994 menggantikan Preferential Trade Area (PTA) sebelumnya dibentuk 1981. COMESA merupakan organisasi independen bagi negaranegara berdaulat telah sepakat untuk bekerja sama dalam mengembangkan sumber daya alam dan manusia. Fokus utama COMESA adalah pembentuka ekonomi dan perdagangan untuk mengatasi beberapa hambatan yang dihadapi masing-masing negara. Strategi COMESA ialah "kemakmuran ekonomi melalui integrasi regional”. COMESA adalah salah satu pilar Komunitas Ekonomi Afrika. Pada tahun 2008, COMESA setuju untuk zona perdagangan bebas diperluas termasuk anggota dari dua blok perdagangan Afrika lainnya, Masyarakat Afrika Timur (EAC) dan Afrika Selatan Community Development (SADC). COMESA menawarkan sebuah pasar yang lebih luas, harmonis dan lebih kompetitif , Peningkatan produksi pertanian dan ketahanan pangan, perbankan dan keuangan kebijakan yang lebih harmonis, transportasi yang lebih handal dan infrastruktur komunikasi .

Anggota COMESA adalah Burundi, Comoros, Congo, Dem Rep, Djibouti, Egypt, Eritrea, Ethiopia, Kenya, Libya, Madagascar, Malawi, Mauritius, Rwanda, Seychelles, Sudan, Swaziland, Uganda, Zambia, Zimbabwe. COMESA bertujuan menerapkan kawasan perdagangan bebas, baik dalam menghapus tarif perdagangan internal dan hambatan. Selain itu untuk membantu dalam pencapaian promosi perdagangan meliputi:    Liberalisasi perdagangan dan kerjasama Bea Cukai, termasuk pengenalan jaringan komputerisasi terpadu Cukai di seluruh wilayah, Meningkatkan administrasi transportasi dan komunikasi untuk memudahkan pergerakan barang dan jasa orang antara negara, Menciptakan lingkungan dan kerangka hukum yang akan memungkinkan mendorong pertumbuhan sektor swasta, pembentukan lingkungan investasi yang aman, dan adopsi set standar umum,

bertanggung jawab untuk pembuatan kebijakan. Beberapa lembaga telah diciptakan untuk mempromosikan kerjasama dan pengembangan sub-regional. The COMESA Trade and Development Bank in Nairobi. 12 technical committees and a series of other advisory bodies. yang berbasis di Lusaka. Keseluruhan koordinasi dicapai melalui Sekretariat. Kenya Struktur pembuatan keputusan Pembuatan keputusan dikepalai oleh Council of Ministers. Kenya The COMESA Clearing House in Harare. dan masing-masing negara juga menunjuk seseorang sebagai perwakilan. Harmonisasi kebijakan makro-ekonomi dan moneter di seluruh wilayah. Zimbabwe The COMESA Leather Institute in Ethiopia The COMESA Re-Insurance Company (ZEP-RE) in Nairobi. Zimbabwe The COMESA Association of Commercial Banks in Harare. . Zambia.