You are on page 1of 9

BIOGRA FI

Anang Marjono XI - Ci

.PENGERTIAN Biografi adalah suatu tulisan/buku yang menguraikan dan membahas tentang riwayat hidup seorang tokoh. Biasanya ditulis oleh orang lain. Biografi pada hakikatnya berisi tentang riwayat hidup seseorang dari mulai dia lahir. Penulisan biografi biasanya membahas perjalanan hidup orang terkenal atau seorang tokoh yang pantas diteladani.

sehingga dapat menambah wawasan Anda tentang tokoh.FUNGSI DAN MANFAAT Fungsi dan manfaat dari buku biografi yaitu bahwa Anda dapat lebih mengenal tokoh beserta latar belakangnya. .

2.MACAM-MACAM BIOGRAFI Berdasarkan sisi penulisnya 1. Biografi perjalanan karir Berisi tentang perjlanan karis dari awal hingga yang terbaru atau sebagian perjalanan karis dalam mencapai kesuksesan tertentu . Biografi perjalanan hidup Berisi tentang perjalanan hidup lengkap atau sebagian yang paling berkesan 2. Autobiografi : biografi yang ditulis orang diri sendiri Biografi   : biografi yang ditulis oleh orang lain Authorized : Biografi yang penulisannya dengan izin tokoh didalamnya Unauthorized : biografi yang penulisannya tanpa izin tokoh didalamnya Berdasarkan isinya 1.

Biografi politik Biografi intelektual 3.Berdasarkan persoalan yang dibahas 1. 4. 2. Buku sendiri Buku subsidi . Biografi jurnalistik Biografi sastra Berdasarkan penerbitnya 1. 2.

3. yaitu 1. dan 4. Kepribadian tokohnya. Keberuntungan dan kesempatan yang datang . Lukisan sejarah zamannya. Kekuatan sosial yang mendukung. 2.HAL-HAL YANG PERLU DITULIS DALAM BIOGRAFI Menurut Kuntowijoyo bahwa setiap biografi seharusnya mengandung empat hal.

CONTOH BIOGRAFI PANGERAN DIPONEGORO .

Pada tahun 1830 disepakati perjanjian di Magelang. Ternyata perundingan tidak mencapai kesepakatan. Kyai Hassan Besari. Diponegoro dengan pengikutnya datang memenuhi undangan. Menyadari pasukannya kalah. Hal ini sangat menyulitkan Belanda sehingga Jenderal de Kock menggunakan siasat perang yang disebut “Benteng Stelsel”. Pada bulan Februari 1830. Hal ini membuat kemarahannya semakin memuncak.PANGERAN DIPONEGORO Melihat tindakan Belanda yang memecah belah kerajaan Mataram. Cara ini ternyata belum juga berhasil untuk menangkap Diponegoro. Pangeran Mangkubumi. Pada tanggal 20 Juli 1825. dan sebagainya. mulailah Pangeran Diponegoro dan pengikutnya mengangkat senjata melawan Belanda. Diponegoro dibuang ke Manado dan tahun 1834 . Pangeran Diponegoro kemudian menggunakan siasat gerilya. Para tokoh masyarakatnya pun ikut bergabung yaitu: Kyai Maja. Akhirnya Belanda mengajak Diponegoro untuk berunding. Ketika Diponegoro hendak meninggalkan ruangan. Pangeran Diponegoro dengan terang-terangan menentangnya. Terlebih ketika Belanda berniat membuat jalan raya melalui makam leluhurnya di desa Tegalrejo. Di lain pihak Belanda mengatur siasat jika perundingan gagal maka Diponegoro harus ditangkap. tiba-tiba disergap oleh serdadu Belanda lalu ditangkap. Alibasyah Sentot Prawirodirjo.

html .blogspot.SUMBER http://id.shvoong.com/humanities/theory-criticism/2165721macam-macam-biografi/ http://syafruddin41.com/2013/02/biografi.