You are on page 1of 3

1. Cahay boleh menarik perhatian namun jangan sampe mengalihkan pandangan penonton dari objek utama.

Beberapa teknik untuk menciptakan efek lebih umum. Jawab : Teknik Bouncing,

1) 2. High Key Lighting adalah jenis penyinaran untuk suatu scene yang menghasilkan gambar dengan gradasi tertentu, terutama abu-abu hingga putih dan daerah abu-abu gelap hingga warna hitam hanya kelihatan pada daerah yang terbatas. 2) Low Key Lighting, jenis penyinanaran untuk suatu scene yang menghasilkan gambar dengan gradasi terutama antara abu-abu hingga hitam dan daerah abu-abu terang hingga putih hanya kelihatan pada daerah terbatas. 3) Base Light, suatu penyinaran yang menyebar rata dan hampir tidak menghasilkan bayangan, penyinaran yang dihasilkan cukup untuk dapat menghasilkan gambar televisi tetapi belum dapat menghasilkan efek gambar yang artistik. 4) Cross Light, penyinaran yang sama kuat kearah suatu objek dari dua arah yang mempunyai sudut penyinaran yang sama terhadap sumbu optik kamera pada bidang Horizontal. 5) Side Back Light, penyinaran dari belakang objek dengan kedudukan tidak sejajar dengan sumbu optik kamera dengan obnyek tetapi bisa menyimpang ke kiri ataupun ke kanan.

- Pencahayaan harus disinkronkan dengan kamera :

Pencahayaan dalam suatu produksi televisi sangat penting peranannya untuk mendukung keberhasilan program baik dari segi teknik , artistik, hingga dramatik. Namun, akan menjadi begitu sia-sia, apabila pencahayaan yang telah kita buat tidak tertangkap dengan sempurna oleh kamera ketika proses perekaman gambar. Untuk itu diperlukan suatu hubungan yang sinkron dan rapi antara lightingman dengan kamera operator agar gambar yang ditangkap kamera sesuai dengan bayangan dan imajinasi konsep.

Melengkap lighting diwajibkan untuk mencapat suasana yang setepatnya yang diminta oleh pengarah acara. walaupun kadang” bertentangan. Jobdesk penata cahaya Penata cahaya harus menyelaraslam terhadap ketiga kebutuhan – kebutuhan seperti berikut. . Pencahayaan yang menarik tidak harus menggunakan banyak lampu.. Apabila suatu karya visual tv tidak memiliki kesan kedalaman pada pencahayaannya. digunakanlah konsep three point of light dengan minimum menggunakan 3 lampu. atas dasar naskah yang telah disetujui. namun penerapannya sangat penting bagi proses perekaman gambar tersebut.Pencahayaan harus konsisten : Seorang penata cahaya harus mampu membuat pencahayaan nya menjadi konsisten dalam setiap angle yang diambil. maka dapat menciptakan kesan “jumping” apabila shot dan angle yang dibutuhkan berbedabeda. . Pada intinya adalah. untuk menambah kesan menarik dan berdimensi pada suatu objek. maka audienceakan merasa kurang tertarik karena hanya kesan flat yang ditimbulkan dari pencahayaan tersebut. pencahayaan harus mampu mengikuti konsep naskah dan mampu mewakili mood dari naskah tersebut. Apabila pencahayaan yang dihasilkan tidak konsisten. . yang biasanya bersesuaian ..Pencahayaan harus dapat menciptakan kesan tiga dimensi. maka audience akan dapat merasakan jarak antara objek dengan backgroundnya sehingga antara objek dengan background terlihat tidak menempel dan tampak lebih memiliki ruang atau dimensi .Pencahayaan harus menghasilkan visual yang menarik Pencahayaan merupakan sesuatu yang relative namun memainkan peranan penting dalam suatu produksi acara tlevisi tergantung dari sudut mana kita menginterpretasikannya.Melengkpa para pemain dengan lighting setepatnya sesuai penafsiran yang sesuai peranannya. . Dengan diaplikasikannnya konsep three point of light tersebut. Maka dari itu.. namun dengan penggunaan lampu yang minimum tetapi dengan pengemasan yang berbeda serta ditambahkan beberapa lampu aksen untuk dimensi ruang juga dapat menarik minat audiens. sehingga pada akhirnya kamera operator juga dapat menentukan komposisi yang tepat dan menghasilkan karya visual yang menarik. Hal ini memang sebuah tantangan tersendiri bagi penata cahaya.

Menyesuaikan keterbatasan yang dipaksakan demi perlengkapan peralatan teknik Penata cahaya harus mampu menerapkan nilai artistik dengan didukung oleh pengalaman teknik .