Kriteria Diagnostik DSM IV Pengulangan mencuri bendabenda yang tidak dibutuhkan oleh individu yang bersangkutan atau kadang

benda-benda itu diberikan untuk orang lain. Bendabenda yang diambil adalah benda-benda yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga. Peningkatan dorongan secara terus-menerus sebelum mencuri. Timbul rasa senang ketika mencuri berhasil dilakukan.

Kriteria Diagnostik PPDGJ III Adanya peningkatan rasa tegang sebelum, dan rasa puas selama dan segera sesudahnya, melakukan tindakan pencurian.

Meskipun upaya untuk menyembunyikan biasanya dilakukan, tetapi tidak setiap kesempatan yang ada digunakan. Pencurian biasanya dilakukan sendiri (solitary act) tidak bersama-sama dengan pembantunya. Individu mungkin tampak cemas, murung, dan rasa bersalah pada waktu di antara episode pencurian, tetapi hal ini tidak

Proses mencuri tersebut tidak dimotivasi oleh rasa marah atau keinginan untuk balas dendam dan tidak disebabkan

atau gangguan kepribadian antisosial. . Perilaku tersebut tidak disebabkan oleh gangguan konduksi .oleh delusi dan halusinasi. episode manik pada gangguan bipolar. mencegahnya mengulangi perbuatan tersebut.