BAB 23 CAHAYA: OPTIK GEOMETRI PERTANYAAN-PERTANYAAN 1.

Berikan argumen mengapa Bulan pasti memiliki permukaan yang kasar dan bukan permukaan yang licin seperti kaca. 2. Ketika Anda melihat bayangan Bulan di laut yang beriak, tampak Bulan memanjang (Gambar 23- !". #elaskan. 3. $alaupun cermin datar membalik kiri menjadi kanan, ia tidak membalik atas menjadi ba%ah. #elaskan. . Archimedes dikatakan telah membakar seluruh armada &'ma di pelabuhan (yracuse dengan mem)'kuskan berkas sinar *atahari dengan cermin s)eris yang besar. Apakah cerita ini masuk akal+ !. #ika cermin cekung menghasilkan bayangan nyata, apakah bayangan tersebut pasti terbalik+ ,. Apabila Anda menggunakan cermin cekung, Anda tidak dapat melihat bayangan diri Anda sendiri yang terbalik kecuali jika kepala Anda berada di luar pusat kelengkungan C. -etapi Anda dapat melihat bayangan terbalik dari benda lain yang diletakkan antara C dan F, seperti pada Gambar 23-1 . #elaskan. .Petunjuk/ Anda dapat melihat bayangan nyata hanya jika mata Anda berada di belakang banyangan, sehingga bayangan dapat terbentuk0. 1. 2engan menggunakan aturan untuk tiga berkas yang dibahas dengan mengacu pada Gambar 23-1 , gambarkan berkas 2 untuk Gambar 23-11b. 3. Berapa panjang )'kus cermin datar+ Berapa perbesaran cermin datar+ 4. Apakah persamaan cermin, 5ersamaan 23-2, berlaku untuk cermin datar+ 16. Bagaimana Anda bisa menentukan laju cahaya pada benda transparan berbentuk persegi panjang yang padat+ 11. Ketika berkas lebar cahaya paralel memasuki air pada suatu sudut, berkas tersebut melebar. #elaskan.

Apakah lensa kamera bergerak menjauhi atau mendekati )ilm+ 22. Gambarkan diagram berkas untuk menunjukkan mengapa sebuah t'ngkat kelihatan patah ketika sebagian t'ngkat berada di ba%ah air (Gambar 2326". 5ada gambar ini. . *ata Anda melihat ke dalam akuarium dan memandang seek'r ikan di dalamnya.12. 1!. Bagaimana Anda dapat 8melihat9 tetesan air yang bulat di atas meja %alaupun air transparan dan tidak ber%arna+ 11. Ketika Anda melihat ke atas pada sebuah benda di udara dari ba%ah permukaan k'lam renang. 1 .1+ 26. 1... tunjukkan perkiraan p'sisi ikan yang sebenarnya. 2apatkah berkas cahaya yang merambat di udara dipantulkan sempurna ketika menimpa permukaan air yang licin jika sudut datangnya benar+ 13. apakah benda tersebut tampak berukuran sama dibanding saat Anda melihatnya langsung di udara+ #elaskan. (uatu berkas cahaya muncul dari tempat bejana ikan tersebut digambarkan pada Gambar 23. 14. 2apatkah sebuah lensa di7ergen membentuk bayangan nyata dalam situasi apa pun+ #elaskan. Bagaimana kedalaman semu ber7ariasi terhadap sudut pandang+ (Gunakan diagram berkas".. Ketika Anda melihat ke dalam k'lam renang atau danau. apakah Anda akan memperkirakan kedalamannya lebih dangkal atau lebih dalam+ #elaskan. 2i mana )ilm harus diletakkan agar lensa kamera membentuk bayangan yang tajam dari sebuah benda yang jaraknya sangat jauh+ 21. -unjukkan bah%a bayangan nyata yang dibentuk 'leh lensa tipis selalu terbalik. (e'rang )'t'gra)er bergerak mendekati subyeknya dan kemudian melakukan pem)'kusan ylang. #enis cermin apa yang diperlihatkan pada Gambar 23. sementara bayangan maya selalu tegak jika benda nyata. 23. #elaskan secara singkat ja%aban Anda. #uga tunjkkan p'sisi semu ikan sebagaimana terlihat 'leh mata. Berapa sudut bias ketika berkas cahaya sampai pada perbatasan antara dua materi saling tegak lurus+ 13.

. . dengan menggunakan diagram berkas. Bagasa kesamaan dan perbedaan. Berkas cahaya dikatakan 8dapat dibalik9. 2apatkah bayangan nyata dipr'yeksikan pada layar+ Bagaimana dengan bayangan maya+ Adakah yang dapat di)'t'+ Bahas dengan teliti. 24. #ika hidung dan ek'r masing-masing ter)'kus pada layar secara bergantian.2 . Apakah ini k'nsisten dengan persamaan lensa+ 2!. 21. 23. Apakah titik bayangan berubah jika lensa diputar balik+ 33. #elaskan. terutama perjanjian tanda untuk besaran-besaran yang terlibat. 3 . *engapa. Apakah bayangan nyata yang dibentuk akan berubah ( a" p'sisi. 2. *akin tebal lensa cekung ganda pada pusatnya jika dibandingkan dengan sisiknya. Apakah akan tetap sebagai lensa k'n7ergen jika diletakkan di dalam air+ #elaskan. deskripsikan bagaimana terjadinya. Bandingkan persamaan cermin dengan persamaan lensa. pada . makin pendek panjang )'kusnya untuk suatu diameter lensa tertentu. yang mana yang akan memiliki perbesaran lebih besar+ 36.'nt'h 23-1!. (ebuah lensa k'n7ergen yang tipis digerakkan mendekati benda di dekatnya.36. lensa tersebut k'n7ergen. (eek'r kucing berdiri menghadap lensa k'n7ergen dengan ek'rnya berdiri. 2i udara. 2alam keadaan apa (jika ada" bayangan hidung bersi)at maya dan bayangan ek'r bersi)at nyata+ 2i mana bayangan bagian tubuh lainnya+ 31. (eek'r anjing berdiri menghadap lensa k'n7ergen dengan ek'rnya berdiri. plan'k'n7eks" membentuk bayangan benda di dekatnya. lensa k'n7ergen harus memiliki panjang )'kus yang lebih pendek daripada lensa di7ergen jika panjang )'kus lensa di7ergen akan ditentukan dengan menggabungkan keduanya+ 32. (ebuah lensa dibuat dari materi dengan indeks bias n : 1. Apakah panjang )'kus lensa bergantung pada )luida di mana ia dicelupkan+ Bagaimana dengan panjang )'kus cermin s)eris+ #elaskan. (ebuah lensa yang tidak simetris (katakanlah. (b" ukuran+ #ika ya.

(<<" *isalkan Anda berada pada jarak 16 cm dari cermin datar. (<<" (ese'rang yang matanya berada 1. Anda melihat diri sendiri sebagaimana 'rang lain melihat Anda. Berapa jarak h'ris'ntal x ke dasar dinding yang menahan cermin dari titik terdekat di lantai yang dapat terlihat pada cermin+ !.'ba dan lihat". dan bukan terbalik seperti pada cermin tunggal. (<" Ketika Anda melihat diri sendiri di cermin datar yang tinggi. (<" *isalkan Anda ingin mengambil )'t' Anda sendiri pada %aktu melihat bayangan Anda di cermin datar yang jaraknya 1.3. (<<" 2ua cermin bertemu pada sudut 13!'. dengan sudut ϕ berapa berkas-berkas tersebut meninggalkan cermin . =ntuk jarak berapa lensa kamera harus di)'kuskan+ 2. . (<<<" -unjukkan bah%a jika dua cermin datar bertemu pada sudut ϕ.2 m di atas lantai. Anda melihat besar tubuh Anda yang sebenarnya baik Anda dekat ke cermin maupun jauh. berdiri pada jarak 2.! m. Gambar 23-!6.. #ika berkas cahaya jatuh pada satu cermin dengan sudut kedua. 3. Gambar 23. Berapa luas cermin yang digunakan untuk memantulkan berkas-berkas yang memasuki satu mata dari satu titik di puncak hidung Anda jika diameter pupil mata !. . (. suatu berkas yang dipantulkan berturut-turut dari kedua cermin dibel'kkan 6' seperti digambarkan. Buat diagram berkas untuk menunjukkan bagaimana hal ini terjadi.16 m di depan cermin datar 7ertikal yang sisi ba%ahnya berada 3 cm dari lantai. Gunakan diagram berkas untuk menunjukkan mengapa hal ini benar.! mm+ 1.SOAL-SOAL Subbab 23-2 1. Ketika Anda melihat ke cermin ganda ini.4.. (<<" Berdirikan dua cermin datar sehingga membentuk sudut siku-siku seperti pada Gambar 23.

melalui sudut 2ϕ tanpa bergantung pada sudut datang. satu dari setiap cermin. (<<" -unjukkan dengan diagram berkas bah%a perbesaran cermin cekung lebih kecil dari 1 jika benda berada di luar pusat kelengkungan C dan lebih besar dari 1 jika berada di sebelah dalam titik ini. (<" Berapa jauh dari cermin cekung (radius 21.!@. Anggap ϕ > 46' dan hanya dua pantulan.6 cm" sebuah benda harus diletakkan agar bayangannya berada pada jarak tak hingga+ 11. 12. (<<" Beberapa kaca spi'n menghasilkan bayangan m'bil di belakang Anda yang sedikit lebih kecil dari bayangan jika cermin tersebut datar. Berapa radius permukaan s)eris cermin tersebut+ 16. (<<" (ebuah cermin pada taman hiburan menunjukkan bayangan tegak 'rang yang berdiri pada jarak 1. 3.6 cm di depan cermin. berkas datang manapun akan kembali dengan arah asalnya setelah tiga pantulan.26 cm dari sebuah gigi akan menghasilkan bayangan tegak dengan perbesaran . #ika bayangan tersebut tiga kali lipat dari tinggi 'rang itu. (b" Apa yang terjadi jika berkas tersebut hanya terpantul dua kali+ Subbab 23-3 4. (<<" (e'rang d'kter gigi menginginka sebuah cermin yang ketika berjarak 2. (<<" #ika Anda melihat diri sendiri pada b'la p'h'n ?atal yang mengkilat dengan diameter 4.ermin jenis apa yang harus digunakan dan berapa radius kelengkungannya+ 1!. (<" (ebuah tungku bertenaga surya.6 cm ketika %ajah Anda berjarak 36. cm darinya. berapa radius kelengkungannya+ 1 . yang terjadi. mem)'kuskan berkas cahaya matahari pada jarak 11. (a" -unjukkan bah%a untuk 8pemantul sudut9 semacam itu. yang berupa cermin cekung yang diarahkan ke *atahari. Apakah cermin ini cekung atau cembung+ Apa jenis dan berapa tinggi bayangan . . di mana bayangan Anda berada+ Apakah bayangan tersebut nyata atau maya+ Apakah tegak atau terbalik+ 13.3 sehingga ketiganya tegak lurus satu sama lain. (<<<" *isalkan cermin ketiga diletakkan di ba%ah dua cermin pada Gambar 23.3 m di depannya.

di/do. (b" -unjukkan bah%a untuk menghitung jarak bayangan (negati)" ini dari 5ersamaan 23-2. dan perkirakan jarak bayangan. 21.Petunjuk: Bayangkan sebuah berkas dari puncak benda yang terpantul di pusat cermin0.6 mm dan diletakkan 26 cm dari cermin cembung dengan radius kelengkungan 26 cm. dengan menganggap radius kelengkungan cermin sebesar 3. (<<" Gunakan persamaan cermin untuk menunjukkan bah%a nilai perbesaran cermin cekung lebih kecil dari 1 jika benda berada di luar pusat kelengkungan C (do B r" dan lebih besar dari 11 jika benda berada di dalam C (do B r".6 m di belakang Anda. 5ersamaan 23-2. (<<" (ebuah benda yang bercahaya berukuran tinggi 3. Apa jenis cermin dan berapa radius kelengkungannya+ 14. bah%a perbesaran m dari cermin cekung adalah m = .3 m dan berada 1!. 22. (<<" Gunakan diagram berkas untuk menunjukkan bah%a persamaan cermin. akan sesuai jika panjang )'kus ditentukan -16 cm. 26. dengan menggunakan 5ersamaan 23-3..2 m+ 1.yang dihasilkan cermin ini dari sebuah m'bil yang tingginya 1.6 cm di belakang cermin. (c" Aitung ukuran bayangan. Bayangan tampak berada 1 . (<<" (a" 2i mana sebuah benda harus diletakkan di depan cermin cekung sehingga bayangan yang dihasilkan berada di l'kaasi yang sama+ (b" Apakah bayangan tersebut nyata atau maya+ (c" Apakah bayangan itu terbalik atau tegak+ (d" Berapa perbesaran bayangan+ 13. 11. (<<" Bayangan sebatang p'h'n yang jauh bersi)at maya dan sangat kecil ketika dilihat pada cermin lengkung. berlaku untuk cermin cembung selama f dianggap negati).2 m dari cermin.36@ untuk benda yang berada 2. . sama seperti untuk cermin cembung. (<<" 5erbesaran cermin cembung adalah C 6. (a" -unjukkan dengan penelusuran berkas bah%a bayangan tersebut maya. (<<" -unjukkan dengan menggunakan diagram berkas. Berapa panjang )'kus cermin ini+ .

66636 G 6. 2iinginkan bayangan maya yang berdiri dan tingginya 3. dan (b" Eucite. (b" -entukan persamaan yang menghubungkan jarak bayangan dan jarak benda pada batas cermin datar ini. Berapa sudut bias+ 31. berapa ketidakpastian yang akan diakibatkan nilai ini pada nilai untuk laju cahaya di udara+ Subbab 23-5 36.666616 untuk udara. (<" Eaju cahaya pada es adalah 2. (c" Aitung radius kelengkungan cermin yang diperlukan. Berapa indeks bias Fat ini+ 24..!6" dengan sudut . (<" (inar senter jatuh pada permukaan kaca jendela ( n : 1.!' terhadap garis 7ertikal.6 cm di depannya. (<<" Eaju cahaya pada Fat tertentu adalah 3! persen dari nilainya di air. (pesi)ikasikan apa batas ini.23.! cm diletakkan 23 cm di depan cermin s)eris. (a" Apa jenis cermin yang harus digunakan+ (b" 2i mana bayangan berada+ (c" Berapa panjang )'kus cermin+ (d" Berapa radius kelengkungan cermin+ 2!. (<<<" (ebuah cermin cukurDrias dirancang untuk memperbesar %ajah Anda sebesar )akt'r 1.3 ketika %ajah Anda berada 26. (<<<" Benda yang tingginya . (a" Apa jenis cermin ini+ (b" 2eskripsikan jenis bayangan yang dibuatnya untuk %ajah Anda. 21.3' terhadap n'rmal. (c" -entukan perbesaran cermin datar pada batas yang sama ini. (<<" (a" (ebuah cermin datar dapat diangap sebagai kasus pembatas cermin s)eris. (d" Apakah hasil Anda pada bagian (b" dan (c" k'nsisten dengan pembahasan pada (ubbab 23-2 mengenai cermin datar+ 2 . 2engan sudut berapa cahaya meninggalkan air+ . (<" (e'rang penyelam mengarahkan sinar senter ke atas dari ba%ah air dengan sudut 2. (<<" #ika n : 1. Subbab 23-4 2.24 @ 163 mDs.! cm. (<" Berapa laju cahaya pada (a" kaca k'r'na. Berapa indeks bias es+ 23.

Aitung sudut keluarnya cahaya dari muka di seberangnya. arah berkas yang muncul paralel dengan berkas yang datang. 5ada sudut berapa di atas h'ris'n matahari berada+ 3 . (<<" 2alam pencarian di dasar k'lam pada malam hari.ari sudut datang jika sudut pantu dua kali dari sudut bias. Gambar 23-!1. 3. (<<<" (eberkas cahaya jatuh pada sep't'ng kaca yang datar seperti pada Gambar 23-21. berkas tersebut akan menyimpang sejauh jarak . dan kemudian (b" air+ (c" Berapa sudut bias jika berkas ini memasuki air secara langsung.!' terhadap garis tegak lurus (Gambar 23-!3". -unjukkan bah%a jika sudut datang θ kecil.. (<<" . 1.!2. se'rang penjaga malam menyinari seberkas sempit cahaya dari senternya. 2engan sudut datang berapa berkas ini jatuh pada perbatasan udara-air dari ba%ah permukaan+ 33. (<<<" (ebuah akuarium yang diisi dengan air memiliki sisi kaca yang rata yang indeks biasnya 1. 39. (<" (eberkas cahaya yang datang dari lampu s'r't ba%ah air meninggalkan air dengan sudut . (eberkas cahaya dari luar akuarium mengenai kaca dengan sudut 3. 31.32. (<<" (eberkas cahaya di udara menimpa sep't'ng kaca k'r'na ( n : 1. Berapa sudut berkas cahaya ini ketika memasuki (a" kaca.3 m di atas pemukaan air. 3!.1 m dari kakinya di sisi k'lam (Gambar 23-!2". (<" Berkas cahaya dari *atahari tampak membuat sudut 21. .ahaya datang pada prisma kaca k'r'na sama sisi dengan sudut !' pada satu muka. Anggap n : 1.6'. 2i mana cahaya jatuh pada dasar k'lam. 38. tidak bergantung pada sudut datang θ. jika kedalaman k'lam 2. seperti pada Gambar 23-21.!2. ke permukaan air pada titik yang berjarak 2.6 ' terhadap garis 7ertikal di ba%ah air. (<<" Buktikan secara umum bah%a untuk berkas cahaya yang jatuh pada lapisan materi transparan yang seragam.1 m. relati) terhadap sisi.!2" dan sebagian dipantulkan dan sebagian dibiaskan.