Penggunaan Software Dips untuk Analisis Struktur Geologi

Software Dips merupakan software dalam geologi yang dapat digunakan untuk analisis struktur geologi meliputi struktur kekar, sesar dan lipatan. Berikut langkah kerja penggunaan software dips untuk analisis struktur kekar. 1. Pertama, copy software dips ke laptop/pc anda. 2. Kedua, pilih aplikasi dips yang terdapat warna biru muda.

3. Pilih, maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini. Jika ada pertanyaan yang muncul, maka klik ok.

4. Selanjutnya, klik “new” yang ada di pojok kiri atas.

Untuk menginput data strike dan dip dari kekar. Klik ok.Maka akan muncul seperti dibawah ini : 5. Kemudian akan muncul pilihan DIPR. sebelumnya atur dip dengan memilih opsi DIPR pada logo palu. .

Selanjutnya masukkan data strike dip kekar yang anda temukan. maka klik gambar dibawah ini . Untuk menampilkan diagram roset.6. yaitu dengan digram roset maupun secara strereografis. 7. Penyajian analisis kekar dapat dilakukan dengan beberapa cara.

dengan memilih logo contour plot.Maka akan muncul data diagram roset : Kedua. . Maka akan menghasilkan semacam kontur seperti dibawah ini. dapat disajikan secara stereografis.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui garis kontur tersebut diperoleh dari titik yang mana. .Titik tertinggi dari kedua pusat kontur tersebut adalah maksima 1 dan maksima 2. maka klik logo “add plane” di pojok kanan atas : 9. lalu akan muncul kotak label. isi kotak dengan angka maupun tulisan. Untuk membuat garis busur. Nilai maksima 1 dan maksima 2 dapat dibaca di sudut kanan bawah dengan meletakkan kursor di pusat konturnya. 8. Selanjunya klik pada kedua puncak kontur.

maka akan menghasilkan 2 plane yang saling memotong. Selanjutnya buat plane dari titik σ2. 11. Setelah dilakukan pembuatan plane pada kedua maksima. . Nilainya dapat diketahui dipojok kanan bawah. Titik pertemuan antara 2 plane disebut σ2.10.

Untuk analisis sesar dan lipatan juga sama caranya. .Titik tengah diketiga busur merupakan σ1 apabila sudutnya kurang dari 90°. Untuk lipatan hanya memasukkan strike/dip sayap kanan dan kiri lipatan. dan apabila lebih dari 90° maka disebut σ3. Nilainya dapat dibaca dipojok kanan bawah.