You are on page 1of 20

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP

)

SatuanPendidikan Kelas / Semester Mata Pelajaran AlokasiWaktu Materi Sub pokokmateri

: SMP : VIII (Delapan) / Semester I : FISIKA : 8 x 40 Menit : Tekanan pada Zat Padat, Cair dan Gas. : - Tekanan zat padat - Tekanan zat cair - Tekanan udara

STANDAR KOMPETENSI 5. Memahami peranan usaha, gaya dan energi dalam kehidupan sehrai-hari.

KOMPETENSI DASAR 5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas, serta penerapannya dalam kkheidupan sehari-hari.

INDIKATOR 1. Mendefinisikan pengertian tekanan. 2. Menentukan besarnya tekanan pada zat padat 3. Menentukan gambar yang mempunyai tekanan terbesar terhadap lantai. 4. Memahami konsep dari tekanan dengan benar 5. Menjelaskan hukum bejana berhubungan dengan benar 6. Menjelaskan manfaat hukum Pascal. 7. Menggunakan apliksi hukum pascal dengan benar 8. Memahami konsep hukum pascal 9. Menyebutkan bunyi hukum Archimedes. 10. Menentukan besarnya gaya ke atas pada hukum Archimedes. 11. Menghitung berat benda jika di timbang di udara dengan benar 12. Menghitung ketinggian pada tekanan hidrostatik.

A. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat : 1. Menemukan hubungan antara gaya, tekanan dan luas bidang yang dikenai gaya. 2. Mengaplikan konsep bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari. 3. Mendeskripsikan Hukum Pascal dan hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 4. Menunjukkan beberapa produk teknologi menggunakan konsep terapung, melayang dan tenggelam. 5. Menjelaskan hubungan antara ketinggian tempat dengan tekanan udaranya. 6. Mengaplikasikann konsep tekanan benda padat, cair dan gas pada peristiwa alam yang relevan. 7. Melakukan percobaan yang dapat menunjukkan tekanan atmosfer.

B. Karakter siswa yang diharapkan :

- Disiplin (Discipline ) - Rasa hormat dan perhatian (respect) - Tekun ( Diligence) - Tanggung jawab ( responsibility) - Ketelitian ( carefulness) - Kerja sama

C. Materi Pokok TEKANAN Tekanan zat padat Tekanan adalah gaya untuk tiap satuan luas permukaan tempat gaya itu bekerja. Gaya merupakan perbandingan antara gaya tekan dengan luas bidang tekan. Untuk memperjelas hubungan antara gaya, tekanan dan luas bidang pernyataan diatas dapat dirumuskan sebagai berikut. Apabila gaya atau beratbenda dinyatakan dengan F, tekanan dinyatakan dengan p dan luas bidang yang dikenai gaya dinyatakan dengan A, maka ditulis : p = dengan satuan p adalah N/m2 Tekanan zat cair Tekanan pada zat cair memiliki sifat-sifat tertentu yaitu : 1. Tekanan pada zat cair bergantung pada gravitasi. 2. Tekanan pada zat cair bergantung pada kedalaman.

Alat ukur tekanan udara atau tekanan atmosfer adalah barometer.  Model : DI ( Direct Instruction) Kooperatif Tipe TPS Kooperatif STAD E. D. Bejana Berhubungan Konsep bejana berhubungan adalah permukaan zat cair dalam suatu bejana berhubungan akan selalu menyamakan dengan permukaan zat cair sejenis yang ada pada bejana-bejana yang saling berhubungan tersebut. Hukum Pascal Hukum Pascal berbunyi : “ Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam suatu ruang tertutup akan diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dengan sama kuat. mesin hidrolik pengangkat mobil. dan demonstrasi. Ada tiga macam barometer. Hukum Archimedes “ Suatu benda yang tercelup sebagian atau seluruhnya di dalam suatu zat cair akan mengalami gaya apung yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan. Alat ukur tekanan gas dalam ruang tertutup adalah manometer.3. barometer air. pompa hidrolik ban sepeda.” Dalam kehidupan sehari-hari prinsip Pascal digunakan antaralain pada dongkrak hidrolik. tanya jawab. Model/Metode Pembelajaran  Metode: ceramah. Gaya apung sama dengan berat zat cair yang dipindahkan. mesin pengepres hidrolik. dan barometer aneroid atau barometer logam. Gas dalam ruang tertutup memberikan tekanan pada dindingnya. Alat/ Bahan/ Media Pembelajaran Buku teks Alat dan bahan untuk praktikum Alat dan bahan untuk demonstrasi . Tekanan pada zat cair bergantung pada massa jenis zat cair. diskusi. Hukum Boyle menyatakan bahwa hasil kali tekanan dan volume gas dalam ruang tertutup adalah tetap asalkan suhunya tidak berubah. dan rem piringan hidrolik. Tekanan pada zat cair tidak bergantung pada bentuk wadah. yaitu barometer raksa. 4. pencetan pasta gigi.” Tekanan zat udara Tekanan udara dihasilkan dari gerakan partikel-partikel udara yang sangat cepat dan bertumbukan satu sama lain serta bertumbukan dengan dinding dan wadahnya. penugasan.

Skenario Pembelajaran ICARE Kegiatan awal (10’) Introduction Model Pembelajaran Kooperatif STAD Fase 1 Menyampaikan tujuan  Guru membuka pelajaran dengan memberikan  Siswa menjawab salam guru.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. pentingnya pembelajaran.  Menyimak tujuan pembelajaran dan dan  Guru memberikan motivasi kepada siswa Kegiatan Guru Kegiatan Siswa memotivasi siswa informasi yang disampaikan guru. mengapa?  Mana yang paling besar tekanan terhadap lantai. telinga kamu akan terasa sakit. Connection  Guru menyampaikan apersepsi :  Ketika mendaki gunung. salam. sepatu dengan hak yang kecil atau hak yang besar?  Apa yang terjadi ketika kaleng yang berisi . mempersiapkan siswa untuk belajar.  Mendengarkan apersepsi yang disampaikan guru dan memberi tanggapan terhadap apersepsi yang di berikan guru. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama (Tekanan dan Tekanan Dalam Zat Cair) No.F.  Siswa mendengar dan menyimak motivasi yang diberikan guru. informasi latar belakang pelajaran.

kesimpulan percobaan yang telah dilakukan. .air diberi beberapa lubang? Kegiatan inti (60’) Aplication Fase 2 Menyajikan atau menyampaikan informasi  Menyampaikan materi mengenai :  Pengertian tekanan  Menghitung tekanan  Tekanan dalm Zat cair  Menentukan tekanan pada zat cair Fase 3 Mengorganisasi siswa kelompokkelompok belajar Fase 4 Membimbing kelompok bekerja dan belajar  Membimbing kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas yang terdapat di LKS  Secara membuat  Meminta kelompok siswa dari diminta diskusi untuk dan  Setiap kelompok bekerja sama membuat kesimpulan dari diskusi dan percobaan. Kegiatan penutup (10’) Reflection Fase 5 Evaluasi perwakilan kelompok untuk masing-masing kelompok hasil mepersentasekan kesimpulan dari hasil diskusi sesuai dengan tugas yang diberikan  Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang mempersentasekan/membacakan diskusi kelompok.  Perwakilan dalam  Membagi siswa dalam beberapa kelompok dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.  Perwakilan kelompok menerima LKS yang dibagikan oleh guru  Perwakilan kelompok siswa bertanya  Mengikuti instruksi guru  Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru serta mencatatnya.  Menjawab pertanyaan dari guru. mengenai tugas yang belum dimegerti.  Membagikan LKS pada setiap kelompok.

telah diajarkan dengan cara memberikan beberapa poin pertanyaan mengenai materi yang telah dipelajari. informasi latar belakang pelajaran. dan  Guru memberikan motivasi kepada siswa  Siswa menjawab salam guru. menghargai kelompok  Menginformasikan pelajaran yang selanjutnya. Kegiatan Guru Kegiatan Siswa mempersiapkan siswa. mempersiapkan siswa untuk belajar.  Siswa mendengar dan menyimak motivasi yang diberikan guru.  Mendengarkan guru  Memberi salam penutup pada guru.  Menjawab salam penutup.  Menyimak tujuan pembelajaran dan  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Skenario Pembelajaran ICARE Kegiatan awal (10’) Introduction Model Pembelajaran Direct Instruction Fase 1: Menyampaikan tujuan  Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam. pentingnya pembelajaran. Extention Fase 6 Memberikan penghargaan  Memberi penghargaan kepada siswa/kelompok  Ikut bertepuk tangan sebagai penghargaan siswa yang berprestasi hasil belajar sebagai individu upaya dan kepada individu atau kelompok yang terbaik. informasi yang disampaikan guru. Pertemuan Kedua (Bejana Berhubungan dan Hukum Pascal) No. .

 Guru memberikan tugas berupa soal-soal/  Mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh pertanyaan yang mengenai bejana guru. hidrolik? Bagaimana prinsip kerja dongkrak tersebut? Kegiatan inti (60’) Aplication Fase 2: Mendemonstrasik an pengetahuan  Menyampaikan materi mengenai :  Bejana berhubungan  Hukum pascal  Mendengarkan dan menyimak guru.  Menjawab pertanyaan mengerti mengajukan pertanyaan kepada guru.  Menjawab pertanyaan yang ditanya oleh berhubungan dan hukum pascal. permukaanzat cair dalambejana berhubungan (teko).Connection  Guru menyampaikan apersepsi :  Bagaimana yang terjadi pada air. Kegiatan Reflection Fase 4:  Bertanya kepada siswa apakah tugas yang . yang  Mendengarkan dan menyimak jawaban dari guru sedang berdemonstrasi didepan kelas. Fase 3: Membimbing pelatihan  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk  Siswa yang belum paham/ yang tidak bertanya mengenai hal/materi yang kurang difahami. diajukan/ditanyakan oleh siswa . ketika kita masukkan kedalam teko?  Siapa yang pernah melihat dongkrak  Mendengarkan apersepsi yang disampaikan guru dan memberi tanggapan terhadap apersepsi yang di berikan guru. atau keterampilan  Guru didepan kelas mendemonstrasikan posisi  Memperhatikan dan menyimak guru yang .

memperhatikan serta mencatat kesimpulan hasil belajar yang diberikan guru. motivasi  Memotivasi siswa untuk belajar dan apersepsi  Memberikan apersepsi : .  Memberi salam penutup.penutup (10’) Mengecek pemahaman memberikan umpan balik. Extention Fase 5: Memberikan kesempatan untuk  Guru memberikan tugas kepada siswa sebagai  Siswa mendengarkan dan mencatat PR (Pekerjaan Rumah) mengenai sub materi bejana berhubungan dan konsep hukum pascal. dan diberikan telah selesai dikerjakan dengan baik.  Menjawab salam penutup pada guru. Pertemuan Ketiga (Hukum Archimedes) No.  Mengumpulkan dan memeriksa beberapa tugas siswa  Menyimpulkan hasil pembelajaran dan guru . dan penerapan.  Menyimak . Skenario Pembelajaran ICARE Kegiatan awal. memberi penguatan atas jawaban siswa yang benar dan meluruskan jawaban siswa yang salah.  Mendengarkan dan menyimak guru. (10’) Connection Introduction Model Pembelajaran Kooperatif TPS Fase 1: Menyampaikan  Mengucapkan salam  Menyampaikan tujuan pembelajaran  Menjawab salam  Mendengarkan guru dengan baik  Memperhatikan guru  Memperhatikan guru dan menjawab Kegiatan Guru Kegiatan Siswa tujuan . PR pelatihan lanjutan  Menginformasikan pelajaran yang selanjutnya. yang diberikan oleh guru.

telur akan terapung.  Mendengarkan serta menyimak guru  Memberikan kesempatan pada siswa untuk  Bertanya kepada guru bertanya.  Melakukan demonstrasi peristiwa tenggelam. terapung.kepada siswa  Ketika kamu berjalan didalam air kolam atau air laut yang dangkal. untuk  Mendengarkan masalah yang disampaikan didiskusikan oleh kelompok siswa :  Mengapa ketika air ditambah dengan garam. melayang pertanyaan guru Kegiatan inti (60’) Aplication Fase 2: Menyajikan informasi. dan ketika garam ditambah lebih banyak lagi. guru. . telur yang semulanya tenggelam akan melayang. dari guru.  Memberikan masalah kepada siswa. badan akan terasa mengambang keatas?  Menyampaikan materi mengenai :  Bunyi hukum archimedes  Peristiwa tenggelam. apakah kakimu terasa lebih ringan atau justru lebih berat?  Mengapa ketika kita berjalan didalam kolam renang. dan setelah menghentakkan kaki. air dan garam.  Memperhatikan dan menyimak penjelasan melayang dan terapung dengan menggunakan telur.

dalam  Melakukan mengenai diskusi apa dengan pasangannya dari tentang diberikan dengan pasangan kelompok masing-masing dengan tertib kelompokkelompok belajar. besar sangatlah ditambah lagi berat penumpang yang berada didalam kapal (massa jenis kapal > massa jenis air) Fase 3: Mengorganisasika n siswa dalam  Membagi siswa dalam kelompok belajar yang  Bergabung terdiri dari 2 orang untuk mendiskusikan masalah yang telah diberikan diatas  Memberikan instruksi kepada siswa untuk  Mendengarkan instruksi dari guru dengan berdiskusi  Membimbing setiap pasangan baik. Mengapa padahal kapal berat laut kapal tidak tenggelam. Fase 4: Membimbing kelompok dalam berdiskusi melakukan diskusi tentang permasalahan yang telah diberikan sebelumnya  Meminta beberapa hasil pasangan diskusinya jawaban yang permasalahan telah sebelumnya dengan baik untuk  Memberikan respon atau tanggapan kepada dan pasangan lain yang sedang presentasi hasil diskusinya mempresentasikan selanjutnya untuk ditanggapi oleh pasangan lainnya .

Memperkuat hasil diskusi siswa yang benar dan meluruskan hasil yang kurang benar. Extention Fase 6: Memberikan penghargaan. salam.  Siswa mendengar dan menyimak motivasi yang diberikan guru. tujuan pembelajaran dan dan  Guru memberikan motivasi kepada siswa Kegiatan Guru Kegiatan Siswa mempersiapkan siswa.  Membahas dan menyempurnakan hasil  Mendengarkan penyempurnaan pelajaran dari guru diskusi siswa. informasi yang disampaikan guru.Kegiatan penutup (10’) Reflection Fase 5: Evaluasi. Skenario Pembelajaran ICARE Kegiatan awal (10’) Introduction Model Pembelajaran Direct Instruction Fase 1: Menyampaikan tujuan  Guru membuka pelajaran dengan memberikan  Siswa menjawab salam guru.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.  Menyimak informasi pentingnya latar belakang pelajaran. salam kelompok mana yang mendapatkan penghargaan Pertemuan Keempat (Tekanan Udara) No. mempersiapkan .  Memberikan pujian kepada kelompok yang  Mendengarkan paling bagus dalam mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya  Menutup pelajaran dengan mengucapkan  Menjawab salam. pembelajaran.

kemudiaan dibalikkan. guru dan memberi tanggapan terhadap apersepsi yang di berikan guru.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk  Siswa yang belum paham/ yang tidak bertanya mengenai hal/materi yang kurang difahami. kemudian ujung atas sedotan ditutupi dengan jari lalu sedotan dikeluarkan dari air. atau keterampilan . . Fase 3: Membimbing pelatihan  Guru didepan kelas mendemonstrasikan :  Gelas yang telah diisi air hingga penuh dan ditutupi dengan kartu remi.siswa untuk belajar. Connection  Guru menyampaikan apersepsi : Mengapa  Mendengarkan apersepsi yang disampaikan kita bisa merasakan angin? Dan bagaimana proses terbentuknya angin? Kegiatan inti (60’) Aplication Fase 2: Mendemonstrasik an pengetahuan  Menyampaikan materi mengenai :  Tekanan udara  Mengukur tekanan udara  Hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara  Tekanan gas dalam ruangan tertutup.  Sedotan yang dicelupkan kedalam air.  Mendengarkan dan menyimak guru.  Memperhatikan dan menyimak guru yang sedang berdemonstrasi didepan kelas. mengerti mengajukan pertanyaan kepada guru.

Extention Fase 5: Memberikan kesempatan untuk  Guru memberikan tugas kepada siswa sebagai  Siswa mendengarkan dan mencatat PR yang PR (Pekerjaan Rumah) mengenai sub materi tekanan udara.  Mengumpulkan dan mengecek tugas siswa  Menyimpulkan hasil pembelajaran dan  Menyimak . memberi penguatan atas jawaban siswa yang benar dan meluruskan jawaban siswa yang salah. Menjawab pertanyaan yang  Mendengarkan dan menyimak jawaban dari guru diajukan/ditanyakan oleh siswa . .  Bertanya kepada siswa apakah tugas yang  Menjawab pertanyaan yang ditanya oleh guru diberikan telah selesai dikerjakan dengan baik. diberikan oleh guru. guru. Kegiatan penutup (10’) Reflection Fase 4: Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik.  Memberi salam penutup. pelatihan lanjutan  Menginformasikan pelajaran yang dan penerapan. selanjutnya.  Menjawab salam penutup pada guru.  Mendengarkan dan menyimak guru.  Guru memberikan tugas berupa soal-soal/  Mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh pertanyaan yang mengenai tekanan udara.memperhatikan serta mencatat kesimpulan hasil belajar yang diberikan guru. .

Buku IPA Fisika & Buku referensi yang relevan Abdullah. Guru Pamong Sidikalang . Sumber Belajar .G. 409 321 037 . 2007.2008. Bentuk instrument :  Tes tertulis berupa uraian  Tes tertulis berupa pilihan ganda :  Tes tertulis berupa uraian LEMBAR PENILAIAN DALAM PRESENTASI / DISKUSI No. 2.Alat dan Bahan Praktikum H. Aspek yang dinilai 1 1. 3. Mikrajuddin. Eka dkk. 5. Jakarta : Erlangga . 19601209198302 2 003 Miftahul Husnah NIM. IPA Fisika Untuk SMP Kelas VIII. Kemampuan menyampaikan informasi Cara menjawab pertanyaan Kemampuan mengajukan pertanyaan Kemampuan mengajukan argumentasi Kerelaan menghargai pendapat orang lain Jumlah 2 Skor 3 4 Mengetahui. Jakarta : Esis Purjiyanta. 4. Teknik penilaian  Penugasan b. September 2012 Mahasiswa Calon Guru Nurhaida Naibaho NIP. Penilaian a. IPA Fisika 2.

.

Manakah di antara balok di atas yang Dengan kata lain.03 m2 g = 10 m/s2 : P. besar tekanan anak terhadap lantai sama dengan? Dit Soal Apa yang dimaksud dengan tekanan? Kunci Jawaban Tekanan adalah gaya untuk tiap satuan luas permukaan tempat gaya itu bekerja. . 10 m/s2 F = 450 N P= P= 3 Menentukan gambar Lihat gambar di bawah ini yang tekanan mempunyai terbesar Jawaban: B Tekanan = .. Diketahui percepatan gravitasi bumi g = 10 m/s2 . 2 Menentukan besarnya Seorang anak bermassa 45 kg berdiri di atas tekanan lantai. mempunyai tekanan terbesar terhadap lantai. balok yang memberikan tekanan terbesar terhadap lantai. sehingga untuk gaya yang sama besar.? F = 45 kg .. jika adalah balok yang paling runcing.Instrumen NO 1 Indikator Mendefinisikan pengertian tekanan. Karena tekanan berbanding terbalik dengan luas permukaan. Luas telapak sepatunya masing-masing 150 cm2. Dik : m = 45 kg A total = 2 x 150 cm2= 300 cm2= 0. maka tekanan terbesar dihasilkan oleh luas permukaan balok yang terkecil. = 15 N/m2 pada zat padat Jawab : F = m g tekanan hanya bergantung pada luas permukaan.

Tentu saja tekanan udara paling besar diberikan oleh balon yang paling kecil luasnya.1 B. Jika teko diisi terus dengan air. Balon yang tekanan gas di dalamnya paling besar adalah … A. maka permukaan teko paling tinggi hanya sebatas ketinggian mulut teko.4 . maka untuk gaya F yang sama. II 4 Memahami C. Sebuah teko air sama dengan bejana berhubungan yang memiliki dua kaki. Ini karena kemudian air dapat tumpah dari mulut teko. tekanan p konsep Perhatikan gambar di bawah ini dari tekanan dengan benar hanya bergantung pada luas permukaan balon. Teko manakah Jawaban: D bejana berhubungan yang paling banyak dapat di isi … dengan benar Teko air adalah salah satu contoh penerapan konsep bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari. Kaki kiri adalah badan teko dan kaki kanan adalah leher teko. IV Jawaban: C Anggaplah massa gas dalam keempat balon adalah sama.diberikan gaya yang sama besar … A. Menjelaskan hukum Perhatikan gambar di bawah ini . Berarti gaya berat gas F. Karena tekanan p = Empat buah balon karet di isi dengan gas seperti gambar di atas.2 5 C. Jadi dari keempat teko yang paling banyak dapat diisi dengan air adalah teko yang . III D. dalam keempat balon adalah sama. I B.3 D.

13. apliksi hukum pascal hukum Pascal. pompa air.001m 2 30 F2   20 N 1 F2  600 N .mempunyai leher teko terpanjang. jika volume diperkecil maka tekanan akan bertambah besar atau sebaliknya. Rem mobil. 300N D. yaitu … dengan benar A.75N B. dan silender besar yang akan memberikan gaya besar. Pompa air .3N C. dongkrak hidrolik hukum pasacal F2  F2  Agar kedua penghisap seimbang. sedotan minuman C. 0. 600N A2  F1 A1 0. Silinder kecil yang berhubungan dengan dongkrak. digunakan untuk mengangkat mobil agar ban dapat diangkat. maka besarnya F2 adalah … A.03m 2  20 N 0. 6 Menggunakan Berikut ini alat – alat yang bergerak berdasarkan Jawaban: D  Dongkrak hidrolik terdiri atas dua silinder. Rem mobil. alat suntik D.  Alat suntik. alat suntik B. yang ditekan kebawah oleh kamu dengan gaya kecil. 7 Memahami konsep Jawaban: D Menggunakan prinsip Pascal. Dongkrak hidrolik. dan sedotan minuman bekerja berdasarkan hukum boyle yang berbunyi: pada suhu tetap.

Berat benda jika Jawab : ditimbang di udara adalah… A.? FA= 1000 kg/m3. hukum Percepatan gravitasi bumi 10 m/s2... g 9 Menghitung benda timbang jika di berat Suatu benda yang di gantung pada sebuah kait Jawaban: D di neraca pegas di turunkan ke dalam sebuah bejana Diketahui : Gaya keatas = berat cairan yang tumpah = 4N udara yang penuh berisi cairan dan 4N cairan tumpah Berat benda dalam cairan = 6 N dengan benar dari bejana .75 g/cm3) .. 6N C. Skala menunjukkan bahwa berat Ditanya : Berat benda diudara? benda dalam cairan adalah 6N. berat benda di udara = 4 N + 6 N = 10 N 10 Menghitung ketinggian Sebuah bejana berhubungan berisi dua jenis zat Jawab : pada cair yang tidak bercampur yaitu minyak dan air. Volume benda 8000 cm3. jika seluruh benda tercelup di dalam air berapa besar gaya ke Dit atas yang dialami benda? : pa= 1000 kg/m3 Va= 8000 cm = 8 x 10-3m3 g = 10 m/s2 : FA. 4N B. 8N D.8 Menentukan besarnya atas pada gaya Massa jenis sebuah benda 1500 kg/m3massa jenis Dik ke air 1000 kg/m3. Va. ha (0. 10N Gaya keatas = Berat benda diudara – berat benda dalam cairan 4N = Berat benda diudara – 6 N Jadi. Massa jenis air 1 g/cm3dan massa jenis minya 0.. Bila selisih ketinggian air pada kedudukan pipa bejana 3 cm.10 m/s2 = 80 N Archimedes Jawab : FA= pa. 8 x 10-3m3. hm = Pa . hm= 1 g/cm3.75 g/cm3. tentukanlah ketinggian permukaan minyak? Pm . 3 cm hm = = 4 cm tekanan hidrostatik. .

Besi memiliki massa yang paling besar. Kaitan antara massa benda dengan tekanan  Alat dan Bahan Sebuah batu bata yang masih utuh  Langkah Kerja 1. Apa yang kamu amati? 3. Jatuhkan tiga kubus tersebut secara bergantian pada permukaan tanah yang lembek dari ketinggian satu meter ditempat yang berbeda. dan sisi depan-belakang 2. Kubus manakah yang memberikan bekas yang paling dalam? . yaitu sisi kiri-kanan. Massa ketiga kubus tersebut berbeda karean massa jenisnya berbeda. sisi atasbawah. Batu bata yang jatuh dengan sisi manakah yang memberikan bekas paling dalam di tanah? B.Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Tekanan Satuan pendidikan : SMP Judul percobaan Waktu Kelas/semester : Kaitan antara luas permukaan dan massa benda dengan tekanan : 1x 40 menit : 8 (delapan)/1 (satu) A. Batu bata memiliki tiga pasang sisi yang berbeda. Misalnya terbuat dari besi. kemudian alumunium dan terakhir kayu. tetapi terbuat dari bahan yang berbeda. Jatuhkan batu bata diatas tanah yang lembek dari ketinggian satu meter sebanyak tiga kali. Atur agar posisi jatuhnya batu bata tidak berimpit. masing-masing pada sisi yang berbeda. alumunium dan kayu. Apa yang kamu amati? 3. 2. Kaitan antara luas permukaan benda dengan tekanan  Alat dan Bahan Tiga buah kubus yang ukurannya persis sama.  Langkah Kerja 1.