You are on page 1of 15

untuk kanker payudara her2

+

Buklet edukasi untuk pasien

terutama bagi mereka yang mendapatkan terapi dengan Herceptin®. 1 Menjalani terapi dengan Herceptin® Buklet kecil ini dirancang untuk memberikan informasi mengenai Herceptin® dan HER2.Daftar Isi Apa yang perlu Anda ketahui tentang Herceptin dan HER2+? ® 2 4 Mengenai HER2 Penggunaan Herceptin Cara Pemberian Jangka Waktu Pemakaian Efek Samping Penyebaran Sel Kanker Meningkatkan keberhasilan terapi Daftar Pertanyaan Untuk Dokter Anda Catatan harian terapiku Jadwal Terapi Herceptin® Anda Pemeriksaan Jantung Lengkapi Informasi ® 6 8 8 9 10 17 18 19 21 22 23 24 Dokter telah meresepkan Herceptin® untuk mengobati kanker payudara HER2+ Anda. . Buklet ini memberikan informasi yang penting mengenai Herceptin® dan HER2+ untuk Anda ketahui agar hasil terapi Anda lebih optimal.

sangat penting untuk memeriksa status HER2 pada kanker payudara sebelum memulai terapi. Oleh sebab itulah. Jenis kanker payudara ini disebut “HER2+”. Herceptin® adalah terapi anti-kanker jenis baru yang berbeda dari kemoterapi maupun terapi hormon. Dalam pengobatan kanker. “HER2 positif” atau “overekspresi HER2”. Antibodi adalah protein yang secara alami dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh yang membantu mengidentifikasi dan melindungi tubuh dari benda asing. Terapi fokus sasaran lebih efektif dari terapi lainnya dan tidak berbahaya bagi sel normal. atau antigen. 2 . yaitu jenis terapi yang menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dengan cara menghambat molekul atau protein tertentu yang ikut serta dalam proses perubahan sel normal menjadi sel kanker yang ganas. Terapi antibodi monoklonal memiliki cara kerja seperti antibodi yang ada dalam sistem kekebalan tubuh manusia . Kanker payudara dengan HER2+ cenderung untuk tumbuh lebih cepat dibandingkan jenis lainnya. Setiap antibodi monoklonal hanya mengenal satu target protein. Terapi antibodi monoklonal termasuk dalam kategori ”terapi fokus sasaran” atau targeted therapy.Herceptin® BUKAN kemoterapi. antibodi monoklonal ini bekerja dengan menyerang substansi tertentu dalam tubuh yang membantu pertumbuhan sel kanker. 3 apa yang perlu Anda ketahui tentang Herceptin® dan HER2+? Herceptin® (trastuzumab) adalah terapi yang diperuntukkan bagi pasien kanker payudara yang jenis tumornya memiliki banyak protein yang disebut HER2. Salah satu contohnya adalah Herceptin® (trastuzumab) terapi antibodi monoklonal yang secara khusus dirancang untuk menyerang HER2 dan telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan tumor dan mematikan sel tumor. Para peneliti di laboratorium membuat tiruan atau meng-klon satu jenis antibodi ini sehingga disebut antibodi monoklonal. Herceptin® disebut sebagai terapi antibodi monoklonal (lihat kotak penjelasan).

memeriksa status HER2 merupakan persyaratan yang penting untuk menentukan apakah Anda cocok atau tidak untuk diterapi dengan Herceptin®. Sel dari sistem kekebalan tubuh sendiri 1) Herceptin menempel pada sel kanker HER2 dan menstimulasi sistem pertahanan tubuh untuk menyerang sel kanker HER2+ Tanpa Herceptin.Mengenal HER2 HER2 (Human Epidermal Growth Factor Receptor 2) adalah protein yang ditemukan dalam setiap sel payudara yang normal dan berfungsi membantu pertumbuhan sel normal. radioterapi dan terapi hormon. Oleh sebab itulah. Pasienpasien dengan HER2+ menunjukkan respon yang kurang baik terhadap pengobatan konvensional seperti kemoterapi. Memeriksa status HER2 pasien merupakan langkah yang penting untuk mengidentifikasi jenis kanker payudaranya. Protein HER2. tetapi dapat mengambil manfaat yang besar dari Herceptin®. Kira-kira satu dari lima pasien penderita kanker payudara memiliki HER2+. Gen HER2 ditemukan pada DNA sel dan mengandung informasi untuk pembuatan protein HER2. Herceptin® hanya efektif untuk tumor dengan HER2+ karena obat ini hanya mentargetkan reseptor HER2 pada permukaan sel kanker tertentu. Mengetahui status HER2 juga membantu Anda dan dokter Anda untuk mendapatkan informasi penting yang bisa membantu memprediksi perjalanan penyakit dan kemungkinan untuk sembuh (prognosis). kanker payudara dengan HER2+ disebut sebagai kanker payudara agresif. atau disebut juga reseptor HER2. sel kanker HER2+ dapat terus tumbuh dan membelah diri Sel kanker HER2+ 2) Herceptin juga dapat menghentikan sel kanker HER2+ untuk tumbuh dan membelah diri 4 5 . Karena alasan tersebut. Terlalu banyaknya jumlah protein HER2 menyebabkan sel kanker tumbuh dan membelah jauh lebih cepat. sel kankernya memiliki jumlah gen HER2 yang sangat banyak pada tiap sel sehingga terlalu banyak protein HER2 muncul di permukaan sel kanker jenis HER2+. Fungsinya adalah mengirimkan sinyal yang ’memerintahkan’ sel untuk tumbuh dan membelah diri. Kondisi ini disebut overekspresi protein HER2. Pada kanker payudara dengan jenis HER2+. ditemukan pada permukaan beberapa sel normal di tubuh.

dimana Herceptin® diberikan secara tunggal atau dikombinasikan dengan kemoterapi. Terapi adjuvan adalah terapi tambahan yang diberikan setelah terapi utama untuk mencegah kekambuhan. lebih dari 500. Hasilnya menunjukkan bahwa Herceptin® memperpanjang harapan hidup bagi wanita dengan kanker payudara metastatik yang memiliki HER2+. Pada indikasi ini. kemoterapi.000 wanita. 7 6 . radiasi.• Herceptin® pada terapi adjuvan kanker payudara dengan HER2+. Hingga kini. radiasi atau terapi biologik (antibodi monoklonal). terapi hormon) terbukti memberikan manfaat. Sebuah studi klinis besar telah dilakukan untuk indikasi tersebut.000 pasien telah diterapi dengan Herceptin®. memperlambat munculnya kembali tumor dan bahkan menurunkan kemungkinan tumor muncul lagi. • Herceptin® pada terapi kanker payudara metastatik dengan HER2+. Hasil dari studi-studi tersebut menunjukkan bahwa pemberian Herceptin® sebagai terapi adjuvan (setelah terapi lain seperti operasi. Manfaat lainnya adalah pertumbuhan kanker dihambat lebih lama dibandingkan dengan mereka yang hanya menerima kemoterapi. Terapi adjuvan pada kanker payudara bisa mencakup kemoterapi. terapi hormon. Herceptin® telah diuji pada empat studi klinis besar yang melibatkan lebih dari 10. Penggunaan Herceptin® Herceptin® dapat digunakan untuk terapi kanker payudara dengan HER2+ baik pada stadium awal – sebagai terapi adjuvan – maupun pada stadium lanjut/metastasis dimana kanker sudah menyebar ke organ tubuh lain. Mereka yang mendapatkan terapi adjuvan dengan Herceptin® selama setahun memiliki risiko kekambuhan lebih rendah dibanding yang tidak menerima Herceptin®. Pemberian Herceptin® seminggu sekali atau tiga minggu sekali juga membantu mengurangi ukuran tumor yang telah menyebar.

Informasi ini akan membantu dokter memutuskan kemoterapi untuk Anda. jika Anda sedang menjalani terapi dengan Herceptin® pastikan Anda memakai kontrasepsi yang efektif setidaknya hingga enam bulan setelah Anda menyelesaikan terapi. kemudian jika sudah selesai Anda bisa melanjutkan aktivitas seperti biasa. tetapi bisa diperlambat atau dihentikan jika Anda merasa tidak nyaman akibat efek sampingnya. Herceptin® tidak menggantikan terapi-terapi tersebut. 8 • Beritahu dokter Anda bila Anda sedang mengonsumsi obat apapun.Penting diingat: • Herceptin® bisa membahayakan janin. kemoterapi. Anda harus memahami bahwa kemoterapi yang berbeda akan memberikan efek samping yang berbeda pula. Jangka Waktu Pemakaian Herceptin® direkomendasikan untuk dipakai selama satu tahun. Oleh sebab itu. terapi hormonal atau terapi radiasi. sangat penting bagi Anda untuk mendiskusikan dengan dokter Anda mengenai berbagai masalah kesehatan Anda. Anda tidak perlu tinggal di rumah sakit selama menjalani terapi dengan Herceptin®. menjalani terapi dengan Herceptin® Cara Pemberian Herceptin® diberikan melalui infus dan biasanya seorang perawat akan membantu dokter menginjeksi infus ini kepada Anda. Oleh sebab itu. 9 . Manfaat yang didapat dari Herceptin® akan mengoptimalkan manfaat yang didapat dari pembedahan. Herceptin® BUKAN kemoterapi atau terapi hormonal. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda hamil saat akan mulai atau saat menjalani terapi dengan Herceptin®. Infus pertama rata-rata berlangsung selama 90 menit. Herceptin® umumnya diberikan bersama dengan terapi kanker lainnya. jangka waktu infus berikutnya akan berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan terapi Anda. Jika Anda merasa nyaman. Anda hanya perlu menjalani infus selama waktu yang ditentukan oleh dokter.

Resiko dan keseriusan dari gangguan jantung paling tinggi pada mereka yang menerima baik Herceptin® dan kemoterapi tertentu (antrasiklin). hal ini karena pada dasarnya setiap orang berbeda. Dokter Anda akan langsung atau mempertimbangkan untuk menghentikan jika Anda mengalami penurunan fungsi jantung yang signifikan. Efek samping semakin berkurang pada masa infus selanjutnya. Efek samping ini biasanya ringan sampai sedang dan kebanyakan terjadi sebentar atau sesaat (dalam waktu 2. sakit kepala. Dokter Anda akan menentukan cara mengatasi efek samping ini. Anda mungkin merasa menggigil dan demam seperti juga mual. Dokter Anda kemungkinan akan meresepkan obat untuk menghindari efek samping dari infus pertama Herceptin®. Herceptin® hanya menyerang tumor dengan HER2+ dan karenanya tidak memiliki efek samping yang serius sebagaimana biasanya ada pada kemoterapi konvensional yang juga menyerang sel sehat. muntah. cepat.5 jam) setelah infus Herceptin® pertama kali. bercak kemerahan. Efek samping apa saja yang dapat dialami oleh seseorang tidak mungkin untuk diprediksi. lambat atau ritme yang tidak teratur dari biasanya • peningkatan berat badan lebih dari 2-3 kg dalam 24 jam • pusing • kehilangan kesadaran. dan lemas. tekanan darah rendah. Dokter mungkin akan menghentikan pemberian infus Herceptin® dan memulainya lagi bila efek samping tersebut hilang. sesak napas.Efek Samping Semua obat mempunyai efek samping. dan gejala baru apapun yang muncul. termasuk pada mereka yang tidak mempunyai gejala (penurunan fungsi jantung) dan mereka dengan gejala (gagal jantung kongestif). Efek samping apa yang dapat saya alami pada dosis Herceptin® pertama saya? Pada saat Anda menerima dosis pertama Herceptin®. nyeri. pusing. Apa yang sebaiknya saya waspadai saat saya dalam terapi Herceptin® dan gejala apa yang sebaiknya saya laporkan segera ke dokter saya? Pastikan untuk mengatakan ke dokter Anda mengenai kondisi kesehatan apapun yang Anda alami. Pada umumnya reaksi ini dapat timbul dalam atau selama 24 jam setelah Anda mendapat Herceptin®. 10 11 . Herceptin® dapat menyebabkan gangguan jantung. Hubungi dokter Anda segera jika Anda mengalami salah satu dari gejala berikut: • sesak napas yang baru atau memburuk • batuk • pembengkakan tangan atau kaki • pembengkakan muka • detak jantung yang lebih kuat.

Apakah efek samping yang diakibatkan oleh Herceptin® sama dengan kemoterapi? Herceptin® bukanlah kemoterapi. Herceptin® tidak menyebabkan rambut rontok. dan penurunan fungsi jantung tiba-tiba. Apa efek samping kemoterapi yang penting untuk diwaspadai? Salah satu efek samping yang penting untuk diwaspadai dari kemoterapi adalah penurunan sel darah putih secara drastis atau disebut neutropenia yang bisa meningkatkan resiko pasien kanker terkena infeksi dan mengancam nyawa pasien. Herceptin® dapat menurunkan fungsi jantung walaupun tidak ada gejala. Sayangnya. lesu. 12 13 . Akibatnya. beberapa efek samping bisa terjadi yang biasanya berkaitan dengan obat kemoterapi tersebut. detak jantung tidak teratur. bila pasien diberikan kombinasi Herceptin® dengan kemoterapi. Mengapa efek samping kemoterapi lebih sering muncul? Kemoterapi bekerja dengan membunuh sel-sel kanker. Contohnya. banyak efek samping terkait kemoterapi akan hilang atau berkurang keparahannya.Mengapa jantung saya dimonitor saat saya dalam pengobatan dengan Herceptin®? Herceptin® dapat menimbulkan gangguan jantung termasuk ketidakmampuan untuk memompa darah secara efektif. gagal jantung. Gejalanya dapat berupa mual. tekanan darah tinggi. Setelah Anda menyelesaikan kemoterapi dan hanya menerima Herceptin® saja. terapi ini tidak bisa membedakan antara sel kanker dengan sel sehat. muntah. rambut rontok dan infeksi. melemahnya otot jantung.

Apakah dampaknya bila dosis kemoterapi saya dikurangi atau jadwal kemoterapi saya ditunda? Penundaan kemoterapi atau pengurangan dosis kemoterapi dapat menyebabkan efektivitas kemoterapi berkurang. Karena itu sebaiknya diusahakan agar dosis kemoterapi Anda jangan sampai perlu diturunkan atau jadwalnya ditunda Apakah neutropenia dapat dihindari? Ya. G-CSF diberikan satu hari setelah dosis kemoterapi terakhir setiap siklusnya untuk mencegah turunnya kadar sel darah putih pasien. pemberian kemoterapi dapat ditunda atau dosis kemoterapi Anda dikurangi. Jumlah sel darah putih yang rendah berarti sistem kekebalan tubuh Anda tidaklah sekuat yang seharusnya dan terjadi peningkatan risiko infeksi sehingga terjadi penghentian kemoterapi Anda.Mengapa neutropenia perlu diwaspadai? Neutropenia atau menurunnya jumlah sel darah putih secara drastis sangat berbahaya. infeksi yang kerap terjadi. dan secara berkala sesudah kemoterapi untuk memonitor kadar sel darah putih Anda. nafas yang tersengal-sengal dan rasa dingin yang menggigil. Dokter Anda biasanya akan menyarankan pemeriksaan darah sebelum memulai kemoterapi. tetapi umumnya bisa diketahui saat seorang pasien mengalami infeksi berat. risiko terkena infeksi makin tinggi dan bisa menyebabkan penundaan kemoterapi yang bisa membahayakan jiwa. Pasien dinyatakan menderita neutropenia kronis bilamana ia mengalaminya selama lebih dari 3 bulan. Neutropenia bisa terjadi tanpa terdeteksi. Beberapa gejala umum neutropenia diantaranya demam. adanya pembengkakan dan/atau rasa sakit yang tidak lazim saat luka. serak di tenggorokan. neutropenia dapat dihindari dengan cara pemberian obat-obatan yang membantu merangsang produksi sel darah putih. Ada G-CSF yang diberikan setiap hari seperti filgrastim (Neupogen®). dan ada juga yang diberikan sekali setiap siklus kemoterapi seperti PEGfilgrastim (Neulastim®) sehingga pasien membutuhkan suntikan yang lebih sedikit. Obat tersebut diberikan dengan cara suntikan subkutan (dibawah kulit) dengan rasa sakit minimal. rasa terbakar saat kencing. sariawan. Sel darah putih bertanggungjawab untuk melawan infeksi. diare. Semakin lama Anda mengalami neutropenia. yang dikenal dengan sebutan G-CSF (Granulocyte Colony Stimulating Factor). 14 15 . Bagaimana cara saya mendeteksi kemungkinan saya terkena neutropenia? Neutropenia dapat dideteksi dini dengan pemeriksaan darah rutin berkala. Bila sel darah putih Anda rendah.

diantaranya adalah ibandronate (dipasarkan dengan nama Bondronat®) yang dapat diberikan secara oral atau melalui infus. Insiden rasa sakit pada tulang atau Metastatic Bone Pain (MBP) terjadi pada sekitar dua pertiga dari pasien MBD. tulang retak.Penyebaran Sel Kanker Penundaan dan pengurangan dosis dapat membuat kemoterapi Anda menjadi kurang efektif . pasien juga harus mewaspadai penyebaran lanjut yang mungkin terjadi. 16 17 . hypercalcemia (adanya kandungan kalsium yang tinggi di dalam aliran darah) dan akibat-akibat klinis lainnya. SANGAT PENTING bagi Anda untuk mendiskusikan risiko dan manfaat terapi dengan dokter Anda. Konsultasikan dengan dokter jika merasakan gejala neutropenia dan mintalah terapi yang tepat. Sekitar 70% dari kasus-kasus MBD pada wanita terjadi karena kanker payudara. penekanan pada tulang belakang. Beberapa jenis terapi tersedia untuk kasus MBD. Setiap orang berbeda sehingga tak mungkin memprediksi efek samping yang akan dialami setiap orang dan hasil terapi. Studi-studi menunjukkan bahwa Ibandronate efektif menurunkan kerusakan tulang yang disebabkan oleh kanker. Selain efek samping. MBD menyebabkan rasa sakit. Salah satunya adalah penyebaran ke tulang atau MBD (Metastatic Bone Disease) yaitu penyebaran sel-sel kanker dari tumor melalui aliran darah hingga ke tulang.

apakah hasilnya HER2+? 6. Berapa lama saya harus menjalani terapi? 4. Apa sajakah pilihan terapi untuk saya? 2.com atau Reach to Recovery .530 7662. • Percayalah kepada kekuatan diri Anda untuk menjalani terapi dan teruslah berjuang dengan dukungan dokter dan keluarga. Apakah reseptor hormon pada kanker saya positif? Pengobatan: 1. alamat e-mail cancerclubcisc@gmail. • Merawat dan memperhatikan diri Anda dengan lebih seksama. Bagaimana peluang kanker saya kambuh lagi setelah terapi? 19 . • Selalu berpikir positif. Daftar Pertanyaan Untuk Dokter Anda Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang bisa Anda ajukan ke dokter untuk mendapatkan informasi lengkap tentang kanker Anda. • Jalani pemeriksaan rutin berdasarkan anjuran dokter agar Anda dan dokter Anda dapat mengawasi status kanker dan perkembangan terapi secara lebih detil dan akurat. Terapkan pola hidup sehat dan ikuti anjuran dokter. Berikut adalah beberapa tips menjalani terapi: • Jangan tunda terapi.750 7447 atau 769 0704. Pastikan Anda selalu menjaga kondisi tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. lakukan segera karena Anda beradu cepat dengan penyakit. Jangan berhenti ditengah jalan. Jangan segan menanyakan ke dokter. Ada di stadium berapa dan apa pengaruhnya terhadap rencana pengobatan? 3. Apa jenis kanker payudara saya? 2. Apa bedanya kanker payudara lokal dan metastatik? 4. Jangan lupa untuk terus mensyukuri hidup dan tetap melakukan kegiatan-kegiatan positif. Apakah saya harus menjalani terapi kombinasi? 3. Jika sudah. pastikan Anda tahu apa yang akan Anda jalani. Diagnosis: 1. untuk hasil yang optimal. Apakah saya telah dites HER2? 5. Bagaimana saya bisa tahu kalau terapi tersebut berhasil? 5.Yayasan Kanker Indonesia di 021 .meningkatkan keberhasilan terapi Sebelum terapi dimulai. • Penuhi jadwal terapi sesuai ketentuan. 532 8149 dan 532 8150. Ini merupakan langkah utama untuk meningkatkan keberhasilan terapi. bergabunglah dengan kelompok pendukung pasien agar bisa mendapatkan masukan dari pengalaman sesama penderita kanker atau berbagi dengan mereka. Anda bisa menghubungi Cancer Information and Support Center/CISC di 021 . 18 • Jika perlu.

Apakah jantung saya perlu diperiksa? Jika ya. Selain kolom untuk mencatat jadwal terapi Anda. seberapa parah dan berapa lamanya.Tentang Herceptin®: 1. sebagaimana terjadi seiring dengan terbiasanya tubuh Anda menerima pengobatan yang Anda jalani. Anda juga dapat menggunakan kolom ini untuk menulis pertanyaan atau catatan. Persiapan apa yang harus saya lakukan sebelum terapi? 2. 20 21 . catatlah pada kolom ’komentar’ – apa yang Anda rasakan. Apa efek samping yang bisa timbul? 6. Apa yang harus saya lakukan agar bisa mengatasi efek samping yang mungkin timbul dengan baik? 7. Ingatlah untuk selalu membawa buku ini pada saat Anda menjalani terapi. Apa bedanya Herceptin® dengan kemoterapi? 3. Dengan memiliki catatan yang teratur. Berapa lama saya harus diterapi dengan Herceptin®? 4. Anda dapat melihat apakah efek samping berangsur-angsur membaik. Apakah ada gejala-gejala tertentu yang harus segera saya laporkan. seberapa sering? catatan harian terapiku Catatan harian ini tidak hanya berguna untuk mencatat jadwal terapi Anda tetapi juga dapat memberikan informasi berharga kepada tim kanker Anda tentang apa yang Anda rasakan selama menjalani terapi dengan Herceptin®. Jika Anda mengalami efek samping diantara terapi ketika berada di rumah. tersedia juga kolom ’komentar’. jika saya mengalaminya selama terapi dengan Herceptin®? 8. Bagaimana saya tahu kalau obat tersebut bekerja dengan baik? 5.

Jadwal pemeriksaan dan hasilnya dapat dicatat pada tabel berikut ini..Jadwal Terapi Herceptin® Anda Siklus ke .. Tanggal Tes (Echo/ MUGA) Hasil 22 23 . Loading dose (dosis awal) Tanggal Komentar/pertanyaan/ efek samping/catatan Pemeriksaan Jantung Kondisi jantung Anda sebaiknya diperiksa secara teratur selama menjalani terapi.

Lengkapi Informasi Sumber informasi utama tentu saja dokter Anda. Sebagai informasi pelengkap. 24 25 .id.roche. Beberapa situs yang memberikan informasi tentang kanker payudara dan pengobatannya termasuk tentang Herceptin® diantaranya adalah www. saat ini juga banyak tersedia informasi di internet yang bisa Anda akses dengan mudah.com dan http://kanker.co.herceptin.

co. silakan hubungi: 26 PT. BUKAN untuk menggantikan saran dokter. Untuk informasi lebih lanjut.id .roche.Roche Indonesia PO.Informasi yang terdapat dalam buklet ini bersifat umum dan hanya untuk tujuan edukasi semata.Box 4214 – Jakarta 12042 Telepon +62-21 3041 3000 Fax +62-21 514 000 36 www. Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter.