LAPORAN PRAKTIKUM MATAKULIAH TOKSIKOLOGI INDUSTRI

PEMERIKSAAN KREATININ DARAH

DISUSUN OLEH KELOMPOK V KELAS B 1. ". (. !. '. 1. 2. .. 5. Yola Ending Nafiah Mo#ha$$ad I%&al Mi#hi)a Adhi*a P+,-i No/i Dahlian,i Ri0%i U,a$i An*hah Shafa Na&ilah H3-d4 S3,4a Y+di,ha Nind4a Ka-,i)a Ind-i N+- O. NIM G1B 11 !" NIM G1B 11 !' NIM G1B 11 !. NIM G1B 11 NIM G1B 11 '( NIM G1B 11 '' NIM G1B 11 '. NIM G1B 11 '5 NIM G1B 11 NIM G1B 11

1 . Si,i La*-4 R.

$emeriksaan kreatinin dalam darah merupakan salah satu parameter penting untuk mengetahui fungsi ginjal. !""#).a. konsentrasinya relative konstan dalam plasma dari hari ke hari. Kadar yang lebih besar dari nilai normal mengisyaratkan adanya gangguan funsi ginjal (Cor in. Kreatinin diekskresikan oleh ginjal melalui kombinasi filtrasi dan sekresi. Kreatinin adalah produk protein otot yang merupakan hasil akhir metabolism otot yang dilepaskan dari otot dengan kecepatan yang hamper konstan dan diekskresi dalam urin dengan kecepatan yang sama. leukosit (sel darah putih). %inggi rendahnya kadar kreatinin dalam darah digunakan sebagai indikator penting dalam menentukan apakah seorang dengan gangguan fungsi ginjal memerlukan tindakan hemodialysis. dan eritrosit (sel darah merah).B3la)ang Darah adalah jaringan cair yang terdiri atas dua bagian yaitu plasma darah (cairam) dan sel darah.UNIVERSITAS 6ENDERAL SOEDIRMAN 7AKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU8ILMU KESEHATAN 6URUSAN KESEHATAN MASYARAKAT PUR9OKERTO BAB I PENDAHULUAN A. . sel darah terdiri dari tiga jenis yaitu trombosit (keeping-keping darah). La.

&ika kerusakan ginjal berat dan permanen. . Di samping itu terdapat hubungan jelas antara bertambahnya nilai kreatinin dengan derajat kerusakan ginjal. !"#"). kadar ureum terusmenerus meningkat. 'pabila kreatinin dalam darah sangat meningkat. nilai di atas batasan ini menunjukkan semakin berkurangnya nilai ginjal secara pasti. Kreatinin dalam darah dapat meningkat apabila fungsi ginjal berkurang ((ab %echnologist. dapat terjadi ekskresi melalui saluran cerna. sehingga diketahui pada nilai berapa perlu dilakukan cuci darah.Kreatinin mempunyai batasan normal yang sempit. sedangkan kadar kreatinin cenderung mendatar.

B. +enyimpulkan hasil pemeriksaan kreatinin darah pada saat praktikum setelah dibandingkan dengan nilai normal . Manfaa. +engukur kadar kreatinin darah dengan metode &affe Kinetik !.at nefrotoksin terhadap perubahan kadar kreatinin dalam darah melalui pemeriksaan kadar kreatinin menggunakan metode &'--.. T+:+an P-a). P-a).i)+$ $raktikum pemeriksaan kreatinin darah dalam %oksikologi )ndustri ini adalah* #.i)+$ +emberikan informasi mengenai toksisitas . ..

asam urat.at yang masih dibutuhkan akan dikembalikan ke dalam darah.at dari filtrat pada kecepatan yang bervariasi.kskresi obat melalui ginjal menurun pada gangguan fungsi ginjal.at yang tidak diinginkan dari filrat dengan mengekskresikannya dalam urin sedangkan .. %ylosin dan gentamisin di filtrasi glomerulus dan ekskresinya berbanding langsung dengan kadar kreatinin serum.har et al.. Kenaikan kadar kreatinin serum menunjukkan penurunan laju filtrasi glomerulus. glomerulonefritis (kerusakan pada glomerulus). dan reabsorbsi pasif di tubuli proksimal dan distal. . /injal akan membuang . dan kreatinin (/uyton and 0all.inin /injal merupakan organ penting yang berfungsi membuang bahan sampah tubuh dari hasil pencernaan maupun hasil proses metabolisme. produk hasil pemecahan hemoglobin (seperti bilirubin). tergantung pada kebutuhan tubuh. . !"#4) Kadar kreatinin yang rendah dapat menunjukkan status nutrisi yang rendah.har et al. #11!3 (evey et al. #1113 6tevens and (evey.BAB II TIN6AUAN PUSTAKA A. . dan dapat digunakan sebagai petunjuk rendahnya kemampuan filtrasi glomerulus (5aron. K-3a. !"#4) +enurut 8is anto (!""1) dalam Devi (!"#!). !""73 '. Kadar kreatinin yang tinggi dalam serum dapat dijadikan sebagai indikator beberapa kerusakan ginjal seperti nekrosis tubulus (penyebab gagal ginjal akut).. sekresi aktif di tubuli proksimal. $roduk metabolisme yang dikeluarkan ginjal meliputi urea. kreatinin merupakan produk hasil metabolisme kreatin dimana kadar kreatinin mencerminkan kecepatan eliminasi ginjal. #1123 '.kskresi kreatinin di ginjal melalui 4 proses yakni filtrasi di glomerulus. 'pabila kadar kreatinin serum meningkat maka terjadi gangguan fungsi ginjal. /injal bekerja menyaring plasma dan memindahkan .

at tersebut kira-kira sebanding dengan jumlah penurunann nefron fungsional. oleh karena itu jika terjadi peningkatan atau penurunan kadar kreatinin dalam tubuh maka interpretasi klinik akan lebih cenderung pada gangguan fungsi ginjal. menjelaskan bah a ekskresi kreatinin pada setiap individu terkait erat dengan ukuran maupun perkembangan jaringan otot. Kreatinin merupakan sisa metabolisme fosfat dari kreatin fosfat otot.. !""2).). B.at-. M3. 6isa metabolisme harus diekskresikan melalui ginjal. Konsentrasi dan ekskresi total harian kreatinin tetap konstan meskipun ada perubahan pola makanan (6atriana. sehingga merupakan alat penting untuk menilai tingkat kegagalan ginjal (/uyton et al.9reum dan kreatinin merupakan produk akhir dari metabolisme protein dan harus dikeluarkan dari tubuh.inin $eters (#17:) dalam 6atriana (!"". $eningkatan konsentrasi . <at ini dijumpai dalam jumlah yang besar di otot dan hadir di darah dan urin dalam jumlah yang sangat kecil pada kondisi normal. melalui reaksi dehidratasi dalam otot keratin akan diubah menjadi kreatinin yang mudah diperfusi ke seluruh cairan tubuh dan diekskresikan melalui urin.). Kreatinin merupakan indeks /-8 yang lebih cermat dibandingkan ureum karena kecepatan produksinya terutama merupakan fungsi massa otot yang sedikit sekali mengalami perubahan. . !"".a&oli*$3 K-3a. =leh karena itu pada kondisi normal kreatinin dijumpai dalam urin dengan konsentrasi sedikit.2) dalam 6atriana (!"".). Kreatinin diekskresi dalam urin melalui proses filtrasi dalam glomerulus tetapi tidak direabsorbsi di tubulus bahkan sejumlah kecil disekresi oleh tubulus terutama bila kadar kreatinin serum tinggi. +enurut 8aphael (#1. keberadaannya dalam tubuh dengan jumlah yang tinggi ataupun rendah dapat memberi dampak buruk bagi individu. Kreatinin dengan bebas melintasi membran glomerulus dan hanya sebagian kecil disekresi ke dalam tubulus nefron.

o. D.>-". 0emodialisis dilakukan pada gangguan fungsi ginjal yang berat yaitu jika kadar kreatinin lebih dari 2 mg@dl serum.#.%abel !. !"#") . Manfaa. Kadar kreatinin darah yang lebih besar dari normal mengisyaratkan adanya gangguan fungsi ginjal.inin dala$ da-ah 5eberapa faktor yang mempengaruhi kadar kreatinin dalam darah dapat dilihat di tabel !. -aktor yang +empengaruhi Kadar Kreatinin dalam Darah ('nonim. karena konsentrasi dalam plasma dan ekskresinya di urin dalam !7 am relatif konstan.# mg@dl3 ". tinggi rendahnya kadar kreatinin darah juga memberi gambaran tentang berat ringannya gangguan fungsi ginjal.1 mg@dl. reaction adalah laki-laki ". ?amun dianjurkan bah a sebaiknya anita . 6elain itu.#.: sampai #. pemeriksaan kada kreatinin dalam darah merupakan salah satu parameter yang digunakan untuk menilai fungsi ginjal.)-3a.4ang $3$<3nga-+hi )ada. ?ilai kreatinin normal pada metode &'--.inin +enurut 6odeman (#11>) dalam 8ina ati (!"#"). $emeriksaan kreatinin darah dnegan kreatinin urin bisa digunakan untuk menilai kemampuan laju filtrasi glomerulus. yaitu dengan melakukan tes kreatinin klirens. P3$3-i)*aan K-3a.. 7a).

!"#").hemodialisis dilakukan sedini mungkin untuk mengambat progresifitas penyakit (8ina ati. .

c. 8eagen ! yang berisi ?a=0 dilarutkan dengan aAuadest (perbandingan #*7) b. $ersiapan working reagen a.D%' disentrifuge dengan kecepatan 7""" rpm selama #" menit dan kemudian plasmanya untuk sampel. Bahan #. . Darah kemudia dimasukkan ke tabung eppendorf yang telah diberi . b.D%' 4. 8eagen ! ((arutan ?a=0) >.BAB III BAHAN DAN . 8eagen # ((arutan 'sam $iktrat) 7. 6ampel darah !. Diambil darah probandus sebanyak 4 cc dengan menggunakan spuit. $ersiapan 6ampel a.ARA KER6A A. 8eagen ! yang sudah ditambah aAuadest dicampur dengan reagen # ('sam $iktrat) dengan perbandingan #B# (working reagen).D%'.a-a K3-:a #. 'Auadest B. !. Darah yang sudah bercampur dengan . . diambil .

Working reagen sebanyak # ml dicampur plasma sebanyak #"" Cl dan langsung dibaca absorbansinya pada spektofotometer dengan panjang gelombang 71! nm.4. ?ilai faktor !. .

7 mg@dl. $ada saat praktikum.# mg@dl. $ada laki-laki ". reagen yang digunakan sebagai working reagen adalah larutan asam piktrat dan larutan ?a=0. Cara penyimpanan yang tidak sesuai juga dapat mempengaruhi kualitas . Working reagen sebanyak # ml kemudian dicampurkan dengan plasma sebanyak #"" Cl dan langsung dibaca absorbansinya pada spektofotometer dengan panjang gelombang 71! nm dan nilai faktor !. 5erdasarkan hasil pembacaan pada spektofotometer menunjukkan bah a kadar kreatinin dalam darah probandus laki-laki sebesar ". Eorking reagen merupakan larutan hasil pencampuran antara asam piktrat dan larutan ?a=0 dengan perbandingan #*#.BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Ha*il 5erdasarkan hasil pemeriksaan kreatinin darah dengan menggunakan spektofotometer pada probandus laki-laki didapatkan nilai faktor ! dengan kadar kreatinin ". 'pabila di atas rentang tersebut mengindikasikan adanya gangguan fungsi ginjal.7 mg@dl. $enurunan kualitas reagen dapat disebabkan oleh proses oksidasi reagen dengan udara di sekitar laboratorium selama proses pemeriksaan berlangsung. P3$&aha*an $ada praktikum kali ini kami melakukan pemeriksaan kadar kreatinin dalam darah menggunakan metode &'--. yaitu ".. Kreatinin adalah produk sampingan dari hasil pemecahan fosfokreatin (kreatin) di otot yang dibuang melalu ginjal. B.# mg@dl. 0asil pemeriksaan lebih rendah dibandingkan dengan batas normal. dimana larutan ?a=0 sudah diencerkan sebelumnya dengan perbandingan ?a=0 dan aAuadest #*7.: D #.: D #. 0al ini terjadi diduga karena kualitas reagen menurun.

sebelum digunakan sebaiknya reagen disimpan di tempat dengan suhu yang sejuk (di dalam kulkas penyimpanan) agar tidak terjadi oksidasi dengan udara di sekitarnya. 6ecara teori. .reagen.

# mg@dl. . Si$<+lan #. namun kadar yang didapat dari hasil spektrofotometer kurang dari normal. Kadar kreatinin darah probandus laki-laki yang didapatkan dengan menggunakan spektrofotometer adalah ". Sa-an 6ebaiknya sebelum pemeriksaan kadar kreatinin berlangsung perlu dilakukan pemeriksaan kembali bahan-bahan yang akan digunakan dalam pemeriksaan. Kadar normal kreatinin darah pada laki-laki adalah ".BAB V PENUTUP A. 0al ini dimungkinkan karena reagen yang digunakan telah teroksidasi karena diletakkan tidak sesuai prosedur yang seharusnya.: D #. termasuk cara penyimpanannya. B.7 mg@dl !. sehingga hasil pemeriksaan dapat lebih akurat.

DA7TAR PUSTAKA '. Desember !"#4 pukul ".ipb. Cor in.4>. !"#4-"29nair. )ndonesia +edicus veterinus !"#! #(#) * #"!-##4 )66? * !"4#-2. 6.isiologi Edisi --. http*@@digilib. Kadar Kreatinin Serum 'yam Pedaging !etina yang Diin*eksi dengan Kombinasi (ylosin dan +entamisin. . !"#4.har '$. !"#". &urnal Kimia -6% Fol. 8ina ati.id Diakses pada #.ac.7.ac. Devi."7.!".id@ Diakses pada #. http*@@ojs..reum dan Kreatinin Dara# pada Pasien yang Men*alani (erapi Hemodialisis di &uma# Sakit ./C./C. Desember !"#4 pukul !#."2. # ?o..id@ Diakses pada #. Desember !"#4 pukul ". !"#!. !"#4..ac. 6atriana.!". Kadar . et al.id Diakses pada#. # $ub. .abeth &.ac. Desember !"#4 pukul !".pdf Diakses pada tanggal #. Perbandingan Hasil Pemeriksaan Kreatinin Dara# Metode %affe &eaction 'ntara Deproteinasi Seger dan (anpa Waras Deproteinasi di )aboratorium %epara.stikesmuhgombong. &akarta* $enerbit 5uku Kedokteran . !""#. 8. Pengembangan Sensor Kreatinin Melalui Modifikasi Elektroda Hanging Mercury Drop dengan Molecularly mprinted Polianilin. http*@@digilib. et al. Studi Kadar .ac.li.reum dan Kreatinin Serum Dara 'n*ing Kampung "/anis familiaris$ umur 0 dan 1 bulan. !""2. Desember !"# pukul !#. http*@@journal. et al.unimus. !uku '*ar .unud. http*@@repository. &akarta* . !uku Suku Patofisiologi "Hands !ook of Pat#op#ysiologi$.id@files@disk#@#">@jtptunimus-gdl-silvirina ->!>"-!bab!.mum Margono Soekar*o Purwokerto. /uyton..unair. 6aryono dan 0andoyo.. 6kripsi +ahasis a -akultas Kedokteran 0e an )$5 !"".!"".